cover
Contact Name
Yessy Elita
Contact Email
Yessyelita@unib.ac.id
Phone
+6281215322175
Journal Mail Official
Yessyelita@unib.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
CONSILIA
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25991221     EISSN : 26205343     DOI : https://doi.org/10.33369/consilia
Core Subject : Education,
Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan November dalam versi cetak dengan p-ISSN 2599-1221 dan versi online dengan nomor e-ISSN 2620-5343.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020)" : 10 Documents clear
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB SISWA KECANDUAN HANDPHONE STUDI DESKRIPTIF PADA SISWA DI SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU Rahmy Lestari; Illawaty Sulian
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.1.23-37

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa kecanduan handphone di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 108 orang siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kecanduan handphone dan kuesioner faktor-faktor penyebab kecanduan handphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 4 faktor kecanduan handphone, faktor internal yang menjadi penyebab utama siswa kecanduan adalah tingkat sensation seeking yang rendah dan kontrol diri yang rendah. Faktor situasional yang menjadi penyebab utama siswa kecanduan handphone adalah faktor kejenuhan belajar. Faktor sosial yang menjadi penyebab utama siswa kecanduan handphone adalah faktor conneted presence. Faktor eksternal yang menjadi penyebab siswa kecanduan adalah faktor media.Kata Kunci : Kecanduan handphone.
HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 2 MUKOMUKO Khanezza Amelia I; Hadiwinarto Hadiwinarto
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.1.1-9

Abstract

Khanezza Amelia I
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN LATAR BELAKANG ANAK YANG BROKEN HOME DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU Ezi Oktaviani Safitri; Yessy Elita
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.1.67-75

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kemandirian belajar anak yang broken home.Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.E dan VII.F SMP N 11 Kota Bengkulu yang berjumlah 31 siswa.sampel menggunakan purposive sampling. Jumalah sampel adalah 8 siswa.data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dengan nilai z = -2.524adengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0.012 yang berarti 0.012 < 0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa broken home di SMP N 11 Kota Bengkulu. Kata Kunci : kemandirian belajar, siswa, konseling kelompok
KARAKTER DAN PERILAKU MILINEAL: PELUANG ATAU ANCAMAN BONUS DEMOGRAFI Suci Prasarti; Erik Teguh Prakoso
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.1.10-22

Abstract

ABSTRACT The central problem of this research is the issue of demographic bonus and millineal generation whose impact can be an opportunity or threat to the sustainability and progress of the development of the Indonesian nation. The purpose of this research is to find indicators of character and milineal behavior and analyze the potential opportunities and threats. This study uses a qualitative approach using observation, interview, and documentation data collection techniques. The results of the study concluded that millennial generation has a unique character based on region and socio-economic conditions. One of the main characteristics of millennial generation is that it is characterized by a very literate digital, communicative, and multitasking technology. Being raised by technological advancements, this generation has creative, informative, passionate and productive characteristics. If the unique characteristics of this milineal are understood and facilitated optimally, it will be an opportunity for the development of productive human resources that will become the nation's development capital. On the other hand, the characteristics of this generation will be a threat to national development if not understood and facilitated according to their potential and passion. ABSTRAKProblematika sentral riset ini adalah isu bonus demografi dan generasi milineal yang dampaknya dapat menjadi peluang atau ancaman terhadap keberlangsungan dan kemajuan pembangunan bangsa Indonesia. Tujuan penelitian adalah menemukan indikator karakter dan perilkau milineal serta menganalisis potensi peluang dan ancamannya. Penelitian ini memnggunakan hampiran kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan  data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa generasi milenial memiliki karakter unik berdasarkan wilayah dan kondisi sosial-ekonomi. Salah satu ciri utama generasi milenial adalah ditandai oleh  sangat melek teknologi digital, komunikatif, dan multitasking. Karena dibesarkan oleh kemajuan teknologi, generasi ini memiliki ciri-ciri kreatif, informatif, mempunyai passion dan produktif. Bila karakteristik khas dari milineal ini  dipahami dan difasilitasi secara optimal akan menjadi peluang terbangunnya sumber daya manusia yang produktif sehingga akan menjadi modal pembangunan bangsa. Sebaliknya karakteristk generasi milineal ini akan menjadi ancaman pembangunan bangsa apabila tidak dipamahami dan difasilitasi sesuai dengan potensi dan passionnya.
PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI DENGAN FORMAT KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN SIKAP JUJUR SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 03 BENGKULU TENGAH Indah Sriwidia; Vira Avriyati
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.1.76-82

Abstract

       ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemberian layanan informasi terhadap peningkatan sikap jujur siswa kelas VIII D SMPN 03 Bengkulu Tengah. Metode Penelitian ini menggunakan eksperimen  one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 03 Bengkulu Tengah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sampel yang diambil adalah kelas VIII D, teknik pengumpulan data  menggunakan angket, teknik analisis data menggunakan uji Z. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap jujur meningkat setelah diberikan layanan informasi sebanyak 6 kali pertemuan. Hal ini terlihat dari nilai uji  Z = -5.087 dengan sig (2-tailed) adalah .000 artinya nilai sig (2-tailed) .000< 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap layanan informasi dengan format klasikal dalam meningkatkan sikap jujur siswa. Kata kunci: Layanan informasi, sikap jujur.
PERILAKU MEMBOLOS SISWA SMP N 22 KOTA BENGKULU (STUDI KASUS) Aldo Alvian; Rita Sinthia
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.1.38-45

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan konseling individu dengan Pendekatan Behavioral terhadap perilaku siswa membolos pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Subyek Penelitian ini sebanyak 2 orang siswa dari kelas VIII A SMP Negeri 22 Kota Bengkulu yang memiliki masalah membolos, diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan skrip konseling. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan layanan konseling perorangan dengan Pendekatan Behavioral terhadap menurunnya dampak membolos pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Hal ini ditunjukkan dari hasil konseling bahwa siswa mampu mengintegrasikan hal yang tidak disadari menjadi disadari, sehingga ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan konseling individu berpengaruh mengurangi dampak membolos siswa SMP Negeri 22 Kota Bengkulu.Kata kunci: Konseling individu, pendekatan behavioral, membolos.
PENGARUH LAYANAN KONSELING KEOMPOK DENGAN STRATEGI COPING (EMOTION FOCUSED) DALAM MEREDUKSI STRESS NARAPIDANA ANAK DI LPKA KLAS II BENGKULU Revi Alvionita; Syahriman Syahriman; Afifatus Sholihah
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.1.83-92

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan strategi coping dalam mereduksi stres narapidana anak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest dan posttest. Subjek penelitian ini menggunakan 8 orang narapidana anak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket stres. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres narapidana anak menurun setelah diberikan layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan antara pretest (103,25)  dan posttest (75,25) dengan nilai thitung =9.109 > ttabel (2,365) dan signifikansi 0,000 (p<0,05). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat stres narapipdana anak sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan strategi coping (emotion focused coping) kepada subjek penelitian. Kata kunci: stres, layanan konseling kelompok, strategi coping (emotion focused)
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF YANG MENGALAMI NOMOPHOBIA PADA MAHASISISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS BENGKULU Ozzy Rahma Fitri; Arsyadani Mishbahuddin
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.1.46-54

Abstract

ARTIKEL : PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF YANG MENGALAMI NOMOPHOBIA PADA MAHASISISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS BENGKULU
LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK INSTRUKSI DIRI UNTUK MENURUNKAN STRES AKADEMIK PADA SISWA Lira Mardianti; I Wayan Dharmayana
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.1.93-105

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik instruksi diri untuk menurunkan stres akademik siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest design, dengan sampel penelitian siswa kelas XI IIS 1 sebanyak 6 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner stres akademik. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Z. Hasil penelitian menunjukkan penurunan stres akademik siswa setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik instruksi diri. Hal ini ditunjukkan dengan nilai z= -2,201a (p< 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik instruksi diri dapat menurunkan stres akademik pada siswa kelas. Kata Kunci    : konseling kelompok , stres akademik, teknik instruksi diri
“AKU DAN TUBUHKU: EFEKTIFITAS PROGRAM PENGENALAN TUBUH DENGAN PRINSIP “ACTIVE JOYFULL LEARNING”( AJEL) SEBAGAI SALAH SATU TINDAKAN PENCEGAHAN TINDAKAN PELECEHAN DAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK Dian Fithriwati Darusmin
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.1.55-66

Abstract

AbstrakKasus kekerasan seksual yang terjadi pada anak di bawah umur saat ini sudah sangat memprihatinkan. Anak menjadi kelompok rentan terhadap pelecehan seksual karena anak diposisikan sebagai sosok yang lemah, dan tidak berdaya.  Tujuan Pelatihan ini memberikan pemahaman mengenai diri dan tubuh anak. Pelatihan dengan judul “AKU DAN TUBUHKU: Program Pengenalan Tubuh Dengan Prinsip Active Joyful Effective Learning”(Ajel). Program ini memberikan wawasan dan self awareness kepada anak tentang tubuhnya. Pelatihan ini diberikan kepada siswa kelas 4 SD Model Sleman berjumlah 84 siswa.    Pelatihan yang diberikan meliputi bagian tubuh, area sentuhan aman, tipe-tipe sentuhan, dan cara melindungi diri. Sebelum pelatihan siswa diberikan  sejumlah pertanyaan dalam bentuk isian singkat untuk mengukur wawasan anak sebelum diberi pelatihan, dan diberikan evaluasi akhir setelah pelatihan. Hasil evaluasi pelatihan menunjukkan anak mengalami peningkatan pemahaman dan wawasan mengenai tubuhnya, menjaga tubuhnya, dan memahami sentuhan aman dan tidak aman. Kata Kunci: prinsip ajel, pendidikan seks, pra remaja, self awareness,

Page 1 of 1 | Total Record : 10