cover
Contact Name
Agata Iwan Candra
Contact Email
iwan_candra@unik-kediri.ac.id
Phone
+62811308010
Journal Mail Official
ukarst@unik-kediri.ac.id
Editorial Address
Jl. Selomangleng no. 1
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
U Karst
Published by Universitas Kadiri
ISSN : 25794620     EISSN : 25810855     DOI : http://dx.doi.org/10.30737/ukarst
Core Subject : Engineering,
U KaRsT is a journal of the civil engineering research the University of Kadiri published twice a year in April and November. First published in April 2017. U KaRsT already has both ISSN printed and online, for ISSN (Print) is 2579-4620, and ISSN (Online) is 2581-0855.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2018): NOVEMBER" : 9 Documents clear
PENGUJIAN PERKERASAN ASPAL PORUS DENGAN PENAMBAHAN TREAD BAN BEKAS PADA UJI MARSHALL Sulik Anam; Herlan Pratikto
U Karst Vol 2, No 2 (2018): NOVEMBER
Publisher : Kadiri University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.459 KB) | DOI: 10.30737/ukarst.v2i2.362

Abstract

Tread Used Tires is a term waste from the component of the sole of an outer tire of a vehicle made of solid rubber structure. The waste is solid, not brittle (resilient) and resistant to water. From some of the definitions of the nature so that Tread used tires can be used as a media to increase the asphalt pavement component in the preparation of the following research. From the research that has been done with volumetric and Marshall parameters, asphalt pavement without the addition of used tire tread shows the calculation of VMA 17.44%, VIM 5.14%, VFB 67.27%, Stability 1217kg, Flow 3 mm, and MQ 434 kg / mm. The addition of 10% tire tread shows the calculation of VMA 16.1%, VIM 3.4%, VFB 64.82%, Stability 1145kg, Flow 3mm, and MQ 398 kg / mm. In testing the AC-BC mixture with the addition of used tire tread using the Marshall method, it was shown that the tread of used tires was suitable as an additive in porous asphalt mixes, it was based on the general specifications of Bina Marga 2010 Division 6 on road pavement. Keywords :  Asphalt, Used Tread  Tires, Marshall Tread ban bekas adalah istilah limbah dari komponen sol ban luar kendaraan yang terbuat dari struktur karet padat. Limbah tersebut padat, tidak rapuh (ulet) dan tahan air. Dari beberapa definisi sifat ban bekas tapak dapat digunakan sebagai media untuk menambah komponen aspal perkerasan dalam persiapan penelitian berikut ini. Dari penelitian yang telah dilakukan dengan parameter volumetrik dan Marshall, perkerasan aspal tanpa penambahan tapak ban bekas menunjukkan perhitungan VMA 17,44%, VIM 5,14%, VFB 67,27%, Stabilitas 1217kg, Arus 3 mm, dan MQ 434 kg / mm. Penambahan tapak ban 10% menunjukkan perhitungan VMA 16.1%, VIM 3.4%, VFB 64.82%, Stabilitas 1145kg, Flow 3mm, dan MQ 398 kg / mm. Dalam pengujian campuran AC-BC dengan penambahan tapak ban bekas menggunakan metode Marshall, ditunjukkan bahwa tapak ban bekas sesuai sebagai aditif dalam campuran aspal berpori, berdasarkan spesifikasi umum Divisi Bina Marga 2010 6 di trotoar jalan. Kata Kunci: Aspal, Tread Ban Bekas, Marshall 
PERENCANAAN PONDASI TIANG PANCANG Studi Kasus : Pembangunan Gedung STKIP PGRI Trenggalek Suwarno Suwarno; Eko Siswanto; Heri Wahyudiono
U Karst Vol 2, No 2 (2018): NOVEMBER
Publisher : Kadiri University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.948 KB) | DOI: 10.30737/ukarst.v2i2.343

Abstract

Pile foundation is a relatively long and slender trunk that is used to channel the load of the foundation through the soil layer with low carrying capacity of the soil layer that has a high carrying capacity. The foundation is an important part in the structure of a building. In particular, high rise buildings are now increasingly being used, both private homes and public facilities. The foundation is the load-bearing element of the column which then distributes it to the hard soil layer. Keywords: Foundation, Pile Pondasi tiang pancang adalah batang yang relative Panjang dan langsing yang digunakan  untuk  menyalurkan  beban  pondasi melewati lapisan tanah dengan daya dukung rendah kelapisan tanah yang mempunyai kapasitas daya dukung tinggi. Pondasi merupakan salah satu bagian penting dalam struktur bangunan. Khususnya   bangunan gedung bertingkat yang sekarang ini semakin banyak digunakan, baik rumah pribadi maupun fasilitas umum. Pondasi adalah elemen pemikul beban dari kolom yang kemudian menyalurkannya ke lapisan tanah keras. Kata Kunci: Pondasi, Tiang Pancang
STUDI EVALUASI TEBAL PERKERASAN KAKU PADA RUAS JALAN DRADAH – KEDUNGPRING MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 2002 Nur Azizah Affandi; Rasio Hepiyanto
U Karst Vol 2, No 2 (2018): NOVEMBER
Publisher : Kadiri University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.999 KB) | DOI: 10.30737/ukarst.v2i2.265

Abstract

Damage to the dradah-kedungpring road is not only caused by the number (volume) of vehicles that exceeds the capacity of the road, but in it is also related to various factors namely human factors and natural factors. overload is a condition of vehicle axle load exceeding the standard load used on the assumption of a pavement design or the number of operational trajectories before the planned life is reached, or often referred to as premature damage. The highway rigid pavement planning method created by the Department of Public Works, namely the Bina Marga Method, has not yet been able to apply its planning standards. In its maximum implementation in the field, it has weaknesses that result in premature damage to the road before reaching the planned life. In this final project will produce a rigid Pavement Thickness Planning on Dradah - Kedungring Road Using the 2002 Bina Marga Method, the thickness produced is a pavement thickness calculation with the actual vehicle load for traffic data in the pavement thickness calculation using data from the traffic survey results which exists. In the research that has been carried out on the planning of the rigid pavement thickness of the Dradah-Kedungpring road, a thickness of 24 cm is expected to provide a good service life in accordance with the expected age of the plan.Keywords: Pavement, LHR, CBR, Vehicle Load Overloading.Kerusakan pada jalan dradah-kedungpring tidak hanya disebabkan oleh jumlah (volume) kendaraan yang melebihi kapasitas jalan, akan tetapi didalamnya juga terkait berbagai faktor yaitu faktor manusia  dan faktor alam. beban berlebih (overload) adalah suatu kondisi beban gandar kendaraan melebihi beban standar yang digunakan pada asumsi desain perkerasan jalan atau jumlah lintasan operasional sebelum umur rencana tercapai ,atau sering disebut dengan kerusakan dini. Metode perencanaan perkerasan kaku jalan raya yang dibuat oleh Depatermen Perkerjaan Umum yaitu Metode Bina Marga teryata belum bisa di terapkan standar perencanaannya, Dalam pelaksanaan di lapangan secaramaksimal sehingga memiliki kelemahan yang berakibat pada kerusakan dini pada jalan raya sebelum tercapainya umur rencana. Pada tugas Akhir ini akan Menghasilkan Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Pada Ruas Jalan Dradah - Kedungpring Menggunakan Metode Bina Marga 2002”, tebal yang di hasilkan merupakan perhitungan tebal perkerasan dengan beban actual kendaraan untuk data lalulintas dalam perhitungan tebal perkerasan telah mengunakan data dari hasil survey lalu lintas yang ada. Dalam penelitian yang telah dilakukan pada perencanaan tebal perkerasan kaku jalan Dradah- Kedungpring didapat tebal sebesar 24 cm diharapkan dapat memberikan masa layan yang baik sesuai dengan umur rencana yang di harapkan.Kata Kunci : Perkerasan, LHR, CBR, Beban Kendaraan Overloading.
PENGARUH CAMPURAN AIR LIMBAH (AIR SELOKAN) TERHADAP KUAT TEKAN BETON f’c 14.5 Mpa (K-175) Rasio Hepiyanto; Dwi Kartikasari
U Karst Vol 2, No 2 (2018): NOVEMBER
Publisher : Kadiri University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.885 KB) | DOI: 10.30737/ukarst.v2i2.266

Abstract

In improving technological progress, the use of concrete as a building is very popular in Indonesia. Because it can utilize materials that are easily obtained such as crushed stone, gravel, sand, cement and water at a relatively cheap price. On a daily use basis often found in housing construction project workers who use waste water (Sewer Water) for concrete processing. This of course requires a closer inspection of the quality of the concrete produced. The data analysis method begins with the investigation of cement materials, coarse and fine aggregates. Mixing concrete using clean water (PDAM) as a reference and waste water (Sewer Water) from the Unisla flat building. From the analysis that has been done, it is obtained the results of the compressive strength test of concrete at the age of 7, 14 and 28 days by mixing clean water of 13.68 MPa, 18.51 MPa, 21.04 MPa, while the results of the concrete compressive strength test at ages 7, 14 and 28 days by mixing Wastewater (Sewer Water) at 9.99 MPa, 13.35 MPa and 15.36 MPa. Keywords : Wastewater, Concrete, Compressive Strength Dalam meningkatkan kemajuan teknologi, pemakaian beton sebagai bangunan sangat popular di indonesia. Karena bisa memanfaatkan bahan yang mudah diperoleh seperti batu pecah, batu kerikil, pasir, semen dan air dengan harga yang relatif murah.Pada penggunaan sehari-hari sering dijumpai pada pekerja proyek pembangunan rumah tinggal yang menggunakan air limbah (Air Selokan) untuk pengerjaan pembetonan. Hal ini tentunya memerlukan pemeriksaan yang lebih teliti terhadap mutu beton yang dihasilkan. Metode analisa data dimulai dengan penyelidikan bahan semen, agregat kasar dan halus. Pencampuran beton menggunakan air bersih (PDAM) sebagai acuan dan air limbah (Air Selokan) dari gedung rusunawa Unisla. Dari analisa yang telah dilakukan didapat hasil pengujian kuat tekan beton pada umur 7, 14 dan 28 hari dengan pencampuran air bersih sebesar 13,68 Mpa, 18,51 Mpa, 21,04 Mpa,  sedangkan  hasil  pengujian  kuat tekan beton pada umur 7, 14  dan  28  hari  dengan pencampuran Air Limbah (Air Selokan) sebesar 9,99 MPa, 13,35 MPa, dan 15,36 MPa. Kata Kunci : Air Limbah, Beton, Kuat Tekan
ANALISIS KUAT TEKAN BETON DENGAN BAHAN TAMBAH PELEPAH PISANG PADA BETON MUTU K-200 Agus Faisal Kariri; Nur Azizah Affandy
U Karst Vol 2, No 2 (2018): NOVEMBER
Publisher : Kadiri University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.592 KB) | DOI: 10.30737/ukarst.v2i2.267

Abstract

Banana stem stem is waste from banana plants that have been cut down for fruit and is a potential agricultural waste that has not been widely used. Several studies have been tried to use it, among others, as material for particleboard and fiberboard, and also as added material in concrete construction. The study uses an experimental laboratory method that is conducting experimental activities to hold an outcome. The purpose of this experiment is to compare the results obtained in research with existing conditions. The effect of banana sheath fiber mixture for K-200 quality concrete affects the compressive strength of the concrete itself from data that has been carried out research banana fronds experienced a less significant purification, normal concrete K-200 compressive strength obtained 19.52 MPa, concrete mixed fiber 0.5% banana fronds reach 17.84 MPa, 1.0% banana frond fiber mix reaches 17.59 MPa, the highest 1.5% banana frond fiber concrete can reach a compressive strength of 17.35 MPa. So the concrete with a mixture of 0.5% has the highest compressive strength after averaging a mixture of 1% and 1.5%. It is hoped that in the subsequent research process it can be more thorough in the process of weighing and mixing banana frond fibers Keywords: K-200 Concrete, Compressive Strength, Banana Flax Fiber. Batang pelepah pisang merupakan limbah dari tanaman pisang yang telah ditebang untuk diambil buahnya dan merupakan limbah pertanian potensial yang belum banyak pemanfaatannya. Beberapa penelitian telah di mencoba untuk memanfaatkannya antara lain sebagai bahan untuk papan partikel dan papan serat,dan juga sebagai bahan tambah dalam konstruksi beton. Penelitian mengunakan metode eksperimental laboratorium yaitu mengadakan kegiatan percobaan untuk mengadakan suatu hasil. Tujuan eksperimen ini yaitu untuk membandingkan hasil yang telah didapat dalam penelitian dengan syarat yang ada. Pengaruh campuran serat pelepah pisang untuk beton mutu K-200 memepengaruhi kuat tekan dari beton itu sendiri dari data yang telah dilakukan penelitian pelepah pisang mengalami penurnan yang tidak terlalu siknifikan, beton normal K-200 kuat tekan yang diperoleh 19,52 MPa, beton campuran serat pelepah pisang 0,5 % mencapai 17,84 MPa, beton campuran serat pelepah pisang 1,0 % mencapai 17,59 Mpa, yang paling tinggi beton serat pelepah pisang 1,5 % dapat mencapai kuat tekan 17,35 MPa. Jadi beton dengan campuran 0.5% memiliki kuat tekan paling tinggi  setelah  dirata-rata  dari  canpuran  1%  dan  1.5%.  Diharapkan  pada  proses  penelitian selanjutnya dapat lebih teliti dalam proses penimbangan dan pencampuran serat pelepah pisang Kata Kunci: Beton K-200, Kuat Tekan, Serat Pelepah Pisang.
ANALISIS FAKTOR RISIKO PENAWARAN DI BAWAH ESTIMASI TERHADAP KINERJA KUALITAS PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN DI KOTA TRENGGALEK JAWA TIMUR Rekso Ajiono; Heri Wahyudiono
U Karst Vol 2, No 2 (2018): NOVEMBER
Publisher : Kadiri University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.469 KB) | DOI: 10.30737/ukarst.v2i2.373

Abstract

A plan  will correct delays in  planning and  control is  not  done properly. Various things can  occur in  a construction project that can lead to increased processing time so that the project becomes hampered. The purpose of the research is to discuss and classify the factors that cause delays in the implementation of development projects in the Trenggalek Regency and to accept factors of delay related to the use of costs. This data processing uses the SPSS (Statistical Product and Service Solution) computer program version 17.00. The data analysis technique uses validity, reliability, factor analysis, classical assumption and multiple linear regression.The results of the study are 3 new factors obtained from the extraction of factor analysis are: Changes in scope and employment documents (Xb1), Coordination and transportation of resources and expertise of manpower (Xb2), Evaluation and planning systems (Xb3) and produce one model of equation multiple linear to explain the relationship of the three factors above with costs. Keywords: Engineer, SPSS, Heteroscedasticity and Normality. Sebuah rencana akan memperbaiki keterlambatan dalam perencanaan dan kontrol tidak dilakukan dengan benar. Berbagai hal dapat terjadi dalam proyek konstruksi yang dapat menyebabkan peningkatan waktu pemrosesan sehingga proyek menjadi terhambat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas dan mengklasifikasikan faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan dalam pelaksanaan proyek-proyek pembangunan di Kabupaten Trenggalek dan untuk menerima faktor keterlambatan terkait dengan penggunaan biaya. Pemrosesan data ini menggunakan program komputer SPSS (Produk Statistik dan Solusi Layanan) versi 17.00. Teknik analisis data menggunakan validitas, reliabilitas, analisis faktor, asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah 3 faktor baru yang diperoleh dari ekstraksi analisis faktor yaitu: Perubahan ruang lingkup dan dokumen pekerjaan (Xb1), Koordinasi dan transportasi sumber daya dan keahlian tenaga kerja (Xb2), Evaluasi dan sistem perencanaan (Xb3) dan menghasilkan satu model persamaan linear berganda untuk menjelaskan hubungan ketiga faktor di atas dengan biaya. Kata Kunci: Insinyur, SPSS, Heteroskedastisitas dan Normalitas
ANALISA KINERJA KA KOMUTER SURABAYA – LAMONGAN Sugeng Dwi Hartantyo; Hammam Rofiqi Agustapraja
U Karst Vol 2, No 2 (2018): NOVEMBER
Publisher : Kadiri University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.872 KB) | DOI: 10.30737/ukarst.v2i2.268

Abstract

Commuter Rail Operation is prioritized for the middle to lower classes. But in fact the prospective commuter train passengers complained of comfort in this regard relating to the number of seats and standing places available. The discussion was analyzing the comfort per seat and standing that had been set, analyzing the operational capacity of the Surabaya - Lamongan Commuter Railway. To be able to answer these problems, a study was carried out on Commuter Trains and related agencies. From the analysis results obtained the value of comfort of the seat (r) = 0.4 m2 / space and the value of comfort of the stand (σ) = 0.87m2 / space. The total capacity of one series of commuter trains (Cv) is 312 passengers, while the total seating capacity for a series of commuter trains is 248 passengers. Average Load Factor (LF) of 0.51. Keywords: Commuter Trains, Performance, Capacity, Comfort Level Pengoperasian KA Komuter diutamakan bagi masyarakat kalangan menengah kebawah. Namun pada faktanya para calon penumpang kereta api komuter mengeluhkan kenyamanan dalam hal ini yang berkaitan dengan jumlah tempat duduk dan tempat berdiri yang tersedia.Pembahasan ini adalah menganalisa kenyamanan per tempat duduk dan berdiri yang telah ditetapkan, menganalisa kapasitas kendaraan operasional KA Komuter Surabaya – Lamongan, Untuk dapat menjawab  permasalahan  tersebut  maka  dilakukan  penelitian  terhadap  KA  Komuter  dan  instansi terkait. Dari hasil analisa didapatkan nilai kenyamanan tempat duduk (r) = 0,4 m2/space dan nilai kenyamanan tempat berdiri (σ) = 0,87m2/space. Kapasitas total satu rangkaian KA Komuter (Cv) sebesar 312 penumpang, sedangkan kapasitas total tempat duduk untuk satu rangkaian KA Komuter sebesar 248 penumpang. Rata-rata Load Factor (LF) sebesar 0,51. Kata Kunci : Kereta Komuter, Kinerja, Kapasitas, Tingkat Kenyamanan
STUDI KASUS STABILITAS STRUKTUR TANAH LEMPUNG PADA JALAN TOTOK KEROT KEDIRI MENGGUNAKAN LIMBAH KERTAS Agata Iwan Candra; Sulik Anam; Zendy Bima Mahardana; Andri Dwi Cahyono
U Karst Vol 2, No 2 (2018): NOVEMBER
Publisher : Kadiri University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1193.615 KB) | DOI: 10.30737/ukarst.v2i2.255

Abstract

The stability of the soil structure is something that needs to be considered in development. Increasing soil structure improvement can be done through various efforts using added materials or compaction processes. This study aims to improve the clay soil on the kerot kediri road using paper waste. The research was conducted experimentally by making samples in the laboratory. The land used is from the Totok Kerot road, Kediri, which has damaged the road surface due to land loans. Waste paper was added at 0% 7.5%, 10%, 15%, and 20% of the weight of the test object. Waste paper is used with pulp after it is dried and pulverized to a certain gradation. The tests carried out include the Consistency Limit (Atterberg Limit) and Soil Compaction (Proctor) tests. The results showed that the addition of waste paper affects the original properties of the soil. The addition of paper moisture content decreases the Plastic Index value and increases the dry volume of the soil. The addition of waste paper content also increases the volume of dry soil water but decreases after reaching the optimum point, namely at 10% paper waste content and 9.96% water content with a dry volume weight value of 1.97gr/cm3. The greater the dry volume of soil, the dry density indicates that the soil is getting higher. So that by knowing these results, it can be used as a reference in the process of repairing and backfilling the soil on the Totok Kerot Kediri road.
BAHAN TAMBAH SERAT ECENG GONDOK PADA LASTON TIPE XI TERHADAP INDEKS MARSHALL TEST MENGGUNAKAN KERIKIL MANTUP Sugeng Dwi Hartantyo; Rasiyo Hepiyanto
U Karst Vol 2, No 2 (2018): NOVEMBER
Publisher : Kadiri University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.284 KB) | DOI: 10.30737/ukarst.v2i2.269

Abstract

Laston is a mixture of coarse aggregate, fine aggregate, and  filler  with  a binder  under  the temperature of 145-155oC with the composition being studied and regulated by technical specifications. Laston itself is commonly used in Indonesia with continuous gradations used for heavy traffic loads. Water hyacinth is a water weed that once grow and develop, it has high cellulose fiber content, which is about 60%.For that, done a research to add a hot asphalt mixture material that aims to improve the quality of mixed result. The selected material is natural water hyacinth. The method used is trial and error with reference of SNI 03-1737-1989. Variations used are 3%, 5%, and 7% of the asphalt weight, asphalt level used Is 5.61%.The result of this study is Marshall evaluation where the greatest score obtained for stability is 1325 kg,  Flow is 3.73 mm, Quotient Marshall is 401.02 kg/mm, VMA is 66.30%, VFWA is 19.25%, and VIM score is 54.35 %. With this result, the asphalt mixture can not be used because the results of VMA, VFWA, and VIM have not been suitable on specification of SNI 03-1737-1989. Keywords: Laston, Asphalt Concrete, Water Hyacinth, SNI 03-1737-1989. Laston adalah campuran agregat kasar, agregat halus, dan pengisi dengan pengikat di bawah suhu 145-155oC dengan komposisi sedang dipelajari dan diatur oleh spesifikasi teknis. Laston sendiri biasa digunakan di Indonesia dengan gradasi kontinu yang digunakan untuk beban lalu lintas yang berat. Eceng gondok adalah gulma air yang setelah tumbuh dan berkembang, ia memiliki kandungan serat selulosa yang tinggi, yaitu sekitar 60%. Untuk itu, dilakukan penelitian untuk menambahkan bahan campuran aspal panas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hasil campuran. Bahan yang dipilih adalah eceng gondok air alami. Metode yang digunakan adalah coba-coba dengan mengacu pada SNI 03-1737-1989. Variasi yang digunakan adalah 3%, 5%, dan 7% dari berat aspal, tingkat aspal yang digunakan adalah 5,61%. Hasil penelitian ini adalah evaluasi Marshall dimana skor terbesar yang diperoleh untuk stabilitas adalah 1325 kg, Aliran adalah 3,73 mm, Quotient Marshall adalah 401,02 kg / mm, VMA adalah 66,30%, VFWA adalah 19,25%, dan skor VIM adalah 54,35%. Dengan hasil ini, campuran aspal tidak dapat digunakan karena hasil VMA, VFWA, dan VIM belum sesuai dengan spesifikasi SNI 03-1737-1989. Kata Kunci: Laston, Aspal Beton, Eceng gondok, SNI 03-1737-1989.

Page 1 of 1 | Total Record : 9