cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. hulu sungai utara,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 26205807     EISSN : 26207184     DOI : -
Core Subject : Education,
Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah secara khusus dan pendidikan anak umumnya. dengan nomor ISSN: 2620-5807, Artikel yang diterima diutamakan penelitian lapangan kuantitatif atau kualitatif. Penelitian literatur akan dipertimbangkan diterima berdasarkan keluasan dan kedalaman kajian. P-ISSN:2620-5807 E-ISSN:2620-7184
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Al-Madrasah Vol. 6, No. 1, Juli-Desember 2021" : 7 Documents clear
Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di SD Insan Amanah Malang) Mohammad Arief
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 6, No. 1, Juli-Desember 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v6i1.709

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) merupakan elemen utama dalam organisasi dibandingkan elemen lain seperti modal dan teknologi, sebab manusia itu sendiri yang mengendalikan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengkaji lebih mendalam tentang Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia di SD Insan Amanah Malang dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik non statistik dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan studi kasus (case study). Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis interaktif melalui 3 kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi data. Dari hasil penelitian ini dapat dipaparkan bahwa Implementasi manajemen sumber daya manusia di SD Insan Amanah Malang dalam upayanya meningkatkan mutu sekolah cukup memberikan dampak yang positif terhadap pencapaian program dan visi misi sekolah
Pembelajaran Daring dan Konsekuensinya Pada Kesepian Siswa: Tinjauan Literatur Ani Cahyadi; Agus Setiawan
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 6, No. 1, Juli-Desember 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v6i1.712

Abstract

Sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran dan penularan COVID-19, seluruh aktivitas pembelajaran dipindahkan ke mode daring. Praktek ini telah disebut social distancing yang mengharuskan orang untuk terpisah secara fisik. Keharusan ini merupakan bentuk pemisahan yang dapat memicu perasaan terisolasi yang selanjutnya berkontribusi pada tingkat kesepian yang belum pernah terjadi sebelumnya. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi apakah pembelajaran daring memiliki potensi negative bagi siswa karena tidak efektifnya komunikasi antara pengajar dan siswa. Meskipun teknologi menawarkan banyak kemudahan dan kesempatan yang lebih besar bagi siswa untuk mengakses pembelajaran kapan saja dan dimana saja, namun sisi lainnya dapat menjadi pemicu rasa kesepian siswa karena kurangnya interaksi fisik dengan guru dan rekan sejawatnya. Suasana belajar online yang jauh dan impersonal juga dapat mendorong siswa tidak mengenal satu sama lain, dan kondisi ini kurang baik untuk perkembangan psikologis siswa.
Peran Home Visit Untuk Mengatasi Hambatan Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Normal Islam Rakha Rif Atul Ajizah; Maemonah Maemonah; Alfi Rahmatin 'Ulya
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 6, No. 1, Juli-Desember 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v6i1.742

Abstract

Riset ini menyoroti hambatan atau kendala belajar anak usia sekolah dasar pada saat wabah corona. Riset ini bertujuan mengetahui segala hambatan yang terjadi sewaktu proses belajar mengajar online berlangsung juga peran home visit sebagai solusinya. Penulis memilih masalah ini karena sekarang masih marak-maraknya pembelajaran online bagi anak-anak sekolah, khususnya di sini anak usia sekolah dasar. Hal ini menarik bagi penulis, selaku penulis juga adalah seorang pendidik di Madrasah Ibtidaiyah. Penulis selaku seorang pendidik merasa dan mengalami begitu banyak hambatan atau kendala selama mengajar secara online, secara lebih rinci di sini akan memfokuskan subyeknya adalah anak didik, yaitu hambatan mereka dalam belajar secara online. Metode penelitian yang dilakukan adalah wawancara dan observasi. Wawancara disini yang diwawancarai adalah 10 orang siswa Madrasah Ibtidaiyah Normal Islam Rakha dan 10 orangtua siswa. Selain itu, penulis melakukan observasi selama masa pembelajaran berlangsung. Kesimpulan akhir yang didapat ternyata setelah melakukan home visit hambatan belajar di saat pandemi lebih bisa teratasi dari pada pembelajaran lewat daring saja.
Peran Guru Pendamping Khusus Dalam Mengembangkan Emosional Anak Autisme di Kelas 1 A SDIT Al-Firdaus Banjarmasin Muhammad Iqbal Ansari; Barsihanor Barsihanor; Nirmala Nirmala
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 6, No. 1, Juli-Desember 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v6i1.418

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru pendamping khusus dalam mengembangkan emosional anak autisme di Kelas 1 A SDIT Al-Firdaus Banjaramasin, serta mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru pendamping Khusus dalam mengembangkan emosional anak autisme di kelas 1 A SDIT Al-Firdaus Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatiif dengan jenis pendekatan studi kasus dengan subjek penelitian kepala sekolah, Guru pendamping khusus dan wali kelas. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Penelti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru pendamping khusus dalam mengembangkan emosional anak autis di kelas 1 A SDIT Al-Firdaus Banjarmasin: 1) motivator, 2) Fasilitator, 3) Mediator 4) Pembimbing 5) Pendamping. Faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru pendamping khusus dalam mengembangkan emosional anak autisme di kelas 1 A SDIT Al-Firdaus Banjarmasin adalah: 1) Peran Lingkungan Keluarga, 2) Peran Lingkungan Sekolah.
Pola Asuh Orang Tua “Zaman Now” Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia Dasar Muhammad Majdi; Hj Rahimah; Muzdhalifah Muzdhalifah
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 6, No. 1, Juli-Desember 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v6i1.533

Abstract

Pola asuh orang tua “zaman now” yang dimaksud adalah pola asuh orang tua pada masa pandemi (Covid-19) yang mengalami pergeseran karena segala aktivitas pendidikan anak dilakukan secara online artinya berdampak pada pola asuh orang tua, tidak terkecuali terhadap keterampilan berbicara anak. Keterampilan berbicara tersebut memiliki dampak, karena pada dasarnya anak senang bermain dan berinteraksi yang mana banyak dihabiskan di Sekolah. maka dari itu pola asuh orang tua penting bagi tumbuh-kembangnya keterampilan anak pada masa sekarang. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan induktif, subjek dalam penelitian adalah beberapa orang tua yang memiliki anak pada tingkat Sekolah dasar atau Madrasah Ibtidaiyah dampak Covid-19. Hasil penelitian dari 6 narasumber ditemukan bahwa pola asuh orang tua berbeda-beda. Hasilnya dijabarkan sebagai berikut: Narasumber 1 pola asuh Demokratis, narasumber 2 pola asuh Otoriter, narasumber 3 pola asuh Autoritatif, narasumber 4 pola asuh Demokratis, narasumber 5 pola asuh permisif, dan narasumber 6 pola asuh Demokratis dan Permisif. Hasil yang berbeda terjadi pada Narasumber yang ke-5 berdampak negatif karena kurang tegas dan kurang seimbangnya pengaruh orang tua sehingga orang tua dibawah kendali anak.
Integration of Religious Values in learning at MI Bustanul Ulum Batu City Nunzairina Nunzairina; Mohd. Norma Sampoerno; Muhd Hayyanul Damanik; Wahyu Iskandar
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 6, No. 1, Juli-Desember 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh amanat konstitusi yang menyiratkan perlunya integrasi nilai-nilai religius dalam pembelajaran. Problem yang terjadi bahwa ada indikasi fluktuasi dikotomis setiap pembelajaran terpisah dari integrasi nilai-nilai religious. Banyaknya problem yang timbul ditengah-tengah masyarakat sangat erat kaitannya dengan kualitas sumber daya manusia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dari pembelajaran integrasi nilai religius pada pembelajaran di MI Bustanul Ulum Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru koordinator bidang kurikulum, wali kelas dan siswa di MI Bustanul Ulum Kota Batu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai religius dalam pembelajaran di MI Bustanul Ulum Kota Batu dilihat melalui empat tataran yaitu visi dan misi (tataran Konseptual), budaya madrasah (tataran intitusional), rancangan dalam pembelajaran (tataran operasional) dan sarana prasarana madrasah (tataran arsitektural). Berdasarkan hasil penelitian ini teridentifikasi permasalahan yang timbul akan sulitnya untuk mencari serta menghubungkan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits dalam tema pembelajaran, maka peran guru dengan wawasan ke-Islaman sangat berpengaruh dalam pelaksanaan pembelajaran integrasi nilai-nilai religius.
Barcode Sebagai Media Pembelajaran Blended Learning Pada Pelajaran IPS Syarifuddin Syarifuddin; Muhammad Nasir; Mardiana Mardiana
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 6, No. 1, Juli-Desember 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v6i1.741

Abstract

Kegiatan belajar-mengajar pada peserta didik di sekolah sekarang mayoritas menggunakan Smartphone, semua ini disebabkan karena adanya wabah virus covid-19 yang menyerang dunia dan tanpa terkecuali Indonesia. Peserta didik dalam menggunakan smartphone harus diawasi dan dibantu orang tua, karena dalam smartphone begitu banyak informasi yang tidak bisa disaring oleh anak-anak, baik dari sesi positif dan negatifnya. Oleh karena itu perlu sesuatu alat yang dapat mengarahkan anak-anak dalam belajar dan lebih terfokus dengan materi pembelajaran. Barcode merupakan suatu gambar yang berbentuk abstrak yang bisa memunculkan tulisan, data, suara bahkan video. Manfaat dari media barcode ini diharapkan mampu membuat peserta didik menjadi lebih terfokus dengan pelajaran yang diberikan guru. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan (R&D) tahapannya menggunakan model ADDIE. Media yang dikembangkan adalah media barcode. Hasil uji validasi pengembangan media barcode secara keseluruhan sudah lengkap dan sudah layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar di kelas. Media ini diharapkan akan membantu guru-guru dalam membuat bahan ajar yang simpel dan terfokus pada smartphone.

Page 1 of 1 | Total Record : 7