cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 3 (2024)" : 7 Documents clear
PERAN CITRA MEREK DALAM MEMEDIASI PENGARUH DAYA TARIK IKLAN TERHADAP NIAT BELI Agung Wulan Prabandari; I Wayan Santika; I Gst Ayu Kt Giantari
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 3 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i03.p07

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan langsung antara variabel daya tarik iklan terhadap niat beli, daya tarik iklan terhadap citra merek, citra merek terhadap niat beli, dan peran citra merek dalam memediasi pengaruh daya tarik iklan terhadap niat beli Mitsubishi Xpander. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar. Ukuran sampel yang ditentukan sebesar 100 sampel menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian diukur menggunakan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur, uji asumsi klasik, uji sobel, dan uji VAF. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Citra merek secara signifikan memediasi parsial pengaruh daya tarik iklan terhadap niat beli. Penelitian ini memberikan bukti dan menjadi tambahan referensi studi empiris terkait manajemen pemasaran dan dapat menjadikan pertimbangan dan masukan bagi manajemen dalam penggunaan daya tarik iklan untuk meningkatkan citra merek dan niat beli. Kata kunci: Citra Merek; Daya Tarik Iklan; Niat Beli
PENGARUH KOMPENSASI, MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYAWAN Ni Ketut Suci Cheliasih; I Gede Riana
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 3 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i03.p05

Abstract

Komitmen organisasional merupakan suatu kondisi dimana karyawan sepaham dan sejalan dengan tujuan organisasi. Rendahnya komitmen organisasional yang terjadi pada karyawan Aroma Café Bali ditandai dengan pernyataan bahwa karyawan yang merasa tidak terikat dengan organisasi dan menganggap bekerja pada perusahaan saat ini hanya sebagai batu loncatan. Penelitian ini dilakukan di Aroma Café Bali di Kabupaten Badung dengan jumlah populasi sebanyak 67 responden. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi, motivasi dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional. Adapun metode penetuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, serta kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Implikasi teoritis penelitian ini memperkaya teori pertukaran sosial yang menjelaskan apabila adanya sebuah tindakan awal yang positif maka akan ada respon untuk untuk membalas dengan tindakan yang lebih positif. Implikasi Praktis Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dan masukan bagi manajemen Aroma Café Bali di Kabupaten Badung. Kata kunci: Kepuasan Kerja; Kompensasi; Komitmen Organisasional; Motivasi
PERAN KEPUASAN PELANGGAN MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN I Ketut Paduary Karmanta; Ni Made Wulandari Kusumadewi
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 3 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i03.p01

Abstract

Loyalitas pelanggan merupakan suatu keadaan di mana pelanggan setia dan terus membeli dan menggunakan produk atau layanan dari sebuah merek atau perusahaan. Loyalitas pelanggan sangat berkaitan erat dengan kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan kepada pelanggan Shopee-Food di Kota Denpasar. Metode yang digunakan dalam menentukan ukuran sampel yaitu purposive sampling dengan ukuran sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner penelitian melalui google form. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data yang terdiri atas analisis statistik deskriptif, analisis jalur (path analysis), dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan secara signifikan memediasi hubungan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Implikasi teoritis penelitian ini mampu mengkonfirmasi konsep peran kepuasan pelanggan memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Implikasi praktis penelitian ini yaitu pihak Shopee harus lebih memperhatikan aspek yang terkait dengan kualitas pelayanan seperti ketersediaan driver dan kesesuaian estimasi waktu penerimaan makanan agar pelanggan merasa puas dan menjadi loyal. Kata kunci : Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan; Loyalitas Pelanggan
ANALISIS REAKSI PASAR MODAL INDONESIA TERHADAP PERISTIWA PENGUMUMAN PENGHENTIAN EKSPOR KOMODITAS SAWIT TAHUN 2022 I Gusti Ngurah Agung Bagus Dirotsaha Kusuma; Sayu Ketut Sutrisna Dewi
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 3 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i03.p02

Abstract

Studi peristiwa ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat reaksi pasar modal Indonesia atas pengumuman penghentian ekspor komoditas sawit tahun 2022 dengan menggunakan indikator abnormal return, trading volume activity, dan bid ask spread. Sampel dalam penelitian ini adalah 22 saham perusahaan sawit yang tedaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Data yang berjenis sekunder diantaranya harga saham harian, volume perdagangan saham, harga saham harian tertinggi dan terendah, indeks harga saham harian selama tiga hari sebelum, satu hari pada saat, dan tiga hari setelah peristiwa. Berdasarkan uji paired sample t test dan uji wilcoxon diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan signifikan pada rata-rata abnormal return, sementara rata-rata trading volume activity dan bid ask spread terjadi perbedaan tidak signifikan. Hasil yang muncul dari penelitian ini menggambarkan bahwa pasar modal Indonesia menunjukan reaksi terhadap peristiwa yang terjadi yakni pengumuman penghentian ekspor komoditas sawit. Kata kunci: Abnormal Return; Bid Ask Spread; Studi Peristiwa; Trading Volume Activity an penghentian ekspor komoditas sawit.
PENGARUH BEBAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DAN TURNOVER INTENTION KARYAWAN PROGRAM MITRA Agung Risma Ayuni; Wayan Gede Supartha
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 3 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i03.p04

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis dampak beban kerja serta kompensasi pada komitmen organisasi dan turnover intention karyawan program mitra PT. Asuransi Sinar Mas Cabang Gianyar. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 45 karyawan program mitra dengan teknik nonprobability sampling. Data responden dikumpulkan menggunakan pendekatan survei, dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis melalui teknik analisis jalur(path analysis). Hasil penelitian menyatakan beban kerja, kompensasi dan komitmen organisasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap turnover intention. Kompensasi mempunyai dampak signifikan dan positif pada komitmen organisasi. Kompensasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap turnover intention. Beban kerja tidak berdampak signifikan pada komitmen organisasi. Beban kerja, kompensasi berpengaruh signifikan terhadap turnover intention melalui komitmen organisasi. Implikasi penelitian ini adalah untuk menekan tingkat turnover intention, dibutuhkan perhatian dari pimpinan untuk mengatur beban kerja, pelatihan-pelatihan untuk peningkatan kemampuan karyawan dan pemberian kompensasi untuk dapat menciptakan suasana kerja yang lebih baik serta meningkatkan komitmen karyawan kepada perusahaan. Kata kunci: Beban Kerja; Kompensasi; Komitmen Organisasi; Turnover Intention
PERAN KEPUASAN KERJA MEMEDIASI PENGARUH QUALITY OF WORK LIFE TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT Ni Nyoman Sekar Ayu Widyantari; I Made Artha Wibawa
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 3 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i03.p03

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan peran kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh quality of work life terhadap employee engagement. Penelitian ini menggunakan Social Exchange Theory sebagai dasar teoritis. Penelitian melibatkan 52 orang responden sebagai sampel dengan metode sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis jalur, uji asumsi klasik, dan pengujian peran mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa quality of work life berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh postif dan signifikan dengan employee engagemet, quality of work life berpengaruh positif signifikan dengan employee engagement, serta kepuasan kerja berperan sebagai partial (complementary mediation) dalam pengaruh quality of work life terhadap employee engagement. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dan saran bagi PT. Bayus Cargo untuk lebih memperhatikan kesejahteraan karyawan.
PENGARUH WORK-FAMILY CONFLICT TERHADAP WITHDRAWAL BEHAVIOR DENGAN STRES KERJA SEBAGAI PEMEDIASI Ronaldo Saiolonitogu; I Gusti Ayu Manuati
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 3 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i03.p08

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh work-family conflict terhadap withdrawal behavior pada karyawan Hotel Kampung 168. Penelitian ini dilakukan di Hotel Kampung 168 dan menggunakan Attribution Theory. Penelitian ini melibatkan 67 responden melalui sampling jenuh dan pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan wawancara, serta menggunakan uji asumsi klasik, analisis jalur dan uji Sobel. Hasil menunjukkan bahwa work-family conflict berkontribusi positif dan signifikan terhadap withdrawal behavior; work-family conflict berpengaruh positif dan signifikan terhadap stres kerja; stres kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap withdrawal behavior; dan stres kerja memediasi hubungan antara work-family conflict dan withdrawal behavior. Implikasi manajerialnya adalah perlunya sistem dukungan internal perusahaan untuk mengurangi stres kerja, yang dapat mengurangi withdrawal behavior karyawan. Studi ini memberikan kontribusi pada pemahaman dinamika perilaku karyawan di industri perhotelan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 6 (2024) Vol 13 No 5 (2024) Vol 13 No 4 (2024) Vol 13 No 3 (2024) Vol 13 No 2 (2024) Vol 13 No 1 (2024) Vol 12 No 12 (2023) Vol 12 No 11 (2023) Vol 12 No 10 (2023) Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue