cover
Contact Name
Mihram
Contact Email
admin@ddipolman.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
q2.alyuzra@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. polewali mandar,
Sulawesi barat
INDONESIA
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner)
ISSN : 25492411     EISSN : 25485520     DOI : -
Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner (JPPI) published by IAI DDI Polewali Mandar, jornals are published twice a year in Juni dan Desember. This journal Contains articles of thought and research results in Islamic education disciplines. This journal warmly welcomes contributions from scholars and experts of related disciplines
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2022): JPPI Volume 6 Nomor 2 Desember 2022" : 5 Documents clear
PELAKSANAAN SISTEM MUDHARABAH PETERNAK SAPI DI DESA LEMBANG-LEMBANG KECAMATAN LIMBORO DITINJAU DARI KONSEP MUDHARABAH Dzulkifli Dzulkifli; Ferdiansyah Ferdiansyah; Ulfa Ulfa
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) Vol 6 No 2 (2022): JPPI Volume 6 Nomor 2 Desember 2022
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jppi.v6i2.123

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui konsep pelaksanaan sistem mudharabah dalam Islam dan tinjauan ekonomi Islam terhadap peternak sapi di desa Lembang-lembang kecamatan Limboro. Menggunakan mixed method research yang menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif model concurrent embedded, yaitu dari praktek-praktek pelaksanaan bagi hasil peternak sapi yang dilakukan oleh masyarakat desa Lembang-lembang. Informan penelitian adalah seluruh pemilik dan peternak sapi di dusun banua baru dengan jumlah sebanyak 20 orang. Penggunaan metode wawancara dan angket untuk mendapatkan data yang valid, selanjutnya menganalisis dengan metode reduksi data, penyajian dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sistem bagi hasil pada usaha ternak sapi menggunakan sistem revenue sharing. Dengan porsi nisbah dibagi dua atau 50: 50 setelah dikurangi modal awal milik pemilik dan tinjauan ekonomi Islam mengenai usaha ternak sapi di Desa Lembang-lembang masih belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip syariah.
ANALISIS RASIO PROFITABILITAS TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL AS’ADIYAH SENGKANG Andi Yuniarti; Faisal Faisal
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) Vol 6 No 2 (2022): JPPI Volume 6 Nomor 2 Desember 2022
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jppi.v6i2.125

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Rasio Profitabilitas Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada Baitul maal Wat Tamwil As’adiyah Sengkang.2022. Data yang diolah dalam penelitian ini adalah Laporan Neraca dan Laporan Laba / Rugi dari tahun 2019 sampai dengan tahun 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan rumus: Rasio Profitabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jika hasil keseluruhan yang telah diteliti berdasarkan rasio profitabilitas BMT As’adiyah Sengkang cenderung stabil sebagian besar rasio profitabilitasnya diatas rata-rata industri yang telah ditetapkan, dapat dilihat bahwa pendapatan perusahaan termasuk dalam kategori baik.
PENGARUH BUDAYA MADRASAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU PADA PONDOK PESANTREN ASH-SHOLIHIN KABUPATEN GOWA. Nurhikmah Nurhikmah; Husnussaadah Husnussaadah
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) Vol 6 No 2 (2022): JPPI Volume 6 Nomor 2 Desember 2022
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jppi.v6i2.128

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Budaya Madrasah terhadap Motivasi Kerja Guru di Pondok Pesantren Ash-Sholihin. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah 107 orang. Sample sebanyak 27 orang dengan teknik Probabiliti Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket (questionnaire), teknik analisis data yang digunakan yakni analisis statistik deskriptif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Budaya Madrasah berada pada kategori tiggi dengan frekuensi 11 orang atau 41 %. (2) Motivasi Kerja Guru berada pada kategori sangat tinggi dengan frekuensi 19 orang atau 70 %. (3) Hasil analisis inferensial thitung = 4,863 > ttabel = 2,05 terdapat pengaruh signifikan budaya madrasah terhadap motivasi kerja guru pada Pondok Pesantren Ash-Sholihin Kabupaten Gowa. Kata Kunci: Budaya Madrasah, Motivasi Kerja Guru.
ANALISA FINGERPRINT DAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TENAGA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN SMK IBRAHIMY 1 DAN MTS. SALAFIYAH SYAFI’IYAH PUTRA SUKOREJO Muhammad Abdul Manan; Mahmudi Mahmudi
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) Vol 6 No 2 (2022): JPPI Volume 6 Nomor 2 Desember 2022
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jppi.v6i2.129

Abstract

The rapid technological development in this decade has an impact on all lines of life. Like wise with the absence of a manual that has been replaced by a fingerprint. Fingerprint can be used as a practical tool and can minimize fraud in attendance that is often done by workers. MTs Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo dan SMK Ibrahimy 1 Sukorjo are institutions under the auspices of the Pondok Pesantren Syafi'iyah Sukorejo which adopts the use of fingerprints to facilitate labor management. It is also hoped that fingerprints can improve work discipline with transparent and honest evaluations of employee performance. The use of fingerprints as a tool must be supported by policies that clearly regulate both use and sanctions. Fingerprint analysis that has been done shows that there is still not a maximum number of participants in using fingerprint with various factors. Regression curves also have not shown consistency of work timeliness so there is a need for policy evaluation in the use of fingerprint. Ofcourse the application and implementation of policies governing the use of finger print is not immune to leadership in an institution. So there needs to be synergy that creates expected work discipline and an ideal institution.
MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVE PADA SISWA KELAS II SEMESTER I SDN 020 REA BARAT KECAMATAN MATAKALI KABUPATEN POLEWALI MANDAR Muslimin Muslimin; Yusriah Yusriah
JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner) Vol 6 No 2 (2022): JPPI Volume 6 Nomor 2 Desember 2022
Publisher : IAI DDI Polewali Mandar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36915/jppi.v6i2.130

Abstract

Menumbuhkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika (Tematik) dengan menggunakan strategi pembelajaran Konstruktive dalam proses pembelajaran merupakan tujuan penelitian dan subjeknya adalah peserta didik kelas II Semester I di SDN 020 Rea Barat Kecamatan Matakali Kabupaten Polewali Mandar. Fokus penelitian menumbuhkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika SD/MI dengan menggunakan strategi pembelajaran Konstruktive yang melibatkan peneliti, guru kelas, kepala sekolah, dan guru lain sebagai kolaborator. Data diperoleh melalui pengamatan, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan kesimpulan, diantaranya: (1) Pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan peserta didik aktif di dalam kegiatan pembelajaran, sehingga berdampak pada minat belajar peserta didik, dalam mata Pelajaran Matematika (Tematik). (2) Dalam pendekatan konstruktivisme, setiap materi pelajaran yang baru, harus dikaitkan dengan pengalaman dan pengetahuan yang ada sebelumnya. Pendekatan konstruktivisme dalam pengajaran dapat diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran lain selain mata Pelajaran Matematika. (3) Konstruktivis kegiatan pembelajaran adalah: bahwa pusat kegiatan pembelajaran adalah peserta didik aktif, pembelajaran dimulai dengan hal yang sudah diketahui dan dipahami peserta didik, bangkitkan motivasi belajar dengan membuat materi pelajaran sebagai hal yang menarik dan berguna bagi kehidupan peserta didik. (4) Pendekatan konstruktivisme adalah mengkondisikan peserta didik belajar dengan meningkatkan aktivitas, motivasi dan prestasi belajar. sehingga dapat meningkatkan minat belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5