JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2502-9878, p-ISSN: 2502-986X) is a journal publishes original research and review articles in the field of mathematics and mathematics education. This journal published twice a year (in March and September).
Articles
15 Documents
Search results for
, issue
"Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016"
:
15 Documents
clear
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN KUADRAT MELALUI PETA KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS X SMAN I JOMBANG
Kusumiati, Nanik Sri
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (256.461 KB)
|
DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.511
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam penelitian ini, diterapkan pembelajaran matematika melalui peta konsep dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 31,96% dan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 7,39. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 55,56% meningkat menjadi 87,50% pada siklus II, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,48 menjadi 78,89 pada Siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan temuan-temuan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw sangat efektif untuk peningkatan hasil belajar Matematika materi Persamaan Kuadrat.
STRUKTUR ARGUMENTASI PENALARAN KOVARIASIONAL SISWA KELAS VIIIB MTsN 1 KEDIRI
Umah, Ulumul;
Asari, Abdur Rahman;
Sulandra, I Made
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (475.197 KB)
|
DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.498
Argumen matematis siswa tingkat dasar hingga sekolah menengah sering sulit dikaitkan dengan pembuktian matematis formal. Model Argumen Toulmin menawarkan suatu pendekatan untuk menganalisis argumen yang sangat berbeda dengan pendekatan logika formal. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur argumentasi siswa kelas VIIIB MTsN 1 Kediri ketika menyelesaikan masalah kovariasi berdasarkan teori argumentasi Toulmin. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa subjek belum memiliki struktur argumen yang lengkap. Secara umum subjek membangun argumen secara induktif. Peran “backing” menjadi esensial ketika argumen subjek didukung oleh contoh-contoh kasus yang mengantarkan pada suatu kesimpulan, sementara “qualifier” dan “rebuttal” tidak muncul pada struktur argumen mereka.
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Kelen, Yoseph Pius Kurniawan
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (506.204 KB)
|
DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.513
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Problem Posing. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas VII SMP Negeri Neonbat Tahun Ajaran 2014/2015. Peneliti menggunakan data primer dan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi dan tes. Observasi dilakukan pada setiap berlangsungnya proses pembelajaran, sedangkan tes dilakukan pada setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan sebesar 19.44%, dimana pada siklus I persentase kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 63,89% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa Pendekatan Problem posing dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.
PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA MATEMATIKA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER GENERASI
Khoiriyah, Annisatul
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (200.577 KB)
|
DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.502
Terwujudnya karakter generasi yang mampu menghadapi berbagai tantangan merupakan amanah pendidikan yang dituangkan dalam Kurikulum 2013. Terbentuknya karakter yang diharapkan dapat diwujudkan dengan proses pembelajaran yang tepat. Pembelajaran kolaboratif yang didasarkan pada konstruktivis sosial dapat mendorong terbentuknya karakter yang diharapkan. Pembelajaran kolaboratif juga memfasilitasi terbentuknya inisiatif, kreatifitas, kemampuan berpikir kritis, dan dialog pada siswa ketika membentuk pemahaman. Pemahaman yang kuat akan terbentuk dengan proses berpikir secara hierarkis yang ditopang oleh argumen-argumen yang kuat. Pola pembentukan pemahaman demikian diberikan oleh pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika secara khusus juga mewujudkan karakter yang melekat pada matematika. Walhasil, pembelajaran matematika dengan proses kolaboratif yang berkesinambungan akan mampu membentuk generasi yang memiliki kekuatan pemahaman dan karakter yang dibutuhkan.
EFEKTIVITAS LESSON STUDY PADA PENINGKATAN KOMPETENSI CALON GURU MATEMATIKA
Vitantri, Ciptianingsari Ayu;
Asriningsih, Tafsillatul Mufida
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (480.915 KB)
|
DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.505
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan lesson study dalam meningkatkan kompetensi calon guru matematika. Kompetensi yang dimaksud dalam penelitian ini meliputi kompetensi menyusun RPP dan melaksanakan praktik pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa peserta PPL I (B) yang berjumlah 7 orang di Program studi Pendidikan Matematika Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sebelum dan sesudah pelaksanaan lesson study, mahasiswa diberi tugas menyusun RPP dan kelengkapannya serta diukur unjuk kerjanya dalam mempraktikan rancangan pembelajaran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru matematika dalam menyusun RPP serta mempraktikan pembelajarannya meningkat.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN STATISTIK DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PGMI UNIPDU JOMBANG
Putra, Miftakhul Ilmi S.
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (297.489 KB)
|
DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.515
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pendekatan keterampilan multi representasi dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran statistik. Sampel penelitian adalah mahasiswa Semester 3 Program Studi PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah), Unipdu, Jombang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2014 menggunakan desain eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui tes kognitif, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan keterampilan multi representasi dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada statistik pendidikan. Analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh hasil belajar statistik mahasiswa PGMI semester 3 antara sebelum dan sesudah diberikan Pendekatan Keterampilan Multi Representasi.
KECEMASAN MATEMATIKA PADA MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA
Dzulfikar, Ahmad
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (338.409 KB)
|
DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.508
Kecemasan matematika yang memiliki pengaruh negatif pada diri seseorang ditemukan dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Dalam penelitian ini, dikaji apakah mahasiswa calon guru matematika juga memiliki kecemasan matematika. Subjek penelitian ini adalah 20 mahasiswa Pendidikan Matematika di salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Timur. Metode yang digunakan adalah dengan metode campuran dengan desain triangulasi. Angket atau skala kecemasan matematika dan peneliti melalui kegiatan wawancara menjadi instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian diketahui bahwa secara umum kecemasan matematika mahasiswa calon guru tersebut berada pada level sedang. Apabila ditinjau dari aspeknya, kecemasan ketika mengajar dan ketika tes matematika merupakan kecemasan yang tertinggi, bila dibandingkan dengan ketika mereka bekerja dalam kelompok matematika. Kecemasan ini lebih dominan tampak pada domain cognitive dan mathematics knowledge/understanding. Dimana mereka merasa pengetahuan mereka masih kurang dan mereka merasa tidak cukup kompeten dalam matematika atau kemampuan mengajarnya.
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Yoseph Pius Kurniawan Kelen
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.513
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Problem Posing. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas VII SMP Negeri Neonbat Tahun Ajaran 2014/2015. Peneliti menggunakan data primer dan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi dan tes. Observasi dilakukan pada setiap berlangsungnya proses pembelajaran, sedangkan tes dilakukan pada setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan sebesar 19.44%, dimana pada siklus I persentase kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 63,89% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa Pendekatan Problem posing dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.
STRUKTUR ARGUMENTASI PENALARAN KOVARIASIONAL SISWA KELAS VIIIB MTsN 1 KEDIRI
Ulumul Umah;
Abdur Rahman Asari;
I Made Sulandra
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.498
Argumen matematis siswa tingkat dasar hingga sekolah menengah sering sulit dikaitkan dengan pembuktian matematis formal. Model Argumen Toulmin menawarkan suatu pendekatan untuk menganalisis argumen yang sangat berbeda dengan pendekatan logika formal. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur argumentasi siswa kelas VIIIB MTsN 1 Kediri ketika menyelesaikan masalah kovariasi berdasarkan teori argumentasi Toulmin. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa subjek belum memiliki struktur argumen yang lengkap. Secara umum subjek membangun argumen secara induktif. Peran “backing” menjadi esensial ketika argumen subjek didukung oleh contoh-contoh kasus yang mengantarkan pada suatu kesimpulan, sementara “qualifier” dan “rebuttal” tidak muncul pada struktur argumen mereka.
PERBANDINGAN METODE BOOTSTRAP DAN JACKKNIFE DALAM MENGESTIMASI PARAMETER REGRESI LINIER BERGANDA
Iesyah Rodliyah
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016
Publisher : Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26594/jmpm.v1i1.516
Metode Bootstrap dan Jackknife merupakan dua metode yang digunakan untuk mengestimasi suatu distribusi populasi yang tidak diketahui dengan distribusi empiris yang diperoleh dari proses penyampelan ulang. Perbandingan estimasi parameter regresi linier berganda dengan menggunakan metode Bootstrap dan Jackknife menunjukkan bahwa meskipun terjadi heteroskedastisitas error, metode Jackknife memperoleh estimator dari bias, standar error, serta batas atas dan batas bawah interval konfidensi untuk parameter regresi tidak jauh berbeda dengan hasil yang diperoleh dengan metode kuadrat terkecil atau lebih tepatnya metode Generalized Least Square dan lebih baik dibandingkan dengan metode Bootstrap. Dari pembahasan juga diketahui bahwa kelebihan dari kedua metode ini adalah mengabaikan asumsi apapun mengenai distribusi error, namun hasilnya hampir sama.