cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
ISSN : 14125889     EISSN : 26140578     DOI : https://doi.org/10.30651/didaktis.v24i1
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 22, No 3 (2022)" : 9 Documents clear
PENGARUH PEMBINAAN KARAKTER DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMK KRISTEN TAGARI RANTEPAO KABUPATEN TORAJA UTARA Yoel mawa ratu
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 22, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/didaktis.v22i3.13706

Abstract

Pembinaan karakter merupakan suatu cara membina dan merubah perilaku dan tingkah laku peserta didik di sekolah, karena seringkali dijumpai dalam kegiatan sehari hari setiap peserta didik di sekolah ditemukan beberapa masalah yang selalu dilakukan berulangkali, bahkan tanpa disadari dapat merugikan peserta didik lainnya dan merusak citra dan nama baik sekolah. Begitupula dengan faktor eksternal berupa lingkungan belajar. Lingkungan belajar dapat berupa lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat, maupun lingkungan keluarga dimana peserta didik itu berada.Prestasi belajar adalah suatu hasil yang ditunjukkan dengan nilai atau angka dalam suatu pembelajaran baik keterampilan maupun pengetahuan. Dalam penelitian ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik purposive, yaitu pengambilan data dengan pertimbangan tertentudengan jumlah sampel sebesar 89 peserta didik. Variabel penelitian meliputi pembinaan karakter dan lingkungan belajarsebagai variabel bebas (independen) dan prestasi belajar (dependen) sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan suatu instrumen sebagai alat ukur untuk mengetahui pembinaan karakter peserta didik dan lingkungan belajar yaitu dengan menggunakan kuisioner/angket. Untuk mengukur prestasi belajar, alat ukur yang digunakan adalah mengambil daftar nilai rapor dari peserta didik pada semester genap 2021/2022. Uji coba instrumen dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas instrumen, uji mormalitas, dan uji linearitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan model regrasi linear berganda signifikan (uji “t”). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis tersebut agar lebih mudah dihitung menggunakan aplikasi SPSS. 
Kajian dan Penerapan Pelaksanaan Kurikulum Darurat Covid di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya Ahmad Mahmudi; Wiryanto Wiryanto
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 22, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/didaktis.v22i3.13715

Abstract

 ABSTRAK Kurikulum yang dirancang menyesuaikan kondisi pandemic COVID-19, dimana pada pelaksanaannya menyesuaikan kondisi regional masing-masing daerah sesuai laju laju penyebaran virus. Kemendikbudristek meluncurkan kurikulum tersebut pada kondisi pandemic COVID-19 sebagai sebutan kurikulum darirat pada kondisi khusus.  Tujuan dari penelitian yang digagas penulis adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan pembelajaran pada penerapan kurikulum darurat. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 16 Suarabaya. Tehnik pengambilan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara terhadap kepala sekolah, wakil kepala dan guru. Tehnik analisis data yang dipilih oleh penulis adalah model miles-Huberman. Hasil yang didapatkan dari analisis penerapan kurikulum darurat di SD Muhammadiyah 16 Surabaya memiliki empat kreteria yang sangat penting untuk dilaksanakan  sebagai Langkah untuk menjalankan pembelajaran penerapan kurikulum darurat sebagaimana; 1)  Sistem Pembelajaran Daring, 2) Implementasi Pembelajaran Darurat, 3) Penunjang Pembelajaran daring,  4) Inovasi Pembelajaran Daring, dan 5) Dampak positif dan Negatif Pembelajaran daring pada penerapan Kurikulum darurat.Kata Kunci: penerapan, kurikulum Darurat, covid-19 ABSTRACTThe curriculum is designed to adapt to the conditions of the COVID-19 pandemic, which in its implementation adjusts the regional conditions of each region according to the rate at which the virus is spreading. The Ministry of Education and Culture launched the curriculum in the conditions of the COVID-19 pandemic as a formal curriculum for special conditions. The purpose of the research initiated by the author is to determine the level of learning readiness in implementing the emergency curriculum. The researcher uses a qualitative research type, with a case study approach. This research was conducted at SD Muhammadiyah 16 Suarabaya. The data collection technique used was observation and interviews with school principals, vice principals and teachers. The data analysis technique chosen by the author is the miles-Huberman model. The results obtained from the analysis of the implementation of the emergency curriculum at SD Muhammadiyah 16 Surabaya have four very important criteria to be implemented as steps to carry out the learning of implementing the emergency curriculum as; 1) Online Learning System, 2) Implementation of Emergency Learning, 3) Supporting Online Learning, 4) Online Learning Innovation, and 5) Positive and Negative Impacts of Online Learning on the Implementation of Emergency Curriculum.Keywords :   application, emergency curriculum, covid-19
KRITIK PENDEKATAN RELIGIUS FILM PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN SUTRADARA HANUNG BRAMANTYO Hana Ghina Fauziyyah
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 22, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/didaktis.v22i3.13101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kritik pada Film Perempuan Berkalung Sorban dengan menggunakan pendekatan religius. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  penelitian kualitatif. Film merupakan produk budaya dalam bentuk media massa yang menghadiri unsur audio visual yang digemari oleh masyarakat. Film Perempuan Berkalung Sorban yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo merupakan film adaptasi dari novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El Khalieqy. Film ini berkisah tetang perjalan hidup Anissa yang hidup dan besar di lingkungan pondok pesantren kecil bernama Al-Huda. Pesantren tersebut menganut tradisi Islam konservatif. Hasil dan pembahasan yaitu, Kritik sastra pendekatan religius dalam Film Perempuan Berkalung Sorban Sutradara Hanung Bramantyo. Berdasarkan isi pendahuluan pendekatan religius meliputi 3 aspek kajian akidan, syariah dan akhlak, berikut hasil kritik dalam pendekatan religius Film Perempuan Berkalung Sorban Sutradara Hanung Bramantyo; 1) akidah: Berdasarkan cuplikan di atas Allah SWT maha kuasa, kita tidak boleh menyerah dan berhenti untuk berdoa kita tidak tahu doa mana yang akan dikabulkan terlebih dahulu oleh-Nya. Tetap beriktiar, berdoa dan berusahalah. 2) syariah: Berdasarkan cuplikan di atas terdapat beberapa larangan-larangan dari peraturan agama islam yang tidak boleh dilakukan dalam islam. Sesuai ketentuan dalam islam tentu tindakan-tindakan di atas tidak dibenarkan. 3) akhlak: Berdasarkan cuplikan di atas perilaku buruk banyak ditonjolkan dalam Film Perempuan Berkalung Sorban yang disutradarai Hanung Bramantyo, yang tidak berakhlak baik, kita sebagai manusia muslim harus memiliki akhlak yang baik agar selalu ada ketenangan dalam hati.
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Digital Matematika Berbasis STEM dengan Edmodo Agretta Ertifari Hermawan; Ibut Priono Leksono; Retno Danu Rusmawati
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 22, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/didaktis.v22i3.13733

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Digital Matematika Berbasis STEM menggunakan Edmodo. Produk pengembangan dikembangkan dengan model ADDIE dan diimplementasikan di PKBM Homeschooling Kak Seto (HSKS) Surabaya. Subjek penelitian adalah 12 peserta didik dalam uji kelompok kecil dan 22 peserta didik dalam uji lapangan. Hasil uji validasi oleh ahli materi dan ahli media dan desain memenuhi kriteria layak dengan persentase 90% dan 88%. Hasil uji kelompok kecil dan uji lapangan memperoleh persentasi 88.44% dan 83.88%. Dan hasil penerapan produk pengembangan di PKBM Homeschooling Kak Seto (HSKS) Surabaya memperoleh rata-rata 70.45. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan ini memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran era pendidikan abad 21.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RELIABILITAS TES TATA BAHASA INGGRIS DI UNIVERSITAS DI INDONESIA Tri Jampi Setiyorini; Zyah Rochmad Jaelani; Abdul Ngafif
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 22, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/didaktis.v22i3.11286

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis reliabilitas dan faktor-faktor yang mempengaruhi reliabilitas tes tata bahasa Inggris di universitas di Indonesia. Penelitian ini kualitatif, dan menggunakan studi kasus deskriptif. Instrumennya adalah tes, kuesioner tertutup, dan wawancara terbuka. Berdasarkan hasil penelitian, reliabilitas tes adalah 0,754, sehingga tes termasuk reliabel. Dilihat dari hasil angket, faktor-faktor yang mempengaruhi reliabilitas tes adalah reliabilitas terkait mahasiswa, reliabilitas penilai, reliabilitas pelaksanaan tes, dan reliabilitas tes. Dilihat dari hasil wawancara, faktor-faktor yang mempengaruhi reliabilitas tes adalah penguasaan materi pembelajaran, persiapan belajar sebelum tes, kondisi fisik siswa, kejelasan petunjuk tes, kejelasan soal dalam tes, suasana dan alokasi waktu untuk melakukan tes.
PENGEMBANGAN BUKU NON-TEKS PELAJARAN BERJENJANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR Fibrina Aquatika; I Nyoman Sudana Degeng; Nurmida Catherine Sitompul
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 22, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/didaktis.v22i3.14109

Abstract

Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam keterampilan berbahasa adalah kegiatan membaca. Membaca tentu sangat berkaitan dengan dunia pendidikan karena berbagai kegiatan pendidikan tentunya membutuhkan kemampun membaca (Tarigan, 2013). Selain memperoleh berbagai informasi penting, membaca juga menjadi sarana hiburan, kompetensi diri, dan masih banyak manfaat lainnya. Dalam menumbuhkan minat baca dan meningkatkan kemampuan mereka, prioritas pertama adalah menyediakan bahan bacaan yang menarik dan berkualitas (Hill, 2012). Dengan latar belakang ini, penulis menghadirkan buku-buku berjenjang. Ada beberapa manfaat utama yang ingin dicapai, diantaranya mampu menarik minat dan meningkatkan kemampuan membaca siswa (Hill, 2012). Kedua, budaya literasi dapat terus berfungsi dengan dukungan bahan bacaan yang efektif. Ketiga, sruktur buku berjenjang bisa menjadi acuan untuk menyusun daftar buku yang direkomendasikan. Tujuh buku berjenjang yang dikembangkan ini sesuai untuk dibaca oleh siswa utamanya siswa sekolah dasar karena disusun berdasarkan pedoman perjenjangan buku oleh kemendikbud (Kemendikbud, 2018). Selain itu bacaan dalam buku berjenjang juga disesuaikan dengan kategori usia pembaca melalui grafik fry. Jurnal ini mengkaji pengembangan tujuh jenjang buku dengan topik cerita berkarakter yang ditulis dengan menyesuaikan latar yang dekat dengan kehidupan siswa sekolah dasar. Selain itu tujuh jenjang buku diberikan label A hingga G lengkap dengan ilustrasi pendukung isi cerita. Hal ini dilakukan untuk mendorong siswa agar memiliki karakter yang baik, mandiri, dan senang membaca. Tujuan dari pengembangan ini diantaranya untuk mengetahui proses pengembangan buku, kualitas, serta peningkatakan kemampuan membaca siswa melalui buku berjenjang. Proses pengembangan dituliskan melalui enak tahapan metodologi pengembangan R&D. Hasil kualitas buku berjenjang ditentukan oleh ahli konten, bahasa, media, dan desain. Adapun peningkatakan kemampuan membaca diketahui melalui hasil pengerjaan soal terkait bahan bacaan.
MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI TENGAH PANDEMI COVID 19 Nafiah Nafiah; Syamsul Ghufron; Mohammad Kurjum
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 22, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/didaktis.v22i3.12958

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen pembelajaran berbasis online bagi guru sekolah dasar di tengah pandemi covid 19 di Indonesia ditinjau dari perencanaan pembelajaran, organisasi pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, mobilisasi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan teknik survei. Populasi penelitian adalah 565 guru SD di 34 kabupaten/kota di Indonesia dengan sampel 427 guru yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang dibagikan kepada guru sekolah dasar secara online. Teknik analisis data dilakukan dengan mencari nilai persentase dan menyajikannya dalam bentuk diagram batang dengan bantuan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran berbasis online untuk guru sekolah dasar di tengah pandemi covid 19 pandemi di Indonesia belum dilaksanakan secara optimal. Kesimpulan ini didasarkan pada hasil analisis data dimana persentase kriteria ideal untuk setiap komponen belum mencapai 50%. Pada komponen perencanaan pembelajaran, guru yang selalu membuat rencana adalah 47%. Guru yang selalu menyelenggarakan pembelajaran online sebanyak 30,46%. Aplikasi yang paling banyak digunakan oleh guru dalam pembelajaran online adalah WhatsApp sebanyak 25,1%. Pergerakan pembelajaran online selalu hanya dilakukan oleh 40,55% guru. Guru yang selalu mengawasi hanya 33,76%. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran Online, Guru SD, Pandemi Covid 19 ABSTRACTThe purpose of this study was to analyze online-based learning management for elementary school teachers in the midst of the covid 19 pandemic in Indonesia in terms of lesson planning, learning organization, learning implementation, learning mobilization, and learning evaluation. The research was conducted quantitatively with survey techniques. The study population was 565 elementary school teachers in 34 districts/cities in Indonesia with a sample of 427 teachers who were randomly selected. Data were collected by means of a questionnaire distributed to primary school teachers online. The data analysis technique was carried out by finding the percentage value and presenting it in the form of a bar chart with the help of SPSS version 23. The results showed that online-based learning management for elementary school teachers in the midst of the covid 19 pandemic in Indonesia had not been implemented optimally. This conclusion is based on the results of data analysis where the percentage of the ideal criteria for each component has not yet reached 50%. In the lesson planning component, teachers who always make plans are 47%. Teachers who always organize online learning are 30.46%. The most widely used application by teachers in online learning is WhatsApp as much as 25.1%. The movement of online learning is always only carried out by 40.55% of teachers. Teachers who always supervise only 33.76%.Keywords: Online Learning Management, Elementary School Teachers, Covid 19 Pandemic
NILAI – NILAI EDUKATIF KARYA ANDARU INTAN PADA NOVEL 33 SENJA DI HALMAHERA; SOSIOLOGI SASTRA Delsa Jelita Putri; Yenni Hayati; Ayu Gustia Ningsih
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 22, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/didaktis.v22i3.13491

Abstract

Karya Andaru Intan pada novel 33 Senja di Halmahera menceritakan tentang Nathan, seorang tentara beragama Nasrani dari Ambon yang harus ditugaskan ke sebuah desa kecil di Maluku utara, yang jatuh cinta kepada Puan seorang gadis Muslim yang tinggal di pesisir pantai dan bekerja sebagai guru Bahasa inggris. Novel ini dianalisis dengan pendekatan sosiologi sastra. Pendekatan kepada sastra yang berfokus pada masyarakat disebut sosiologi sastra, Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan mendeskripsikan latar belakang dari sosial budaya masyarakat Halmahera serta nilai-nilai edukatif yang terdapat dalam novel 33 Senja di Halmahera. Nilai edukatif atau nilai Pendidikan adalah suatu nilai yang mencakup sikap diri sendiri dalam kehidupan sosial dan pribadi, nilai-nilai edukatif di novel 33 Senja di Halmahera adalah bersahabat/komunikatif, terampil, religius, bertanggung jawab dan disiplin. Penulisan artikel ini menggunakan metode deskritif yang menggunakan pendekatan sosiologi sastra.  Sumber data primer dalam penelitian ini adalah karya Andaru Intan pada novel 33 Senja di Halmahera.
STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR SELAMA PANDEMI COVID-19 Trivena Trivena; Hakpantria Hakpantria
Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol 22, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/didaktis.v22i3.13841

Abstract

Pendidikan jarak jauh di masa pandemi Covid-19 harus menanamkan pendidikan karakter yang baik sehingga kekahwatiran akan ketidakjelasan pendidikan anak usia dini di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan evaluasi strategi peningkatan mutu pembelajaran di sekolah dasar selama masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode literature review dengan mengumpulkan berbagai referensi yang terpercaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi peningkatan pembelajaran di sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19 yaitu kepala sekolah harus terlebih dahulu memilih salah satu cara melaksanakan program yang telah ditetapkan. Kedua, memilih bahan belajar yang baik dan cocok untuk pembelajaran online dan offline dengan teknologi. Dan ketiga, melibatkan guru dalam pelatihan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tinjauan pertama strategi peningkatan pembelajaran di sekolah dasar selama pandemi Covid-19, memastikan semua guru dapat menggunakan aplikasi atau materi pembelajaran yang tepat. Kedua, pastikan guru dan siswa dapat memahami proses pembelajaran online. Ketiga, pastikan guru dan siswa siap belajar di rumah. Keempat, mengontrol dan memantau kegiatan pembelajaran. Kelima, menjalin kerjasama dengan pihak luar serta mengkoordinasikan dan melaporkan hasil kegiatan pembelajaran secara berkala kepada dinas pendidikan. Strategi yang tepat dapat berdampak pada keberhasilan akademik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 9