cover
Contact Name
Devita Gantina
Contact Email
devita@stptrisakti.ac.id
Phone
+62217377738-41
Journal Mail Official
jurnalpariwisata@stptrisakti.ac.id
Editorial Address
P3M, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jl. IKPN Bintaro - Tanah Kusir
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pariwisata
ISSN : 14111527     EISSN : 25990209     DOI : https://doi.org/10.30647
Pertama kali terbit pada bulan Oktober 1996 dengan nama Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, JIP-STPT (ISSN 1411-1527) ini merupakan Jurnal Ilmiah Pariwisata terakreditasi pertama yang memperoleh Akreditasi Dikti No.52.Dikti/Kep/2002. Penulis-penulis yang telah mengisi edisi jurnal merupakan dosen STP Trisakti ditambah dengan penulis-penulis lepas yang berasal dari institusi pendidikan, institusi pemerintah, wartawan serta pemerhati-pemerhati bidang kepariwisataan. Berikutnya pada tahun 2006 Jurnal Ilmiah Pariwisata kembali mendapat Akreditasi Dikti No. 55a/Dikti/Kep/2006.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 23 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Pariwisata" : 7 Documents clear
KETERKAITAN PRODUK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN PENGUNJUNG BERWISATA DI DUSUN BAMBU LEISURE PARK BANDUNG Fifi Nofiyanti
Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 23 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Pariwisata
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (987.998 KB) | DOI: 10.30647/jip.v23i1.1178

Abstract

This study aims to determine the tourism products contained in Dusun Bambu Bandung according to the tourist product. Because of the famous Bamboo Village among urban communities namely Jakarta, Bekasi, and Bogor. This research method is descriptive quantitative with quisioner measurement and survey location. using SPSS 22.00 program. The result shows that 43,7% of visitor decision is influenced by tourism product, while the rest of 56,3% influenced by other factor hence there is influence between tourism product to decision of visitor in Dusun Bambu Leisure Park with perfect significance 0.000. The result of t test hypothesis shows that tourism product gives a real influence to the decision of visitor in Bamboo Leisure Park hamlet that is equal to 16.391. Based on the results of the research, there are several suggestions for Dusun Bambu Leisure Park covering the addition of new attractions, maintaining the cleanliness of the surrounding environment, instilling good image to visitors, repairing damaged roads, balancing product prices and improving the quality of tourism products in order to increase the decision.
DAMPAK PELATIHAN GIZI DAN GASTRONOMI TERHADAP KUALITAS LOCAL FOOD INDUSTRY DI DESA WISATA RELIGI GUNUNG MURIA, COLO, KECAMATAN DAWE, KABUPATEN KUDUS, PROVINSI JAWA TENGAH Ira Mayasari
Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 23 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Pariwisata
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.44 KB) | DOI: 10.30647/jip.v23i1.1179

Abstract

Sektor Pariwisata berbasis produk lokal ini merupakan sektor yang sangat potensial untuk pemberdayaan rakyat dan mempunyai multiplier effect yang sangat luas. Karena usaha-usaha masyarakat yang berbasis produk lokal di sektor pariwisata berkaitan langsung dengan sektor lain yang mempengaruhi kehidupan ekonomi rakyat. Sumber daya manusia atau dalam hal ini adalah masyarakat yang berkualitas menjadi critical point dalam meningkatkan potensi pariwisata. Itulah sebabnya, maka sebagai pelaku industri pariwisata perlu menghadirkan pendidikan atau pelatihan yang diberikan kepada sumber daya manusianya dalam rangka peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan produktivitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar dampak pelatihan gizi kuliner yang diberikan terhadap kualitas local food industry di Desa Wisata Religi Muria, Colo, Kudus, Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan data primer, dimana data diperoleh dengan observasi membagikan kuesioner dengan sifat kuesioner terbuka kepada pengelola industri pangan lokal yang menjadi peserta pelatihan gizi dan gastronomi, sebelum dan sesudah pemberian pelatihan. Data sekunder yang diperoleh dari data pengelola industri pangan lokal yang mengikuti pelatihan gizi dan gastronomi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pemberian pelatihan gizi dan gastronomi memberikan dampak positif terhadap pengetahuan dan praktik pengelola produksi olahan bahan pangan lokal. Pemberian pelatihan gizi dan gastronomi menjadi salah satu usaha promosi kesehatan dan pariwisata yang ditujukan untuk meningkatkan perubahan sikap dan praktik para pengelola bahan pangan lokal mengenai gizi dan gastronomi, sehingga pada akhirnya dapat mendorong promosi pariwisata lokal
THE INFRASTRUCTURE COMPETITIVENESS OF NEW DEVELOPMENT TEN TOURIST DESTINATION IN INDONESIA Candra Hidayat
Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 23 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Pariwisata
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.187 KB) | DOI: 10.30647/jip.v23i1.1175

Abstract

In this research investigates the infrastructure competitiveness of new development ten tourist destinations performance in Indonesia. It deeply analyzes Infrastructure board organized into three pillars factors of competitiveness. First pillar is Air transporinfrastructure, second pillar is Ground and port infrastructure and third pillar is Tourisservice infrastructure. Research was made by descriptive and research was focused by using secondary data. According to the result, the rank of new development tourist destinations will be number ten is North Maluku, number nine is Southeast Sulawesi, number eight is Bangka Belitung, number seven is East Nusa Tenggara, number six is West Nusa Tenggara, number five is North Sumatra, number four is Jakarta, number three is Central Java, number two is East Java and number one is Banten.
PENGARUH SELEKSI DAN PEMBINAAN DOSEN TERHADAP KINERJA DOSEN PADA SEKOLAH TINGGI PARIWISATA TRISAKTI JAKARTA Anis Darsiah
Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 23 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Pariwisata
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.981 KB) | DOI: 10.30647/jip.v23i1.1180

Abstract

Selection is a fundamental thing to do to human resources, especially to High School Trisakti Tourism Jakarta. In addition to the selection required coaching lecturers. The purpose of this study is to know how big the influence of lecturer selection and coaching either separately (partially) or simultaneously (simultaneously) to the performance of the lecturer of Trisakti High School Trisakti Jakarta. To answer the purpose of the study was made with 5 kinds of answers from each of the 15 questionnaire research variables according to Likert scale. From the results of the answers will be obtained kusioner score for each independent variable and dependent variable. Then, the regression equation formula is determined after validity test, reliability test, and normality test on each questionnaire result and score both for dependent variable and score of independent variable. The results showed that the variables of selection and coaching lecturers either separately or together significantly influence the performance of the lecturers of Trisakti High School Trisakti Jakarta. with 99% accuracy. Percentage of influence of free variable selection on lecturer performance of Trisakti High School of Tourism Jakarta. is 66,2%, while for lecturer coaching is 59,6%. While simultaneously the influence of selection and guidance of lecturers on the performance of lecturers of High School Trisakti Jakarta Tourismis69.6%.
CITRA DESTINASI MELALUI FILM: (STUDI KASUS KAMPUNG WISATA BATIK KAUMAN PEKALONGAN) Deivy Zulyanti Nasution
Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 23 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Pariwisata
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.246 KB) | DOI: 10.30647/jip.v23i1.1176

Abstract

Kurang maksimalnya peningkatan kunjungan wisata ke Kampung Wisata Batik Kauman Pekalongan, dapat disebabkan kurang efektifnya media promosi yang dilakukan oleh pemerintah. Dimana pemerintah belum pernah menggunakan film sebagai sarana promosi, padahal film merupakan salah satu media yang efektif dalam membangun citra suatu destinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh film terhadap citra destinasi, film yang digunakan adalah film dokumenter yang diproduksi oleh penulis, metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survey, instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang di unduh melalui www.surveymonkey.com dalam kurun waktu 2 bulan, populasi sebanyak 168 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu 100 responden yang mengisi kuesioner secara lengkap, teknik analisis yang digunakan uji paired t test dan uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui film yang berjudul Kauman Pekalongan Travel Guide mendapatkan persepsi yang baik (83%). Citra destinasi Kampung Wisata Batik Kauman Pekalongan sebelum pemutaran film termasuk kategori baik yaitu cognitive image termasuk kategori baik (74,7%), unique image termasuk kategori baik (75,8%), dan affective image termasuk kategori baik (72,4%). Setelah pemutaran film cognitive image termasuk kategori baik (79,1%), unique image termasuk kategori baik (82,4%), dan affective image termasuk kategori baik (80,3%). Hasil uji statistik menunjukkan cognitive image, unique image, dan affective image setelah pemutaran film lebih baik daripadasebelum pemutaran film (p=0,000). Film berpengaruh terhadap cognitive image (t hitung = 3,258, p = 0,002), terhadap unique image (t = 5,772, p = 0,000), dan terhadap affective image Kampung Wisata Batik Kauman Pekalongan (t hitung= 5,854, p = 0,000). Pemerintah daerah diharapkan dapat menerapkan dan menggunakan film sebagai media promosi Kampung Wisata Batik Kauman Pekalongan melalui situs online.
PENGARUH PEMBERIAN PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PADA TAMANI KAFE JAKARTA Christin Setiawan
Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 23 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Pariwisata
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.668 KB) | DOI: 10.30647/jip.v23i1.1181

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan secara langsung pelatihan terhadap peningkatan kinerja karyawan Tamani Kafe Jakarta dan untuk mengetahui pengaruh signifikan secara langsung motivasi terhadap peningkatan kinerja karyawan Tamani Kafe Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada Tamani Kafe Jakarta. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan teknik convenience sampling. Metode yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kinerja karyawan Tamani Kafe Jakarta. Terlihat didalam penelitian ini bahawa pelatihan besar pengaruhny aterhadap peningkatan kinerja karyawan, pelatihan berupa keterampilan, pengetahuan yang didapat oleh karyawan dapat membantu mereka dalam bekerja dengan baik dan lebih cepat memahami mekanisme yang terdapat dalam pekerjaan, Motivasi berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kinerja karyawan Tamani Kafe Jakarta. Dengan adanya motivasi seperti rasa aman yang didapat oleh karyawan dalam bekerja maka karyawan akan bekerja dengan baik dan merasa aman dan ini merupakan salah satu dari faktor meningkatnya kinerja karyawan Tamani Kafe Jakarta yang harus diperhatikan dan tetap dijaga oleh perusahaan dan pelatihan dan motivasi berpengaruh secara bersama – sama terhadap kinerja karyawan Tamani Kafe Jakarta.
PERENCANAAN PAKET WISATA DENGAN SKYDIVING SEBAGAI MAIN ATTRACTION DI KECAMATAN CIJULANG KABUPATEN PANGANDARAN Dwiesty Dyah Utami; Vany Octaviany; Dina Anggraini
Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 23 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Pariwisata
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.418 KB) | DOI: 10.30647/jip.v23i1.1177

Abstract

Skydiving Nusawiru Paracenter merupakan satu-satunya dropzone komersil di Indonesia yang jika dimasukkan paket wisata maka akan selaras dengan visi dan misi Kabupaten Pangandaran yang ingin menjadikan Kabupaten Pangandaran sebagai tujuan wisata dunia. Penelitian ini bertujuan untuk membuat perencanaan paket wisata minat khusus dengan skydiving sebagai atraksi wisata utamanya dan membantu mewujudkan visi dan misi Kabupaten Pangandaran. Konsep dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori dari Nuriata (2014) tentang penyusunan paket wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi dengan narasumbernya yaitu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, travel agent, pengelola Nusawiru Paracenter dan wisatawan yang melakukan skydiving di Nusawiru Paracenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wisatawan yang berkunjung kebanyakan dari Bandung, Jakarta, India, Australia. Penelitian ini merekomendasikan sebuah paket wisata yang dapat berguna bagi pengelola Nusawiru, travel agent dan pemerintah setempat

Page 1 of 1 | Total Record : 7