cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 11 (2019)" : 25 Documents clear
PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO, NON PERFORMING LOAN, BOPO, DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO TERHADAP PROFITABILITAS Nyoman Tri Lukpitasari Korri; I Gde Kajeng Baskara
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 11 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.362 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p10

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan, BOPO, dan Loan to Deposit Ratio terhadap Profitabilitas. Penelitian menggunakan pendekatan asosiatif kausal yang dilakukan pada Bank Umum Swasta Nasional di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 32 Bank Umum Swasta Nasional di Bursa Efek Indonesia. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi non partisipan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang diolah dengan program SPSS dengan teknik penentuan sampel purposive sampling method. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa CAR berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas. LDR berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. NPL dan BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. Kata Kunci: CAR, NPL, BOPO, LDR, profitabilitas
PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DIMEDIASI KEPUASAN KERJA DI PT. JAYA KUSUMA SARANA BALI Ni Wayan Armiani; Made Surya Putra
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 11 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.303 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p01

Abstract

Komitmen organisasional merupakan kesediaan orang untuk tetap bertahan di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keadilan organisasional terhadap komitmen organisasional, keadilan organisasional terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional, dan keadilan organisasional terhadap komitmen organisasional melalui mediasi kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan di PT. Jaya Kusuma Sarana Bali. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 52 orang karyawan, dengan metode sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa keadilan organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, keadilan organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, dan kepuasan kerja memediasi parsial pengaruh keadilan organisasional terhadap komitmen organisasional. Kata kunci: keadilan organisasional; komitmen organisasional; kepuasan kerja
PENGARUH PEMBERDAYAAN, KERJA SAMA TIM DAN PELATIHAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DI SPA SANTRIAN BALI Ni Ketut Apriliani; Anak Agung Ayu Sriathi
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 11 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.675 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p24

Abstract

Produktivitas Karyawan adalah kemampuan karyawan dalam berproduksi dibandingkan dengan input yang digunakan dengan tujuan untuk menghasilkan barang atau jasa sesuai dengan hasil yang diharapkan dalam waktu yang singkat atau tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberdayaan, kerja sama tim dan pelatihan terhadap produktivitas kerja karyawan di Spa Santrian bali. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 40 karyawan, dengan metode sampel jenuh. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pemberdayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan, kerja sama tim berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas karyawan dan pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan. Dalam upaya meningkatkan produktivitas kerja karyawan, pimpinan diharapkan dapat memberikan dukungan dan pelatihan bagi karyawan yang memiliki produktivitas rendah. Dalam upaya meningkatkan pemberdayaan karyawan pihak manajemen sebaiknya mebina komunikasi yang baik diantara karyawan. Kata kunci : Pemberdayaan, Kerja Sama Tim, Pelatihan, Produktivitas Kerja Karyawan
PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL, LINGKUNGAN KERJA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN KOPERASI PASAR SRINADI Ni Wayan Meriandayani; Made Subudi
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 11 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.498 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p15

Abstract

Turnover intentions ialah keinginan untuk berpindah ke perusahaan lain namun belum sampai pada tahap realisasi. Faktor-faktor yang menjadi penyebab adanya keinginan untuk pindah kerja (turnover intention) antara lain lingkungan kerja, kepuasan kerja, dan komitmen organisasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh komitmen organisasional, lingkungan kerja, dan kepuasan kerja terhadap turnover intention. Penelitian ini dilakukan terhadap karyawan Koperasi Pasar Srinadi Klungkung. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 298 dengan sampel 75 responden melalui proportionate random sampling. Metode pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Liner Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel komitmen organisasional, lingkungan kerja, dan kepuasan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention karyawan Koperasi Pasar Srinadi Klungkung. Tingginya komitmen organisasional, lingkungan kerja, dan kepuasan kerja dalam perusahaan mampu menekan tingkat turnover intention karyawan. Kata kunci : komitmen organisasional, lingkungan kerja, kepuasan kerja, turnover intention
PENGARUH EFIKASI DIRI, MOTIVASI KERJA, LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. SUKANDA DJAYA DENPASAR Agus Santoso; I.G.A Manuati Dewi
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 11 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.52 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p06

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh efikasi diri, motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Sukanda Djaya Cabang Denpasar yang berjumlah 97 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri, motivasi kerja, dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Hal ini memiliki makna bahwa semakin tinggi tingkat keyakinan karyawan terhadap kemampuannya, semakin tinggi motivasi kerja yang dimiliki karyawan, dan semakin baik kondisi lingkungan kerja di PT. Sukanda Djaya Cabang Denpasar, maka akan berpengaruh pada semakin meningkatnya kepuasan kerja karyawan. Kata kunci: efikasi diri, motivasi kerja, lingkungan kerja, kepuasan kerja
PERAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMEDIASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN I Putu Satya Nitya Ananda; I Made Jatra
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 11 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.07 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p20

Abstract

Nitya Home Stay merupakan salah satu penginapan yang bernuansa villa yang ada di Pulau Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali. Penginapan ini memiliki jumlah kamar sebanyak 18 kamar. Nitya Home Stay memiliki banyak pesaing yang berada di Nusa Lembongan. Banyaknya penginapan yang ada di Nusa Lembongan membuat persaingan begitu ketat. Setiap perusahaan berlomba-lomba memberikan penawaran yang terbaik agar dapat menarik pelanggan dari pesaing. Agar dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat, Nitya Home Stay tidak cukup hanya dengan memberikan penawaran saja, perusahaan harus mampu memberikan kualitas pelayanan secara maksimal sehingga pelanggan merasa puas dan akan berdampak pada loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepuasan pelanggan dalam memediasi kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan di Nusa Lembongan, dengan menggunakan 125 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa Path Analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan secara positif dan signifikan memediasi kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Nitya Home Stay perlu terus meningkatkan kualitas pelayanan agar pelanggan merasa puas sehingga tercipta loyalitas pelanggan. Kata kunci : kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan
PENGARUH GAYA HIDUP, PERCEIVED BENEFIT, DAN PERCEIVED RISK TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN KARTU KREDIT DI INDONESIA Ni Made Puspa Dewi; Ni Made Asti Aksari
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 11 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.832 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p11

Abstract

Kartu kredit menjadi salah satu alat pembayaran nontunai yang diminati masyarakat, ditandai dengan terus meningkatnya jumlah kartu yang beredar, volume dan nominal transaksi kartu kredit di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh gaya hidup, perceived benefit, dan perceived risk terhadap niat menggunakan kartu kredit di Indonesia. Sampel yang digunakan berjumlah 140 orang diambil dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan gaya hidup dan perceived benefit berpengaruh positif terhadap niat menggunakan kartu kredit, sedangkan perceived risk berpengaruh negatif terhadap niat menggunakan kartu kredit. Perceived benefit dan perceived risk menjadi faktor terkuat yang mempengaruhi niat menggunakan kartu kredit, sehingga disarankan bagi pihak bank untuk memberikan pemahaman mengenai manfaat dan risiko dari kartu kredit kepada konsumen melalui edukasi berupa sosialisasi atau seminar. Kata kunci: gaya hidup, perceived benefit, perceived risk, niat menggunakan
PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN HEDGING PADA SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI BEI Ni Wayan Karina; Henny Rahyuda
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 11 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.714 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p02

Abstract

Hedging merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk melindungi sebuah perusahaan dari risiko eksposur nilai tukar valuta asing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh leverage, ukuran perusahaan, dan likuiditas terhadap penggunaan instrumen derivatif hedging perusahaan sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012-2016. Metode penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan 20 sampel perusahaan yang memenuhi kriteria (100 firm-year observation). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data annual report yang diunduh dari website BEI (www.idx.co.id). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Hasil pengujian mendapatkan hasil bahwa leverage yang diproksikan dengan debt ratio berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan hedging. Ukuran Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan hedging. Likuiditas yang diproksikan dengan current ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan hedging. Kata kunci: hedging, risiko, leverage, ukuran perusahaan, likuiditas
PERAN KOMITMEN ORGANISASIONAL MEMEDIASI PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP OCB I Gede Krisna Pratama; Ni Wayan Mujiati
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 11 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.547 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p25

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasional, untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap OCB , untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasional terhadap OCB , serta untuk mengetahui peran komitmen organisasional dalam memediasi pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap OCB . Penelitian ini dilakukan pada Dinas Koperasidan UKM Provinsi Bali. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 56 orang, dengan menggunakan metode sampel jenuh (sensus), dimana menggunakan keseluruhan populasi sebagai sampel. Data di analisis menggunakan teknikan alisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB , komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB , serta komitmen organisasional secara positif dan signifikan memediasi kepemimpinan transformasional terhadap OCB pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali. Kata Kunci: kepemimpinan transformasional, komitmen organisasional, OCB.
PENGARUH ORIENTASI TEKNOLOGI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN Ni Wayan Novita Diah Lestari; I Gde Ketut Warmika
E-Jurnal Manajemen Vol 8 No 11 (2019)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.11 KB) | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p16

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Ubud pada bulan Desember 2018 hingga Januari 2019 dengan menggunakan responden pengelola hotel melati. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 90 responden dengan metode non probability sampling, yaitu purposive sampling. Penerapan orientasi teknologi dan orientasi pasar diukur menggunakan kuesioner. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji statistik deskriptif dan uji statististik regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa orientasi teknologi dan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Motivasi pengelola hotel melati di Kecamatan Ubud terhadap pemanfaatan teknologi sangat tinggi. Faktor pendorong motivasi pemanfaatan teknologi dengan skor rata-rata tertinggi adalah kemudahan dalam mengoperasionalkan. Orientasi pelanggan merupakan salah satu indikator dalam variabel orientasi pasar yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan, sehinggaa dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kinerja perusahaan dapat dilakukan dengan memuaskan kebutuhan pelanggan dan selalu memperhatikan selera pelanggan. Kata kunci: orientasi teknologi, orientasi pasar, kinerja perusahaan

Page 1 of 3 | Total Record : 25


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue