cover
Contact Name
Anissa Lestari Kadiyono
Contact Email
anissa.lestari@unpad.ac.id
Phone
+6281311114811
Journal Mail Official
jurnal.psp@unpad.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Bandung Sumedang KM. 21 Jatinangor - Sumedang 45363
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Psychological Science and Profession
ISSN : 25983075     EISSN : 26142279     DOI : https://doi.org/10.24198/jpsp
Aim: Jurnal ini memuat artikel ilmiah hasil penelitian yang terkait dengan keilmuan dasar psikologi dan penerapannya dalam keprofesian Psikolog. Scope: Adapun bidang psikologi yang termasuk di dalamnya yaitu Psikologi Klinis baik dewasa, anak maupun remaja, Psikologi Industri & Organisasi, Psikologi Pendidikan, Psikologi Sosial, dan Psikologi Umum & Eksperimen.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess" : 8 Documents clear
PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI: LAPORAN DESKRIPTIF TENTANG KESENJANGAN PENDIDIKAN Shally Novita; Aliya Ulfa; Hafita Mutiara Zaharani; Lintang Andini Dv Brilianti; Difa Maysaa Fatina Riyad; Nadira Adriana Devi; Citra Nisa Ul Inayah; Resti Nurmalasari; Stela Aria Feriska; Nia Andraini; Saffana Kasyfa Fakhira; Fahmi Fadhilah Nugraha; Rizka Rosydiana Izza; Iqbal Dwi Rahmansyah; Diaz Ilyasa; Lailly Shabira Ramadhani; Gina Ramadania; Nabilah Sani Millatina
Journal of Psychological Science and Profession Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.657 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v6i2.37493

Abstract

Dalam keterbatasan pertemuan tatap muka selama pandemi, sekolah ditantang untuk mampu beradaptasi dengan cepat, termasuk membangun infrastruktur pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang efektif dan efisien. Untuk ini, diperlukan sumber daya yang mumpuni yang tidak dimiliki oleh banyak sekolah di Indonesia. Proses pembelajaran selama pandemi adalah satu aspek yang menjadi perhatian para penyelenggara pendidikan di seluruh dunia dan diasumsikan berkaitan erat dengan kesenjangan pendidikan. Sayangnya, topik ini masih relatif sedikit diteliti di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran awal mengenai persepsi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) tentang kesenjangan pendidikan selama pandemi. Sebanyak 1,121 siswa SMP berpartisipasi dalam penelitian ini. Mereka merupakan siswa di sekolah yang berkategori favorit atau tidak favorit. Unit sampling adalah sekolah dan seluruh siswa di sekolah tersebut diajak untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Siswa menjawab beberapa pertanyaan terkait penyelenggaraan pendidikan selama pandemi secara daring, seperti proses pembelajaran, kualitas pendidik, kualitas infrastruktur sekolah, dan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t-test untuk dua kelompok sampel, uji deskriptif, dan perbandingan jumlah respons siswa dari sekolah favorit dan tidak favorit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dari sekolah dengan latar belakang berbeda memiliki perbedaan persepsi yang signifikan secara statistik pada aspek fasilitas sekolah, mengindikasikan kesenjangan pendidikan dirasakan oleh siswa terutama karena kendala fasilitas sekolah. Akan tetapi, siswa dari sekolah berlatar belakang berbeda memiliki persamaan persepsi dalam beberapa aspek lainnya, termasuk bahwa PJJ memiliki konsekuensi yang cenderung negatif terhadap pemahaman mereka tentang pembelajaran, yang mendukung adanya learning loss selama pandemi.
ANALISIS KONTRIBUSI DUKUNGAN KELUARGA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEMINARIS SEMINARI MENENGAH Seprianus Kiding; Novi Ekayati; Niken T. Pratitis
Journal of Psychological Science and Profession Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.983 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v6i2.36969

Abstract

Pengambilan keputusan seorang seminaris untuk melanjutkan ke seminari tinggi adalah masa-masa kritis. Banyak dari seminaris di seminari menengah yang pada akhirnya memilih untuk tidak lanjut ke seminari tinggi sehingga mengakibatkan semakin terbatasnya ketersediaan calon pastor. Dengan demikian, penting untuk mengetahui faktor yang berkontribusi terhadap pengambilan keputusan seorang seminaris menjelang akhir masa studi di seminari menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel dukungan keluarga dan efikasi diri terhadap pengambilan keputusan para seminaris di seminari menengah. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan partisipan dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini melibatkan 71 seminaris yang berada di kelas XI dan XII. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji regresi berganda. Alat ukur yang digunakan adalah skala pengambilan keputusan, skala dukungan keluarga dan skala efikasi diri yang diadaptasi dari The General Self-Efficacy Scale (GSE) milik Ralf Schwarzer dan Matthias Jerusalem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan keluarga, efikasi diri, dan pengambilan keputusan pada seminaris di seminari menengah baik secara simultan sebesar .001 (p < .05) maupun secara parsial masing-masing sebesar .007 (p < .05). Penelitian ini menemukan kontribusi dukungan keluarga dan efikasi diri terhadap pengambilan keputusan sebesar 19.5%. Dengan demikian, dukungan dari keluarga dan efikasi diri para seminaris perlu dimaksimalkan dalam rangka mendukung pengambilan keputusan seminaris untuk melanjutkan pendidikan ke seminari tinggi.
PENGARUH LATAR BELAKANG MUSIK LO-FI TERHADAP READING COMPREHENSION MAHASISWA Martha Amelia Widijanto; Lentera Ilma; Sheilandry Khalila Aprildhy; Khoridah Safinatunnajah; Ratna Jatnika
Journal of Psychological Science and Profession Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.063 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v6i2.37655

Abstract

Dengan adanya tuntutan untuk membaca menggunakan e-book pada mahasiswa, diperlukan kemampuan reading comprehension yang lebih baik karena ketidaknyamanan membaca e-book dapat memengaruhi konsentrasi dan pemahaman. Selain itu, genre musik lo-fi sering didengarkan oleh anak muda untuk menemani proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang musik lo-fi terhadap reading comprehension. Metode penelitian ini adalah metode eksperimental dengan desain between participant posttest-only dan variasi variabel presence-absence. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran angkatan 2021 dengan sampel yang diambil sebanyak 44 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Partisipan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (n = 26) dan kelompok kontrol (n = 18). Metode pengumpulan data menggunakan alat ukur reading comprehension yang disusun oleh peneliti dan mengacu pada soal TOEFL tahun 2003 yang diterjemahkan serta diadaptasi berdasarkan kriteria Taksonomi Bloom. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov untuk mengetahui apakah sebaran data skor reading comprehension pada kedua kelompok berdistribusi normal atau tidak. Setelah itu, uji Mann- Whitney dilakukan untuk membandingkan skor antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji normalitas data skor kelompok eksperimen tidak berdistribusi normal (p < .05) dan hasil data skor kelompok kontrol berdistribusi normal (p > .05). Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan skor reading comprehension yang signifikan antara kelompok eksperimen (M = 7.54) dan kelompok kontrol (M = 8.56) dengan p = .137. Berdasarkan hasil, dapat disimpulkan bahwa latar belakang musik lo-fi tidak dapat meningkatkan reading comprehension mahasiswa.
PREVALENSI DAN SUMBER GANGGUAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA JENJANG SARJANA Clement Eko Prasetio; Airin Triwahyuni
Journal of Psychological Science and Profession Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.552 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v6i2.35867

Abstract

Gangguan psikologis menjadi rentan dialami oleh mahasiswa jenjang sarjana. Penyebab hal tersebut diduga karena terdapat cukup banyak tekanan dan transisi yang harus dialami oleh mereka. Penelitian mengenai gangguan psikologis pada mahasiswa sudah cukup sering dilakukan, hanya saja belum ada yang menggunakan sampel yang bervariasi maupun menelaah aspek-aspek yang menjadi beban psikologis bagi mahasiswa. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran gangguan psikologis pada mahasiswa sarjana dan aspek atau area yang menjadi sumber beban psikologis bagi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasinya adalah mahasiswa sarjana dengan menggunakan stratified random sampling, serta jumlah sampel sebanyak 674 mahasiswa dari 16 fakultas di salah satu universitas. Alat ukur yang digunakan adalah Self-Report Questionnaire-20 (SRQ-20) untuk mengukut gangguan psikologis. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, seperti rerata, total, dan persentase. Hasilnya, ditemukan bahwa sebagian besar mahasiswa sarjana diindikasikan mengalami gangguan psikologis. Aspek atau area yang paling menjadi beban psikologis mahasiswa adalah area tentang masa depan, yakni karier dan studi lanjutan. Kemudian, hampir sebagian besar mahasiswa merasakan empat hingga enam sumber permasalahan yang menjadi tekanan bagi diri sendiri. Implikasi dari penelitian ini adalah pihak universitas perlu lebih memerhatikan beberapa sumber permasalahan yang dialami oleh mahasiswa, seperti karier yang akan diambil dan penyesuaian akademik, sehingga dapat menentukan intervensi yang lebih sesuai dan mengurangi gangguan psikologis pada mahasiswa.
PROFIL STATUS IDENTITAS REMAJA: ANALISIS KLUSTER BERDASARKAN TIGA DIMENSI IDENTITAS Darmawan Muttaqin
Journal of Psychological Science and Profession Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.384 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v6i2.37866

Abstract

Konsep pembentukan identitas telah berkembang pesat dan dapat dijelaskan dengan berbagai cara, seperti model tiga dimensi identitas yang lebih menekankan pada dinamika proses pembentukan identitas. Selain itu, model tiga dimensi identitas juga dapat digunakan untuk mengklasifikasikan lima status identitas yang meliputi achievement, early closure, moratorium, searching moratorium, dan diffusion. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil status identitas remaja di Surabaya. Penelitian ini akan memaparkan profil lima status identitas berdasarkan tinggi dan rendahnya komitmen, eksplorasi mendalam, dan peninjauan kembali komitmen. Penelitian ini melibatkan 1468 remaja di Surabaya yang berusia 12-21 tahun (M =16.802, SD = 2.484). Pengambilan data dilakukan dengan metode convenience sampling dan menggunakan Utrecht-Management of Identity Commitments Scale versi Indonesia. Analisis data dilakukan dengan menggunakan K-Means Cluster untuk mengklasifikasikan lima status identitas berdasarkan skor komitmen, eksplorasi mendalam, dan peninjauan kembali komitmen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar remaja berada pada status moratorium. Remaja dengan status moratorium cenderung untuk mengubah komitmen yang telah dimiliki sebelumnya dan kurang mencari berbagai informasi mengenai identitasnya. Oleh karena itu, temuan ini mengindikasikan bahwa sebagian besar remaja di Surabaya masih belum mencapai status identitas yang optimal. Selain itu, penelitian ini juga menemukan perbedaan status identitas berdasarkan jenis kelamin dan kelompok usia remaja. Secara umum, temuan penelitian ini perlu menjadi perhatian untuk orang lain yang signifikan bagi remaja seperti orang tua dan teman dalam menyediakan dukungan yang diperlukan remaja selama proses pembentukan identitas.
EARLY CHILDHOOD PARENTING: THE ROLE OF PARENTAL MINDFULNESS AND COPARENTING COMPETENCE IN PARENTAL WELL-BEING Mafaza Mafaza; Septi Mayang Sarry
Journal of Psychological Science and Profession Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.468 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v6i2.36631

Abstract

Parents' well-being are significant things. Well-being is not only counted for parents’ physical, emotional, and mental conditions as an individual, it also has enormous influences on various aspects of children's development. Parents tend to face challenges, difficulties, and pressures during parenting, especially when caring for children in early childhood. This study aims to determine the role of parental mindfulness and coparenting competence in predicting parental well-being. Three hundred and thirty-one parents of children in early childhood participated in this study. The researchers used the convenience sampling method. Parents completed the Parental Well-Being Scale, Bangor Mindful Parenting Scale, and Coparenting Competence Scale. The result of multiple linear regression analysis indicated that parental mindfulness and coparenting competence have significant roles in predicting parental well-being. The coefficient of determination showed that parental mindfulness and coparenting competence simultaneously explained 15.7% of the parental well-being variance. There are no significant differences in parental well-being between fathers and mothers. This finding indicates the importance of parenting competence in order to improve parental well-being.  
TERAPI KOGNITIF PERILAKU UNTUK MENURUNKAN IDE BUNUH DIRI PADA DEWASA: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS Anang Arief Abdillah; Ike Herdiana; Ilham Nur Alfian
Journal of Psychological Science and Profession Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.746 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v6i2.37908

Abstract

Ide bunuh diri merupakan fase awal dari perilaku bunuh diri yang menyebabkan risiko besar kematian. Terapi kognitif perilaku merupakan terapi yang sudah lama dikembangkan untuk menangani masalah berkaitan dengan proses berpikir sehingga dinilai dan telah terbukti efektif untuk menurunkan ide bunuh diri. Terapi ini memiliki keterbatasan dibandingkan terapi lainnya karena beberapa hal di dalam dan di luar sesi terapi. Maka dari itu, studi dengan metode systematic literature review ini ingin memperoleh gambaran tentang proses terapi kognitif perilaku berdasarkan database terbaru. Penelitian ini menggunakan 7 database (Sage Journals, ScienceDirect, Psychiatry online, JAMA Network, Pubmed, Wiley Online Library, dan BMJ Open) dari 2010 hingga 2020. Terdapat 7 artikel dari 5.416 artikel yang diduga layak untuk ditelaah, pencarian dilakukan dari tanggal 1 Januari 2021 hingga tanggal 20 Februari 2021. Artikel-artikel tersebut menunjukkan bahwa terapi kognitif perilaku terbukti dapat menurunkan ide bunuh diri di beberapa populasi seperti tentara, pengguna layanan kesehatan, dan masyarakat umum yang bersedia untuk mendapatkan bantuan professional. Systematic literature review ini memaparkan variasi modul dan teknik terapi kognitif perilaku sehingga dapat menyesuaikan dengan kondisi, kebutuhan, dan waktu yang dimiliki oleh pasien. Terdapat 3 fase utama terapi kognitif perilaku, fase pertama berisi edukasi dan memahami kondisi klien, fase kedua menggunakan teknik kognitif untuk menangani pikiran otomatis, dan fase ketiga merancang strategi untuk mencegah kekambuhan.
SAMBATAN: STUDI ETNOGRAFIS TENTANG KOPING RELIGIUS WARGA DESA GIRIMULYO KECAMATAN PANGGANG KABUPATEN GUNUNG KIDUL D.I YOGYAKARTA Nuzulul Khair
Journal of Psychological Science and Profession Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess
Publisher : Universitas Padjadjaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.933 KB) | DOI: 10.24198/jpsp.v6i2.36189

Abstract

Riset ini merupakan studi kualitatif dengan jenis penelitian etnografi yang bertujuan mengkaji koping religius warga Desa Girimulyo. Pendekatan etnografi dipilih untuk menggali kedalaman data seperti stressor dan strategi koping religius yang digunakan oleh warga dalam mengatasi problem yang dihadapi. Informan penelitian terdiri dari tiga warga Desa Girimulyo, semuanya dengan latar belakang etnis Jawa, dan aktif dalam menjalankan tradisi sambatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa warga Desa Girimulyo menerapkan strategi koping religius yang positif dan terimplementasikan dalam bentuk perilaku bersyukur. Perilaku bersyukur mengacu pada ekspresi rasa syukur pada Tuhan yang terdapat pada semua informan. Mereka mengistilahkannya dengan ‘nrimo’. Ekspresi rasa syukur ini berimplikasi pada lahirnya ketenangan batin. Ekspresi rasa syukur sebagai bagian dari strategi koping religius diekspresikan melalui tradisi sambatan. Sambatan merupakan strategi koping religius yang bersifat indigenous. Selain itu hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua informan memandang nilai sedekah dan silaturahmi yang terkandung dalam tradisi sambatan dapat mengurangi ketegangan (stressor), meningkatkan kepedulian pada yang membutuhkan (ngayomi), dan menumbuhkan sikap optimis dalam menghadapi kesulitan hidup.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 2 (2023): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 6, No 3 (2022): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 5, No 3 (2021): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 5, No 1 (2021): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 4, No 3 (2020): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 4, No 2 (2020): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 4, No 1 (2020): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 3, No 3 (2019): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 3, No 2 (2019): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 2, No 3 (2018): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 2, No 3 (2018): Psikologi Sains dan Profesi Vol 2, No 2 (2018): Psikologi Sains dan Profesi Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess Vol 2, No 1 (2018): Psikologi Sains dan Profesi Vol 2, No 1 (2018): Psychological Science and Profession Vol 1, No 3 (2017): Psychological Science and Profession Vol 1, No 3 (2017): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess More Issue