cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
PAEDAGOGIA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 25, No 2 (2022): PAEDAGOGIA Jilid 25 No 2 (2022)" : 8 Documents clear
Analisis Indeks Aiken untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Berbasis Konteks Sains Kimia Naimina Restu An Nabil; Ika Wulandari; Sri Yamtinah; Sri Retno Dwi Ariani; Maria Ulfa
PAEDAGOGIA Vol 25, No 2 (2022): PAEDAGOGIA Jilid 25 No 2 (2022)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/paedagogia.v25i2.64566

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen asesmen kompetensi minimum literasi numerasi dan membaca bentuk pilihan ganda kompleks berbasis sains kimia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas isi instrumen asesmen kompetensi minimum literasi numerasi dan membaca berdasarkan indeks validitas Aiken sehingga instrumen dapat mengukur apa yang seharusnya diukur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif berdasarkan hasil validitas isi yang dihitung dengan formula Aiken. Data validitas isi diperoleh dari 8 orang ahli yaitu guru kimia SMA di Surakarta melalui focus group discussion (FGD). Uji validasi isi dalam penelitian ini menggunakan empat kriteria penilaian, yaitu tidak relevan tidak relevan (TR), kurang relevan (KR), cukup relevan (CR), dan relevan (R). Instrumen asesmen kompetensi minimum literasi numerasi menghasilkan 18 item soal valid dengan indeks Aiken ≥ 0,75 dan 2 item soal tidak valid dengan indeks Aiken <0,75. Sedangkan instrumen asesmen kompetensi minimum literasi membaca menghasilkan 20 item valid dengan indeks Aiken ≥ 0,75.
Analisis Tekstual Dalam Konstruksi Wacana Berita Wacana Jokowi 3 Periode, Klaim Demokrasi dan Gejala Otoritarianisme di Kompas.com Dalam Perspektif Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough Husnil Amalia; Ngusman Abdul Manaf
PAEDAGOGIA Vol 25, No 2 (2022): PAEDAGOGIA Jilid 25 No 2 (2022)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/paedagogia.v25i2.61867

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan wacana kritis dalam Rubrik Wacana Jokowi 3 Periode, Klaim Demokrasi dan Gejala Otoritarianisme di Kompas.Com dari analisis wacana kritis Norman Fairclough. Jenis penelitian ini deskriptif-kualitatif, dengan pendekatan teori tindak tutur. Sumber data penelitian ini adalah Rubrik Rubrik Wacana Jokowi 3 Periode, Klaim Demokrasi dan Gejala Otoritarianisme di Kompas.Com dan data penelitian ini adalah tuturan  di dalamnya mengandung beberapa jenis wacana kritis Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Data yang akan diteliti sudah didokumentasikan sebelumnya, hal ini bertujuan untuk membantu peneliti dalam memperoleh data yang diinginkan. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara pencatatan tuturan bahasa  berupa penggalan kalimat yang mempunyai konteks utuh. Data diidentifikasi berdasarkan jenis wacana data dikumpulkan dan diurutkan secara sistematis berdasarkan format data identifikasi dan klasifikasi yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan hasil penelitian, berdasarkan representasi, berhubungan dengan, bagaimana seseorang, kelompok, peristiwa, dan kegiatan ditampilkan pada teks. Unsur relasi disini dimaksudkan untuk menemukan pola hubungan pada partisipan teks berita. Analisis identitas dimaksudkan untuk melihat bagaimana wartawan menempatkan dirinya ke dalam teks berita.ngusman_abdul_manaf@gmail.com
Penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Segiempat Tri Muah
PAEDAGOGIA Vol 25, No 2 (2022): PAEDAGOGIA Jilid 25 No 2 (2022)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/paedagogia.v25i2.64545

Abstract

Realistic Mathematics Education (RME) adalah pendekatan efektif untuk meningkatkan hasil belajar ilmu matematika sekaligus memberikan kesempatan siswa untuk mendapatkan pengalaman nyata dalam memahami konsep matematika. Implementasi RME dalam Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Kemmis & McTaggart. Penelitian dilakukan selama dua siklus dengan masing-masing tiga pertemuan dalam setiap siklus. Data penelitian diperoleh dari hasil evaluasi belajar siswa pada akhir siklus menggunakan tes. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil tes pratindakan, siklus pertama dan siklus kedua. Hasil penelitian menggambarkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah pendekatan pembelajaran matematika realistik diimplementasikan. Namun, juga ada beberapa catatan penting untuk mengoptimalkan konsep ini dalam pembelajaran ilmu matematika pada ruang lingkup yang lebih luas dan untuk hasil yang lebih maksimal. Walaupun Realistic Mathematics Education memberikan peluang siswa untuk berimprovisasi dalam penyelelesaian persoalan matematika secara mandiri, peran pendidik dalam bentuk pendampingan tetap tidak dapat diabaikan untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal, komprehensif dan permanen.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Literasi Sains untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Novike Bela Sumanik
PAEDAGOGIA Vol 25, No 2 (2022): PAEDAGOGIA Jilid 25 No 2 (2022)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/paedagogia.v25i2.64080

Abstract

Keterampilan literasi sains dan berpikir kritis sangat diperlukan di abad 21 terutama dalam pembelajaran sains. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang sesuai sangat penting. Salah satu media yang dapat digunakan adalah lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) menggunakan liveworksheet. Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-LKPD berbasis literasi sains untuk melatih kemampuan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan; Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian dilaksankan di SMPN 3 Merauke kelas VII tahun ajaran 2020-2021 semester ganjil. Subjek penelitian pada uji coba kelompok kecil 11 peserta didik sedangkan uji coba lapangan berjumlah 36 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan instrumen validasi, lembar observasi, angket respon dan instrumen soal.  Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-LKPD berbasis literasi sains pada materi pencemaran lingkungan tergolong sangat valid; (2) e- LKPD tergolong kategori sangat praktis ditinjau dari lembar observasi; (3) e-LKPD termasuk efektif berdasarkan hasil uji coba skala. Dengan demikian, e-LKPD berbasis literasi sains yang dikembangkan telah layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. secara detail, melainkan angka tersebut dinarasikan sehingga pembaca lebih mudah memahami maksudnya.
Analisis Butir Soal dan Kecukupan HOTS Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Kimia SMK Kelas X Sri Mulyani; Melani Krismonita; Sri Yamtinah
PAEDAGOGIA Vol 25, No 2 (2022): PAEDAGOGIA Jilid 25 No 2 (2022)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/paedagogia.v25i2.60913

Abstract

Penelitian ini mendiskripsikan kualitas butir soal yang ditinjau dari daya pembeda, tingkat kesukaran, efektifitas kunci jawaban dan pengecoh serta menganalisis keterpenuhan HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian diskripsi kualitatif dengan sumber data soal UAS Kimia pilihan ganda kelas X Tahun Pelajaran 2021/2022 SMK Tunas Nusantara. Sampel Kelas X jurusan teknik kimia industri. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Uji validitas menggunakan uji kredibilitas jenis Triangulasi Antar Peneliti. Teknik analisis kuantitatif menggunakan software ITEMAN Version 3.0 dan analisis keterpenuhan HOTS dengan triangulasi antar peneliti. Hasil penelitian, soal memiliki tingkat kesukaran sedang sebesar 40%, daya beda berkategori baik sebesar 20%, efektifitas kunci jawaban sebesar 43,33% dan efektifitas pengecoh sebesar 50%. Sehingga hanya 1 soal yang disimpan, 29 soal dilakukan revisi dan seluruh butir soal termasuk dalam soal LOTS.
Mengungkap Perbedaan Identitas Sains Siswa di Indonesia Berdasarkan Gender Toni Hidayat
PAEDAGOGIA Vol 25, No 2 (2022): PAEDAGOGIA Jilid 25 No 2 (2022)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/paedagogia.v25i2.61394

Abstract

Identitas sains siswa Indonesia sepertinya belum banyak diungkap. Sementara itu, identitas sains merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi karir siswa di masa depan dalam bidang sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level identitas sains siswa di Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada siswa sekolah menengah di Tangerang Selatan dengan menggunakan metode survey dan convenience sampling. Angket identitas sains diisi oleh siswa sekolah menengah tersebut. Skor angket dikonversi ke dalam persentase yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa level identitas sains siswa laki-laki lebih tinggi dari pada perempuan. Lebih lanjut, identitas sains siswa pada komponen perasaan senang pada sains dan efikasi diri berbeda secara signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan. Pengembangan identitas sains perlu dilakukan, terutama bagi siswa perempuan.
Efektivitas Perpaduan PBL dan Time Token dalam Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa dan Kemandirian pada Materi Virus Margaretha Fiorentina Mega Windasari; Eko Retno Mulyaningrum; Maria Ulfah
PAEDAGOGIA Vol 25, No 2 (2022): PAEDAGOGIA Jilid 25 No 2 (2022)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/paedagogia.v25i2.64502

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efetivitas perpaduan model PBL dan time token terhadap hasil belajar kognitif dan kemandirian siswa pada pembelajaran daring materi virus. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Quasi Experiment Design, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Non-quivalent Control Group Design. Penelitian  dilaksanakan di SMAN Batangan Pati. Waktu penelitian dilaksanakan semester ganjil tahun ajaran 2021/2022, pada bulan September 2021. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-MIPA 2 yang berjumlah siswa dan X-MIPA 3 yang berjumlah siswa 60. Hasil penelitian persentase uji N-gain pada kelas eksperimen 37% lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 21%. Persentase kemandirian siswa mencapai kategori tinggi yaitu sebesar 71%. Didukung dengan hasil uji statistik diperoleh nilai 0,005 dengan taraf signifikansi  (0,005 < 0,005) sehingga H1 diterima. Maka dapat disimpulkan perpaduan PBL (Problem Based Learning) dan Time Token dinyatakan efektif terhadap hasil belahar dan kemandirian siswa pada materi virus.
Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Minyak Bumi Berbasis Green Chemistry Berbantuan Articulate Storyline Nurul Atsna Qonita; Wiwik Kartika Sari; Julia Mardhiya
PAEDAGOGIA Vol 25, No 2 (2022): PAEDAGOGIA Jilid 25 No 2 (2022)
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/paedagogia.v25i2.64041

Abstract

Pembelajaran dengan media konvensional menyebabkan siswa cenderung bosan dan menjadi penyebab kurangnya minat, motivasi, dan berpikir kritis. Era digital menuntut calon guru untuk berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbantuan articulate storyline berbasis green chemistry pada materi minyak bumi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (define, design, develop and disseminate). Penelitian ini dibatasi sampai tahap development. Kajian penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran kimia minyak bumi berbasis green chemistry berbantuan articulate storyline. Hasil validasi produk dilakukan oleh para ahli dengan menggunakan analisis data Aiken’s V. Hasil validitas memperoleh nilai sebesar 0,82 dengan kategori sangat tinggi. Adapun hasil uji coba skala kecil mendapatkan respon yang baik dari siswa dengan persentase rata-rata 71%.

Page 1 of 1 | Total Record : 8