cover
Contact Name
David Setiawan
Contact Email
dsetia@unilak.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
dsetia@unilak.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Teknik
ISSN : 18584217     EISSN : 2622710X     DOI : -
Core Subject : Art, Engineering,
Jurnal Teknik has an area of expertise consisting of : 1. Civil Engineering such as Structural Engineering, Construction Engineering & Management, Geotechnical Engineering, Water Resources Engineering, Transportation Engineering and Ocean Engineering. 2. Electronical Engineering such as Electrical Engineering Materials, Electric Power Generation, Transmission and Distribution, Power Electronics, Power Quality, Power Economic, FACTS, Renewable Energy, Electric Traction, Electromagnetic Compatibility, High Voltage Insulation Technologies, High Voltage Apparatuses, Lightning Detection and Protection, Power System Analysis, SCADA, Electrical Measurements. 3. Architectural such as Indonesian Architectural Design, Housing and Urban Design and Development, Vernacular Architecture, Islamic Architecture, Architectural Science & Technology, Interdisciplinary Architecture, and other Indonesian Architecture discourses.
Arjuna Subject : -
Articles 138 Documents
Kontribusi Nambang Sampan Wanita Sebagai Modal Transportasi Darat di Kota Pekanbaru Lubis, Fadrizal; Winayati, Winayati
Jurnal Teknik Vol 2, No 1 (2009): Jurnal Teknik
Publisher : Jurnal Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kontribusi nambang sampan wanita sebagai modal transportasi darat di Kota Pekanbaru
Studi Hubungan Antara Volume, Kecepatan, dan Kerapatan Lalu Lintas Dominan Sepeda Motor Terhadap Kendaraan lain Winayati, Winayati
Jurnal Teknik Vol 2, No 2 (2010): Jurnal Teknik
Publisher : Jurnal Teknik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan mengamati langsung pergerakan arus lalu lintas di lapangan dengan cara merekam seluruh kesibukan lalu lintas di dua jalan selama masing-masing tiga kali 18 jam. Karakteristik lalu lintas pada Jl. MT Haryono adalah sebagai berikut: kecepatan rata-rata 32-35 km/jam, volume rata-rata 900-100 smp/jam dan kepadatan 30 smp/km. Pada jalan Gajayana kecepatan rata-rata 25-30 km/jam, volume rata-rata 820-850 smp/jam, dan kepadatan 28 smp/km.
Pusat Rehabilitasi Penyandang Hiv/Aids Di Pekanbaru Putri Wulansari; Titin Sundari; Benny Hermawan
JURNAL TEKNIK Vol. 14 No. 1 (2020): Edisi April 2020
Publisher : JURNAL TEKNIK UNILAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/teknik.v14i1.1879

Abstract

HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus yang menyebabkan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah penyebab kematian yang tinggi di dunia. Kemenkes Republik Indonesia mengatakan pada tahun 2012 jumlah AIDS menembus angka 100.000 jiwa dengan 5.430 kematian, hal itu menjadikan Indonesia mendapat peringkat ke 3 di Asia dengan percepatan jumlah kasus HIV yang terus naik dari tahun ke tahun. Peningkatan kasus HIV/AIDS perlu di tindak lanjuti dengan penyediaan tempat Rehabilitasi bagi ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS), untuk mengobati penderita AIDS agar penyebaran virus HIV di masyarakat dapat menurun. Secara keselurahan di Indonesia baru terdapat tiga tempat yang memfasilitasi perawatan bagi ODHA, melihat permasalahan ini maka muncul gagasan untuk membuat perencanaan Pusat Rehabilitas Penyandang HIV/AIDS di Pekanbaru dengan pendekatan arsitektur organik yang dipengaruhi oleh site eksisting. Konsep arsitektur organik yang dinamis serta keselarasan bentuk bangunan dengan lingkungan diharapkan mampu memfasilitasi kebutuhan penyandang HIV akan ketenangan dan kenyamanan dalam bangunan serta rasa optimisme untuk sembuh dan dapat bersosialisasi kembali di masyarakat.a
Studi Pengaturan Kecepatan Motor Induksi Tiga Phasa Menggunakan Variable Speed Drive (VSD) Berbasis Programmable Logic Controller (PLC) Riski Anda Rangkuti; Atmam Atmam; Elvira Zondra
JURNAL TEKNIK Vol. 14 No. 1 (2020): Edisi April 2020
Publisher : JURNAL TEKNIK UNILAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/teknik.v14i1.2295

Abstract

Motor induksi merupakan motor listrik arus bolak balik (AC) yang paling banyak digunakan saat ini, karena memiliki konstruksi yang sederhana, relatif murah serta mudah dalam pemeliharaannya. Motor induksi juga banyak digunakan untuk berbagai keperluan dalam proses produksi pada suatu industri. Dengan berkembangnya teknologi sistem kontrol salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan kendali Variable Speed Drive (VSD) yang dihubungkan langsung dengan motor induksi 3 phasa untuk mengatur kecepatan, dan ditambah dengan menggunakan Programmable Logic Controller (PLC) yang berfungsi sebagai pengendali Variable Speed Drive (VSD) untuk mengatur kecepatan motor induksi 3 phasa. Kecepatan motor induksi tiga phasa saat tidak terkopel beban sebesar 2802 rpm dengan frekuensi 50 Hz, kecepatan 1681 rpm pada frekuensi 30 Hz dan kecepatan 840,6 rpm pada frekuensi 15 Hz. Dengan kondisi terkopel beban kecepatan motor induksi tiga phasa sebesar 1434 rpm dengan frekuensi 25,6 Hz, kecepatan 1462 rpm pada frekuensi 26,1 Hz dan kecepatan 1496 rpm pada frekuensi 26,6 Hz. Frekuensi berbanding lurus terhadap kecepatan motor induksi 3 phasa, semakin besar frekuensi yang masuk pada motor induksi 3 phasa maka akan semakin cepat putaran motor induksi 3 phasa tersebut. Kata kunci : Motor Induksi 3 Phasa, Variable Speed Drive (VSD), Programmable Logic Controller (PLC).
Analisis Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas pada Jalan Yos Sudarso Kota Pekanbaru Tomi Yandi; Fadrizal Lubis*; Winayati
JURNAL TEKNIK Vol. 14 No. 1 (2020): Edisi April 2020
Publisher : JURNAL TEKNIK UNILAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/teknik.v14i1.3141

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk di kota Pekanbaru menyebabkan peningkatan jumlah pergerakan dengan menggunakan kendaraan, Masalah arus lalu lintas yang sering terjadi menyebabkan macet, polusi udara, suara atau kebisingan dan kecelakaan. Masalah kecelakaan perlu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik kecelakaan yang terjadi di Jalan Yos Sudarso Pekanbaru berdasarkan data tingkat kecelakaan yang terjadi pada tahun 2014-2018 sebanyak 73 kejadian kecelakaan dengan jumlah korban meninggal dunia 23 korban, luka berat 37 korban dan luka ringan 83 korban. Metode yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan metode Angka Ekivalen Kecelakaan dan Cussum, dari hasil data kecelakaan menunjukan di ruas jalan Yos Sudarso Pekanbaru terdapat beberapa karakteristik kecelakaan selama periode tahun 2014-2018 yaitu berdasarkan hari kejadian sebanyak 33 korban yang terjadi kecelakaan pada hari minggu, berdasarkan waktu kejadian sebanyak 34 korban yang terjadi di pagi hari jam 06.00-12.00, berdasarkan tipe tabrakan sebanyak 53 korban dengan tabrakan depan belakang, berdasarkan jenis kendaraan sebanyak 84 korban menggunakan sepeda motor, berdasarkan kondisi korban sebanyak 83 korban dengan luka ringan, berdasarkan jenis kelamin 101 korban laki-laki, berdasarkan usia sebanyak 50 korban diusia 16-30, berdasarkan faktor penyebab sebanyak 143 korban terjadi karena faktor manusia dan berdasarkan lokasi kejadian sebanyak 16 korban dititik STA 18+000. Kata Kunci : Karakteristik, Kecelakaaan, Lalu Lintas Abstract Increasing the number of residents in the city of Pekanbaru led to an increase in the number of movements using vehicles, traffic flow problems that often occur causing traffic jams, air pollution, noise or noise and accidents. The problem of accidents needs to be carried out research with the aim to determine the characteristics of accidents that occurred in Jalan Yos Sudarso Pekanbaru city based on data on accident rates that occurred in 2014-2018 as many as 73 accident events with 23 fatalities, 37 fatal injuries and 83 minor injuries victim. The method used for this study uses the Number Equivalent Accident and Cussum method. From the results of the accident data, there are several characteristics of accidents during the Yos Sudarso Pekanbaru road section for the period 2014-2018, which are based on the occurrence of 33 accidents on Sundays, based on there were 34 casualties that occurred in the morning at 06.00-12.00, based on the type of collision as many as 53 victims with a front rear collision, based on the type of vehicle as many as 84 victims using motorbikes, based on the condition of 83 victims with minor injuries, based on sex 101 male victims, based on the age of 50 victims aged 16-30, based on causal factors as many as 143 victims occurred due to human factors and based on the location of the incident as many as 16 victims at the point of STA 18 + 000. Keywords: Characteristics, Accident, Traffic
Analisis Keseimbangan Air untuk Optimasi Pengembangan Komoditi Ramah Gambut Widya Ayu Safitri; Sigit Sutikno; Rinaldi
JURNAL TEKNIK Vol. 14 No. 1 (2020): Edisi April 2020
Publisher : JURNAL TEKNIK UNILAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/teknik.v14i1.3344

Abstract

Pada Kabupaten Siak terdapat lahan gambut Tamah Objek Reforma Agraria (TORA) seluas 10.000 ha berasal dari pelepasan Hak Guna Usaha PT.Makarya Eka Guna telah dibagikan 2.000 ha terdapat pada HGU 09 yang dikelola oleh pemerintah. Berdasarkan data dari Badan Restorasi Gambut sebagian besar lahan TORA berada pada kawasan gambut. Oleh sebab itu, optimasi lahan gambut seluas 2.000 ha yang akan dimanfaatkan untuk komoditi ramah gambut berdasarkan keseimbangan air dengan menjaga tinggi muka air kebutuhan pembasahan tetap 0,4m di bawah permukaan tanah sesuai dengan regulasi pemerintah. Fluktuasi muka air tanah diprediksi dengan menggunakan metode regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi dengan panjang data 2 bulan memberikan hasil prediksi muka air tanah yang terbaik dengan nilai koefisien korelasi 0,942. Pada hasil keseimbangan air alternatif komoditi padi sawah tadah hujan, jagung, nenas, ubi kayu, sagu, kelapa, pinang, aren, dan kopi dapat hidup sesuai dengan regulasi pemerintah jika ditanam pada bulan surplus yaitu pada periode bulan Februari, Maret, April, Oktober, dan Desember. Oleh karena itu, pada penelitian ini direkomendasikan manajemen pengelolaan air dengan sekat kanal untuk menjaga tinggi muka air tanah berada pada 0,4m di bawah permukaan tanah agar komoditi ramah gambut dapat tumbuh pada bulan defisit air di lokasi HGU 09.
Analisis Pembasahan Lahan Gambut Akibat Pembangunan Sekat Kanal (Studi Kasus: Desa Lukun, Kabupaten Kepulauan Meranti) Hafiz Alfarisyi; Sigit Sutikno; Rinaldi
JURNAL TEKNIK Vol. 14 No. 1 (2020): Edisi April 2020
Publisher : JURNAL TEKNIK UNILAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/teknik.v14i1.3347

Abstract

Restorasi gambut sangat diperlukan untuk merehabilitasi ekosistem gambut. Badan Restorasi Gambut (BRG) telah menerapkan upaya restorasi gambut salah satunya melalui kegiatan rewetting (pembasahan lahan gambut kembali dengan pembuatan sekat kanal) di dalam wilayah Kesatuan Hidrologi Gambut (KHG). Desa Lukun memiliki lahan gambut yang terbakar dan terdegradasi cukup luas. Dengan adanya pembasahan kembali gambut, diharapkan gambut yang terganggu hidrologinya akan mengalami perbaikan dan gambut akan tetap dalam kondisi basah sehingga laju degradasi dan potensi kebakaran gambut dapat dicegah. Oleh karena itu dilakukan analisis pembasahan lahan gambut akibat pembangunan sekat kanal dengan menggunakan water level logger yang dipasang pada beberapa sumur pantau yang ada di sekitar kanal. Hasil yang diperoleh dari water level logger berupa tekanan hidrostatis dan tekanan atmosfer yang kemudian diolah menjadi grafik fluktuasi muka air tanah. Pada penelitian ini menunjukkan hasil bahwa sekat kanal memiliki dampak terhadap fluktuasi muka air tanah sebagai upaya pembasahan lahan gambut dan radius pembasahan yang dihasilkan akibat penyekatan kanal mencapai kurang dari 100 meter. Selain sekat kanal, kenaikan muka air tanah juga dipengaruhi oleh curah hujan.
Pra Rancangan Camping Ground Dan Glamping Puncak Cubodak Dengan Pendekatan Konsep Wisata Halal: Halal Tourism Suci Ramadhani; Titin Sundari; Hendri Silva
JURNAL TEKNIK Vol. 14 No. 1 (2020): Edisi April 2020
Publisher : JURNAL TEKNIK UNILAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/teknik.v14i1.3357

Abstract

Puncak Cubodak is in Kampar regency, precisely on Jalan Lintas Bangkinang-Payakumbuh, Tanjung Alai, XII Koto Kampar, Kampar regency. Is one of the tourist attractions that have views of green hills, ‘island’ which is surrounded by Danau PLTA Koto Panjang. So far, Puncak Cubodak has only been used for tourism photographs, it is unfortunate if the potential of Puncak Cubodak is only enjoyed only by taking pictures. Therefore, the step to develop the Puncak Cubodak is to add accommodation facilities in the form of camping and glamping areas. And also applying the concept of tourism that is also developing in Indonesia, namely the concept of Halal Tourism. Halal Tourism here is more applicable to Muslim-friendly tourism and availability of halal food and prayer place. The purpose of this paper is to obtain a design concept with a research method in the form of a Puncak Cubodak environmental analysis, user analysis, and building analysis. The results obtained from the analysis are the design concept with the approach to the concept of halal tourism in the form of images. With this design concept, it is hoped that it can develop Puncak Cubodak tourism and the concept of halal tourism can be more widely recognized by thepublic, especially in Pekanbaru.
Perencanaan Kantor Bupati Mandau Dengan Pendekatan Transformasi Arsitektur Melayu Harun Alrasyid Alvino; Agus Basri; Hendri Silva
JURNAL TEKNIK Vol. 14 No. 1 (2020): Edisi April 2020
Publisher : JURNAL TEKNIK UNILAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/teknik.v14i1.3365

Abstract

Duri is the district capital Mandau, Bengkalis, Riau, Indonesia. With a population of about 239.361 inhabitants were ditahap expansion of Bengkalis district to become a municipality. Responding to the expansion that has been moving dihimbaukan still very volatile and has a formation in the society. In the framework of the expansion, the community is very enthusiastic in mengupakan Duri Duri city became municipality. Even if they wanted to be taken to the point best, only the expansion movement had managed to move the working area of ​​the Regent of Bengkalis City Duri. The purpose of the planning office of regent saber planning objective to produce a Planning and progaming in the design office of mayor, with levels of Riau province, while the subjective goal to generate a spatial plan / program that is able to accommodate the activities of managers, especially users and other activities. Planning office of regent Saber with pendekata Malay architectural transformation is planned in the Clean Water Pipe Road, Duri Riau, namely where the location away from the noise, thus making the office feel comfortable and calm when in office. The concept of this saber regent office planning with pendekata "Malay architecture" in which the planning concepts using the basic concept design principle customize the theme Shape Transformation with Malay architecture. To form the building using subtractive transformation types and customize the design basis Malay Architecture
Perancangan Pesantren Mualaf Pekanbaru Pendekatan Arsitektur Islam Ilham Gusriyadi; Repi Repi; Rika Cheris
JURNAL TEKNIK Vol. 14 No. 1 (2020): Edisi April 2020
Publisher : JURNAL TEKNIK UNILAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/teknik.v14i1.3367

Abstract

Islamic Boarding School is a traditional educational institution, teaches various things about Islam, in contrast to Islamic boarding schools in general, the Islamic Boarding School for Muslims is specifically intended for Converts, namely for people who have recently joined Islam. Islamic Boarding School guides Converts in learning everything about Islam, namely in the field of guidance and education in the form of the Aqeedah, akhlaq, tauhid, reading the Qur'an, Fiqh, Tafsir and Arabic. The design is intended so that Converts feel the presence of brothers and sisters who can help strengthen their Islamic beliefs and boarding schools as a place or home for them so they can feel a peaceful Islam. Pekanbaru Islamic Boarding School can be a national and international Islamic educational institution and an attraction of the city of Pekanbaru, known as the city of Madani in Islam and in harmony with the Malay culture that is characterized by a strong Islamic. Comfort in learning for converts is very important to be able to focus on studying Islamic religion. The design of Islamic boarding schools uses qualitative research methods to obtain primary and secondary data, literature studies, empirical studies and interviews related to the concept of Islamic Architecture approach in Islamic Boarding Schools. The application of Islamic boarding school design conceptualizing the Islamic Architecture approach to the application on the outside and inside the building in the form of ornaments that reminds Allah SWT, setting the space to maintain akhlaq and make it easier of students activity.

Page 1 of 14 | Total Record : 138