cover
Contact Name
Kiki Fatmawati
Contact Email
kikifatmawati86@uinjambi.ac.id
Phone
+6282281174070
Journal Mail Official
pej.pgmi.ftk@uinjambi.ac.id
Editorial Address
Jl. Jambi - Muara Bulian Km.16, Muara Jambi-Jambi Telp/Faks. (0741)583183 / 082177191704
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
(PEJ) Primary Education Journal
ISSN : -     EISSN : 25982206     DOI : https://doi.org/10.30631/pej
Core Subject : Education, Social,
Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education Jurnal (PEJ): Jurnal Program Studi PGMI berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan di Madrasah atau Sekolah, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2020)" : 7 Documents clear
EFEKTIFITAS METODE YAMANI PADA PEMBELAJARAN TAHFIDŻ AL-QUR’AN DI MI QODRATULLAH BANYUASIN SUMATERA SELATAN Mukti Ali
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 4 No. 1 (2020)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.296 KB)

Abstract

Abstrak Metode Yamani adalah salah satu metode yang di gunakan untuk kegiatan hafalan qur’an yang di laksanakan di Madrasah sebagai upaya untuk meningkatkan hafalan di MI Qodratullah Kota Banyuasin peneiti perlu ingin mengetahui lebih dalam Bagaimana penerapan metode Yamani pada pembelajaran Tahfidż al-Qur’an dan kendala yang di hadapai oleh tutor dalam pelaksanaan metode yamani? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Tahapan penelitian ini meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan di lapangan di dapatkan metode yamani sudah di terpakan dari tahun 2010 sampai sekarang bagi siswa MI di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Qodratullah dengan menggunakan Media HP Murojaah, Kartu Hafalan dan Mushof al-Qur’an, Hasil hafalan siswa dengan menggunakan metode Yamani sangat baik. Kendala bagi siswa antara lain: malas, kurang memuroja’ah hafalan, tidak berbakat menghafal, mengantuk, lupa, banyak bermain. Cara mengatasi faktor penghambat di antaranya yaitu: memberikan pembinaan kepada siswa, mengevaluasi kendala yang ditemui, memberikan motivasi dan nasehat kepada siswa agar senantiasa rajin menghafal, berkerja sama dengan pihak wali siswa dalam mengatasi kendala tersebut Kata Kunci : Metode Yamani, Pembelajaran Tahfidż Al-Qur’an
PEMBENTUKAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA SISWA MELALUI TAHFIDZUL AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN KOTA JAMBI DAN MADRASAH IBTIDAIYAH SA’ADATUL KHIDMAH KOTA JAMBI Muhammad Azir
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 4 No. 1 (2020)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.14 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana pembentukan kecerdasan spiritual pada anak melalui Tahfidzul Qur’an (studi multisitus di MI Sa’datul Khidmah dan MI Muhajirin Kota Jambi), dengan sub fokus mencakup : (1) Proses Pembentukan Kecerdasan Spiritual Pada Siswa Melalui Tahfidzul Al-Qur’an dan (2) Manfaat dari Pembentukan Kecerdasan Spiritual Pada Siswa Melalui Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Sa’adatul Khidmah dan Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Kota Jambi. Kata Kunci : Kecerdasan Spiritual, Tahfidzul Al-Qur’an ABSTRACT The study aims to reveal how to build spiritual intelligence on student through Tahfidzul Qur’an (multisite study in MI Sa’datul Khidmah and MI Muhajirin Kota Jambi), which consists of: (1) Proces in building spiritual intelligence on student through Tahfidzul Al-Qur’an (2) Function of building spiritual intelligence on children through Tahfidzul Qur’an in Madrasah Ibtidaiyah Sa’adatul Khidmah dan Madrsah Ibtidaiyah Muhajirin at Jambi City. Key Word : Spiritual Intelligence, Tahfidzul Al-Qur’an
Persepsi Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Iain Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Umil Muhsinin; Fadhilah Fadhilah
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 4 No. 1 (2020)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.872 KB) | DOI: 10.30631/pej.v4i1.26

Abstract

Abstrak Memasuki era MEA 2016, Perguruan Tinggi di Indonesia memegang peranan penting dalam menghasilkan sarjana yang berkompeten serta dapat bersaing secara global. Untuk mencapai tujuan tersebut, ada beberapa faktor yang mempengaruhi, yaitu mahasiswa, dosen, dan fasilitas pendukung proses pembelajaran. Dosen menjadi faktor utama dalam mengendalikan proses pembelajaran, sehingga dapat menciptakan suasana akademis dan bersifat kondusif. Oleh sebab itu, diperlukan suatu penilaian terhadap kinerja dosen yang meliputi kompetensi profesiona, pedagogik, personal, dan sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran persepsi mahasiswa tentang kinerja dosen di FITK IAIN STS Jambi. Metode penelitian adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa/i FITK IAIN STS Jambi semester VI TA. 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan secara simpel random sampling. Analisis data secara analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap kinerja dosen FITK IAIN STS Jambi baik dengan persentase 75,17%; pada kompetensi profesional 77,21%, kompetensi pedagogik 73,90%, kompetensi personal 76,57%, dan kompetensi sosial 73,02%. Kata kunci: persepsi, kinerja dosen Abstract
PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT SISWA SMP NEGERI 5 MUARO JAMBI Yudi Kurniawan
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 4 No. 1 (2020)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (615.335 KB)

Abstract

ABSTRAK Kata kunci: model inkuiri, motivasi belajar, kemampuan menulis surat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mendeskripsikan: (1) pengaruh penerapan model inkuiri terhadap kemampuan menulis surat siswa SMP kelas VII, (2) pengaruh penerapan model inkuiri terhadap kemampuan menulis surat pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, (3) pengaruh penerapan model inkuiri terhadap kemampuan menulis surat pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, (4) pengaruh tingkat motivasi belajar terhadap kemampuan menulis surat siswa, dan (5) interaksi antara model inkuiri dan motivasi belajar dengan kemampuan menulis surat. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Muaro Jambi dengan penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Purpose Sampling. Teknik sampling ini digunakan karena ada pertimbangan tertentu sehingga terpilihlah dua kelas sebagai sampel penelitian. Satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII C dan satu kelas sebagai kelas kontrol yaitu kelas VII D. Dalam menguji hipotesis peneliti menggunakan uji t untuk hipotesis 1,2,3 dan 4 sedangkan hipotesis 5 menggunakan anava dua jalur. Pengujian hipotesis dalam pelaksanaannya peneliti menggunakan software SPSS 22. Pengujian hipotesis 1 menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis siswa dengan hasil uji hipotesis nilai t hitung = 5,820 > t tabel = 2,008 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Uji hipotesis 2 menunjukan penerapan model inkuiri bepengaruh signifikan hal ini di tunjukan dengan nilai thitung = 4,440 > ttabel = 2,063 . uji hipotesis 3 menunjukan pengaruh yang signifikan penerapan model inkuiri terhadap siswa bermotivasi rendah ditunjukan dengan nilai thitung = 4,233 > ttabel 2,069. Uji hipotesis 4 menunjukan bahawa ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis surat dengan diperoleh nilai t hitung = 10,740 dan 10,514 > t tabel 2,013. Terakhir uji hipotesis 5 menunjukan adanya interaksi antara model inkuiri dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis surat siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka disimpulkan sebagai berikut: pada hipotesis 1, 2, 3, 4 dan 5 yang diajukan pada taraf signifikansi 0,05, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan sekolah dan pihak guru pada khususnya, penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model Inkuiri memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan menulis surat siswa sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan dalam kelas. ABSTRACT Kurniawan, Yudi. 2017. Influence of Application of Inquiry Model and Learning Motivation to Ability of Writing Letter of Grade VII Student of Junior High School 5 Muaro Jambi. Keywords: inquiry model, learning motivation, writing ability. The purpose of this research is to test and describe (1) the influence of the application of inquiry model to the ability of writing letter of junior high school students of class VII, (2) the influence of application of inquiry model to the ability of writing letter to students who have high learning motivation, (3) On the ability to write letters to students who have low learning motivation, (4) the influence of learning motivation level on students' writing ability, and (5) interaction between inquiry model and learning motivation with letter writing ability. This type of research is a type of quasi experimental research or quasi experiments is a research method that aims to examine the causal relationship between variables. In this research there are three variables, two independent variables are inquiry model and learning motivation and one dependent variable is the ability to write a letter. The design of this research is pretest posttest control group only design. The subject of this research is the students of class VII of Junior High School 5 Muaro Jambi with the determination of research sample using Purpose Sampling technique. This sampling technique is used because there are certain considerations so that two classes are selected as research samples. One class as experiment class is class VII C and one class as control class that is class VII D. In testing hypothesis researcher use t test for hypothesis 1,2,3 and 4 whereas hypothesis 5 use two path anava. Hypothesis testing in the implementation of researchers using SPSS 22 software. Testing of hypothesis 1 shows that there is significant influence of inquiry learning model on student writing ability with hypothesis test result t value = 5,820> t table = 2,008 so that the null hypothesis (Ho) is rejected and Alternative Hypothesis (Ha) is accepted. Hypothesis 2 test shows the application of inquiry model significantly influence this matter in the show with tcount = 4,440> t table = 2,063. Test of hypothesis 3 shows the influence of the significant application of inquiry model to low motivated students is shown with t count = 4,233> t table 2,069. Hypothesis 4 test shows that there is a significant influence of learning motivation on the ability to write letters obtained t value = 10,740 and 10,514> t table 2.013. The last test of hypothesis 5 shows the interaction between the inquiry model and the motivation to learn the ability to write student letters. Based on the result of data analysis that has been done then concluded as follows: on hypothesis 1, 2, 3, 4 and 5 proposed at 0.05 significance level, alternative hypothesis (Ha) accepted and null hypothesis (Ho) rejected. Based on the results of the research suggests the school and the teachers in particular, this study proves that the application of inquiry model has a better influence on the ability to write student letters so it can serve as an alternative learning that can be applied in the classroom.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI MENGGUNAKAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM Fiqi Nurmanda Sari
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 4 No. 1 (2020)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.6 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil perkuliahan mata kuliah bahasa Indonesia terutama pada materi menulis paragraf mahasiswa program studi pendidikan Islam Anak Usia Dini semester 1 Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan media google classroom. Data diperoleh melalui tes, wawancara, dan observasi. Bentuk data berupa tulisan paragraf. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama diperoleh rata-rata nilai mahasiswa adalah 35.8 dan pada siklus kedua hasilnya adalah 73,6. Penelitian ini berakhir pada siklus kedua karena 80,95% mahasiswa memperoleh nilai di atas 70 yang merupakan kriteria minimal ketuntasan penelitian ini. Dengan demikian, penggunaan media google classroom berhasil meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis paragraf. Kata kunci: peningkatan, menulis paragraf, google classroom ABSTRACT This study aims to improve the quality of the process and the results of lectures in Indonesian subjects, especially in the writing material paragraphs students of early childhood Islamic education study program in the first semester of the State Islamic University Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. The method used in this research is classroom action research using google classroom media. Data obtained through tests, interviews, and observations. The form of data in the form of paragraph writing. This class action research was conducted in two cycles. The first cycle obtained the average value of students is 35.8 and in the second cycle the result is 73.6. This study ended in the second cycle because 80.95% of students scored above 70 which is the minimum criterion for completing this study. Thus, the use of google classroom media has succeeded in increasing the ability of students to write paragraphs. Keywords: improvement, paragraph writing, google classroom
ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI THOLABUL ULUM OKU SELATAN Amir Hamzah
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 4 No. 1 (2020)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.144 KB)

Abstract

Abstrak Pembelajaran Tematik terpadu dimulai pada tahun ajaran 2013/2014 setelah diberlakukannya Kurikulum 2013 di Indonesia, meskipun sudah lama ditetapkan namun dalam pelaksanaanya di beberapa daerah belum berjalan sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku. Hal ini terlihat dari beberapa Madrasah, tidak semua Madrasah Ibtidaiyah telah melaksanakan pembelajaran tematik dengan baik, melihat hal ini peneliti tertarik untuk menganalisis kesulitan guru dalam pembelajaran kurikulum 2013 , penelitian ini menggunakan metode kualitatif , berdasarkan hasil temuan di lapangan di dapatkan guru di MI Tholabul Ulum mengalami kesulitan dalam mendesain pembelajaran Tematik dan pelaksanaan penilaian Tematik
KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANALISIS BIMBINGAN DAN KONSELING: Pendidikan Karakter, Bimbingan dan Konseling Saidah Ahmad
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 4 No. 1 (2020)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.982 KB)

Abstract

ABSTRAK Tulisan ini membahas Konsep Pendidikan Karakter Analsis Bimbingan dan Konseling, yang merupakan pengkajian literatur (library research), yaitu mengkaji atau meneliti literatur-literatur yang menjadi sumber rujukan dari penelitian ini. Hasil pengkajian literatur tersebut dianalisis, dan kemudian dituangkan dalam laporan penelitian ini. Berdasarkan pengkajian menunjukkan bahwa pendidikan karakter merupakan upaya menanaman atau upaya menghidupkan nilai-nilai kepada individu melalui pembiasaan dan contoh teladan. Implementasi pendidikan karakter di sekolah dapat berupa terintegrasi dalam mata pelajaran. Dalam bimbingan dan konseling implementasi pendidikan karakter adalah melalui layanan-layanan yang dilaksanakan oleh konselor atau guru Bimbingan dan konseling, terutama layanan konseling.

Page 1 of 1 | Total Record : 7