cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Automotive Science and Education Journal
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2013): Automotive Science and Education Journal" : 16 Documents clear
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK SERVICE ENGINE DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA Izzudin, Ahmad Maulana; Masugino, Masugino; Suharmanto, Agus
Automotive Science and Education Journal Vol 2 No 2 (2013): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMELIHARA/SERVIS SISTEM AC -, Samsudduha; -, Masugino; -, Supraptono
Automotive Science and Education Journal Vol 2 No 2 (2013): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISTEM HIDROLIK MENGGUNAKAN PERAGA SISTEM REM HIDROLIK DENGAN SILINDER MASTER TIPE -, Jatmiko; -, Pramono; -, Boenasir
Automotive Science and Education Journal Vol 2 No 2 (2013): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SHOCK ABSORBER DENGAN PENERAPAN MEDIA ANIMASI DUA DIMENSI Permono, Nuryo; -, Samsudi; -, Karsono
Automotive Science and Education Journal Vol 2 No 2 (2013): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PERANCANGAN FRONT PART MOBIL LISTRIK MENGGUNAKAN SOFTWARE 3D SIEMENS NX8 -, Sudita; -, Pramono; -, Sunyoto
Automotive Science and Education Journal Vol 2 No 2 (2013): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PERBANDINGAN PERFORMA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR MOTOR DIESEL SATU SILINDER DENGAN VARIASI TEKANAN INJEKSI BAHAN BAKAR DAN VARIASI CAMPURAN BAHAN BAKAR SOLAR, MINYAK KELAPA DAN MINYAK KEMIRI -, Sudik; -, Abdurrahman; Aryadi, Widya
Automotive Science and Education Journal Vol 2 No 2 (2013): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI BATERAI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (JIGSAW DAN NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI Manshur, Muhammad; -, Sunyoto; -, Sudarman
Automotive Science and Education Journal Vol 2 No 2 (2013): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PERANAN MODUL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN ANALISIS KERUSAKAN SISTEM REM ABS (ANTI-LOCK BRAKE SISTEM) Hermawan, Indra; -, Suwahyo; Sulistyo, Suratno Margo
Automotive Science and Education Journal Vol 2 No 2 (2013): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK SERVICE ENGINE DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA
Automotive Science and Education Journal Vol 2 No 2 (2013): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

abstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang signifikan dengan menggunakan media pembelajaran video interaktif   engine tune-up EFI lebih baik dibandingkan dengan menggunakan media pembelajaran sebelumnya dan apakah video interaktif   engine tune-up EFI  efektif  digunakan sebagai media pembelajaran pada proses pembelajaran kompetensi service engine dan komponen-komponennya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pola  Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 87 siswa dari tiga kelas XI TKR di SMK Negeri 4 Semarang yang menempuh kompetensi service engine dan komponen-komponennya. Sampel penelitian dengan metode random, sebanyak 29 siswa kelas XI TKR 3 sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas XI TKR 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode observasi keaktifan siswa, metode tes praktik dengan check list, analisa data menggunakan statistik deskripsi dan uji t.Hasil studi kompetensi service engine dan komponen-komponennya (Engine Tune-Up EFI) dengan menggunakan video interaktif  lebih baik dan proses pembelajaran lebih cepat.  Dengan demikian pembelajaran video interaktif  efektif  digunakan pada proses pembelajaran kompetensi service engine dan komponen-komponennya (Engine Tune-Up EFI).abstractThe goal of  research was to identify whether student learning outcomes significantly by using interactive learning media video EFI engine tune-up is better than the previous use of  instructional media. This study used an experimental method with pre-test pattern Post-test Control Group Design. Populasipenelitian numbering 87 students from three classes XI TKR in SMK Negeri 4 Semarang who took competencies service engine and its components. Study sample with random method, as many as 29 students of  class XI TKR 3 as the experimental class and 29 students of  class XI TKR 2 as the control class. Data collection using the documentation, observation methods student activity, practice test method with check lists, analyzing data using statistical descriptions and competency testing study t.Hasil service engine and its components (Engine Tune-Up EFI) using interactive video better and the learning process faster. Thus the effective use of  learning interactive video on learning competencies service engine and its components (Engine Tune-Up EFI).
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISTEM HIDROLIK MENGGUNAKAN PERAGA SISTEM REM HIDROLIK DENGAN SILINDER MASTER TIPE
Automotive Science and Education Journal Vol 2 No 2 (2013): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

abstrakPenelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel penggunaan media peraga aplikasi sistem rem hidrolik pada mobil menggunakan silinder master tipe tandem untuk meningkatkan keterampilan dan variabel pemahaman. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Tes dilaksanakan dalam bentuk pilihan ganda, sedangkan observasi dan dokumentasi diterapkan pada saat pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data awal yang meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan analisis data akhir yang menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa pada pretes kelas eksperimen, yaitu sebesar 49,94 dan pada kelas kontrol sebesar 47,47 setelah diberi perlakuan dengan dua model, hasil pembelajaran meningkat. Pada kelas eksperimen meningkat menjadi 80,82 dan pada kelas kontrol menjadi 73,53. Hasil postes kedua kelas meningkat, hanya saja hasil postes kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol, sehingga model yang efektif  digunakan dalam pembelajaran adalah menggunakan media alat peraga sistem rem hidrolik dengan silinder master tipe tandem.abstractThis study uses two variables, the variable use of  visual media applications hydraulic brake system on the car using a tandem type master cylinder to improve their skills and understanding of  the variables. The data collection using test techniques, observation, and documentation. Tests carried out in the form of  multiple choice, while the observation and documentation applied during learning. The data analysis technique used in this study is an analysis of  preliminary data that includes tests of  normality and homogeneity, and the final data analysis using the t test. Based on this research, it is known that the average value achieved by the students in the experimental class pretest, that is equal to 49.94 and 47.47 for the control class after treated with the two models, improved learning outcomes. In the experimental classes increased to 80.82 and 73.53 on a control class. Both classes increased in their post test results, only the results of  post-test experimental class are superior to the control class, so that the effective models used in the study is the use of  media props hydraulic brake system with tandem master cylinder type.

Page 1 of 2 | Total Record : 16