cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Edukasi: Jurnal Pendidikan
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : 18298702     EISSN : 24071803     DOI : -
Core Subject : Education,
EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, technology, socio-culture, and entrepreneurship, especially related to higher and basic Education in order to inspire and provide benefits for the wider community. it contains research results and basic scientific literature) according to the field of its scientific work.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Pendidikan" : 15 Documents clear
Praktikalitas Buku Berbasis Quick Response Code pada Materi Lingkungan Nelly Yusra; Rian Vebrianto; Merry Berlian; Dilva Hardila
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 21, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v21i1.5417

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian untuk mengetahui praktikalitas buku ajar berbasis quick response code (QR-Code) sebagai upaya dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan terkait kebakaran hutan dan lahan (karlahut). Jenis penelitian adalah penelitian menggunakaan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 62 pendidik (15 dosen dan 47 guru) dan 126 peserta didik (65 siswa SMA dan 61 mahasiswa). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar angket praktikalitas. Data dianalisis menggunakan SPSS dan ditampilkan dalam bentuk analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan lembar angket yang sudah diisi terkait dengan buku berbasis QR-Code untuk kelompok pendidik dikategorikan sangat praktis dan untuk kelompok peserta didik dikategorikan praktis. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa buku berbasis QR-Code memiliki praktikalitas yang tinggi, baik oleh pendidik dan peserta didik. AbstractThe research aimed to find out the practicality of textbooks based on the quick response code (QR-Code) as an effort to increase environmental care attitudes related to forest and land fires (karlahut). The research used quantitative descriptive method. The research subjects were 62 educators (15 lecturers and 47 teachers) and 126 students (65 high school students and 61 university students). The instrument used to collect data was a practicality questionnaire sheet. Data were analyzed using SPSS and displayed in the form of descriptive analysis. The results showed that overall for the group of educators in the very practical category and for the group of students in the practical category. Based on the research results, it was concluded that QR-Code-based books had high practicality, both by educators and students.
Konstruk Gagasan Budaya Moralitas Pendidikan Sekolah Menurut Pemikiran Neil Postman dan Azyumardi Azra Achmad As’ad Abdul Aziz; Ach. Nurholis Majid; Atiyatus Syarifah; Nining Rizqi Kurniawati
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 21, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v21i1.5239

Abstract

Abstrak Perbincangan budaya moralitas dalam pendidikan sekolah menjadi suatu hal yang sangat esensial. Beberapa tokoh pendidikan memfokuskan pemikiran dalam sebuah karya yang membahas secara utuh permasalahan pendidikan. Neil Postman menekankan bahwa pendidikan moral harus menjadi bagian integral dari kurikulum dan diintegrasikan ke setiap pelajaran. Azyumardi Azra menekankan bahwa pendidikan moral harus berdasarkan pada kearifan lokal, nilai-nilai budaya, dan spiritualitas yang dianut oleh masyarakat setempat. Azyumardi Azra juga menekankan bahwa pendidikan moral harus mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan empati sehingga peserta didik dapat memahami dan menghargai budaya dan pandangan yang berbeda. Neil Postman dan Azyumardi Azra memberikan kontribusi penting dalam memahami konstruk gagasan budaya moralitas dalam pendidikan sekolah dengan menekankan bahwa pendidikan moral harus mencakup aspek intelektual, moral, spiritual, dan harus mencerminkan nilai-nilai budaya dan masyarakat setempat. AbstractDiscussing the culture of morality in school education is very essential. Several educational figures focus their thoughts in a work that discusses educational issues as a whole. Neil Postman emphasizes that moral education must be an integral part of the curriculum and integrated into every lesson. Azyumardi Azra emphasizes that moral education must be based on local wisdom, cultural values, and spirituality adhered to by the local community. Azyumardi Azra also emphasized that moral education must develop critical thinking skills and empathy so that students can understand and appreciate different cultures and views. Neil Postman and Azyumardi Azra made an important contribution in understanding the construct of the idea of a culture of morality in school education by emphasizing that moral education must include intellectual, moral, spiritual aspects, and must reflect local cultural and community values.
English-Based Learning Needs for Specific Purposes: An Analysis Dessy Dwisusila; Havid Ardi; Hasanuddin WS
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 21, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v21i1.5517

Abstract

AbstractThis research aimed to analyze the learning needs of English for students. The research method was used descriptively. Data collection was carried out using an online questionnaire via Google Forms to students to identify the needs and expectations of students in learning English. The number of samples was 50 students with the sampling technique using simple random sampling. The data analysis technique used descriptive quantitative. The results of the research showed that students of the Faculty of Science and Technology need to learn English which focuses on improving the four language skills, namely speaking, writing, listening, and reading. Students also hope to learn more English vocabulary related to their major because it is useful for them in the learning process of the subjects in their major. AbstrakPenelitian bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pembelajaran bahasa Inggris bagi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner online melalui Google Forms kepada mahasiswa untuk mengidentifikasi kebutuhan dan harapan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Jumlah sampel sebanyak 50 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi perlu mempelajari bahasa Inggris yang menitikberatkan pada peningkatan empat keterampilan berbahasa, yaitu berbicara, menulis, menyimak, dan membaca. Mahasiswa juga berharap untuk mempelajari lebih banyak kosakata bahasa Inggris yang berkaitan dengan jurusan karena berguna dalam proses pembelajaran mata kuliah di jurusan.
Perancangan Bodi Kendaraan Prototype Arrow Concept sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Konstruksi Badan Kendaraan Rifdarmon Rifdarmon; Halimatun Sa’diah; Lasyatta Syaifullah
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 21, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v21i1.5679

Abstract

AbstrakPenelitian bertujuan untuk melakukan perancangan bodi kendaraan Prototype Arrow Concept sebagai media dalam pembelajaran mata kuliah Konstruksi Badan Kendaraan. Jenis penelitian adalah research and development (RD) dengan model planning production and evaluation (PPE). Perancangan dan simulasi dilakukan dengan bantuan software Solidworks. Simulasi dalam penelitian menggunakan material fiber karbon atau carbon fiber. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pengujian simulasi menggunakan software Solidworks. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh velocity yang baik dalam mengatur kecepatan udara, dapat menerima pressure dengan baik, dan mendapatkan nilai coefficient drag (Cd) atau gaya hambat yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa nilai yang diperoleh dari pengembangan bodi kendaraan hemat energi Prototype Arrow Concept sudah memenuhi standar dan layak diproduksi sebagai media dalam pembelajaran mata kuliah Konstruksi Badan Kendaraan. AbstractThe research aimed to develop an energy efficient vehicle body Prototype Arrow Concept in learning Vehicle Body Construction. This type of research was research and development (RD) with a planning production and evaluation (PPE) model. Design and simulation were done with the help of Solidworks software. Simulations in research used carbon fiber materials. Data collection techniques used observation and simulation testing used Solidworks software. Data analysis technique used descriptive analysis. Based on the research results, good velocity was obtained in adjusting airspeed, can receive pressure well, and gets a drag coefficient (Cd) or low drag. Based on the results of the research, it was concluded that the value obtained from the development of the energy-efficient vehicle body of Prototype Arrow Concept met the standards and was feasible to be produced as an instructional media of Vehicle Body Construction courses.
Pengembangan Kartu Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality Siti Nur Asmah; Dewi Ismu Purwaningsih
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 21, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v21i1.5469

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian adalah mengembangkan kartu bangun ruang berbasis augmented reality (AR). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Produk divalidasi oleh empat orang ahli yang terdiri dari dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Uji coba produk dilakukan pada 28 siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pontianak. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang terdiri dari angket kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kartu bangun ruang berbasis AR layak digunakan berdasarkan hasil uji kelayakan dari ahli media dan materi serta praktis dan efektif berdasarkan hasil uji coba. Berdasarkan hasil uji kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan, disimpulkan bahwa kartu bangun ruang berbasis AR layak, praktis, dan efektif untuk disebarluaskan.  AbstractThe research aimed to develop an augmented reality (AR)-based spatial card. The research method used the ADDIE research and development model which consists of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The product was validated by four experts consisting of two material experts and two media experts. Product trials were conducted on 28 grade VIII students of SMP Negeri 5 Pontianak. The data collection tool used a questionnaire consisting of a feasibility, practicality, and media effectiveness questionnaire. The results of the research showed that AR-based spatial cards were feasible to use based on the results of due diligence from media and material experts and practical and effective based on the results of the trials. Based on the results of the feasibility, practicality, and effectiveness tests, it was concluded that AR-based spatial cards were feasible, practical, and effective for dissemination.
Tingkat Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Siswa terhadap Materi Kebencanaan Rohmad Tri Ardani; Bayu Dwi Santoso; Siti Nur Halimah; Ira Fatma Satya Ayu Wardani; Rahmah Afifah; Wahyu Widiyatmoko
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 21, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v21i1.5210

Abstract

Abstrak Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan, sikap, dan praktik siswa terhadap materi kebencanaan. Penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Sampel penelitian adalah seluruh siswa MTs Muhammadiyah 1 Dukun yang berjumlah 113 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan praktik siswa terhadap materi kebencanaan tergolong pada kategori tinggi; kriteria tingkat pengetahuan tergolong pada kategori tinggi atau baik; tingkat sikap tergolong pada kategori sedang; dan praktik tergolong pada kategori tinggi atau baik. Hasi penelitian juga menunjukkan bahwa sikap dengan rata-rata skor tertinggi berada di kelas IX. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pengetahuan, sikap, dan praktik siswa di MTs Muhammadiyah 1 Dukun terhadap materi kebencanaan tergolong pada kategori tinggi. AbstractThe research aimed to determine the level of students' knowledge, attitudes, and practices regarding disaster material. This research used a quantitative approach with a survey design. The research sample was all students of MTs Muhammadiyah 1 Dukun, totaling 113 students. The sampling technique used saturated sampling. Data was collected using observation and questionnaires techniques. The data analysis technique used descriptive statistics. The results of the research showed that students' knowledge and practice of disaster material was in the high category; the criteria for the level of knowledge was in the high or good category; attitude level was in the medium category; and practices were in the high or good category. The results of the research also showed that attitudes with the highest average score are in class IX. Based on the results, it was concluded that the knowledge, attitudes, and practices of students at MTs Muhammadiyah 1 Dukun regarding disaster material were classified in the high category.
Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Hasil Belajar: Metaanalisis Toto Sugiarto; Ambiyar Ambiyar; Wakhinuddin Wakhinuddin; Wawan Purwanto; Hendra Dani Saputra
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 21, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v21i1.5419

Abstract

AbstrakTujuan penelitian untuk mengukur efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian merupakan penelitian metaanalisis menggunakan data sekunder. Data yang digunakan berupa hasil posttest kelas eksperimen dan kontrol pada artikel yang menggunakan media pembelajaran berbasis TIK, mulai jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, SMK, dan perguruan tinggi. Artikel yang digunakan sebanyak 30 artikel. Data yang berhasil dikumpulkan dihitung menggunakan formula effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media belajar berbasis TIK memiliki dampak yang tinggi terhadap capaian hasil belajar pada semua tingkat pendidikan. Oleh karenanya, disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis TIK memiliki tingkat efektivitas tinggi dan tepat digunakan untuk semua tingkat satuan pendidikan. AbstractThe research aimed to measure the effectiveness of the use of information and communication technology (ICT)-based learning media on student learning outcomes. The research was meta-analytic research using secondary data. The data used in the form of posttest results of experimental and control classes in articles that use ICT-based learning media, starting from elementary school, junior high school, senior high school, vocational school, and tertiary education levels. Articles used 30 articles. The collected data was calculated using the effect size formula. The results of the research showed that the use of ICT-based learning media has a high impact on learning outcomes at all levels of education. Based on the research results, it was concluded that the use of ICT-based learning media has a high level of effectiveness and is appropriate for all levels of educational units.
Kesiapan Kerja Siswa Ditinjau dari Harga Diri (Self-Esteem) dan Efikasi Diri (Self-Efficacy) Erni Fatmawati; Dini Oktarika; Danar Santoso; Heni Puspitasari; Ratih Widya Nurcahyo; Maesyta Indah Sari
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 21, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v21i1.5462

Abstract

Abstrak Penelitian bertujuan untuk menganalisis kesiapan kerja ditinjau dari harga diri (self-esteem) dan efikasi diri (self-efficacy) siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian survei. Populasi penelitian sebanyak 4.156 terdiri dari seluruh siswa SMK negeri di Kota Pontianak. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 320 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik komunikasi langsung dan dokumen dengan alat pengumpul data berupa angket dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga diri (self-esteem) dan efikasi diri (self-efficacy) memberikan pengaruh yang positif terhadap kesiapan kerja siswa, baik secara mandiri maupun bersama-sama. Semakin besar tingkat harga diri dan efikasi diri, maka semakin besar tingkat kesiapan kerja siswa SMK negeri di Kota Pontianak. AbstractThe research aimed to analyze work readiness in terms of self-esteem and self-efficacy of state vocational high school (SMK) students in Pontianak City. The research method used descriptive research in the form of survey research. The research population was 4,156 consisting of all state vocational high school students in Pontianak City. The sampling technique used simple random sampling with a total sample of 320 students. Data analysis techniques used direct communication techniques and documents with data collection tools in the form of questionnaires and documents. The results showed that self-esteem and self-efficacy have a positive influence on students' work readiness, both individually and collectively. The greater the level of self-esteem and self-efficacy, the greater the level of work readiness of state vocational students in Pontianak City.
Pemanfaatan Blended Learning untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Google Spreadsheet pada Bimbingan Teknologi Informatika dan Komunikasi Nurita Putranti
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 21, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v21i1.5067

Abstract

AbstrakTujuan penelitian untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga meningkatkan efektivitas belajar dengan pemanfaatan blended learning. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di kelas X PIPS 1 SMAN 2 Pontianak yang terdiri dari 35 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi yang dilakukan rekan pendidik saat proses pembelajaran tatap muka, soal evaluasi (daring), dan memberikan angket ke peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II; hasil belajar peserta didik pada materi Google Spreadsheet meningkat dari siklus I ke siklus II; dan peserta didik memberikan respons positif mengenai pemanfaatan blended learning dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa blended learning meningkatkan efektivitas belajar peserta didik. AbstractThe research aimed to improve the learning process so as to increase the effectiveness of learning by utilizing blended learning. The form of research was classroom action research. The research was conducted in class X PIPS 1 SMAN 2 Pontianak which consisted of 35 students. Data collection used observation sheets carried out by fellow educators during the face-to-face learning process, evaluation questions (online), and giving questionnaires to students. The data analysis technique used descriptive analysis. The results showed that learning management increased from cycle I to cycle II; student learning outcomes on Google Spreadsheet material increased from cycle I to cycle II; and students gave positive responses regarding the use of blended learning in the learning process. Based on the results of the research, it was concluded that blended learning increases the learning effectiveness of students.
E-Comic Pembelajaran Pengolahan Sampah Berorientasi STEM-MEA bagi Siswa Sekolah Menengah Karmila Suryani; Ade Fitri Rahmadani; Khairudin Khairudin; Abdul Aziz; Diva Mawaddah
Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 21, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Pendidikan
Publisher : LPPM IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/edukasi.v21i1.5339

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian untuk menghasilkan sebuah media berupa e-comic pembelajaran pengolahan sampah berorientasi STEM (Science, Tehnology, Engineering, and Math)-MEA (Means-End Analysis). Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap define dilakukan analysis kebutuhan terhadap media; tahap design dengan cara membuat narasi secara manual, storyboard, dan pembuatan komik digital menggunakan program aplikasi; tahap develop dengan cara melakukan uji produk ke ahli media dan ahli materi serta mengujicobakan produk ke siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Padang; tahap disseminate dengan melakukan publikasi. Sampel penelitian berjumlah 42 siswa kelas VII.  Instrumen penelitian menggunakan angket validitas dan praktikalitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian memenuhi kriteria sangat valid dan praktis sehingga e-comic layak digunakan untuk pembelajaran mengenai pengolahan sampah. AbstractThe research aimed to produce media in the form of e-comic learning about STEM (Science, Technology, Engineering, and Math)-MEA (Means-End Analysis) oriented waste management. The research method used research and development with a 4D model (Define, Design, Develop, and Disseminate). The define stage was carried out by analyzing the needs of the media; the design stage by manually creating narratives, storyboards, and making digital comics using an application program; the developing stage by conducting product tests to media experts and material experts as well as testing the product on State Junior High School (SMP) 12 Padang students; disseminate stage by publishing. The research sample was 42 students from class VII. The research instrument used a validity and practicality questionnaire. The data analysis technique used descriptive analysis with validity and practicality percentages. The results of the research meet the very valid and practical criteria so that e-comics are appropriate for use in learning about waste management.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 21, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 20, No 2 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 20, No 1 (2022): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 19, No 2 (2021): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 19, No 1 (2021): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 18, No 2 (2020): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 18, No 1 (2020): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 17, No 2 (2019): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 17, No 1 (2019): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 17, No 1 (2019): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 2 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 16, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 15, No 2 (2017): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 15, No 2 (2017): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 15, No 1 (2017): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 15, No 1 (2017): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 14, No 2 (2016): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 14, No 2 (2016): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 14, No 1 (2016): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 14, No 1 (2016): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 2 (2015): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 2 (2015): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 1 (2015): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 1 (2015): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 2 (2014): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 2 (2014): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 1 (2014): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 12, No 1 (2014): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 11, No 2 (2013): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 11, No 2 (2013): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 2 (2012): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 9, No 1 (2012): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 8, No 2 (2011): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 8, No 2 (2011): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 8, No 1 (2011): Edukasi: Jurnal Pendidikan Vol 7, No 1 (2010): Edukasi: Jurnal Pendidikan More Issue