cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
ISSN : 26217430     EISSN : 26217422     DOI : -
Core Subject : Education,
Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the discussion of issues related to mathematics learning in different levels and contexts. Published every six months, it receives original articles, and review article. Researchers of all countries are invited to submit their work, which will be evaluated by members of the Editorial Board. In the event of a tie, a third reviewer will be invited. Such works must be written in English and Bahasa. All items are preceded by a title and abstract in English. Each abstract should have approximately 150 words. For more details on the submission of papers see the author guidelines The originals should not have been published or submitted simultaneously to another journal.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2023)" : 10 Documents clear
Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning dengan Berbantuan Software Geogebra pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP Zetriuslita Zetriuslita; Desy Lestari; Agus Dahlia; Endang Istikomah
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i1.19600

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan dari perangkat pembelajaran matematika berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan software Geogebra pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik dan angket respon guru serta soal tes. teknik pengumpulan data menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa persentase validitas pada silabus yaitu  91,66% dengan kriteria “sangat valid”. Persentase validitas RPP yaitu 93,65% dengan kriteria “sangat valid“. Dan persentase validitas LKPD yaitu 87,78% dengan kriteria “sangat valid“. adapun persentase kepraktisan angket respon peserta didik pada LKPD yaitu 91,3% dengan kriteria “sangat praktis”, dan persentase kepraktisan angket respon guru pada RPP diperoleh 96,42% dengan kriteria “sangat praktis”. Dan adapun persentase efektifitas dari hasil soal pretest dan posttest yaitu 79,5% dengan kriteria “efektif”. Dengan demikian perangkat pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan software Geogebra pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP telah teruji kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Sehingga perangkat pembelajaran layak untuk digunakan.
Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Pua Salmi Afifa; M. Imamuddin; Aniswita Aniswita; Rahmat Tasnim
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i1.21683

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Sungai Pua, Agam Indonesia pada pelajaran matematika. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Pua tahun pelajaran 2022/2023 yang mengalami kesulitan belajar pada pelajaran matematika dengan jumlah 58 orang. Karena pada penelitian ini jumlah subjek pada populasi kurang dari 100 orang dan dalam pengumpulan data penelitian menggunakan angket, maka untuk subjek diambil seluruhnya yaitu sebanyak 58 orang yang mengalami kesulitan belajar pada pelajaran matematika dengan perolehan hasil belajar yang belum memenuhi batas ketuntasan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VIII pada pelajaran matematika dapat disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Sebesar 66,94 % penyebab kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika berasal dari pengaruh faktor internal yang berkategorikan tinggi, dengan rincian 8,76 % dari aspek fisiologis dan 58,18 % dari aspek psikologis. Sebesar 33,06 % penyebab kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika berasal dari pengaruh faktor eksternal yang berkategorikan cukup, dengan rincian 11,13 % dari faktor keluarga, 16,41 % dari faktor sekolah, serta 5,51 % dari faktor media massa & lingkungan social. Dapat disimpulkan bahwa faktor internal memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan faktor eksternal dalam menyebabkan siswa kelas VIII SMPN 3 Sungai Pua TP.2022/2023 mengalami kesulitan belajar pada pelajaran matematika. Penelitian ini memberikan informasi yang berharga kepada guru agar lebih memperhatikan siswa yang mengalami kesulitan belajar dan bagi siswa dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka meningkatkan kualitas belajarnya.
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Statistika Indun Ariningsih; Depi Fitraini; Arnida Sari; Ade Irma
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i1.19150

Abstract

Pentingnya bahan ajar dalam keberhasilan proses pembelajaran merupakan hal yang melatarbelakangi penelitian ini, oleh karena itu guru harus selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih menarik. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model Realistict Mathematics Eduacation (RME) yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Siswa MTs Pondok Pesantren Sultan Syarif Kasim Tuah Indrapura sebagai subjek dalam penelitian ini dan LKS berbasis model RME pada materi Statistika sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data terdiri dari teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa lembar soal posttest, Teknik nontes berupa angket uji validitas dan uji praktikalitas. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan uji validitas LKS diperoleh hasil sangat valid, hasil uji praktikalitas baik kelompok kecil maupun kelompok terbatas diperoleh hasil sangat praktis dan hasil uji post-test menyatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil tersebut menyatakan bahwa LKS yang telah dikembangkan pada materi statistika memberi dampak yang positif terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hal itu, dapat dinyatakan bahwa LKS yang telah dikembangkan layak untuk digunakan karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Petunjuk Praktikum Elektronik Aljabar Linear Berbasis Nilai-nilai Kesilaman Berbantuan Wolfram Mathematica Mela Aziza; Asmara Yumarni
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i1.19851

Abstract

Penelitian ini bertujuan melakukan pengembangan dan pengujian kelayakan petunjuk praktikum elektronik Aljabar Linear berbasis nilai-nilai keislaman berbantuan Wolfram Mathematica. Tahap pengembangan yang dilakukan menggunakan pengembangan model Plomp namun dibatasi hanya sampai empat fase yaitu fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi, dan fase tes, evaluasi dan revisi.  Setelah dilakukan analsisis masalah dan kebutuhan serta dilakukan pengembangan, petunjuk praktikum diuji kelayakannya kepada lima ahli (ahli materi, bahasa, dan media). Dari uji kelayakan ini diperoleh data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kualitatif menunjukkan bahwa ada perubahan kategori kelayakan sebelum dan sesudah revisi prototype petunjuk praktikum yaitu dari kategori Layak menjadi Sangat Layak. Sedangkan dari data kualitatif, dilakukan sepuluh bagian revisi terhadap petunjuk praktikum sehingga dihasilkan produk Akhir yang bisa diakses secara offline maupun online.
Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/MTs Pada Materi SPLDV Afdhal Fauzan; Suhandri Suhandri
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i1.20002

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis model creative problem solving dengan materi SPLDV pada jenjang SMP/MTs untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang memuat lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian terdiri dari ahli materi pembelajaran yang melibatkan dua orang dosen dan seorang guru, sementara ahli teknologi pendidikan melibatkan seorang guru dan dua dosen, serta beberapa siswa sebagai responden. Objek penelitian adalah LKS matematika berbasis model creative problem solving pada materi SPLDV. Tahap awal adalah analisis terhadap kinerja dan kebutuhan siswa, kemudian berdasarkan analisis tersebut dirancang sebuah LKS yang selanjutnya dikembangkan, diimplementasikan serta diujikan. Berdasarkan analisis diperoleh bahwa untuk dapat mengasah kemampuan komunikasi matematis siswa, guru membutuhkan bahan ajar yang dapat membantu siswa untuk melatih dan mengembangkan kemampuan komunikasi matematisnya. Melalui hasil penelitian pengembangan ini LKS yang terbukti valid, prakti, dan efektif diharapkan dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan komunikasi matematisnya.
Pengembangan Bahan Ajar Materi Statistika dan Peluang berbasis Predict Observe Explain Finola Marta Putri; Khairunnisa Khairunnisa; Rahma Bella Aghnia; Ahriyati Ahriyati
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i1.20673

Abstract

Penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk bahan ajar berupa Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) berbasis Predict Observe Explain (POE) untuk materi statistika dan peluang pada mata kuliah matematika sekolah II bagi mahasiswa calon guru matematika. Instrumen yang digunakan adalah non tes berupa angket. Teknik pengumpulan data berupa angket yang divalidasi oleh dosen ahli dan uji keterbacaan kepada alumni mahasiswa. Kesimpulan penelitian ini adalah bahan ajar berbasis POE materi statistika dan peluang pada mata kuliah matematika sekolah II bagi mahasiswa calon guru matematika dikembangkan menggunakan modifikasi penelitian dan pengembangan Sugiyono level 4 dengan rincian yaitu a) Potensi masalah yang terdiri dari studi literatur dan pengumpulan informasi; b) Rancangan produk; c)Validasi desain; d) Revisi desain; e) Pembuatan produk; f) Uji coba terbatas; g)Revisi produk I; h) Uji coba lapangan utama; i) Revisi produk II. Implikasi penelitian ini berdampak pada perlunya penambahan gambar yang sesuai dengan situasi masalah atau yang memotivasi mahasiswa. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan produk bahan ajar berupa LAM) berbasis POE pada materi yang berbeda seperti materi dimensi tiga serta barisan dan deret.
Etnomatematika Budaya Melayu Riau: Bentuk Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Materi Segitiga dan Segiempat Sonia Ramadanita; Suci Yuniati
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i1.21858

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatematika Budaya Melayu Riau Pada Materi Segitiga dan Segiempat yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan Model Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Inhil. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis etnomatematika pada materi segitiga dan segiempat. Instrumen pengumpulan data berupa Angket dan Tes hasil belajar Siswa. Untuk mengetahui kelayakan produk peneliti menyebar angket kepada ahli materi dan ahli teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, LKS berbasis etnomatematika dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 90,75%. Hasil uji praktikalitas kelompok kecil dengan jumlah responden 16 siswa diperoleh bahwa LKS berbasis etnomatematika dinyatakan sangat praktis dengan persentse tingkat kepraktisan 86,2%. Berdasarkan hasil post-test diperoleh nilai ????ℎ???????????????????? sebesar 11,72 dan nilai ???????????????????????? pada taraf signifikan5% sebesar 2,04 maka ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? atau 11,72 > 2,04, sehingga ???????? diterima dan ???????? ditolak. Artinya terdapat perbedaan kemampuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis etnomatematika yang telah dikembangkan ini memiliki dampak terhadap hasil belajar siswa pada materi segitiga dan segiempat. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan telah Valid, Praktis dan Efektif.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Teknik Make a Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X Tahlily Zakiyah Nur; Fitria Zana Kumala
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i1.19423

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team-Assisted Individualization (TAI) dengan teknik make a match terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi lapangan dengan metode eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 38 siswa yang diambil secara keseluruhan dari populasi penelitian, sehingga sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sejumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes yang berbentuk pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data menggunakan Gain ternomalisasi (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan teknik make a match terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen Kabupaten Banyumas, dibuktikan dengan rata-rata N-Gain kelas eksperimen yang lebih tinggi dari rata-rata N-Gain kelas kontrol yaitu 0.60 > 0.26.Kata kunci: Kooperatif Tipe TAI, Teknik Make a Match, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Indah Syafitri; Atma Murni; Syarifah Nur Siregar
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i1.17403

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang memenuhi syarat valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XII SMA pada materi jarak dalam ruang. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon siswa dan didukung oleh lembar observasi dan pedoman wawancara. Kevalidan produk dinilai oleh 3 orang validarot ahli. Kepraktisan produk diukur berdasarkan respon siswa SMA N 12 Pekanbaru. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran ini layak dan mudah digunakan untuk pembelajaran. Perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP dan LAS ini dapat digunakan sebagai pedoman dan bahan ajar untuk pembelajaran jarak dalam ruang. Penelitian perlu dilanjutkan untuk menguji keefektivan perangkat pembelajaran ini terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP/MTs Rini Dian Anggraini; Titi Solfitri; Maya Angraini
Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/juring.v6i1.18464

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih rendah dan kesulitan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Sehubungan dengan hal ini maka perlu upaya untuk membantu guru dalam menyediakan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Tujuan penelitian adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) berbasis Problem Based Learning materi sistem persamaan linear dua variabel untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP/MTs yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, dan angket respon siswa. Perangkat pembelajaran yang telah disusun kemudian divalidasi oleh 3 validator dan direvisi sesuai saran dari validator.  Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil validasi silabus adalah 3.84, rata-rata hasil validasi RPP adalah 3.73, dan rata-rata hasil validasi LAS adalah 3.75 dari skala 4.00, sehingga perangkat yang dihasilkan dikategorikan sangat valid. Perangkat pembelajaran yang telah valid kemudian diuji coba kelompok kecil dengan subjek 6 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangean menggunakan LAS. Hasil analisis data kepraktisan terhadap LAS adalah 91.63% yang dikategorikan sangat praktis. Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, Problem Based Learning, Validasi, Praktis.

Page 1 of 1 | Total Record : 10