cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : 2502986X     EISSN : 25029878     DOI : -
Core Subject : Education,
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2502-9878, p-ISSN: 2502-986X) is a journal publishes original research and review articles in the field of mathematics and mathematics education. This journal published twice a year (in March and September).
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016" : 15 Documents clear
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN KUADRAT MELALUI PETA KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS X SMAN I JOMBANG Kusumiati, Nanik Sri
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.461 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.511

Abstract

Penelitian  ini  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas  yang  dilaksanakan dalam  dua  siklus.  Dalam  penelitian  ini,  diterapkan  pembelajaran matematika  melalui  peta  konsep  dengan  model  pembelajaran kooperatif  tipe  Jigsaw.  Hasil  penelitian  menunjukkan  adanya peningkatan  aktivitas  belajar  dan  hasil  belajar  siswa.  Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 31,96% dan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 7,39. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas siswa pada siklus  I  sebesar  55,56%  meningkat  menjadi  87,50%  pada  siklus  II, sedangkan  rata-rata  hasil  belajar  siswa  pada  siklus  I  sebesar  71,48 menjadi  78,89  pada  Siklus  II.  Berdasarkan  hasil  penelitian  dan temuan-temuan  pada  penelitian  ini  dapat  disimpulkan  bahwa pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw sangat efektif untuk peningkatan hasil belajar Matematika materi Persamaan Kuadrat.
STRUKTUR ARGUMENTASI PENALARAN KOVARIASIONAL SISWA KELAS VIIIB MTsN 1 KEDIRI Umah, Ulumul; Asari, Abdur Rahman; Sulandra, I Made
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.197 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.498

Abstract

Argumen matematis siswa tingkat dasar hingga sekolah menengah sering sulit dikaitkan dengan pembuktian matematis formal. Model Argumen Toulmin menawarkan suatu pendekatan untuk menganalisis argumen yang sangat berbeda dengan pendekatan logika formal. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur argumentasi siswa kelas VIIIB MTsN 1 Kediri ketika menyelesaikan masalah kovariasi berdasarkan teori argumentasi Toulmin. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa subjek belum memiliki struktur argumen yang lengkap. Secara umum subjek membangun argumen secara induktif. Peran “backing” menjadi esensial ketika argumen subjek didukung oleh contoh-contoh kasus yang mengantarkan pada suatu kesimpulan, sementara “qualifier” dan “rebuttal” tidak muncul pada struktur argumen mereka.
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA Kelen, Yoseph Pius Kurniawan
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.204 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.513

Abstract

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mendeskripsikan  kemampuan berpikir  kreatif  siswa  dalam  pembelajaran  matematika  dengan menggunakan  pendekatan  Problem  Posing.  Subjek  dalam  penelitian ini  adalah  36  siswa  kelas  VII  SMP  Negeri  Neonbat  Tahun  Ajaran 2014/2015.  Peneliti  menggunakan  data  primer  dan  teknik pengumpulan  datanya  yaitu  observasi  dan  tes.  Observasi  dilakukan pada  setiap  berlangsungnya  proses  pembelajaran,  sedangkan  tes dilakukan  pada  setiap  akhir  siklus  pembelajaran.  Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  persentase  kemampuan  berpikir  kreatif  siswa mengalami  peningkatan  sebesar  19.44%,  dimana  pada  siklus  I persentase  kemampuan  berpikir  kreatif  siswa  sebesar  63,89%  dan pada  siklus  II  meningkat  menjadi  83,33%.  Dengan  demikian  dapat ditarik  kesimpulan  bahwa Pendekatan  Problem  posing  dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.
PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA MATEMATIKA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER GENERASI Khoiriyah, Annisatul
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.577 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.502

Abstract

Terwujudnya  karakter  generasi  yang  mampu  menghadapi  berbagai tantangan  merupakan  amanah  pendidikan  yang  dituangkan  dalam Kurikulum  2013.  Terbentuknya  karakter  yang  diharapkan  dapat diwujudkan  dengan  proses pembelajaran  yang  tepat.  Pembelajaran kolaboratif  yang  didasarkan  pada  konstruktivis  sosial  dapat mendorong terbentuknya  karakter  yang  diharapkan.  Pembelajaran kolaboratif  juga  memfasilitasi  terbentuknya  inisiatif, kreatifitas, kemampuan  berpikir  kritis,  dan  dialog  pada  siswa  ketika  membentuk pemahaman.  Pemahaman  yang kuat  akan  terbentuk  dengan  proses berpikir  secara hierarkis  yang  ditopang  oleh  argumen-argumen  yang kuat. Pola  pembentukan  pemahaman  demikian  diberikan  oleh pembelajaran  matematika.  Pembelajaran  matematika secara  khusus juga  mewujudkan  karakter  yang  melekat  pada  matematika.  Walhasil, pembelajaran  matematika dengan  proses  kolaboratif  yang berkesinambungan  akan mampu  membentuk  generasi  yang  memiliki kekuatan pemahaman dan karakter yang dibutuhkan.
EFEKTIVITAS LESSON STUDY PADA PENINGKATAN KOMPETENSI CALON GURU MATEMATIKA Vitantri, Ciptianingsari Ayu; Asriningsih, Tafsillatul Mufida
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.915 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.505

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  keefektifan  penerapan lesson study dalam meningkatkan kompetensi calon guru matematika. Kompetensi yang dimaksud dalam penelitian ini meliputi kompetensi menyusun RPP dan melaksanakan praktik pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa peserta PPL I (B) yang berjumlah 7 orang di Program studi Pendidikan Matematika Universitas  Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sebelum dan sesudah pelaksanaan lesson study, mahasiswa diberi tugas menyusun RPP dan kelengkapannya serta diukur  unjuk kerjanya dalam mempraktikan rancangan pembelajaran  tersebut. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi mahasiswa  sebagai calon guru matematika dalam menyusun RPP serta mempraktikan pembelajarannya meningkat.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN STATISTIK DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PGMI UNIPDU JOMBANG Putra, Miftakhul Ilmi S.
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.489 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.515

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menyelidiki  pengaruh  pendekatan keterampilan  multi  representasi  dalam  meningkatkan  hasil  belajar mahasiswa  pada  pembelajaran  statistik.  Sampel  penelitian  adalah mahasiswa  Semester  3  Program  Studi  PGMI  (Pendidikan  Guru Madrasah Ibtidaiyah), Unipdu, Jombang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember  2014  menggunakan  desain  eksperimen dengan  teknik  pengumpulan  data  melalui  tes  kognitif, observasi,  dan wawancara.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  pembelajaran dengan  pendekatan  keterampilan  multi  representasi  dapat meningkatkan  hasil  belajar  mahasiswa  pada  statistik  pendidikan. Analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh hasil belajar statistik mahasiswa  PGMI  semester  3  antara  sebelum  dan sesudah  diberikan Pendekatan Keterampilan Multi Representasi.
KECEMASAN MATEMATIKA PADA MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA Dzulfikar, Ahmad
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.409 KB) | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.508

Abstract

Kecemasan  matematika  yang  memiliki  pengaruh  negatif  pada  diri seseorang  ditemukan  dari  jenjang  sekolah  dasar  hingga  perguruan tinggi.  Dalam  penelitian  ini,  dikaji  apakah  mahasiswa  calon  guru matematika  juga  memiliki  kecemasan  matematika.  Subjek  penelitian ini  adalah  20  mahasiswa  Pendidikan  Matematika  di  salah  satu perguruan  tinggi  swasta  di  Jawa  Timur.  Metode  yang  digunakan adalah  dengan  metode  campuran  dengan  desain  triangulasi.  Angket atau  skala  kecemasan  matematika  dan  peneliti  melalui  kegiatan wawancara  menjadi  instrumen  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini. Dari  hasil  penelitian  diketahui  bahwa  secara  umum  kecemasan matematika mahasiswa calon guru tersebut berada pada level sedang. Apabila ditinjau dari aspeknya, kecemasan ketika mengajar dan ketika tes  matematika  merupakan  kecemasan  yang  tertinggi,  bila dibandingkan  dengan  ketika  mereka  bekerja  dalam  kelompok matematika.  Kecemasan  ini  lebih  dominan  tampak  pada  domain cognitive dan mathematics knowledge/understanding. Dimana mereka merasa  pengetahuan  mereka  masih  kurang  dan  mereka  merasa  tidak cukup kompeten dalam matematika atau kemampuan mengajarnya.
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA Yoseph Pius Kurniawan Kelen
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.513

Abstract

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mendeskripsikan  kemampuan berpikir  kreatif  siswa  dalam  pembelajaran  matematika  dengan menggunakan  pendekatan  Problem  Posing.  Subjek  dalam  penelitian ini  adalah  36  siswa  kelas  VII  SMP  Negeri  Neonbat  Tahun  Ajaran 2014/2015.  Peneliti  menggunakan  data  primer  dan  teknik pengumpulan  datanya  yaitu  observasi  dan  tes.  Observasi  dilakukan pada  setiap  berlangsungnya  proses  pembelajaran,  sedangkan  tes dilakukan  pada  setiap  akhir  siklus  pembelajaran.  Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  persentase  kemampuan  berpikir  kreatif  siswa mengalami  peningkatan  sebesar  19.44%,  dimana  pada  siklus  I persentase  kemampuan  berpikir  kreatif  siswa  sebesar  63,89%  dan pada  siklus  II  meningkat  menjadi  83,33%.  Dengan  demikian  dapat ditarik  kesimpulan  bahwa Pendekatan  Problem  posing  dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.
STRUKTUR ARGUMENTASI PENALARAN KOVARIASIONAL SISWA KELAS VIIIB MTsN 1 KEDIRI Ulumul Umah; Abdur Rahman Asari; I Made Sulandra
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.498

Abstract

Argumen matematis siswa tingkat dasar hingga sekolah menengah sering sulit dikaitkan dengan pembuktian matematis formal. Model Argumen Toulmin menawarkan suatu pendekatan untuk menganalisis argumen yang sangat berbeda dengan pendekatan logika formal. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur argumentasi siswa kelas VIIIB MTsN 1 Kediri ketika menyelesaikan masalah kovariasi berdasarkan teori argumentasi Toulmin. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa subjek belum memiliki struktur argumen yang lengkap. Secara umum subjek membangun argumen secara induktif. Peran “backing” menjadi esensial ketika argumen subjek didukung oleh contoh-contoh kasus yang mengantarkan pada suatu kesimpulan, sementara “qualifier” dan “rebuttal” tidak muncul pada struktur argumen mereka.
PERBANDINGAN METODE BOOTSTRAP DAN JACKKNIFE DALAM MENGESTIMASI PARAMETER REGRESI LINIER BERGANDA Iesyah Rodliyah
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.516

Abstract

Metode  Bootstrap  dan  Jackknife  merupakan  dua  metode  yang digunakan  untuk  mengestimasi  suatu  distribusi  populasi  yang  tidak diketahui  dengan  distribusi  empiris  yang  diperoleh  dari  proses penyampelan  ulang. Perbandingan  estimasi  parameter  regresi  linier berganda  dengan  menggunakan  metode  Bootstrap  dan  Jackknife menunjukkan  bahwa  meskipun  terjadi  heteroskedastisitas  error, metode Jackknife memperoleh estimator dari bias, standar error, serta batas atas dan batas bawah interval konfidensi untuk parameter regresi tidak  jauh  berbeda  dengan  hasil  yang  diperoleh  dengan  metode kuadrat terkecil atau lebih tepatnya metode  Generalized Least Square dan  lebih  baik  dibandingkan  dengan  metode  Bootstrap. Dari pembahasan  juga  diketahui  bahwa  kelebihan  dari  kedua  metode  ini adalah mengabaikan asumsi apapun mengenai distribusi  error, namun hasilnya hampir sama.

Page 1 of 2 | Total Record : 15