cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
ISSN : 08528322     EISSN : 26148293     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Physical Education Arena is published by Department of Sports Science, Faculty of Sports Science State University of Malang (UM). The Indonesian Physical Education Arena is published twice a year in April and October containing articles of research and thought results in the field of Physical Education. First published in January 1990 with the name of "GELANGGANG" , renamed with the "JURNAL PENDIDIKAN JASMANI" in 2014, then renamed with "PENDIDIKAN JASMANI" in 2017 and last renamed with the "GELANGGANG PENDIDIKAN JASMANI INDONESIA" in 2018. Learning Domains in Physical Education includes learning plan, learning implementation and learning evaluation. Learning materials of Physical Education consits of 6 category namely: 1) Sports basic science, 2) Motor Activity, 3) Teaching methods and didactic, 4) Statictics and research method, 5) Management, and 6) Blended Learning.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2018): Volume 2. No. 1. Juni. 2018" : 10 Documents clear
PENGARUH METODE LATIHAN DAN KEKUATAN TERHADAP DAYA TAHAN TENDANGAN TAEKWONDO Solissa, Jonas
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 2, No 1 (2018): Volume 2. No. 1. Juni. 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.657 KB) | DOI: 10.17977/um040v2i1p18-24

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode latihan  sirkuit dan metode latihan interval terhadap daya tahan tendangan dollyo Taekwondo. Penelitian dilaksanakan pada atlet Taekwondo Do Jang Bahtera Taekwondo Club Ambon, menggunakan metode eksperimen dengan disain faktorial 2 x 2.  Data dianalisis menggunakan Analisis Varian (ANOVA). Hasil penelitian menunjukan, bahwa: (1) Secara keseluruhan terdapat perbedaan daya tahan  tendangan dollyo Taekwondo antara metode latihan sirkuit dengan metode latihan interval, (2) Bagi taekwondoin yang memiliki kekuatan otot tinggi, metode latihan interval lebih baik dibanding  metode latihan sirkuit terhadap daya tahan tendangan dollyo Taekwondo, (3) Bagi taekwondoin yang memilki kekuatan otot rendah, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara metode latihan sirkuit dengan metode latihan interval terhadap daya daya tahan  tendangan dollyo Taekwondo. (4) Terdapat interaksi antara metode latihan dengan kekuatan  terhadap daya tahan tendangan dolyo Taekwondo, Kata kunci:  Efek, Metode Latihan, Kekuatan, Daya Tahan Tendangan, Taekwondo.
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN AKURASI SHOOTING MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET PUTRA SMP LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG alfiansyah, irfan zidny; januarto, oni bagus
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 2, No 1 (2018): Volume 2. No. 1. Juni. 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.084 KB) | DOI: 10.17977/um040v2i1p52-61

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMP Laboratorium UM diketahui bahwa keterampilan shooting atlet bolabasket masih banyak kekurangan dan belum maksimal. pada hari pertama 73,33% peserta dapat melakukan teknik shooting dengan cukup baik, dan 26,67% peserta yang belum menguasai teknik shooting dengan baik. Pada hari kedua dari 53 total shooting yang dilakukan, 39,63% dilakukan dengan benar, dan 60,37% dilakukan dengan salah. Pada hari ketiga dari 61 total shooting yang dilakukan, 33,33% dilakukan dengan benar, dan 66,67% dilakukan dengan salah.     Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan akurasi shooting dengan menggunakan metode drill pada peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP Laboratorium UM.     Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan olahraga dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan melalui dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet bolabasket SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan sebanyak 15 atlet. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan pelatih untuk menyusun program latihan selama 2 siklus dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan dan akurasi shooting peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP Laboratorium UM mengalami peningkatan setelah dilakukan latihan shooting menggunakan metode drill. Latihan dilakukan dengan dua siklus masing-masing 6 pertemuan setiap siklus. Tingkat keberhasilan peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP Laboratorium UM pada siklus 1 dengan persentase ketuntasan keseluruhan teknik shooting  hasil dari observer 1 sebanyak 50,48%, dari observer 2 sebanyak 49,52%. Sedangkan tingkat keberhasilan pada siklus 2 dengan persentase ketuntasan keseluruhan teknik shooting  hasil dari observer 1 sebanyak 75,24% dari observer 2 sebanyak 78,09%. Sedangkan peningkatan akurasi shooting sesudah siklus I sebesar 25,43% dan pada siklus II sebesar 45,96%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode drill dalam latihan shooting dapat meningkatkan keterampilan dan akurasi shooting peserta ektrakurikuler SMP Laboratorium UM. Disarankan bagi pelatih bolabasket SMP Laboratorium UM dapat menggunakan penelitian ini sebagai rujukan menyusun program latihan khususnya untuk meningkatkan keterampilan shooting.
PERKEMBANGAN AKTIVITAS OLAHRAGA SENAM AEROBIK DALAM MENINGKATKAN KEBUGARAN MASYARAKAT KOTA SURAKARTA Jayanti, Karlina Dwi
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 2, No 1 (2018): Volume 2. No. 1. Juni. 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.951 KB) | DOI: 10.17977/um040v2i1p25-30

Abstract

The research used by researchers is descriptive qualitative research. This research uses survey model. the research is conducted on only one target (one location or one subject) for example, although research is conducted in several locations (multiple groups or a number of individuals). That is with the stages of observation, interview, documentation, data analysis. In this case study, the study used purposive sampling and snowball sampling techniques. For the determination of the research sample is done by purposive because it is known characteristics. The results of the research analysis showed that: 1. The development of aerobic gymnastics in Surakarta developed well with the container that shaded in aerobic gymnastics that is FORMI, and already many types of aerobic exercises that are taught among others zumba, BL, poco-poco etc. 2. Community participation in aerobic gymnastics is so supported by the community, one of them aerobic exercise is an alternative exercise that can be done to keep improving healthy life, because aerobic exercise is very easy to find everywhere. 3. The role of government in developing aerobic gymnastics is to provide broad access for public aerobic aerobics activities in public open spaces, as well as CFD events and government cooperation with private parties in terms of gymnastics competitions and aerobic gymnastics activities to always develop aerobic exercises .Keywords: Aerobic aerobics, development, government role
PERSEPSI SISWA SMA NEGERI 3 MALANG TERHADAP PROFIL GURU PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN TAHUN AJARAN 2008/2009 sutiono, bayu
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 2, No 1 (2018): Volume 2. No. 1. Juni. 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.66 KB) | DOI: 10.17977/um040v2i1p62-66

Abstract

Guru Pendidikan jasmani, Olahraga dan Kesehatan menurut Siswa sebaiknya memilii profil berikut ini :1. Dari aspek fisik, guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan  adalah berbadan ideal, senantiasa aktif bergerak pada waktu pembelajaran, berpenampilan rapi sesuai dengan situasi dan kondisi, serta senantiasa mampu menyesuaikan suaranya sesuai dengan situasi.2. Dari aspek moral,  guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan senantiasa tepat waktu dalam segala aktifitas, memberikan penilaian dan hukuman secara adil sesuai kemampuan dan kesalahan siswa (obyektif), menyusun rencana pembelajaran sesuai dengan kurikulum, dan senantiasa mengawasi semua siswanya selama pembelajaran berlangsung.3. Dari aspek hubungan sosial, guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan senantiasa melakukan pendekatan dengan semua siswa sama baiknya dan senantiasa berusaha untuk memahami semua masalah yang dihadapi siswa dan membantu mengarahkan siswa mencari penyelesaiannya.4. Dari aspek kemampuan olahraga, guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan senantiasa mengerti, memahami, dan menguasai semua teknik permainan dalam olahraga, senantiasa mampu menjelaskan dan memberikan contoh berbagai keterampilan atletik kepada siswa, senantiasa mampu menjelaskan dan memberikan contoh berbagai keterampilan yang ada pada olahraga beregu kepada siswa, dan mampu menjelaskan dan memberikan contoh berbagai keterampilan yang ada pada olahraga perorangan kepada siswa.5. Dari aspek  pengetahuan kesehatan, guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan senantiasa mengetahui dan mampu memberikan pertolongan pertama pada siswa yang mengalami kecelakaan pada waktu pembelajaran dengan cepat dan tepat, senantiasa menganjurkan kepada siswa dan menjalani pola hidup sehat, dan senantiasa mengajarkan dan mengajak siswa untuk menjaga lingkungan dengan baik.
Pengaruh Pembelajaran Kasti Modifikaasi Terhadap Nilai Kerjasama pada Siswa Sekolah Dasar Jaenudin, Muhamad Ade; Suherman, Adang; Komarudin, Komarudin
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 2, No 1 (2018): Volume 2. No. 1. Juni. 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.498 KB) | DOI: 10.17977/um040v2i1p31-36

Abstract

Penelitian ini bermula dari permasalahan permainan tradisional yang sekarang kurang mendapat tempat sebagai olahraga tradisional dalam kancah pendidikan jasmani.  Permainan ini memiliki unsur mendidik kerjasama yang baik, tetapi ada kelemahan dalam pelaksanaannya. Untuk mengurangi kelemahan tersebut dilakukan penelitian permainan kasti modifikasi dan dilihat pengaruhnya terhadap kemampuan kerjasmana siswa sekolah dasar (kalas rendah). Sampel dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas satu sampai tiga yang dipilih secara acak dari populasi. Siswa diberikan perlakukan kasti modifikasi selama 16 kali pertemuan. Dilakukan pre test dan post test untuk mengetahui hasil penelitian yang dilakukan. Tes kerjasama dipergunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua Orang judge. Hasil tes kerjasama setelah mendapatkan perlakukan dan sebelum mendapatkan perlakukan ternyata mengalami perbedaan yang signigikan 0.000 dengan uji T. Rata-rata sebelum dilakukan perlakukan adalah 37,6 dan setelah perlakukan 45,2.Kata kunci: Pendidikan jasmani, Kasti modifikasi, Kerjasama, Siswa sekolah dasar
KORELASI ANTARA DENYUT NADI DAN INDEKS MASSA TUBUH (IMT) TERHADAP HASIL PENAMPILAN ATLET SENAM RITMIK POPDA SD KOTA SEMARANG TAHUN 2017 Rizqianti, Yulfani Silva; Setiawan, Ipang; Hartono, Mugiyo
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 2, No 1 (2018): Volume 2. No. 1. Juni. 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.426 KB) | DOI: 10.17977/um040v2i1p67-74

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara denyut nadi dan indeks massa tubuh (IMT) terhadap hasil penampilan atlet senam ritmik Kota Semarang. Penelitian ini merupak penelitian kuantitatif dengan statistik produk moment analisis regresi ganda dengan 2 prediktor.Teknik pengambilan data menggunakan kolmogorov-smirnov, uji linier menggunaan uji F. Berdasarkan dari hasil penelitian data diperoleh koefisien korelasi (r1y) sebesar 0,438 > rtabel = 0,374 yang berarti ada hubungan antara denyut nadi dengan hasil penampilan senam ritmik dengan hasil signifikansi memberikan kontribusi sebesar 19,2%. Koefisien korelasi (r2y) sebesar 0,636 > rtabel = 0,374, yang berarti ada hubungan antara IMT dengan hasil penampilan senam ritmik dengan hasil signifikan memberikan kontribusi sebesar 40,5%. Koefisien korelasi (r12y) sebesar 0,729. Keberartian koefisien korelasi ganda tersebut diuji dengan uji F, hasil perhitungan Fhitung 14,195 dengan probabilitas 0,000 < 0,05, yang berarti ada hubungan antara denyut nadi, dan IMT dengan hasil penampilan senam ritmik dengan hasil signifikan memberikan kontribusi sebesar 53,2%. Jadi kesimpulan pada penelitian ini bahwa 1) Ada hubungan antara denyut nadi dengan hasil penampilan senam ritmik dengan memberikan kontribusi sebesar 19,2%, 2) Ada hubungan antara IMT dengan hasil penampilan senam ritmik dengan memberikan kontribusi sebesar 40,5%, 3) Ada hubungan antara denyut nadi dan IMT dengan hasil penampilan senam ritmik dengan memberikan kontribusi sebesar 53,2%.Kata kunci: Rhythmic Gymnastics, Pulse rate, Body Mass Index, Sport
STUDI KOMPARATIF PERKEMBANGAN KELINCAHAN ANAK USIA 10 TAHUN BERDASARKAN PERBEDAAN KETINGGIAN TEMPAT TINGGAL DI WILAYAH MALANG RAYA Nawasasi, Kartika; Asim, Asim; Sugiarto, Tatok
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 2, No 1 (2018): Volume 2. No. 1. Juni. 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.53 KB) | DOI: 10.17977/um040v2i1p1-9

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kelincahan anak putra usia 10 tahun yang berada di dataran rendah, dataran sedang, dataran tinggi di Malang Raya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survey dengan pendekatan cross-sectional. Subjek dari penelitian ini adalah anak putra usia 10 tahun yang berada di dataran rendah, dataran sedang, dan dataran tinggi di Malang Raya dengan total subjek 91 anak. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis varians satu jalur. Hasil pengujian hipotesis adalah terdapat perbedaan rata-rata kelincahan anak putra usia 10 tahun yang tinggal di daerah dataran rendah, dataran sedang, dan dataran tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh perbedaan wilayah tempat tinggal terhadap kelincahan anak putra usia 10 tahun. Kata Kunci: Kelincahan, Anak Usia 10 Tahun, Dataran Rendah, Dataran Sedang, Dataran Tinggi.
PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN OLEH GURU PENJASORKES SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI DAERAH PESISIR KABUPATEN KEBUMEN Nurzaman, Umar
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 2, No 1 (2018): Volume 2. No. 1. Juni. 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.698 KB) | DOI: 10.17977/um040v2i1p37-45

Abstract

The purpose of this research is to know the types and ways to utilize the environment as a medium of learning by junior high school teachers in the coastal area of Kebumen Regency. This research method using qualitative research approach with data technique using interview technique, observation, and documentation. The subjects of this study consist of 7 junior secondary schools in coastal areas consisting of SMP Negeri 1 Mirit, SMP Negeri 1 Ambal, SMP Negeri 2 Ambal, SMP PGRI 1 Ambal, SMP Negeri 1 Petanahan and SMP Negeri 1 Ayah and SMP Negeri 2 Ayah. The research instrument uses interview guides and photo documentation. The results of environmental research are used as a place of learning in the coastal area Kebumen District, village buildings, beaches, and roads around the school. The environment used as learning media for penjasorkes consists of paper assignment, modification of ball from coconut husk, perforated vessel made from used bucket, paint bucket cover and wood board for supporting learning. The conclusion of this research is the teacher of the coastal area surveyor Kebumen uses various ways to utilize the environment as a place of learning and learning media such as field to learn big ball game and small ball game, while beach and school access road for learning athletics
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO-VISUAL PENCAK SILAT SENI DENGAN MUSIK Kurniawan, Ari Wibowo
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 2, No 1 (2018): Volume 2. No. 1. Juni. 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.501 KB) | DOI: 10.17977/um040v2i1p10-17

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan VCD pencak silat seni dengan iringan musik. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Sadiman (2003:40). Sedangkan, teknik analisis data yaitu persentase diadopsi dari Sudjana (1990). Hasil pengembangan media audio-visual pencak silat seni dengan musik  ini memenuhi kriteria cukup valid untuk ahli media memperoleh 74,50%, memenuhi kriteria valid untuk ahli/pelatih pencak silat memperoleh 91,17 %, memenuhi kriteria valid untuk ahli musik memperoleh 96,25% memenuhi kriteria cukup valid untuk kelompok ujicoba tahap I memperoleh 73,83%, dan memenuhi kriteria valid untuk kelompok ujicoba tahap II memperoleh 88,58%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu,  pengembangan media audio-visual pencak silat seni dengan musik ini bisa digunakan dan diterapkan dalam proses melestarikan olahraga bangsaIndonesia.                                           Kata Kunci : Pengembangan, Pencak silat seni, Media audio visual, Musik
PENGARUH METODE DRILL DAN METODE BARRIER HOPS TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING Pamungkas, Tegar Satrya; Hariyoko, Hariyoko
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 2, No 1 (2018): Volume 2. No. 1. Juni. 2018
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.023 KB) | DOI: 10.17977/um040v2i1p46-51

Abstract

ABSTRACT: This research aims to knowing the effect difference of method to shooting learning result of School Fottball Unibraw 82 in Malang. This reseach method used an experiment conducted to School Football Unibraw 82 in Malang. Based on the result of thie reseach, (1) the learning with drill method treatment had an effect on the shooting learning result of the School Football Unibraw 82 participants (Fcount = 10,101 > Ftable = 4,26), (2) the learning of the barrier hops method gave effect to the shooting learning result of School Football Unibraw 82 (Fcount = 12,303 > Ftable = 4,26), (3) there is no significant difference between learning with drill and hops method on shooting result of School Football Unibraw 82 participants (Fcount = 0,567 < Ftable = 4,26). Keywords: method drill, method barrier hops, football shooting learning result. ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran shooting sepakbola terhadap hasil belajar shooting dan untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode terhadap hasil belajar shooting SSB Unibraw 82 di Malang. Metode penelitian yang dipakai adalah eksperimen yang dilakukan kepada peserta SSB Unibraw 82 Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran dengan perlakuan metode drill memberikan pengaruh terhadap hasil belajar shooting peserta SSB Unibraw 82 (Fhitung = 10,101 > Ftabel = 4,26), (2) pembelajaran perlakuan metode barrier hops memberikan pengaruh terhadap hasil belajar shooting peserta SSB Unibraw 82 (Fhitung = 12,303 > Ftabel = 4,26), (3) tidak ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan metode drill dan metode barrier hops terhadap hasil belajar shooting peserta SSB Unibraw 82 (Fhitung = 0,567 < Ftabel = 4,26).Kata kunci: metode drill, metode barrier hops, hasil belajar shooting sepakbola.

Page 1 of 1 | Total Record : 10