cover
Contact Name
Titik Misriati
Contact Email
titik.tmi@bsi.ac.id
Phone
+628999115816
Journal Mail Official
jurnal.abdimas@bsi.ac.id
Editorial Address
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 26146711     DOI : http://dx.doi.org/10.31294/jabdimas
Core Subject : Social,
Jurnal Abdimas BSI sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan hasil dari pengabdian pada masyarakat. Situs Jurnal Abdimas BSI menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal Abdimas BSI adalah jurnal ilmiah nasional yang merupakan sumber referensi akademisi di bidang Pengabdian Masyarakat.
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021): Februari 2021" : 19 Documents clear
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Muhammad Atmojo; Awang Darumurti
Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2021): Februari 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (761.667 KB) | DOI: 10.31294/jabdimas.v4i1.8660

Abstract

Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan di Desa Singoyudan dengan skema KKN-PPM. Jika dilihat berdasarkan letak geografis Desa Singoyudan adalah desa yang berada di wilayah pesisir sehingga mayoritas masyarakatnya bertani. Selain itu desa ini memepunyai potensi untuk dikembangkan, salah satunya jumlah tanaman yang dapat digunakan sebagai obat keluarga. Metode yang dilakukan pada pelaksnaaan pengabdian meliputi sosialisasi, pelatihan pembuatan obat melalui tanaman, dan pembuatan kebun tanaman obat keluarga. Hasilnya adalah tersedianya lahan atau perkebunan tanaman keluarga yang dapat dikelola dan dimanfaatkan oleh masyarkaat, terutama oleh ibu-ibu PKK. Selain itu juga masyarakat Desa Singoyudan memperoleh pemahaman dan wawasan tentang manfaat tanaman di sekitar untuk dijadikan sebagai obat pendamping keluarga.
Peningkatan Kualitas Pelayanan Aparatur Pemerintah Kelurahan Limo Depok Dewi Cahyani Pangestuti; Renny Husniaty
Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2021): Februari 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.797 KB) | DOI: 10.31294/jabdimas.v4i1.8381

Abstract

Peningkatan dan tuntutan masyarakat1akan pelayanan public yang efektif dan efisien menuntut aparatur pemerintah memiliki kinerja yang lebih baik sehingga dapat memberikan pelayanan pada masyarakat.  Tujuan pengabdian pada masyarakat ini adalah meningkatkan kualitas pelayanan aparat Kelurahan Limo Depok dengan meningkatkan kemampuan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dua kali yaitu pada bulan November 2019 dan Januari 2020 di kantor Kelurahan Limo dengan memberikan pelatihan peningkatan kualitas pelayanan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini, diharapkan ada peningkatan pelayanan yang meliputi 6 indikator kualitas pelayanan, yaitu :      ketepatan waktu pelayanan, akurasi pelayanan, kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan, kemudahan dalam mendapatkan pelayanan, kenyamanan dalam peroleh       pelayanan dan   atribut pendukung lainnya seperti sarana prasarana. Sesuai dengan hasil pengabdian di lapangan dari ke enam indikator yang menentukan kualitas       pelayanan yang dijadikan tolok ukur untuk mengevaluasi kualitas pelayanan publik agar1memenuhi kepuasan masyarakat, maka masih banyak hal yang harus dibenahi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Saran yang dapat disampaikan yaitu perlu peningkatan disiplin pegawai, perlu adanya bimbingan dan pelatihan yang terus-menerus serta perlu pembenahan dan penambahan beberapa fasilitas kantor untuk menunjang kelancaran aktivitas pelayanan.
Pelatihan Public Speaking Kepemanduan untuk Relawan Museum Yulianti Fajar Wulandari; Yan Bastian; Murtiadi Murtiadi; Mike Indarsih
Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2021): Februari 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.993 KB) | DOI: 10.31294/jabdimas.v4i1.7705

Abstract

Jakarta merupakan kota dengan destinasi wisata museum terbanyak di Indonesia, yakni sekitar 70 museum. Tema dan pengelolaan museum tersebut bervariasi, mulai dari yang bertema umum kesejarahan kota Jakarta sampai ke tema khusus seperti kehutanan, transportasi, bank dan lain sebagainya. Kepemilikan dan pengelolaannya pun bervariasi, mulai dari milik Pemprov DKI Jakarta sampai milik pribadi. Sehingga tiket masuknya pun bervariasi pula, dari yang gratis sampai yang ratusan ribu rupiah. Permasalahan utama museum-museum di Jakarta adalah kurangnya SDM terutama untuk pelayanan seperti pemandu museum. Ikatan Pemandu Museum Indonesia (IPMI) berupaya mengatasi permasalahan ini dengan menjaring generasi muda milenial untuk menjadi relawan museum. Relawan ini diberi pelatihan teknik berbicara didepan umum (public speaking) dengan materi seputar kepemanduan di museum. Pelatihan ini bertujuan untuk pertama, menjaring generasi muda milenial untuk menjadi relawan museum sebagai pemandu; kedua membekali relawam museum dengan  keterampilan public speaking kepemanduan untuk bergiat di museum; ketiga untuk mengatasi masalah atas kurangnya tenaga pelayanan khususnya pemandu museum. Keterampilan kepemanduan di museum ini juga bermanfaat bagi para relawan dalam menambah pengetahuan dan pengalaman yang mungkin berguna untuk bekerja di bidang kepariwisataan khususnya kepemanduan di museum.
Pelatihan Aplikasi Perkantoran Untuk Meningkatan Kualitas SDM Perangkat Desa Karangmangu Warjiyono Warjiyono; Ery Suryanti; Rousyati Rousyati; Fanny Fatmawati; Imam Tazali; Lisnawati Lisnawati; Rosihyana Rosihyana
Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2021): Februari 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.339 KB) | DOI: 10.31294/jabdimas.v4i1.9102

Abstract

Desa merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, Desa dipimpin oleh Lurah atau Kepala Desa  yang dibantu oleh perangkat desa untuk menjalankan pelayanan kepada masyarakat seperti pembuatan surat keterangan dan surat penganta lainnya. Perangkat Desa Karangmangu Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal rata-rata masih belum bisa mengoperasikan microsoft word dan excel, sehingga layanan kepada masyarakat waktunya menjadi lama dan kurang efektif. Padahal beberapa unit komputer telah tersedia, namun minimnya perangkat desa yang bisa mengoperasikan microsoft word dan excel, komputer tersebut tidak digunakan maksimal. Perlunya pelatihan Microsoft Word dan Microsoft Excel 2013 untuk meningkatkan kualitas SDM perangkat Desa Karangmangu Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Metode pengumpulan data adalah wawancara dan survey. Hasil pelatihan ini menunjukan bahwa pelatihan microsoft word dan excel 2013 mampu meningkatkan skill perangkat Desa Karangmangu Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal dalam mengoperasikan microsoft word dan excel 2013. Hal ini dapat membantu kelancaran pekerjaan sehari-hari dan meningkatkan pelayanan administrasi Desa Karangmangu.
Penerapan Aplikasi Smart Green Spatial Database untuk Meningkatkan Transaksi Penjualan dalam Bisnis Baru Pembibitan Jamur sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Terdampak Covid-19 Rindra Yusianto; Wisnu Adi Prasetyanto; Herwin Suprijono; Kusni Ingsih
Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2021): Februari 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.744 KB) | DOI: 10.31294/jabdimas.v4i1.9500

Abstract

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan salah satu komoditas yang banyak dijumpai di sejumlah kelurahan di Kota Semarang. Terdapat 18 kelompok tani (poktan) yang fokus budidaya jamur tiram. Ke-18 poktan tersebut tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Jamur Tiram Kota Semarang. Pemerintah Kota Semarang telah mengalokasikan sejumlah dana untuk pengembangan komoditas ini. Namun adanya pandemi COVID-19, muncul sejumlah kendala yaitu pengadaan bibit dan pemasaran hasil panen. Termasuk diversifikasi bisnis baru yaitu pembibitan yang sebenarnya memiliki prospek yang baik di masa pandemi COVID-19 ini. Berdasarkan hasil diskusi dan wawancara dengan anggota poktan Bhumi Rejo Makmur, pandemi COVID-19 berpengaruh terhadap usaha. Selain pemasaran, bibit berkualitas juga sulit didapatkan. Saat ini poktan tidak menggunakan sistem informasi dalam upaya untuk meningkatkan penjualan dan kapasitas produksi masih sangat rendah yaitu sekali proses hanya 100 baglog. Kami menyusun dan mendiseminasikan arsitektur produk teknologi smart green spatial database untuk bisnis baru pembibitan jamur dengan pendekatan basis data spasial. Sebaran pembudidaya jamur, penangkar bibit berkualitas, segmen pasar potensial dan jangkauan pasar digambarkan dalam Geographic Information System (GIS). Sistem pendukung keputusan yang kami transfer teknologi ke mitra dalam bentuk smart green spatial database yang dapat membantu anggota poktan untuk memulai usaha baru pembibitan jamur dengan bersumber database yang valid. Dengan smart green spatial database dapat meningkatkan transaksi penjualan dalam bisnis baru pembibitan jamur sebagai upaya pemberdayaan masyarakat terdampak COVID-19, dari 18 poktan, ada 17 poktan yang siap memulai usaha baru, adanya peningkatan jumlah pemasok bibit menjadi 6 penangkar bibit, dan jangkauan pemasaran mulai terdistribusi ke luar Jawa Tengah.
Pemberdayaan Aspek Pemasaran, Pembukuan, dan Operasional pada Usaha Kremes Ubi Ibu Atim di Desa Sukatani Melalui Pendekatan Business Model Canvas Desmonda Theodora; Stephanie Djohan; Augustinus Abdurrahman; Leonard Rozali; Pandu Dwi Putranto; Albert Hasudungan
Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2021): Februari 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (866.747 KB) | DOI: 10.31294/jabdimas.v4i1.8465

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah mengidentifikasi permasalahan dan solusi bisnis dalam bidang pemasaran, pembukuan, dan operasional dari mitra UMKM yang di dampingi di Desa Sukatani Cianjur Jawa Barat (Kremes Ubi Ibu Atim). UMKM memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian Indonesia, utamanya wirausaha lokal. Namun demikian, salah satu tantangan UMKM di Indonesia adalah kurangnya kapabilitas dalam mengelola bisnisnya secara profesional.. Di Cianjur sendiri ditemukan hambatan pengelolaan bisnis dari sisi pemasaran, pembukuan, dan operasional dari usaha kremes ubi Ibu Atim. Mengidentifikasi masalah dan solusi secara lebih rinci dari ketiga aspek tersebut sangat krusial bagi model bisnis UMKM yang didampingi agar dapat lebih bersaing dan fokus memenuhi ekspektasi pasar lokal. Dalam mengevaluasi dampak model bisnis, pengabdian masyarakat ini  menggunakan pendekatan bisnis kanvas model. Adapun kontribusi dari pengabdian masyarakat selama 6 bulan (Januari -Juni 2020) adalah perbaikan administrasi pencatatan pembukuan tertulis yang periodik, lebih variatifnya strategi pemasaran, dan terbangunnya standar prosedur operasional untuk membuat kegiatan operasional yang terarah, efektif, dan efisien dari mitra bisnis yang didampingi tersebut.
Optimalisasi Digital Marketing melalui Facebook Ads di Kelurahan Purwanegara Siti Barokah; Oryz Agnu Dian Wulandari; Mulat Triwinoto Sari; Ivan Fadhil Yuditama
Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2021): Februari 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.979 KB) | DOI: 10.31294/jabdimas.v4i1.7085

Abstract

Saat ini dunia periklanan menggunakan media sosial menjadi salah satu strategi yang dianggap efektif dan efisien untuk melakukan pemasaran secara digital karena dirasa dapat mengurangi anggaran dalam mempublikasikan produk atau jasa. Selain itu, media sosial juga terbukti menjadi media promosi yang ampuh karena interaktif, fleksibel, dan menyajikan fitur-fitur mendukung promosi produk maupun jasa itu sendiri. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh Facebook adalah Facebook Ads, yaitu fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mengiklankan halaman Facebook dengan jangkauan yang dapat ditentukan dan dapat diatur oleh pemasang iklan tersebut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memotivasi para pegiat bisnis online di Kelurahan Purwanegara dalam memanfaatkan dan mengoptimalkan pemasaran secara digital melalui Facebook Ads. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah dan diskusi menggunakan power point dengan alat bantu LCD proyektor. Luaran yang diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian ini adalah para pegiat bisnis online dapat lebih mengenal dan mengoptimalkan fungsi fitur-fitur yang telah disediakan oleh media sosial Facebook untuk kegiatan promosi bisnis yang sedang digeluti.
Webinar Menangkal Cyberporn Pada Internet dan Android Memanfaatan Add Ons dan Aplikasi Antipornografi Parental Control Di SMA Panca Budi Supina Batubara; Sri Wahyuni; Eko Hariyanto; Akhyar Lubis
Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2021): Februari 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.533 KB) | DOI: 10.31294/jabdimas.v4i1.9048

Abstract

Penyebaran konten pornografi melalui internet dan telepon seluler sudah sangat mengkawatirkan Pornografi di internet memang telah menjadi sebab industri dengan skala bisnis yang besar. Hingga saat ini pemerintah terlihat kesulitan untuk mengatasi persoalan situs pornografi. Upaya pemblokiran situs-situs pornografi di Indonesia terus dilakukan, namun, situs-situs porno (cyberporn) juga terus tumbuh. Dampak negatif cyberporn telah terbukti sangat mengkawatirkan terutama bagi remaja sebagai generasi muda. Dilakukan survey di Indonesia menunjukkan  hasil responden 90 persen dari pelajar SD, SMP, dan SMA sudah mengakses  pornografi. Orang tua memiliki tugas untuk melakukan pengawasan atau pengendalian (parental control) dari penggunaan internet bagi anaknya, terlebih lagi saat masa pandemi saat ini penggunaan internet pada perangkat android sudah menjadi kebutuhan primer. Untuk itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan melaksanakan webinar yang dilengkapi dengan diskusi dan tanya jawab langsung oleh narasumber dengan tujuan agar orang tua dan pihak sekolah dapat mengetahu dampak negative paparan pornografi dan mengetahui cara  memberantas bagaimana cara memblokir, menangkal, juga membasmi cyberporn di internet dan android. Hasil pelaksanaan webinar tim pengabdian dapat merangkum bahwa orang tua, guru dan pihak sekolah mampu melakukan penangkalan cyberporn sesuai dengan hasil yang diharapkan hal ini terlihat pada post-test setelah kegiatan webinar.
Pendampingan Kewirausahaan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Ciledug Kota Tangerang Slamet Mudjijah; Triana Anggraini
Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2021): Februari 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.252 KB) | DOI: 10.31294/jabdimas.v4i1.9596

Abstract

Mitra dalam program pengabdian masyarakat ini adalah Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terutama usaha pemula di Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM pemula apalagi yang baru beberapa bulan merintis usaha adalah sangat mudah goyah keberlanjutan usahanya, pengelolaan keuangan belum professional, pelaku UMKM belum sepenuhnya memahami pasar untuk produknya, kemasan masih dibuat secara sederhana. Permasalahan semakin mengkhawatirkan setelah adanya pandemi Covid 19.  Sebagian besar pelanggan yang sudah mulai rutin mengkonsumsi produk UMKM menjadi terhenti sehingga penjualan menurun drastis. Solusi atas permasalahan tersebut adalah dilakukan analisis ulang kelayakan usaha dengan mengenali customer base dan kebutuhannya, mempermudah proses bisnis, mengklasifikasi produk yang mudah dijual. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah observasi secara langsung dengan Pengurus UMKM Kecamatan Ciledug. Kegiatan dilanjutkan dengan pertemuan dalam bentuk pendampingan. Kegiatan pengabdian kepada pelaku UMKM di Kecamatan Ciledug Kota Tangerang ini telah dilakukan dengan hasil sebagai berikut: peserta semakin mampu mengidentifikasi permasalahan bisnis terutama pada penetapan harga dan kualitas produk, peserta telah memiliki pengetahuan untuk menganalisis kelayakan bisnisnya terutama pada aspek pasar dan legalitas, motivasi peserta semakin meningkat dengan adanya jaringan dalam penjualan produk terutama penjualan langsung maupun reseller, pemanfaatan gerai Pojok UMKM Ciledug semakin optimal, koordinator UMKM semakin termotivasi untuk memajukan pelaku UMKM terutama dalam peningkatan kesadaran terhadap legalitas usaha.
Pelatihan dan Pendampingan Aplikasi Dapodik Paud dan Dikmas Untuk Operator Sekolah Taman Kanak-kanak Al Quran Terpadu (TKA-T) Hayaatul ‘Ilmi, Cimanggis Depok Henki Bayu Seta; Theresia Wati
Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2021): Februari 2021
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.414 KB) | DOI: 10.31294/jabdimas.v4i1.8003

Abstract

Taman kanak – kanak Al Quran Terpadu (TKA-T) Hayaatul ‘ilmi berdiri mulai tahun 1997 dan bertempat di Kecamatan Cimanggis. Seluruh kegiatan administrasi dan pembelajaran siswa dilakukan secara manual. Hal tersebut menghambat pelayanan administrasi dan layanan terhadap orang tua siswa. Terhitung mulai tahun ajaran 2019/2020 TKA-T Hayaatul ‘ilmi mulai menggunakan aplikasi Dapodik atau Data Pokok Pendidikan. Sistem pendataan dan pengelolaan data-data pendidikan berbasis open source dengan menerapkan sistem basis data terpusat dan berbasis web yang dapat diakses secara daring dan real time. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada TKA-T Hayaatul ‘ilmi, operator sekolah di TKA-T Hayaatul ‘ilmi terdiri dari 1 orang yang juga bertugas untuk memasukkan data sekolah, data peserta didik dan data guru/karyawan ke dalam database server pusat baik secara offline maupun online dan dapat langsung diakses oleh pihak Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten. Metode pelaksanaan kegiatan PKM dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan dan pendampingan operator terhadap aplikasi Dapodik. Kegiatan dimulai dari proses instalasi, registrasi, manajemen dashboard sampai dengan pelatihan dan pendampingan pengisian data sekolah, data peserta didik dan data guru/karyawan. Pelatihan dan pendampingan operator dalam menggunakan aplikasi Dapodik dilaksanakan selama 1 bulan, yaitu bulan Februari 2020 sebanyak 1 operator yang didampingi oleh kepala sekolah. Evaluasi kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan secara terus menerus sampai pihak operator memahami bagaimana proses bisnis aplikasi dapodik dan mampu melakukan pengisian data dengan cepat, lengkap, valid, akuntabel dan up to date.

Page 1 of 2 | Total Record : 19