cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
ISSN : 23551925     EISSN : 25808915     DOI : -
Core Subject : Education,
TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics and practitioners interested in basic education and learning studies and wishes to channel their thoughts and findings, especially in relation to studies in science at madrasah ibtidaiyah / elementary schools. The articles contained are the results of research, scientific and critical and comprehensive review of the important and current issues covered in the journals.
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2015): TERAMPIL" : 22 Documents clear
UJIAN NASIONAL DAN PEMBUDAYAAN SISWA AKTIF BELAJAR (Refleksi Pasca Putusan Permendikbud No. 5 Tahun 2015 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik UN) BAHARUDIN, BAHARUDIN
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2, No 1 (2015): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.483 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v2i1.1283

Abstract

Pendidikan merupakan wahana pembentukan karakter bangsa (character building). Ini artinya, pembangunan bangsa bukan hanya memperhatikan acuan substantif konseptual saja, tetapi lebih pada attitude yang tercermin dalam perilaku warga negaranya dalam sehari-hari. Dikeluarkannya Permendikbud       No. 5 Tahun 2015, revisi dari Permendikbud No.144 Tahun 2014 tentang  Kriteria Kelulusan  Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Program Kesetaraan dan Ujian Nasional merupakan respon progresif pemerintah dalam menjawab polemik permasalahan seputar UN. Terlepas dari perkara UN sebagai ketetapan kelulusan siswa atau bukan, sudah suatu kewajiban bagi siswa untuk semangat dalam belajar. Sekolah tidak semestinya diorientasikan hanya untuk mendapatkan ijazah dan sekedar lulus, namun terpenting bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang sebanyak-banyaknya yang sangat berguna bagi masa depannya nanti. Pembudayaan siswa aktif belajar dengan menempatkan siswa sebagai subjek/pelaku belajar harus menjadi habit dan kebutuhan bagi siswa. Premis ini memberikan pesan bahwa setiap guru harus merancang skenario pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat beraktivitas belajar sebanyak mungkin dan memperoleh pengalaman belajar yang bermakna
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAMPAK PERISTIWA ALAM KELAS V SDN SONOPATIK 1 KABUPATEN NGANJUK ANDAYANI, SARI FATUL; LAILA, ALFI
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2, No 1 (2015): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.905 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v2i1.1285

Abstract

The aim of the research is: 1) determine the influence of usage conventional model supported visual media to the ability to identify impact natural events in grade V SDN Sonopatik 1, Sub-district Berbek Kediri Regency. 2) determine the influence of usage cooperativemodel types jigsawsupported visual media to the ability to identify impact natural events in grade V SDN Sonopatik 1, Sub-district Berbek Kediri Regency. 3) knowing the difference between the effect of the use of cooperativemodel types jigsawsupported visual media with convensional model supported visual media to the ability to identify impact natural events in grade V SDN Sonopatik 1, Sub-district Berbek Kediri Regency.This Research typesTrue Experimental (Pretest-Posttest Control Group Design).  Use approach quantitative with subjectsgrade V SDN Sonopatik 1 sub-districts Berbek, Nganjuk Regency.data collection instrumens used is a objective test. The results of the research showed that (1) conventional model supported visual media  effect is very significant impact to the ability to identify natural events, this is proven with value of tcount (4.580) >ttable (2.819) and thoroughness classical reached 53,48%. (2) cooperativemodel typesjigsaw supported media visual effect is very significant impact to the ability to identify natural events, this is proven with value of  tcount (9.700) >ttable (2.807) and thoroughness classical reached 78,75%. (3) cooperative model typesjigsawsupported visual media superior than conventional model supported visual media.
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI MUKTI KARYA KECAMATAN PANCA JAYA KABUPATEN MESUJI Aziz, Abdul; Ifrianti, Syofnidah
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2, No 1 (2015): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.989 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v2i1.1278

Abstract

Teacher is figure and role model to her/his students and environment. That is why a teacher must have certain qualification standards, such as resposibility, authority, independent, and discipline. Teacher of Fiqih subject in MIN Mukti Karya, Panca Jaya, Mesuji had given his best in educating his students. In this case, the teacher had tried to conduct teaching-learning process and motivate his students well. Unfortunately, the result was not optimal yet. Based on those facst, this reasearch was conducted to find out why the teacher’s efforts have not been successful to improve learning achievement in  MIN Mukti Karya, Panca Jaya, Mesuji. The writer used observation, interview, and documentation to gain the data. Observation was used to know the real teaching-learning process, interview was used to gain the data of the obstacles faced by the teacher, and documentation was used to know the teacher’s preparations. Data sources of this research were head master, teacher, and students. Finally to analize the data, the writer used data reduction, data display, and conclusion drawing. Based on result of data analisys, the writer concluded that factors which caused teacher’s efforts had not managed to improve students’ achievement were: (1) inadequate learning resources; (2) lack of props and media, (3) lack of supervision, control, and good exemplary done by parents.
MEMBUDAYAKAN IKLIM SEMANGAT BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR FITERIANI, IDA
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2, No 1 (2015): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.915 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v2i1.1286

Abstract

Dalam membelajarkan anak didik di Sekolah Dasar, guru harus memiliki keyakinan mampu membudayakan iklim semangat belajar pada siswanya. Semangat dalam pengertian yang berkembang di masyarakat seringkali disamakan dengan motivasi. Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan antusiasmenya dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik). Penciptaan budaya yang mampu memberikan semangat belajar bagi siswa akan semakin memperkukuh karakter dan sifat “haus” siswa terhadap ilmu pengetahuan, yang mana muaranya bertujuan untuk mempersiapkan siswa SD menjadi seorang ilmuwan (cendikiawan) yang berwawasan luas dan berakhlaqul karimah sebagaimana amanah UU dan Pancasila
PENERAPAN ETIKA DAN AKHLAK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI Rokayah, Rokayah
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2, No 1 (2015): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.602 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v2i1.1279

Abstract

Islam merupakan agama yang santun karena dalam islam sangat menjunjung tinggi pentingnya etika, dan akhlak. Akhlak adalah hal yang terpenting dalam kehidupan manusia karena akhlak mencakup segala pengertian tingkah laku, tabiat, perangai, karakter manusia yang baik maupun yang buruk dalam hubungannya dengan Khaliq atau dengan sesama makhluk. Etika menurut filsafat dapat disebut sebagai ilmu yang menyelidiki mana yang baik dan mana yang buruk dengan memperhatikan amal perbuatan manusia sejauh yang dapat diketahui oleh akal pikiran. Akhlak adalah hal yang terpenting dalam kehidupan manusia karena akhlak mencakup segala pengertian tingkah laku, tabiat, perangai, karakter manusia yang baik maupun yang buruk dalam hubungannya dengan Khaliq atau dengan sesama makhluk.
KORELASI ANTARA KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI NURUL AMAL (KECAMATAN GEDUNG MENENG KABUPATEN TULANG BAWANG) MAHMUDI, MAHMUDI; AMRIYAH, CHAIRUL
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2, No 1 (2015): TERAMPIL
Publisher : Institut Agama Islam Negeri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.785 KB)

Abstract

Education is a process of self-development and personality formation. Discipline is an attitude that a student should have because it is a part of formation of personality. Discipline in the school environment is needed to create a comfotable learning athmosphere for teachers and students. Tha application of discipline is expected to assist the students to reach optimal achievement. Thus. the objection of this research is to find out whether there is a possitive correlation between discipline and students’ learning achievement. This was a quantitative reasearch. It was conducted in MI Nurul Amal. Gedung Meneng. Tulang Bawang. There were 34 students of fifth grade as the population. Data of the research was gained by using questionnaire as the primary technique. Observation was used as the supporting technique. Documentation technique was also used to know teacher’s preparation in conducting teaching-learning process. Based on data analisys. the result was robserved  > rtable. This result proved that there was a possitive correleation between between discipline and students’ learning achievement. It meant that the better students have discipline. the higher achievement they can reach. 
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN, KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR (SD) MELALUI RECIPROCAL TEACHING NEGARA, HASAN SASTRA
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2, No 1 (2015): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.32 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v2i1.1288

Abstract

Pemahaman matematis merupakan aspek yang sangat penting dalam prinsip pembelajaran matematika. Siswa dalam belajar matematika harus disertai dengan pemahaman, hal ini merupakan visi dari belajar matematika. Dilihat dari sisi pembelajaran, fakta menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan hanya menekankan pada aspek pemahaman instrumental memang relatif lebih mudah, keadaan ini bisa berakibat para guru lebih senang dengan cara ini. Strategi pembelajaran reciprocal teaching merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam penguasaan konsep matematika terutama dalam pemahaman, koneksi dan komunikasi matematis. Di samping itu juga siswa dituntut aktif dalam pembelajaran sehingga tercipta pola pikir konstruktif siswa dalam pemahaman dan menghubungkan suatu konsep matematika. Hal ini akan berakibat pada penguatan materi pembelajaran dan siswa lebih terkenang dalam pembelajaran
PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI SEKOLAH DASAR HIDAYAH, NURUL
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2, No 1 (2015): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.274 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v2i1.1280

Abstract

Pembelajaran tematik integratif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam sebuah tema tertentu. Pembelajaran tematik integratif memiliki satu tema yang aktual dekat dengan dunia siswa dan ada dalam kehidupan sehari-hari. Tema ini menjadi satu pemersatu materi yang beragam dari beberapa mata pelajaran. Pembelajaran tematik integratif perlu memilih materi beberapa mata pelajaran yang mungkin saling terkait.Teknik penilaian yang dilaksanakan oleh guru dalam pembelajaran ini berupa tes lisan, tes tulis, penugasan dan tes kinerja. Rapor dengan pembelajaran tematik integratif tidak menggunakan angka sebagai penilaian namun dengan deskripsi kalimat dan menilai seluruh aspek.
PENDIDIKAN KARAKTER MODEL MADRASAH: SEBUAH ALTERNATIF HASANAH, USWATUN
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2, No 1 (2015): TERAMPIL
Publisher : Institut Agama Islam Negeri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.785 KB)

Abstract

Amanat Konstitusi Negara Republik Indonesia (baca: UUD 1945) telah menegaskan bahwa tanggung jawab “mencerdaskan kehidupan bangsa” merupakan kewajiban konstitusional Pemerintah Negara. Untuk itu pula, Konstitusi Negara telah memberikan jaminan bahwa "Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan", bahkan ditegaskan bahwa "Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya". Dalam rangka “mencerdaskan kehidupan bangsa” itu Pemerintah Negara telah diamanatkan agar mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta akhlak mulia. Perspektif UU-Sisdiknas sebagaimana tercermin dalam konstruksi “terminologi authentik pendidikan”, formulasi fungsi dan tujuan pendidikan nasional telah sangat jelas mendeskripsikan konseptual “pendidikan karakter” dalam sistem pendidikan nasional Indonesia. Konseptual “pendidikan karakter” dimaksud, tentu saja berintikan pada transformasi pembentukan karakter peserta didik, dan sekaligus merupakan perwujudkan konseptual “pendidikan berkarakter” melalui seprangkat sistem, iklim belajar dan proses pembelajaran.
SIKAP GURU KEPADA MURID (Membedah Kompetensi Sosial Sebagai Salah Satu Kompetensi Guru) ALAMSYAH, YOSEP ASPAT
TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol 2, No 1 (2015): TERAMPIL
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.603 KB) | DOI: 10.24042/terampil.v2i1.1282

Abstract

Guru dan murid, dalam aktivitas pendidikan, sama-sama memiliki posisi yang  strategis. Guru dengan murid dalam proses pendidikan memiliki sifat interdependensi. Guru butuh partisipasi murid dalam mengamalkan dan mengembangkan ilmunya. Murid membutuhkan bantuan guru untuk mengarahkan proses pertumbuhan dan perkembangannya. Keberhasilan atau kegagalan suatu pendidikan tidak akan terlepas dari kontribusi didalamnya. Ada keterkaitan erat antara mutu atau kualitas guru dengan keberhasilan atau  kegagalan pendidikan. Bila standar mutu guru baik maka pendidikan akan berhasil baik. Begitu juga sebaliknya. Standar kualitas yang dituntut dari seorang guru itu tidak hanya aspek fisik-material saja tetapi juga menyangkut aspek mental-spiritual dan intelektual. Diantara standar kualitas guru adalah dimensi kompetensinya. Ada empat macam kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Di sekolah atau di luar sekolah, guru-guru akan selalu berinteraksi dan berkomunikasi dengan dengan murid-muridnya Bagaimanakah guru seharusnya bersikap dan berkomunikasi kepada murid-muridnya terutama ketika dalam proses belajar-mengajar? Topik ini memiliki  keterkaitan erat dengan kompetensi sosial seorang guru. Dengan kajian kepustakaan, topik ini  akan dicoba untuk dibahas melalui analisis reflektif.

Page 1 of 3 | Total Record : 22