cover
Contact Name
Firdaus
Contact Email
firdaus@unsiq.ac.id
Phone
+6282220833323
Journal Mail Official
firdaus@unsiq.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Fisika, FITK, UNSIQ, Jl. Raya Kalibeber, Km.03, Wonosobo
Location
Kab. wonosobo,
Jawa tengah
INDONESIA
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains
ISSN : 24429910     EISSN : 2548642X     DOI : http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v6i2
Core Subject : Science, Education,
The Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains is dedicated to all science practitioners about studies and research of science. Various topics that can be accepted in this journal are: Physics Education, Chemistry Education, Biology Education, Media Development and Learning, Model Evaluation and Assessment of learning, Applied physics, Applied chemistry, Applied Biology, Science Al Quran
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2022): SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains" : 15 Documents clear
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI LIVEWORKSHEET PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 23 MALANG Agung Mulyo Setiawan; Fairuza Yumna Sholiha
JURNAL SPEKTRA Vol 8, No 2 (2022): SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, FITK, UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/spektra.v8i2.266

Abstract

Salah satu faktor yang menjadi penyebab rendahnya motivasi belajar siswa adalah media lembar kerja siswa yang digunakan kurang menarik. Berdasarkan studi literatur, Liveworksheet merupakan aplikasi yang dapat membuat lembar kerja siswa menjadi lebih menarik. Tujuan dari penelitian ini yaitu, menjelaskan proses pengembangan, mengetahui kelayakan dari produk lembar kerja siswa berbantuan aplikasi Liveworksheet yang dibuat, serta mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah mengaplikasikan lembar kerja siswa berbantuan aplikasi Liveworksheet. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Dari penelitian ini diperoleh hasil berupa data kuantitatif dan kualitatif, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket uji validasi, angket motivasi belajar siswa, angket uji kepraktisan guru, dan angket uji keterbacaan siswa. Hasil dari validasi media dan materi oleh validator secara berturut-turut adalah 91,3% dan 95,6% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil dari uji keterbacaan siswa didapatkan nilai 84,4% yang termasuk dalam kategori valid. Hasil dari uji kepraktisan guru juga didapatkan nilai 98,4% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Sedangkan hasil dari angket motivasi belajar siswa, diperoleh peningkatan sebanyak 8,6% setelah mengaplikasikan lembar kerja siswa berbantuan aplikasi Liveworksheet. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa produk lembar kerja siswa berbantuan aplikasi Liveworksheet yang kami kembangkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa SMPN 23 Malang.
DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA BASED ON VIRTUAL LABORATORY IN PHYSICS PRACTICUM Adelita Putri Noviana
JURNAL SPEKTRA Vol 8, No 2 (2022): SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, FITK, UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/spektra.v8i2.278

Abstract

This research is motivated by the lack of use of learning media, especially physics subjects at SMA Makassar Raya. This study aims to analyze the effectiveness of virtual laboratory-based learning media in physics practicum. The type of research used is Research and Development (R&D) research. The research was conducted at SMA Makassar Raya for two weeks in November 2021 with a sample of 20 students. The research method used is a 4D model which includes Define, Design, Development, and Disseminate. The results showed that the virtual laboratory-based learning media was declared valid with a value of V> 0.4 based on the Aiken's V expert agreement index analysis test. Learning media was declared practical, based on the results of the responses of teachers and students who were in the very good category or the responses given were positive. . Learning using virtual laboratory-based learning media is said to be effective and can improve psychomotor abilities. The effectiveness of virtual laboratory-based learning media in learning is shown from practicum activities and physics learning test results with a percentage of 65%.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEKNOLOGI NANO DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN SAINS ABAD 21 (TELAAH JURNAL: DYE-SENSITIZED SOLAR CELLS (DSSC) PADA DAUN DAN BUNGA) Ahmad Khoiri
JURNAL SPEKTRA Vol 8, No 2 (2022): SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, FITK, UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/spektra.v8i2.326

Abstract

Nanotechnology as a scientific study that requires high-level thinking skills to understand the concept and to synthesize Dye Sensitizied Solar Cells (DSSC) requires a scientific approach to learning packaging, so that the implementation of learning must orient the skills needed in the 21st century. The study of nanotechnology journals aims to find out the learning content which is used as a source of student learning to foster creative, critical thinking, be able to solve problems, collaborate as listed in 4C 21 Century Skills. The research method uses a literature review by examining the DSSC journal on leaves and flowers to produce dye extracts as natural ingredients in the DSSC work process. The results of the analysis show a positive impact on nanotechnology learning through the DSSC framework because students are required to carry out discovery-oriented activities through practice when extracting natural dyes, critical thinking skills in analyzing the effectiveness of dye work, creative thinking by using ideas when making fabrications. DSSC is natural, solving problems when the DSSC is not working optimally so there needs to be an appropriate solution. Collaborating on results through sanwidch creation and assembling the DSSC framework. Overall HOTs-oriented learning activities at the level of Analyzing (C4), Evaluating (C5) and creating (C6) at KD 2.2 Applying knowledge of nanoparticles and KD 3.2 Applying knowledge of Photochemi
Meta Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pada Mata Pelajaran IPA Dewi Maslakhatunni'mah; Arifian Dimas
JURNAL SPEKTRA Vol 8, No 2 (2022): SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, FITK, UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/spektra.v8i2.243

Abstract

Abstrak Penelitian meta analisis ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang, subjek dan hasil dari penelitian-penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) pada mata pelajaran IPA. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang berkaitan dengan latar belakang, subjek dan jenis penelitian berdasarkan tujuh belas penelitian yang telah dikumpulkan, yang bersumber dari jurnal nasional, jurnal internasional dan skripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan 50,00% penelitian menggunakan subjek peserta didik tingkat SMP, 28,57% peserta didik tingkat SD, dan pada tingkatan SMA dan Mahasiswa memperoleh persentase sama yakni 10,71%. Berdasarkan jenis penelitiannya, terdapat 8 penelitian kualitatif, 7 penelitian pengembangan, 9 penelitian kuantitatif, 3 penelitian tindakan kelas dan 1 penelitian campuran. Adapun berdasarkan kajian latar belakang sebesar 53,57% karena pentingnya kemampuan berpikir tingkat tinggi di abad 21 ini. Selain itu terdapat tiga permasalahan yang juga melatar belakangi penelitian tersebut, diantaranya yakni rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, kurangnya penerapan pembelajaran dan penilaian berbasis HOTS dan kurangnya pemahaman guru terhadap soal dan penilaian HOTS, sehingga perlunya pengembangan media, buku ajar maupun soal yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.Kata kunci: Meta Analisis, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), Latar Belakang.  AbstractThis meta-analysis study aims to determine the background, subject and results of previous studies related to higher order thinking skills in science subjects. The sampling technique in this study used a purposive sampling technique related to the background, subject and type of research based on twenty eight studies that had been collected, sourced from national journals, international journals and theses. The results of this study indicate that 50.00% of the study used students at the junior high school level, 28.57% students at the elementary level, and at the high school level and students, the percentage was the same, namely 10.71%. Based on the type of research, there are 8 qualitative research, 7 development research, 9 quantitative research, 3 classroom action research and 1 mixedmethode research, based on a background study of 53.57% because of the importance of higher order thinking skills in the 21st century. In addition, there are three problems that are also the background of the research, including the low level of students' higher-order thinking skills, the lack of application of HOTS-based learning and assessment and the teacher's lack of understanding of HOTS questions and assessments, so it is necessary to develop media, textbooks and questions that can improve students' higher order thinking skills.Keywords: Meta Analysis, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Background.
PENGEMBANGAN LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN POE2WE UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Nana Nana
JURNAL SPEKTRA Vol 8, No 2 (2022): SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, FITK, UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/spektra.v8i2.316

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian research and development / R&D atau penelitian pengembangan secara sengaja, sistematis, bertujuan untuk menemukan, merumuskan, memperbaiki, mengembangkan, menghasilkan, menguji keefektifan produk, model, metode/strategi/cara, prosedur tertentu yang lebih unggul, baru, efektif, efisien, produktif, dan bermakna. Responden penelitian adalah 233 mahasiswa dari dua Perguruan Tinggi program studi S1 Pendidikan Fisika, D4 Keperawatan dan Profesi Ners di Kota Tasikmalaya. Pengembangan model pembelajaran POE2WE ini dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi yang kemudian dihasilkan produk berupa Learning Management System (LMS) yang dapat diakses oleh mahasiswa kapan saja dan dimana saja untuk menunjang pembelajaran di era revolusi industri 4.0 saat ini. Oleh ahli, pengembangan LMS menggunakan model pembelajaran POE2WE ini mendapatkan skor rata-rata 4,11 dan presentase akhir sebesar 82,13%. Sedangkan oleh mahasiswa, memperoleh skor rata-rata presentase akhir 81,13%. Artinya dari 15 pertanyaan yang ada di kuesioner dapat dikatakan bahwa rata-rata ahli dan mahasiswa Setuju dengan masing-masing pertanyaan yang ada dalam kuesioner, sehingga Learning Management System (LMS) menggunakan model pembelajaran POE2WE ini masuk kategori sangat baik. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa pengembangan LMS ini memberikan manfaat kepada mahasiswa untuk menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh di era revolusi industri 4.0.
HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PHET PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA Khairunnisa Putri; Muhammad Nasir; Fakhruddin Z
JURNAL SPEKTRA Vol 8, No 2 (2022): SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, FITK, UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/spektra.v8i2.275

Abstract

Hasil belajar kognitif salah satu aspek yang diperoleh dalam proses pembelajaran. Untuk mengetahui pengetahuan peserta didik dilakukan uji kemampuan kognitif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang belajar dengan menggunakan model problem based learning berbantuan PhET dengan model problem based learning. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu quasi eksperimen “nonequievalent control group design” dengan model prettest posttest control group design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh kelas X IPA di SMA Negeri 1 Tambang tahun ajaran 2021/2022 sebanyak  90 peserta didik dengan sampel 59 peserta didik yang terdiri dari X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan X IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar kognitif materi usaha dan energi yang terdiri dari 20 soal objektif. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif berupa daya serap dan analisis inferensial berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t test dan independent sample t test dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya serap pada kelas eksperimen lebih meningkat dari pada kelas control dan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif melalui model problem based learning berbantuan PhET lebih baik dari pada  model problem based learning.
PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF FUN CLASS BERBASIS GOOGLE SLIDE PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR Nady Ramadhany; Novanita Whindi Arini
JURNAL SPEKTRA Vol 8, No 2 (2022): SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, FITK, UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/spektra.v8i2.259

Abstract

Media interaktif Fun Class berbasis Google Slides merupakan sarana edukasi digital yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA Bentuk tubuh fisik dan gerak hewan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain produk awal, pengembangan produk, implementasi produk dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tahap observasi, wawancara dan angket. Validasi media dilakukan oleh ahli materi ujian, ahli media, dan ahli pendidikan. Penelitian dilakukan di SDN Kaliabang Tengah VIII Kota Bekasi dengan objek peserta didik dan guru Kelas 4A. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media interaktif Fun Class berbasis Google Slides dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas.Kata Kunci: pengembangan, media interaktif, ilmu pengetahuan alam
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS SEBAGAI UPAYA DALAM MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS Artha Lumbantoruan; Muhaimin Muhaimin; Sri Purwaningsih
JURNAL SPEKTRA Vol 8, No 2 (2022): SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, FITK, UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/spektra.v8i2.253

Abstract

Science process skills (SPS) have an essential role in science learning. However, based on the analysis results, the achievement of SPS at SMA Negeri 11 Jambi City tends to be low. The lack of relevant learning resources is one of the factors influencing efforts to train SPS. This study aims to develop an electronic module (e-module) based on problem-solving skills by considering the implementation of the fundamental SPS indicators and the integrated SPS in it. The development model used is Lee and Owens type ADDIE, carried out in small groups until the evaluation stage. The test subjects consisted of 20 students in class XI science and one physics teacher. The data collected is qualitative and analyzed by triangulation and spiral methods. The development results show that the e-module has the potential to train SPS students because it has met the valid criteria conceptually and procedurally.
PENERAPAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI DAN KOMUNIKASI LISAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNTAN PADA KULIAH FISIKA DASAR II Stepanus Sahala Sitompul; firdaus firdaus
JURNAL SPEKTRA Vol 8, No 2 (2022): SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, FITK, UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/spektra.v8i2.246

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kemampuan multirepresentasi dan sekaligus hubungannya dengan kemampuan komunikasi lisan mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Untan pada kuliah Fisika Dasar II. Manfaat penelitian ini adalah sebagai acuan bagi dosen untuk memahami kemampuan multirepresentasi mahasiswa dalam pemecahan masalah fisika dasar II tentang geometri optik. Perkuliahan diharapkan membenahi dan meningkatkan kualitasnya dalam mengajar mahasiswa melalui model pembelajaran baru yang diciptakannya (model pembelajaran PBM). Penelitian ini merupakan gabungan penelitian kualitatif dan kuantitatif, penelitian kualitatif digunakan untuk memperoleh data, sedangkan jenis penelitian yang digunakan untuk memperoleh data kuantitatif pada data utama. Jenis penelitian kuantitatif dalam penelitian ini dimaksudkan sebagai komponen kecil yang membantu untuk menggambarkan situasi belajar yang diteliti. Hasil penelitian ini pada akhirnya dapat menjadi acuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dan mengembangkan pembelajaran yang baik di perkuliahan.
Studi Kelayakan Bahan Ajar Interaktif Multirepresentasi Berbantuan Articulate Storyline 3 Materi Gelombang untuk Siswa SMA Mohamad Arif Rahmansyah; Muslim Muslim; Parlindungan Sinaga
JURNAL SPEKTRA Vol 8, No 2 (2022): SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, FITK, UNSIQ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/spektra.v8i2.241

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Bahan Ajar Interaktif Multirepresentasi (BAIM) berisi materi gelombang untuk siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang mengadopsi model ADDIE. Produk BAIM disusun berdasarkan teori multirepresentasi. Aplikasi Articulate Storyline 3 digunakan untuk membantu penyusunan produk BAIM. Serangkaian uji kelayakan telah dilakukan terhadap produk BAIM. Pertama, uji keterpahaman ide pokok wacana yang dilakukan kepada 34 siswa SMA kelas 11 memperoleh skor 84,50 dengan kategori tinggi, artinya uraian materi beserta kontennya sudah dapat memberikan pemahaman pada siswa. Selanjutnya, dari uji validasi materi yang dilakukan kepada dua dosen ahli fisika diperoleh skor 97,22 dengan kategori sangat layak pada kesesuan materi dengan indikator dan 100 dengan kategori sangat layak pada aspek kelayakan dari segi materi. Kemudian, uji validasi media yang dilakukan terhadap seorang dosen ahli media menghasilkan skor 82,5 dengan kategori sangat layak dari segi media. Terakhir, dari uji validasi terhadap guru berpengalaman diperoleh skor 90,42 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan serangkaian hasil uji kelayakan yang sudah dilaksanakan, produk BAIM layak untuk diimplementasi dalam pembelajaran.  

Page 1 of 2 | Total Record : 15