cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. pangkajene kepulauan,
Sulawesi selatan
INDONESIA
MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 26155273     EISSN : 26146673     DOI : -
Core Subject : Education,
MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal ABDIMAS yang dikelola dengan proses peer review, dipublikasikan oleh STKIP Andi Matappa memiliki e-ISSN: 2614-6673 dan p-ISSN: 2615-5273. menerbitkan artikel pengabdian pada masyarakat dengan bidang pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, pembangunan manusia dan daya saing bangsa, usaha kecil menengah dan Pengembangan teknologi berwawasan lingkungan. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, terbit dua kali dalam satu tahun yaitu bulan maret dan September. Artikel yang telah publish dapat didownload secara gratis, dibaca dan disebrluaskan sebagai rujukan artikel selanjutnya.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020): Maret" : 25 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA YANG BERBASIS ONLINE PADA MASYARAKAT DESA TANJAKAN Aziz, Roikhan Mochamad; Haq, Dhiyaul; Meilani, Meilani; Zahroh, Sekar Aini
MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Maret ( Article In Progress)
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.232 KB) | DOI: 10.31100/matappa.v3i1.497

Abstract

The level of acceptance in Indonesia is quite large, many factors cause it, one of them less able to compete in the world of work. The purpose of this study is to introduce and motivate citizens about entrepreneurship by using technology that is being developed continuously. This research was conducted in Tanjakan Village, Rajeg District, Tangerang Regency, Banten. The method used is descriptive qualitative. The subject is the Tanjakan community itself. From this research, it can be seen that what is related to related citizens through online media, both, but minimation, understands how to do entrepreneurship using technology that makes citizens less courage to start a business.
PKM KELOMPOK IBU-IBU PEMBUAT KUE-KUE KERING TRADISIONAL Kamaruddin, Umar; Yahya, Muhammad
MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Maret ( Article In Progress)
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31100/matappa.v3i1.564

Abstract

Tujuan PKM adalah melakukan Pelatihan dilakukan terhadap kelompok ibu-ibu yang berkaitan dengan produk olahan yang meliputi; kualitas bahan yang digunakan, diversifikasi bentuk prodak, diversifikasi rasa, serta bentuk kemasan prodak, Pelatihan dilakukan terhadap kelompok Ibu-ibu tentang manajemen mengelolah usaha kecil menengah, Melatih kelompok Ibu-ibu mitra tentang cara penggunaan sistim informasi melalui intenetan, Menyiapkan tempat yang strategis sebagai tempat memasarkan produk olahan mitra. Kondisi akhir dari kegiatan ini adalah.  1) Meningkatkan skill kelompok sasaran sebesar 30 % dalam membuat kue-kue kering  sehingga layak dijual dan diminati konsumen.  2) Omzet penjualan kelompok sasaran meningkat 50% . 3)  Berkembangnya wirausaha kelompok sasaran sehingga akan meningkatkan   penyerapan tenaga kerja sebesar 30%.  4)  Meningkatnya ekonomi penduduk di sekitar wilaya desa Pincara Kec. Patampanua Kab. Pinrang
PELATIHAN KETARAMPILAN KOMUNKASI DAN KETERAMPILAN KONSELING BAGI GURU Supriyadi, Arif; Setiawan, Muhammad Andi
MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Maret ( Article In Progress)
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.692 KB) | DOI: 10.31100/matappa.v3i1.502

Abstract

Guru sebagai professional dituntut memiliki keterampilan Komunikasi. Tidak terkecuali bagi guru di sekolah dasar, mereka belum sepenuhnya memahami layanan konseling secara mendalam. Komunikasi dalam komunikasi konseling, bisa dilihat sebagai bagian kualitas pribadi guru BK. Dalam penyelenggaraan praktik konseling, Guru mengandalkan penggunaan sejumlah keterampilan, salah satunya yaitu kemampuan berkomunikasi yang merupakan keterampilan mikro konseling. Terdapat dua kategori utama keterampilan konseling yang harus dimiliki Guru sekolah yaitu keterampilan komunikasi dan bertindak, serta keterampilan pikiran. Keterampilan komunikasi dan bertindak melibatkan perilaku eksternal, dan keterampilan pikiran melibatkan perilaku internal Guru. Keterampilan komunikasi merupakan salah satu keterampilan utama yang harus dikuasai oleh Guru untuk penyelenggaraan praktik konseling
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA Wahid, Abdul; Afni, Nur; Jumrah, Abrina Maulid Nawati; Hastati, Sri; Budiman, Muh. Indra; Khaedar, Muh
MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Maret ( Article In Progress)
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.166 KB) | DOI: 10.31100/matappa.v3i1.542

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk melatih guru-guru mengembangkan pembelajaran temati dalam menelaah kompetensi dasar pada pembelajaran tematik.metode yang digunakan adalah metode pelatihan dan workshop dalam bentuk ceramah dan praktek. hasil pengabdian adalah1) menguasai pengetahuan dan kemampuan guru dalam mengajarkan lagu anak-anak sesuai tema; (2) Guru memiliki kompetensi dalam meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa; (3) Bahan ajar yang tersedia menggunakan pendekatan tematik sehingga  guru mudah memadukan materi sesuai tema; (4) Bahan ajar tematik bersifat nasional sehingga  materi yang diajarkan sesuai dengan kondisi lingkungan belajar siswa; (5) Lingkungan sekolah dan sarana teknologi sangat mendukung karena sarana pendukungnya memenuhi syarat; (6) Jadwal yang menggunakan pembelajaran tematik mempermudah guru dalam memadukan berbagai mata pelajaran secara luwes; (7)  Guru tidak kesulitan dalam melakukan penilaian bagi siswa; (8) Guru mudah menentukan Kriteria ketuntansan Minimal.
PELATIHAN PROGRAM CABRI 3D DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Dadi, Oswaldus; Palobo, Markus; Ruslau, Maria Fransina Veronika
MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Maret ( Article In Progress)
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.434 KB) | DOI: 10.31100/matappa.v3i1.507

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan guru matematika dalam menggunakan software Cabri 3D sebagai salah satu media pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan pelatihan program Cabri 3D dilaksanakan dengan menggunakan metode pelatihan, demonstrasi, praktek langsung, dan evaluasi penggunaan program Cabri 3D pada materi bangun ruang sis datar dan sisi lengkung.  Hasil kegiatan pelatihan antara lain peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Cabri 3D yang mendukung proses pembelajaran dikelas, peserta memperoleh pengetahuan baru dan keterampilan serta peningkatan kompetensi pedagogik guru matematika. Selama proses pelaksanaan 80% peserta  mampu mengoperasikan program Cabri 3D dalam pembelajaran geometri, dan dari hasil evaluasi 100% peserta kegiatan sangat puas dengan pelaksaan kegiatan dan ingin agar dapat menyampaikan materi  yang lain selain materi geometri sekolah Menengaha pertama baik dengan program Cabri 3D maupun software yang lainnya .
PKM DEKLARASI ANTI BULLYING BAGI SISWA SMP Aryani, Farida; Sinring, Abdullah
MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Maret ( Article In Progress)
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.728 KB) | DOI: 10.31100/matappa.v3i1.474

Abstract

Bullying menjadi salah satu bentuk kekerasan dan agresif siswa di sekolah. Bullying itu sendiri terjadi ketika seorang berusaha untuk menyakiti secara psikologis ataupun fisik terhadap seseorang/sekelompok orang yang lebih ?lemah?, oleh seseorang/ sekelompok orang yang lebih ?kuat?. Hubungan sebaya memiliki peranan yang kuat dalam kehidupan siswa. Fokus dari hubungan sebaya adalah bagaimana seseorang dapat diterima dalam suatu pertemanan dengan teman yang memiliki kesamaan dalam usia, latar belakang ataupun nasib. Membentuk kelompok sebaya dengan peran sebagai ambassador anti bullying menjadi salah satu alternative untuk menciptakan lingkungan sekolah yang positif, mengajak siswa untuk tegas melaporkan perilaku bullying yang terjadi, membiasakan untuk melakukan perilaku positif dan melakukan deklarasi anti bullying serta menjadikan program anti bullying terintegrasi dengan OSIS.  Seluruh tujuan, target dan metode ini dirancang dalam skenario yang terukur, dimulai dari analisis kondisi masyarakat mitra, merancang program anti bullying dengan melibatkan siswa-sisw SMP yang diselenggarakan dalam waktu 3 bulan, sehingga membentuk lingkungan yang positif dan menghasilkan program bagi OSIS. Hasil kegiatan PKM yaitu 1) Meningkatnya kesadaran siswa terhadap peran teman sebaya sehingga terbentuknya Komunitas Ambassador Anti Bullying dari Siswa. 2) Terbentunya program Anti Bullying yang terintegrasi ke dalam program OSIS SMP Negeri 1 Polongbangkeng Utara, dan 3) Melakukan deklarasi Anti Bullying.
PKM PENGEMBANGAN KARYA INOVATIF BENTUK ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME KELOMPOK KERJA GURU Badjeber, Rafiq; Mailili, Wahyuni H
MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Maret ( Article In Progress)
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.716 KB) | DOI: 10.31100/matappa.v3i1.565

Abstract

The purpose of this community service activity is in the form of workshops and training to develop innovative works in the form of elementary school teaching aids. The steps for implementing the community partnership program are 1) The stage of preparing and developing training materials; 2) The training phase; 3) The stage of mentoring and practice of KTI 4) The stage of mentoring practice of  making teaching aids for elementary school. Service methods used include lecture, discussion and practice methods. The  results of the implementation of the service training shows an increase in the ability of teachers in developing knowledge, comprehension, professionalism and creativity in designing teaching aids as a medium for learning mathematics in elementary schools
PKM PEMANFAATAN LIMBAH SEKAM PADI KABUPATEN MAROS SULAWESI SELATAN Yunus, Sattar; Anshar, Muhammad; Muis, Ramdiana; Anggraini, Nani; Ariani, Fitri
MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Maret ( Article In Progress)
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.063 KB) | DOI: 10.31100/matappa.v3i1.508

Abstract

Pada umumnya pengeringan di lakukan oleh pemilik penggilingan padi dan petani yaitu dengan pemanfaatan energi panas dari sinar matahari, sehingga proses pengeringan akan terganggu jika panen yang bersamaan dengan musim hujan. Oleh sebab itu diperlukan alat pengering yang menjadi solusi. Alat pengering gabah yang dirancang dan dibuat adalah menggunakan sistim Rotary Dryer dimana gabah yang di masukkan ke dalam ruang pengering yang berputar akan teraduk oleh flight sekaligus diantar sampai ke hopper output. Hasil pengujian menunjukkan bahwa  gabah sebanyak 50 kg dengan proses pengeringan pada suhu rata-rata 80  dalam waktu 30 menit dengan berat setelah proses seberat 39 kg. Setelah melalui pengujian di workshop maka selanjutnya alat Pengering tersebut di bawa ke Mitra yaitu komunitas Penggilingan Padi di Kasuarang Kelurahan Allepolea Kecamatan  Lau Kabupaten Maros sekaligus dilakukan pelatihan penggunaan alat tersebut. Para peserta Pelatihan sangat antusias dan begitu tertarik mengikuti Pelatihan karena mereka menyatakan bahwa Limbah sekam mereka yang selama ini tidak dimanfaatkan bahkan cenderung mengganggu maka dengan adanya alat ini maka dapat dimanfaatkan bahkan menjadi solusi akan kebutuhan pengeringan pada saat panen yang bersamaan dengan musim hujan.
MENGELOLA KEUANGAN USAHA SECARA PRAKTIS DENGAN APLIKASI KEUANGAN BERBASIS ANDROID PADA USAHA MANUFAKTUR DI KOTA TEGAL Tika, Hetika; Sari, Yeni Priatna; Farida, Ida; Harjanti, Ririh Sri
MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Maret ( Article In Progress)
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.374 KB) | DOI: 10.31100/matappa.v3i1.476

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan edukasi kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tegal mengenai pentingnya penyusunan laporan keuangan dan memberikan pelatihan penyusunan laporan keuangan secara praktis dengan aplikasi berbasis android yaitu aplikasi akuntansi ?UKM-ID?. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan dan pendampingan penyusunan laporan keuangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara dengan pelaku UMKM terkait dengan permasalahan yang dihadapi selama ini dalam menjalankan usaha. Kegiatan ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, implemetasi dan pendampingan (monitoring). Secara garis besar kegiatan pengabdian ini meningkatkan kesadaran pelaku UMKM untuk melakukan pencatatan keuangan, dan berkontribusi dalam peningkatan ketrampilan pelaku UMKM dalam menyusun laporan keuangan.The purpose of this community service activity is to provide education to SMEs in the City of Tegal about the importance of preparing financial reports and provide training in preparing financial reports in a practical manner with an android-based application that is the application of "UKM-ID Accounting". The method used in this service is training and assistance in preparing financial reports. The data collection method in this community service activity is through observation and interviews with SMEs actors related to problems encountered so far in conducting business. This service activity is carried out through three stages, namely planning, implementation and assistance (monitoring). Broadly speaking, this service activity increases the awareness of SMEs to carry out financial records, in addition to these activities contribute to improving the skills of SMEs in preparing financial statements.
PKM WORKSHOP MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DAN KREATIF PADA GURU DI MTS DARUSSALAM RAJA AMPAT Anwar, Zakiyah; Fahrizal, Ahmad; Budiarti, Marlinda I.E
MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Maret ( Article In Progress)
Publisher : STKIP Andi Matappa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31100/matappa.v3i1.445

Abstract

The purpose of this activity is Training and introduce to teachers in remote and outermost areas about Learning Models in the classroom in Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darussalam Lilinta village. The method used in this activity is lecture and demonstration method. The lecture method is carried out as an effort to improve teacher understanding with an explanation of the stages of each learning model in the classroom while the demonstration method is an effort of elaborating theory in developing models systematically and increasing teacher understanding in applying theory in class. This activity has a positive impact on teachers and the community in the lilinta villages that are remote and outermost and far from urban access. the results of this activity in the form of excellent teacher responses compiled in the form of written reports for each group. In general the impact of this activity is very positive and responsive, this can be seen from the number of teachers who are active in workshop activities

Page 1 of 3 | Total Record : 25