cover
Contact Name
Laode Muharam
Contact Email
jurnal_bening@uho.ac.id
Phone
+6285325030388
Journal Mail Official
jurnal_bening@uho.ac.id
Editorial Address
Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kendari, 93232. Telp. (0401) 3190607, HP: 085325030388
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 25484222     EISSN : 27161765     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/bening
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling memiliki fokus dan cakupan pada bidang bimbingan, dan konseling
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020)" : 15 Documents clear
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERNIKAHAN USIA DINI SISWA Nurwia, Nurwia; Muharam, La Ode; Rudin, Abas
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v4i1.10483

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya pernikahan usia muda pada  siswa SMA Negeri 2 Mawasangka Tengah Kabupaten Buton Tengah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif  yaitu penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian yang dilakukan secara holistik. Informasi dalam penelitian ini adalah satu orang guru BK, satu orang guru wali kelas dan 5 0rang mantan siswa SMA Negeri 2 Mawasangka Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab terjadinya pernikahan usia muda siswa SMA Negeri 2 Mawasangka Tengah yaitu 1) ekonomi keluarga yang tergolong kategori kurang mampu, siswa bersedia menikah pada usia dini untuk membantuk ekonomi keluarga mereka, dengan pernikahan tersebut maka orang tua telah kehilangan tanggung jawab keuangan atas anak mereka 2) rendahnya kesadaran terhadap pentingnya pendidikan, rendahnya pemahaman tersebut dikarenakan rendahnya tingkat pendidikan orang tua dan anak 3) faktor pengaruh lingkungan tempat tinggal. Kata Kunci: Faktor-faktor Penyebab Pernikahan, Usia Muda
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU ALTRUISME SISWA Mesa, Nur Maya Reslia; Aspin, Aspin; Rudin, Abas
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v4i1.10487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan perilaku altruisme siswa SMP Negeri 9 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimendengan desain One Group Pre Test and Post Test. Subjek penelitian ini berjumlah 8 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket perilaku altruisme. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa perilaku altruisme siswa sebelum diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok berada pada kategori rendah. Sedangkan setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan 23,05%. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji Wilcoxon signed rank pada taraf signifikasi  diperoleh  = 0,012.  (0,012  0,05) dengan demikian layanan bimbingan kelompok berpengaruh dalam meningkatkan perilaku altruisme siswa. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh dalam meningkatkan perilaku altruisme siswa SMP Negeri 9 Kendari. Kata Kunci: Perilaku Altruisme, Bimbingan Kelompok
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA Risma, Risma; Suarni, Wa Ode; Arifyanto, Alber Tigor
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v4i1.10493

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan kedisiplinan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan desain one group pre test and post test. Subjek penelitian ini berjumlah 8 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket kedisiplinan siswa. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa sebelum diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok berada pada kategori rendah. Sedangkan setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan 16,47%. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji  Wilcoxon signed rank pada taraf signifikan   0,05 diperoleh   0,027.   dengan demikian layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan kedisiplinan siswa. Dari hasil tersebut, disimpulkan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan kedisiplinan siswa SMP Kesehatan Mandonga Kendari. Kata Kunci: Kedisiplinan, Bimbingan Kelompok
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT BACA SISWA Asniar, Asniar; Muharam, La Ode; Silondae, Dodi Priyatmo
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v4i1.10484

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya minat baca siswa di SMA Negeri 1 Oheo. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah  guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling, dan siswa SMA Negeri 1 Oheo. Teknik pengumpulan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil Penelitian adalah faktor penyebab rendahnya minat baca siswa di SMA Negeri 1 Oheo adalah faktor psikologi, faktor kebiasaan, faktor buku atau bahan bacaan, faktor lingkungan keluarga dan faktor lingkungan sekolah. Kata Kunci: Minat Baca Siswa
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB AGRESI VERBAL SISWA Haslinda, Haslinda; Jahada, Jahada; Silondae, Dodi Priyatmo
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v4i1.10489

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab  agresi verbal siswa di MTs. Negeri 4 Bombana. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian yang dilakukan secara holistic. Informan dalam penelitian ini adalah 1 guru BK, 1wali kelas dan 2 orang siswa MTs. Negeri 4 Bombana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 250 siswa peneliti memeroleh 2 siswa yang mengalami agresif verbal. Faktor-faktor penyebab  agresi verbal siswa di MTs. Negeri 4 Bombana yaitu faktor internal (faktor frustasi, faktor gangguan pengamatan, faktor gangguan berfikir, dan faktor gangguan perasaan/emosional) dan faktor eksternal (faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sekolah, dan faktor lingkungan sosial). Kata Kunci: Agresi Verbal Siswa
SIKAP SISWA TERHADAP PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING Rosnawati, Rosnawati; Binasar, Sudarmi Suud; Jahada, Jahada
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v4i1.10494

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan Sikap Siswa Terhadap Peran Guru BK Pada Jurusan Geologi di SMK Negeri 6 Kendari. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Jurusan Geologi di SMK Negeri 6 Kendari yang berjumlah 132 orang.Sedangkan sampel penelitian sebanyak 26 orang yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap yang berjumlah 60 butir pernyataan yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deksriptif Persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas siswa 61.53% atau 16 orang siswa dinyatakan memiliki sikap yang  cukup baik terhadap peran guru BK di sekolah, yaitu dengan perolehan skor berada pada rentang skor (109-141) pada kategori cukup baik, serta perolehan rerata skor angket sebesar 136.7 berada pada rentang  skor (109-141) pada kategori cukup baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sikap siswa terhadap peran guru BK pada Jurusan Geologi di SMK Negeri 6 kendari berada pada kategori cukup baik. Kata Kunci: Sikap Siswa, Peran Guru Bk
PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP KENAKALAN REMAJA (SISWA) Asniati, Asniati; Binasar, Sudarmi Suud; Jahada, Jahada
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v4i1.10485

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh penggunaan internet terhadap kenakalan remaja (siswa) SMA Negeri 2 Tomia.  Penelitian ini bersifat expost facto yang bertujuan untuk mencari informasi tentang hubungan sebab akibat dari suatu peristiwa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tomia yang terbagi 4 kelas yang berjumlah 125 orang sedangkan sampel penelitian sebanyak 32 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yaitu angket penggunaan internet dan kenakalan remaja siswa. Dari hasil analisis data yaitu analisis regresi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan internet siswa terhadap kenakalan remaja SMA Negeri 2 Tomia. Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi penggunaan internet maka semakin tinggi pula kenakalan remaja siswa di SMA Negeri 2 Tomia Kabupaten Wakatobi. Besarnya kontribusi penggunaan internet terhadap kenakalan remaja siswa di SMA Negeri 2 Tomia adalah sebesar 32,8%. Kata Kunci: Penggunaan Internet, Kenakalan Remaja
PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG MENGALAMI ADIKSI GAME ONLINE DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGALAMI ADIKSI GAME ONLINE Mukmin, Muhamad; Suarni, Wa Ode; Binasar, Sudarmi Suud
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v4i1.10490

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang mengalami adiksi game online dengan siswa yang tidak mengalami adiksi game online di SMKN 2 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif.Subjek dalam penelitian ini 66 orang siswa. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-test dengan taraf signifikan a = 0,05 diperoleh sig. 2 tailed 0,00. Sig. 2 tailed <a (0,00 < 0,05). Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa yang mengalami adiksi game online dengan siswa yang tidak mengalami adiksi game online di SMKN 2 Kendari. Kata Kunci: Adiksi Game Online, Prestasi Belajar
PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA Kasna, Wa Ode; Muharam, La Ode; Binasar, Sudarmi Suud
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v4i1.10495

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa SMP Negeri 1 Loghia Kabupaten Muna. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 19 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Loghia Kabupaten Muna. Metode analisis data menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian menunjukkan layanan informasi dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Negeri Loghia, hal ini ditunjukkan dengan nilai sig. = 0,000 pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05. Berdasarkan data nilai signifikansi tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan informasi berpengaruh terhadap peningkatan penyesuaian diri siswa SMP Negeri 1 Loghia Kabupaten Muna. Kata Kunci: Layanan Informasi, Penyesuaian Diri Siswa
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH Nurdiana, Wa Ode Nanang; Siregar, Nani Restati; Arifyanto, Alber Tigor
Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/bening.v4i1.10488

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa di lingkungan sekolah kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan melalui bimbingan kelompok. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket penyesuaian sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penyesuaian sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan mengalami peningkatan sebesar 20,09% setelah diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan wilcoxon signed rank dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh P=0,05 diperoleh Pvalue = 0,012. Pvalue ˂ α (0,012 ˂ 0,05) dengan demikian H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap penyesuaian sosial siswa di lingkungan sekolah kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan. Kata Kunci: Penyesuaian Sosial, Bimbingan Kelompok

Page 1 of 2 | Total Record : 15