cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Metodik Didaktik
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 2 (2022): Metodik Didaktik Januari 2022" : 7 Documents clear
AKTUALISASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR SEBAGAI RUANG KONTRIBUSI MAHASISWA TERHADAP PENDIDIKAN DASAR DI INDONESIA Meilia, Amajida Triska; Erlangga, Gery
Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol 17, No 2 (2022): Metodik Didaktik Januari 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/md.v17i2.42453

Abstract

Students as "Agent of Change" in improving Human Resources by contributing and innovating in common to help the community. The Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) program is a Merdeka-Belajar concept-based program that provides a space for students to develop and contribute, particularly on educational issues. The Covid-19 pandemic has caused "Learning Loss," which has had a huge impact on basic education. Thus, the Kampus Mengajar is one of the MBKM activities that give students the opportunity to contribute to assisting the problems that occur in basic education. In concerning the current problems, the purpose of writing this research article is to examine the actualization of the Kampus Mengajar program as a place for students' contributions towards basic education in Indonesia. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. In data collection techniques, the authors use documentation techniques in the form of literature such as books and related articles. This study showed that the Kampus Mengajar program has provided a contribution space for students as a realization of the meaning of "Agent of Change" so that the Kampus Mengajar activities can have a positive impact on all elements involved, especially in the school environment.Mahasiswa sebagai agent of change dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia dengan berkontribusi dan berinovasi bersama membantu masyarakat. Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program, dari konsep Merdeka-Belajar yang memberikan ruang mahasiswa untuk mengembangkan diri serta berkontribusi, khususnya dalam permasalahan pendidikan. Pandemi Covid-19 telah menyebabkan Learning loss, yang sangat berdampak di Pendidikan Dasar. Dengan demikian, kampus mengajar merupakan salah satu kegiatan dari MBKM yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk berkontribusi membantu permasalahan yang terjadi di pendidikan dasar. Berkaitan dari permasalahan yang ada, maka tujuan dari penulisan artikel ilmiah ini yaitu mengkaji aktualisasi dari program kampus mengajar sebagai ruang kontribusi mahasiswa terhadap pendidikan dasar di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik dokumentasi berupa literatur-literatur seperti buku dan artikel yang berkaitan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program Kampus Mengajar telah memberikan ruang kontribusi untuk mahasiswa sebagai realisasi dari makna agent of change sehingga kegiatan Kampus Mengajar dapat memberikan dampak positif bagi seluruh elemen yang terlibat khususnya pada sekitar lingkungan sekolah. 
Model Pembelajaran Digital di Era 4.0 Bagi Guru Sekolah Dasar Kasmad, Mamad; Iskandar, Sofyan; Ruswan, Acep; Nikawanti, Gia
Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol 17, No 2 (2022): Metodik Didaktik Januari 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/md.v17i2.30178

Abstract

Perkembangan dunia digital menuntut guru untuk lebih kreatif, inovatif dalam pembelajaran di sekolah, Adapun tujuan dari penelitian ini mengetahui : 1.model-model pembelajaran yang diterapkan di Sekolah Dasar, 2. peranan Pembelajaran digital untuk anak Sekolah Dasar, 3. apa saja kendala – kendala dalam pembelajaran digital untuk anak Sekolah Dasar. 4. faktor yang mempengaruhi kinerja guru dalam pembelajaran untuk anak Sekolah Dasar, 5.  upaya perbaikan yang dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran digital, 6. model pembelajaran digital untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah Dasar. Adapun tempat penelitian dilakukan di SDNegeri 1,2,3 dan SD LabSchool UPI Purwakarta. Metode penelitian yang digunakan  Model Concurrent Triangulation Strategy yang didasarkan pada pertimbangan bahwa model ini dilakukan dalam waktu yang bersamaan dimana data dikumpulkan secara kuantitif dan kualitatif secara bersama-sama. Hasil penelitian didapat  bahwa faktor yang mempengaruhi kinerja guru dalam pembelajaran untuk anak Sekolah Dasar sebesar 64.6%, melalui yang pertama, kemampuan yang dikuasai guru dalam pembelajaran digital, guru dituntut untuk bisa mengkondisikan peserta didiknya dalam proses pembelajaran, yang kedua adalah komunikasi guru dituntut untuk komunikatif dan inovatif selama proses pembelajaran, dan yang ketiga adalah kompetensi yang dimiliki guru diantaranya peningkatan mutu dalam pembelajaran digital dan model pembelajaran digital untuk meningkatkan mutu pembelajaran melalui peningkatan kinerja guru didukung oleh kemampuan, komunikasi, kompetensi dalam segi media/ aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran digital, fasilitas yang dimiliki untuk mendukung pembelajaran digital, media /aplikasi pembelajaran digital, media atau aplikasi yang tepat untuk mata pelajaran teori, media atau aplikasi yang tepat untuk mata pelajaran praktek, sehingga hasilnya dievaluasi dan dianalisis dalam peningkatan mutu pembelajaran.Kata Kunci: Model Pembelajaran Digital 4.0, Guru Sekolah Dasar
PERANAN PETANI RUMPUT LAUT PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ANAK DI SEKOLAH DASAR Aramudin, Aramudin
Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol 17, No 2 (2022): Metodik Didaktik Januari 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/md.v17i2.42479

Abstract

Dinamika dalam keluarga tradisional sering bertumpu pada ayah yang mencari nafkah dan ibu yang mengurus ranah domestik khususnya pendidikan anak. Akan tetapi bagi keluarga menengah ke bawah di Kelurahan Lowu-Lowu ibu mengambil peran ganda untuk meningkatkan kualitas penddidikan anak. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran petani rumput laut perempuan dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak Sekolah Dasar di Kelurahan Lowu-Lowu Kecamatan Lea-Lea Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran dari petani rumput laut perempuan dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak Sekolah Dasar di Kelurahan Lowu-Lowu Kecamatan Lea-Lea Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Data diperoleh dari 34 responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa peran petani rumput laut perempuan dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak Sekolah Dasar di Kelurahan Lowu-Lowu Kecamatan Lea-Lea Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara.
PERSEPSI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH TERHADAP AKTIVITAS MEMBACA NYARING (READING ALOUD) : SEBUAH STUDI KASUS Sari, Nadia Tiara Antik; Nurmahanani, Indah; Adjie, Nahrowi; Rajasa, Gilang
Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol 17, No 2 (2022): Metodik Didaktik Januari 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/md.v17i2.30845

Abstract

Hasil beberapa tes menunjukkan minat dan kompetensi membaca masyarakat Indonesia berada di tingkat yang memprihatinkan. Pemerintah Indonesia melalui Kemendikbud menggagas Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk menanggulangi keadaan ini. Salah satu yang diajukan di tingkat SD adalah aktivitas Membaca Nyaring (Reading Aloud). Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi persepsi siswa SD kelas rendah terhadap aktivitas tersebut.Penelitian ini merupakan sebuah studi kasus yang dilakukan di sebuah sekolah dasar swasta di Purwakarta, Jawa Barat. Penelitian dilakukan secara daring (online) dikarenakan keadaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pandemi CoVid-19. Data penelitian diperoleh melalui tiga cara yaitu observasi (rekaman video yang dikirim melalui WhatsApp), angket (Google Form) dan wawancara (dalam bentuk Voice Note WhatsApp).Dibantu oleh orang tua, siswa-siswi SD kelas satu berjumlah18 orang melakukan aktivitas Membaca Nyaring. Terjadi pengurangan data responden dikarenakan tantangan PJJ pandemi CoVid-19 hingga hanya data dari lima responden yang memenuhi kriteria untuk dianalisa lebih lanjut.Data hasil penelitian menunjukkan sikap dan respon positif siswa terhadap aktivitas Membaca Nyaring ini antara lain melalui sikap memperhatikan sumber bacaan secara umum, mengangguk, tersenyum, tertawa, dan menirukan suara/ekspresi/gestur sesuai isi cerita. Seluruh siswa (100%) sepakat menyatakan senang dengan pelaksanaan aktivitas ini meski Sebagian (40%) merasa aktivitas ini tidak serta merta meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk belajar membaca sendiri.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA GURU SDN GUGUS IV PEKANBARU Misrawati, Misrawati; Zarkasih, Zarkasih; Amini, Mukti
Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol 17, No 2 (2022): Metodik Didaktik Januari 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/md.v17i2.39415

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap motivasi dan kinerja guru SDN Gugus IV di Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan yang membuktikan apakah ada pangaruh variabel kepemimpinan terahadap motivasi kerja dan kinerja guru, pengaruh motivasi terhadap kinerja guru dan akan membuktikan apakah variabel motivasi dapat menjadi variabel moderasi yagn secara signifikan terhadap variabel kepemimpinan dan variabel kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru SDN Gugus IV Pekanbaru, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 99 guru yang terdiri dari Guru 36 guru SDN 182, 33 Guru SDN 17 dan 30 Guru SDN 191. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang disebarkan secara langung kepada responden yaitu guru SDN 182, 17, 191. Ada dua teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi sederhana dan analisis jalur dengan pendekatan Sobel Test. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan variabel kepemimpinan terhadap motivasi dan kinerja guru, motivasi berpengaruh secara signfikan terhadap kinerja guru SDN Gugus IV Pekanbaru, dan variabel motivasi dapat menjadi variabel moderasi yang signifikan dalam memoderasi variabel kepemimpinan terhadap kinerja guru.
PENGIMPLEMENTASIAN KARAKTER DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SEKOLAH DASAR Azizi, Jihad Faiz; Damanhuri, Damanhuri; Yuliana, Rina
Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol 17, No 2 (2022): Metodik Didaktik Januari 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/md.v17i2.40616

Abstract

Peran pendidik dalam hal ini harus ekstra untuk memupuk karakter disiplin para peserta didik sebagai bekal mereka ketika di sekolah maupun di masyarakat. Ketika pengetahuan yang diberikan dalam muatan materi pemelajaran tidak cukup, setidaknya para pendidik perlu memberikan contoh keseharian mereka terkait sikap disiplin kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana kemampuan guru dalam mengimplementasikan karakter disiplin kepada peserta didik dalam pembelajaran abad 21. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya guru kelas V SDN Parung Panjang 3 dapat mengimplementasikan karakter disiplin kepada peserta didik secara maksimal serta dapat mengetahui cara untuk menumbuhkan karakter disiplin kepada peserta didik dalam pembelajaran abad 21.
HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW Agasi, Diren; Maulani, Yulia; Fitria, Yanti
Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Vol 17, No 2 (2022): Metodik Didaktik Januari 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/md.v17i2.42011

Abstract

Kegiatan penelitian ini  bertujuan guna melihat benar atau tidaknya penerapan model cooperative learning tipe jigsaw memberikan dampak yang signifikan kepada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik pada kelas IV di Sekolah Dasar (SD), teknik atau metode pada penelitian ini yaitu metode quasy eksperimental design. Kegiatan penelitian akan dilaksanakan di lingkup sekolah dasar sekenagarian Sialang yang  berjumlah enam sekolah yaitu Sekolah Dasar A, Sekolah Dasar B, Sekolah Dasar C, Sekolah Dasar D, Sekolah Dasar E dan Sekolah Dasar F pada tanggal 12- 26 Oktober 2021. Untuk memperoleh sampel dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pusposive sampling dan dikombinasikan dengan simple random sampling untuk menentukan kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Selanjutnya, menentukan mana SD yang menjadi group atau kelompok eksperimen serta kontrol dengan memakai teknik simple random sampling. berdasarkan data yang diperoleh posttest untuk kelompok ekperimen dan kontrol untuk uji t maka diperoleh nilai t-hitung sebesar 4,12 2,060 untuk nilai t-tabel. Sehingga dari persamaan berikut dapat dinyatakan Ha diterima atau hipotesis penelitian diterima, yang berarti terdapat pengaruh  yang signifikan penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD pada sampel penelitian ini..

Page 1 of 1 | Total Record : 7