cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. indramayu,
Jawa barat
INDONESIA
Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Published by Universitas Wiralodra
ISSN : 20852487     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The empirical research includes studies on the implementation of Islamic education in educational Islamic institution while theoretical study covers historical studies, expert finding and Islamic education content analysis from al-qur’an and hadist.
Arjuna Subject : -
Articles 40 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2023)" : 40 Documents clear
Nilai Egaliter pada Novel Syeikh Siti Jenar Karya Agus Sunyoto Liris Purwa Maharsi; M. Kholid Muslih
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 9 No. 1 (2023)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnal_risalah.v9i1.394

Abstract

Kasus kurangnya kesejahteraan, banyak disebabkan oleh tindak diskriminasi di kalangan masyarakat. Karena itu, melajunya suatu interaksi  perlu diatur guna menempatkan seluruh posisi dan porsi masyarakat secara sesuai sehingga tercipta keadilan secara tepat. Pembahasan ini tidak dapat terlepas dari peran agama sebagai pedoman dan negara sebagai tempat seluruh interaksi terjadi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran agama yang diterapkan oleh Abdul Jalil atau Syeikh Siti Jenar pada pembaharuan Dukuh Lemah Abang yang dimaksudkan untuk membangkitkan keterpurukan dan diskriminasi masyarakat di lingkup kerajaan sehingga dapat kembali kepada ajaran Tauhid. Dan selanjtnya ajaran Tauhid ini menjadi dasar dari kehidupan social dan politik masyarakat. Penelitian dengan jenis Library Reasearch ini menggunakan pendekatan hermeneutika Paul Recoeur sebagai metode pembacaan karya sastra. Sebagai hasil penelitian ini, Pertama, menemukan nilai-nilai egaliter pada lingkung social dan politik pada pembaharuan Lemah Abang dari cerita novel Syeikh Siti Jenar. Kedua, menjadikan masyarakat dapat mendasarkan tindakan daam berinteraksi sesuai dengan ajaran Tauhid
Telaah atas Gagasan Islamisasi Ilmu Pengetahuan Mulyadhi Kartanegara dan Penerapannya pada Universitas Islam Asif Trisnani; Fikri Hidayatul Rukmana; Imroatul Istiqomah
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 9 No. 1 (2023)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnal_risalah.v9i1.416

Abstract

Sekularisme merupakan tantangan besar bagi ilmu pengetahuan dalam Islam. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah gagasan Islamisasi ilmu pengetahuan Mulyadhi Kartanegara dan penerapannya pada universitas Islam. Metode penelitian ini berlandaskan pada literatur kepustakaan (library research) dengan pendekatan analisis konsep secara deskriptif analisis dan teknik analisa secara deduktif-induktif dalam menarik kesimpulan.Darinya, dapat kita simpulkan bahwa Islamisasi dalam gagasan Mulyadhi Kartanegara merupakan pemurnian kembali ilmu pengetahuan dengan jalan naturalisasi. Sedangkan universitas Islam merupakan instrument penting dalam merealisasikan Islamisasi.
Faktor-Faktor Disiplin Kerja dan Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Kerja dalam Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi Islam di Indonesia Juliastuti; Achmad Hufad; Maman Fatturrahman
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 9 No. 1 (2023)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnal_risalah.v9i1.428

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor disiplin kerja dan pengaruhnya terhadap produktivitas kerja upaya meningkatkan mutu perguruan tinggi Islam di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dan library research. Peneliti ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menyajikan beberapa teori dan penjelasan tentang pembahasan yang diteliti, sedangkan metode library research, digunakan untuk mempelajari berbagai artikel ilmiah, jurnal-jurnal penelitian, via internet, buku-buku, dan sumber-sumber data atau informasi lainnya yang dianggap relevan dengan kajian atau yang terkait dengan pembahasan dalam penelitian ini. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor disiplin kerja lingkungan, motivasi, prestasi kerja, kompensasi, kompetensi, pendidikan dan pelatihan mempengaruhi produktivitas kerja dosen sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia.
Analisis Komparasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa yang Tinggal di Pondok Pesantren dengan Siswa yang Tinggal di Rumah Novi Oktavia; Muhammad Iwan Fitriani; Ribhan
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 9 No. 1 (2023)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnal_risalah.v9i1.465

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal di rumah. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain causal comparative research. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah dokumentasi nilai raport. Sedangkan, Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan angket/ kuisioner. Hasil analisis data menyatakan bahwa nilai rata-rata siswa yang tinggal di pondok pesantren  adalah 84,93 dan santri yang tinggal di rumah adalah 80,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho (hipotesis nihil) ditolak dan  hipotesis alternatif (Ha) diterima, di mana Ha berbunyi terdapat perbandingan prestasi belajar antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dengan siswa yang tinggal di rumah.
Implementasi Storytelling dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di TKIT Harapan Umat Karawang Ervin Nurkhalizah; Ferianto
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 9 No. 1 (2023)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnal_risalah.v9i1.389

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan metode storytelling untuk menginternalisasi nilai pendidikan karakter pada anak TK di TKIT Harapan Umat Karawang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif  kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah peneliti, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bercerita dengan menggunakan buku – buku kisah Islami yang bertema adab dan dongeng inspiratif  ini mampu menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter. Nilai karakter yang muncul antara lain  karakter religius, disiplin,  jujur, bertanggung jawab, dan peduli sosial. Karakter yang muncul merupakan akumulasi yang muncul dari perilaku anak setelah mendengar cerita Islami yang digunakan seperti “ Allah Tuhanku, Muhammad Tauladanku, keajaiban rendah hati dan jujur, dan anak beruang yang mandiri”. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan metode storytelling untuk menginternalisasi nilai pendidikan karakter pada anak TK di TKIT Harapan Umat Karawang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif  kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah peneliti, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bercerita dengan menggunakan buku – buku kisah Islami yang bertema adab dan dongeng inspiratif  ini mampu menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter. Nilai karakter yang muncul antara lain  karakter religius, disiplin,  jujur, bertanggung jawab, dan peduli sosial. Karakter yang muncul merupakan akumulasi yang muncul dari perilaku anak setelah mendengar cerita Islami yang digunakan seperti “ Allah Tuhanku, Muhammad Tauladanku, keajaiban rendah hati dan jujur, dan anak beruang yang mandiri”.
Pendekatan Ideologi dalam Studi Islam Taufik Ismail; Muhammad Umar; Ahyarudin; Zulfi Mubaraq
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 9 No. 1 (2023)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnal_risalah.v9i1.396

Abstract

Ideologi adalah sebuah keyakinan dan sumber  pendidikan bagi masyarakat, guna memahami, menghayati, serta menolak tingkah lakunya sesuai dengan orientasi serta norma-norma yang terkandung di dalamnya, oleh karenanya penting untuk mengkaji studi islam lewat pendekatan ideologi. Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan mengkaji tiga hal yaitu; pengertian mendalam tentang pendekatan ideologi dalam studi islam secara etimologi dan terminology. kedua mengkaji metode, teknik dan langkah penelitian dengan pendekatan Ideologi. ketiga, mendalami hasil-hasil penelitian dari implementasi pendekatan Ideologi dalam studi Islam. Penelitian ini menggunakan metode library research yaitu yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka bersumber dari 10 buku dan 10 jurnal yang berkaitan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah; pertama, makna dan pengertian pendekatan ideologi dalam studi islam adalah mempelajari dan mengkaji keyakinan dan pemikiran yang menjadi acuan dan panduan bagi umat muslim dalam menjalani  kewajiban dan tuntunan yang ada di agama islam. kedua, penerapan metode komparasi antara ideologi sunni dan syiah. Ketiga revolusi syiah di iran dan upaya ulama Indonesia dalam pencegahan penyebaran syiah sebagai implementasi dalam studi ini.
Qona'ah on Badiuzzaman Said Nursi Perspective: Analysis of Happy Model in Dimensions of Gratitude Jarman Arroisi; Nurmala Indah
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 9 No. 1 (2023)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnal_risalah.v9i1.399

Abstract

In this modern era, many people are looking for happiness that is only based on material things without paying attention to peace of mind. This can be seen very clearly in the lives of Westerners who only make material life a source of happiness and satisfaction. So that the happiness that is obtained is not eternal and eternal, because gratitude is not accompanied by them being able to enjoy all aspects of life.This research was conducted to determine Badiuzzaman Said Nursi's qana'ah perspective based on the Dimensions of Gratitude. First, the analysis usess qualitative methods, and data collection is carried out using a literature search. After that, the data that has been collected is described descriptively to explain each of the related discussion suburbs. Then the results of this study show that to get to the attitude of qona'ah, it is necessary to apply the perspective of the business, willing, resignation, gratitude, prayer, and sharing. According to Said Nursi, the highest level of qana'ah is to become ahsana taqwim by passing the four foundations of ubudiyah and mahbubiyah, including absolute weakness (al-Ajz), Absolute Factory (al-Faqr), absolute longing (asy-Syafaqah) and absolute gratitude (at-Tafakkur).
Perbedaan Konsep Distribusi dalam Worldview Islam dan Worldview Sekuler Khoirul Umam; Husnul Khotimah
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 9 No. 1 (2023)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnal_risalah.v9i1.401

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi komparasi bagaimana worldview kapitalisme, sosialisme, dan Islam melahirkan sistem distribusi yang khas sesuai dengan worldview masing-masing. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode kualitatif eksplanatif. Metode kualitatif dengan metode library research (studi pustaka), adapun teknik analisis data yang digunakan adalah content analisis atau analisis isi. Kesimpulannya adalah Islam melihat manusia sebagai khalifah yang mampu menciptakan keadilan. Namun demikian, manusia memupunyai nafsu yang bisa membuatnya lalai. Untuk itu, sistem distribusi ekonomi Islam adalah pasar yang diawasi agar adil dan bermoral; dikuatkan dengan sistem distribusi kekayaan dari individu kepada sosial dengan sistem Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf, Hibah, dan Hadiah (ZISWAHH). Dengan ini, sistem distribusi kapitalisme dan sosialisme mengarah kepada ekstrim kanan dan kiri sedangkan sistem distribusi Islam berada di tengah mengharmoniskan antara individu dan sosial.
Kehujjahan dalam Beramal dengan Menggunakan Maslahah Mursalah Perspektif Ibn Taimiyyah Asfar Hamidi Siregar
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 9 No. 1 (2023)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnal_risalah.v9i1.437

Abstract

Ibnu Taimiyyah adalah seorang ulama yang memiliki ilmu yang luas dan ahli dalam bidangnya, khususnya bidang Fiqh dan Ushul Fiqh. Namun, Ibnu Taimiyyah memiliki pendapat yang membolehkan pembuktian amal dengan nash marjuh (lemah), yaitu mashlahah mursalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan, dengan cara mengumpulkan data yang terdapat dalam buku, buku, dan jurnal ilmiah yang merupakan sumber primer, sedangkan untuk menunjang penelitian ini juga membutuhkan sumber sekunder, seperti buku dan penelitian ilmiah terkait. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap pemikiran Ibnu Taimiyyah terkait kemampuannya melakukan hujjah dengan menggunakan mashlahah murshalah yang dipandang sebagai teks marjuh oleh para ulama. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa para ulama berbeda pendapat mengenai berhujjah dengan mashlahah mursalah, sebagian ulama menolak untuk menjadikan mashlahah mursalah sebagai hujah dalam beramal, karena yang diperbolehkan hanya berpesan Al-Qur'an, Hadis, dan Ijma 'Ulama. Namun sebagian ulama juga membolehkan berhujjah dengan mashlahah mursalah dengan syarat tertentu, yaitu tidak bertentangan dengan nash qath'i, tidak menggunakan nalar untuk kepentingan individu, dan menghilangkan kesulitan bagi umat. Sedangkan menurut Ibnu Taimiyyah, diperbolehkannya berhujjah dengan mashlahah mursalah, selama perbuatan itu tidak membatalkan dan meniadakan ibadah, seperti orang yang memimpin shalat berjamaah yang paham jahar membaca basmallah, tetapi imam paham sirr dalam membaca basmallah. Namun, Ibnu Taimiyyah juga melarang penggunaan mashlahah mursalah di pengadilan, halal dan haram serta fatwa.
Metode Targhib dan Tarhib dalam Pembelajaran Akhlak Perspektif KH Ahmad Dahlan Abdul Azis; Farid Setiawan; Betty Mauli Rosa Bustam
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 9 No. 1 (2023)
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31943/jurnal_risalah.v9i1.402

Abstract

Tujuan pendidikan sendiri meperbaiki akhlak atau perilaku dari para siswa. Sehingga perlu adanya metode yang tepat yang bisa diaplikasikan pada pembelajaran akhlak. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library research. Dalam analisis data peneliti menggunakan metode analisis isi dimana metode ini dilakukan dengan mengidentifikasi informasi secara objektif. Hasil dari pembahasan ini, bahwasanya metode targhib dan tarhib dalam pembelajaran akhlak perspektif KH Ahmad Dahlan sama dengan metode amal yang digunakan KH Ahmad Dahlan dalam menyampaikan suatu ilmu. Dalam hal ini KH Ahmad Dahlan menganalogikan tafsir tentang dorongan mati, beliau dalam menafsirkan kepada masyarakat dengan hal yang positif bahwasanya manusia agar selamat dari siksa api neraka haruslah melakukan sesuatu atau berbuat amal. Dalam kata lain menurut KH Ahmad Dahlan agar bisa masuk surga maka harus banyak beramal shalih yang diperintahkan oleh Allah Ta’ala, oleh karena itu amal akan menjadi bekal di akhirat.

Page 1 of 4 | Total Record : 40


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 3 No 1 (2106): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 3 No. 1 (2106): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 9 No. 3 (2023) Vol. 9 No. 2 (2023) Vol. 9 No. 1 (2023) Vol. 8 No. 4 (2022): Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 3 (2022): Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 2 (2022): Pendidikan dan Studi Islam Vol 8 No 1 (2022): Pendidikan dan Studi Islam Vol. 8 No. 1 (2022): Pendidikan dan Studi Islam Vol. 7 No. 2 (2021): Pendidikan dan Studi Islam Vol 7 No 2 (2021): Pendidikan dan Studi Islam Vol 7 No 1 (2021): Pendidikan dan Studi Islam Vol. 7 No. 1 (2021): Pendidikan dan Studi Islam Vol. 6 No. 2 (2020): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 6 No 2 (2020): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 6 No. 1, March (2020): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 6 No 1, March (2020): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 5 No 2, Sept (2019): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 5 No. 2, Sept (2019): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 5 No. 1, March (2019): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 5 No 1, March (2019): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 4 No 2, Sept (2018): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 4 No. 2, Sept (2018): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 4 No 1, March (2018): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 4 No. 1, March (2018): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 2 No. 1 (2015): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 2 No 1 (2015): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol. 1 No. 1 (2014): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Vol 1 No 1 (2014): Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam More Issue