cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Jalan Jembatan
ISSN : 19070284     EISSN : 25278681     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Jalan-Jembatan adalah wadah informasi bidang Jalan dan Jembatan berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait yang meliputi Bidang Bahan dan Perkerasan Jalan, Geoteknik Jalan, Transportasi dan Teknik Lalu-Lintas serta Lingkungan Jalan, Jembatan dan Bangunan Pelengkap Jalan. Terbit pertama kali tahun 1984, dengan frekuensi terbit tiga kali setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Mulai tahun 2016 terbit dengan frekuensi dua kali setahun, edisi Januari - Juni dan edisi Juli - Desember, dalam versi cetak dan versi elektronik.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 23 No 1 (2006)" : 6 Documents clear
JEMBATAN BETON DENGAN KEPALA JEMBATAN INTEGRAL Tristanto, Lanneke
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 23 No 1 (2006)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.625 KB)

Abstract

Kepala jembatan yang merupakan kesatuan dengan gelagar jembatan adalah tipe integral dimana tidak diperlukan sambungan dilatasi dan perletakan. Biaya pembangunan dan pemeliharaan menjadi lebih ekonomis dari jembatan konvensional karena peniadaan sambungan dilatasi dan perletakan. Sampai sekarang tidak terdapat peraturan perencanaan jembatan integral yang baku. Perencanaan jembatan integral yang mengikuti prinsip gelagar sederhana berada pada pihak aman, dimana tahanan timbunan di ujung jembatan diabaikan. Perencanaan jembatan beton integral tipikal untuk bentang pendek 22m sedang dikaji untuk diterapkan dalam program peningkatan jalan yang akan datang. Teknologi jembatan integral perlu dikaji dan disempurnakan agar inovasi bertumbuh terus. Keberhasilan pelaksanaan skala penuh akan mendukung jembatan integral untuk menjadi tipe terpilih dalam pembangunan jembatan di masa depan.
EKSTRAKSI ASPAL ASBUTON UNTUK CAMPURAN BERASPAL PANAS Affandi, Furqon
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 23 No 1 (2006)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.856 KB)

Abstract

Asbuton merupakan kekayaan alam Indonesia dengan jumlah deposit yang cukup besar dan belum termanfaatkan secara optimal, padahal disisi lain kita secara nasional mengimpor aspal dari luar negeri sebanyak sekitar 650.000 ton pertahunnya. Peningkatan teknologi untuk menghasilkan aspal Asbuton yang bisa efektif dalam campuran maupun dalam penggunaan kadar aspalnya sendiri, perlu dilakukan secepat mungkin. Dalam tulisan ini diuraikan sifat sifat aspal Asbuton hasil teknologi ekstraksi yang mempunyai kadar mineral sudah sangat kecil ( < 1 % ), juga diuraikan sifat sifat campuran beraspal berdasarkan pengujian Marshall yang menggunakan aspal Asbuton dan aspal minyak penetrasi 60. Pada sifat sifat campuran beraspal juga diperiksa stiffness modulusnya pada berbagai temperatur, dan ketahanannya terhadap deformasi atau total regangan akibat beban berulang. Hasil pengujian menunjukkan ekstraksi aspal Asbuton dan campuran beraspal yang menggunakan ekstraksi aspal Asbuton, mempunyai sifat yang baik umumnya dibandingkan aspal minyak biasa, terutama untuk daerah dimana temperaturnya cukup tinggi seperti Indonesia.
KONSEP PENANGANAN MASALAH KECELAKAAN LALU-LINTAS Iskandar, Hikmat
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 23 No 1 (2006)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.3 KB)

Abstract

Sejak tiga dasawarsa terakhir, angka kecelakaan lalu-lintas di Indonesia masih cukup tinggi, sekalipun laporan Kepolisian menunjukkan kecenderungan menurun. Pada tahun 1971 dilaporkan 23294 kejadian, dan pada tahun 2003 dicatat 13399. Tingkat korban meninggal akibat suatu kecelakaan lalu-lintas juga masih tinggi, pada tahun 1971 berkisar 11.9% dan pada tahun 2000 naik sampai 39.9%, hal ini diperkirakan naik terus di masa yang akan datang jika tidak ada upaya “menghentikannya”. Ini memperingatkan para pelaku perjalanan dengan kemungkinan yang mengerikan, dari 10000 pemilik kendaraan di Indonesia, dalam satu tahun paling tidak lima “diancam” terlibat kecelakaan lalu-lintas, dan dari 10 korban kecelakaan lalu-lintas, empat “diancam” tewas (39.9%). Dalam mengantisipasi masalah kecelakaan lalu-lintas seperti ini, telah disusun program penanganan kecelakaan lalu-lintas yang telah dimulai diimplementasikan di Indonesia mulai dari Sumatra bagian Utara (Sumut, Riau, Sumbar dan Aceh) dan Bali yang kemudian akan dilanjutkan ke propinsi-propinsi lain. Makalah ini bermaksud menyajikan konsep penanganan masalah kecelakaan lalu-lintas di Indonesia, melingkupi sistem organisasi yang akan dikembangkan di Daerah-daerah termasuk di dalamnya model koordinasi antar unit yang terkait, unit-unit investigasi kecelakaan lalu-lintas, dan teknologinya.
PENGARUH PRECONDITIONING PADA PENGUJIAN BEBAN BERULANG BAHAN BERBUTIR TANPA PENGIKAT Widajat, Djoko
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 23 No 1 (2006)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (90.536 KB)

Abstract

Dua variasi preconditioning diberikan pada pengujian beban berulang bahan berbutir tanpa pengikat yaitu 1000 cycles dan 100 cycles. Perubahan dari confining pressure dan total axial stress setelah preconditioning mengakibatkan penurunan pada nilai dari kenaikan regangan. Proporsi dari nilai penurunan dari garis persamaan untuk regangan resilien untuk 100 cycles preconditioning lebih kecil dibandingkan untuk 1000 cycles preconditioning. Sedangkan, perbedaan antara kenaikan regangan permanen untuk kedua preconditioning adalah tidak sangat signifikan. Kenaikan jumlah total pulses atau cycles akan mempengaruhi penaikan regangan, proporsi dari penaikan cenderung untuk menjadi makin besar dengan kenaikan cycles nya.
PERENCANAAN MEKANISTIK TEBAL PERKERASAN MENGGUNAKAN PROGRAM mePads S, Ida Rumkita; Siegfried, Siegfried
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 23 No 1 (2006)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.758 KB)

Abstract

Perencanaan tebal perkerasan jalan menggunakan metoda mekanistik berkembang pesat sejak beberapa dekade yang lalu. Metoda mekanistik ini saat ini disukai karena memberikan gambaran yang pasti didalam melakukan analisis. Selain itu juga penggunaan metoda mekanistik ini sangat efisien dan cepat didalam memberikan alternatif penggunaan bahan yang digunakan. Saat ini banyak tersedia program-program komputer untuk metoda mekanistik ini, salah satunya adalah program mePads. Tulisan ini mencoba untuk melihat efektifitas penggunaan program mePads dalam perencanaan tebal perkerasan serta perbandingannya dengan metoda empiris AASHTO’93. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa program mePads ini sangat berguna untuk para peneliti dibidang perkerasan jalan sebagai alat bantu yang cukup lengkap karena hasil perhitungan dan keluarannya sangat beragam mulai dari umur rencana tiap lapisan, tegangan dan regangan pada setiap titik yang dianalisis serta penurunan yang mungkin terjadi. Selain itu juga didapat bahwa perencanaan menggunakan program mePads ini sedikit lebih konservatif dibandingkan dengan metoda empiris AASHTO’93.
PENGARUH KEKURANG-TEPATAN DATA MASUKAN DALAM PERENCANAAN PERKERASAN JALAN LENTUR Nono, Nono
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 23 No 1 (2006)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (10905.232 KB)

Abstract

Pada umumnya metoda perencanaan perkerasan yang digunakan di Indonesia adalah adopsi dari metoda perencanaan AASHTO atau TRL, seperti halnya metoda perencanaan perkerasan jalan lentur dengan analisa komponen. Berhasil baiknya perencanaan perkerasan adalah tergantung terhadap kelengkapan dan keakuratan data masukan yang digunakan, yaitu diantaranya data lalu lintas, faktor lingkungan atau faktor regional dan indek permukaan akhir (IPt). Makalah ini membahas tentang dampak kekurang-tepatan data masukan pada perencanaan yang digunakan terhadap hasil perencanaan. Berdasarkan hasil kajian menunjukkan bahwa ketidak-tepatan menetapkan ekivalen beban subu kendaraan yang diperkenalkan Austroad (1992) dapat memberikan dampak yang cukup signifikan

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2006 2006


Filter By Issues
All Issue Vol 39 No 1 (2022) Vol 38 No 2 (2021) Vol 38 No 1 (2021) Vol 37 No 2 (2020) Vol 37 No 1 (2020) Vol 36 No 2 (2019) Vol 36 No 1 (2019) Vol 35 No 2 (2018) Vol 35 No 1 (2018) Vol 34 No 2 (2017) Vol 34 No 1 (2017) Vol 33 No 2 (2016) Vol 33 No 1 (2016) Vol 32 No 3 (2015) Vol 32 No 2 (2015) Vol 32 No 1 (2015) Vol 31 No 3 (2014) Vol 31 No 2 (2014) Vol 31 No 1 (2014) Vol 30 No 3 (2013) Vol 30 No 2 (2013) Vol 30 No 1 (2013) Vol 29 No 3 (2012) Vol 29 No 2 (2012) Vol 29 No 1 (2012) Vol 28 No 3 (2011) Vol 28 No 2 (2011) Vol 28 No 1 (2011) Vol 27 No 3 (2010) Vol 27 No 2 (2010) Vol 27 No 1 (2010) Vol 26 No 3 (2009) Vol 26 No 2 (2009) Vol 26 No 1 (2009) Vol 25 No 3 (2008) Vol 25 No 2 (2008) Vol 25 No 2 (2008) Vol 25 No 1 (2008) Vol 24 No 3 (2007) Vol 24 No 2 (2007) Vol 24 No 1 (2007) Vol 23 No 3 (2006) Vol 23 No 2 (2006) Vol 23 No 1 (2006) Vol 22 No 4 (2005) Vol 22 No 3 (2005) Vol 22 No 2 (2005) Vol 22 No 1 (2005) Vol 21 No 4 (2004) Vol 21 No 3 (2004) Vol 21 No 2 (2004) Vol 21 No 1 (2004) Vol 20 No 4 (2003) Vol 19 No 3 (2002) Vol 19 No 2 (2002) Vol 19 No 1 (2002) Vol 18 No 2 (2001) Vol 18 No 1 (2001) Vol 17 No 2 (2000) Vol 17 No 1 (2000) Vol 16 No 3 (2000) Vol 16 No 2 (1999) Vol 15 No 4 (1999) Vol 15 No 1 (1998) Vol 15 No 3 (1997) Vol 15 No 1 (1997) No 4 (1997) No 2 (1997) Vol 13 No 2 (1996) Vol 13 No 1 (1996) No 4 (1996) No 3 (1996) Vol 12 No 3 (1995) Vol 12 No 2 (1995) Vol 12 No 1 (1995) Vol 11 No 1 (1994) Vol 10 No 3 (1993) Vol 10 No 2 (1993) Vol 10 No 1 (1993) Vol 9 No 4 (1993) Vol 9 No 3 (1992) Vol 9 No 2 (1992) Vol 9 No 1 (1992) Vol 8 No 3 (1992) Vol 7 No 3 (1991) No 2 (1991) No 1 (1991) No 1 (1990) No 2 (1989) No 1 (1989) No 4 (1987) No 2 (1987) No 1 (1987) No 1 (1986) No 3 (1985) No 3 (1984) No 2 (1984) No 1 (1984) More Issue