cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL PETIK
ISSN : 24607363     EISSN : 26146606     DOI : -
Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2020): Vol 6 No 2 Tahun 2020" : 10 Documents clear
Efektivitas Penggunaan Internet Sebagai Media Komunikasi Dalam Meningkatkan Tugas Akhir Mahasiswa Akademi Komunikasi Riastri Rias Novianita; Rosiana Andhikasari; Cindya Yunita Pratiwi
JURNAL PETIK Vol 6, No 2 (2020): Vol 6 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v6i2.853

Abstract

Abstract - This study emphasizes the use of the internet as a communication medium for students of the UBSI Communication Academy in improving their final assignments, and also sees its effectiveness in supervisors and students. Internet activities used in this study are www, email, and news groups, as well as to find out what media are used by lecturers and students in conducting final assignment guidance activities. This research is a descriptive study with a qualitative approach. The research method chosen in this research is a case study, because the researcher feels this is appropriate in describing in depth the phenomenon under study. From all the lecturers and students, it can be concluded that UBSI lecturers and students are familiar with the use of the internet in everyday life. Students are able to receive input and teaching from lecturers during guidance using internet applications, so that in the future the process of final assignment guidance activities which are usually done manually face-to-face can be transferred to digital such as using zoom, WhatsApp, and othersKeyword: internet, commucation media, college student. Abstrak – Penelitian ini menekankan pada penggunaan intenet sebagai media komunikasi mahasiswa Akademi Komunikasi UBSI dalam meningkatkan tugas akhir, dan juga melihat efektivitasnya pada dosen pembimbing dan mahasiswa. Aktivitas internet yang digunakan dalam penelitian ini adalah www, email, dan news group, juga untuk mengetahui media apa saja yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa dalam melakukan kegiatan bimbingan tugas akhir. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini yaitu studi kasus, karena peneliti merasa hal ini tepat dalam menggambarkan secara mendalam tekait fenomena yang diteliti. Dari semua narasumber dosen pembimbing dan mahasiswa tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dosen dan mahasiswa UBSI sudah terbiasa dengan penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari. mahasiswa mampu menerima masukan dan pengajaran dosen selama bimbingan menggunakan aplikasi internet, sehingga untuk kedepannya proses kegiatan bimbingan tugas akhir yang biasanya dilakukan secara manual dengan tatap muka langsung dapat dialihkan ke digital seperti penggunaan zoom, whatsapp, dan lain-lain.Kata kunci: internet, media komunikasi, mahasiswa.
Pengembangan Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Baru Berbasis Web Di Smk Al-Halim Garut Risma Illa Alaih; Dian Rahadian; Kuntum An Nisa Imania
JURNAL PETIK Vol 6, No 2 (2020): Vol 6 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v6i2.860

Abstract

Abstract – Currently, the procedure for admitting new students at SMK Al-Halim Garut is considered less effective and efficient. Since the acceptance of new students is by means of prospective students who must fill out a form using the google forms provided by the school. This makes it difficult to share information with outsiders. After that, prospective students or parents must come to school to just see announcements or information and even submit documents related to the implementation of new student admissions. Therefore, it is necessary to develop a new web-based student information system at SMK Al-Halim Garut which can solve the problems so far. This development stage used the System Development Life Cycle (SDLC) method with the waterfall model and the need for a Unified Modeling Language (UML) which functions to make it easier to describe the system already made. The results showed that the Web-based Information System for New Student Admissions with PHP and SQL was able to manage the implementation of the New Student Admissions, such as registration, selection, announcement, and re-registration. In the feasibility test using a black box, it showed that this software was very feasible in terms of functionality.Keywords : information system, acceptance of new students, System Development Life Cycle (SDLC), Unified Modeling Language (UML).Abstrak - Saat ini prosedur penerimaan peserta didik baru di SMK Al-Halim Garut dinilai kurang efektif dan efisian. Karena penerimaan peserta didik baru dengan cara calon siswa harus mengisi lembaran formulir menggunakan google form yang sudah disediakan oleh pihak sekolah. Hal ini mengakibatkan sulitnya berbagi informasi dengan pihak luar. Setelah itu calon siswa ataupun orang tua siswa harus bersusah payah mendatangi sekolah untuk sekedar melihat pengumuman atau informasi dan bahkan mnyerahkan dokumen persyaratan yang berkaitan dengan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru. Oleh sebab itu perlu adanya suatu pengembangan sistem informasi peserta didik baru berbasis web di SMK Al-Halim Garut yang bisa menyelasaikan permasalahan selama ini. Tahap pengembangan ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model waterfall dan perlu adanya Unified Modeling Language (UML) yang berfungsi untuk mempermudah menggambarkan sistem yang akan dibuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web dengan PHP dan SQL ini mampu mengelola pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru yaitu pendaftaran, seleksi, pengumuman, dan pendaftaran ulang. Pada uji kelayakan yang mengggunakan black box menunjukkan bahwa perangkat lunak ini sangat layak dari aspek fungsional.Kata Kunci : sistem infromasi, penerimaan peserta didik baru, System Development Life Cycle (SDLC), Unified Modeling Language (UML).
Implementasi E-learning Dikaitkan Dengan Pengembangan Higher Order Thinking Skills Fikri Aulia; Wikan Budi Utami; ponoharjo ponoharjo
JURNAL PETIK Vol 6, No 2 (2020): Vol 6 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v6i2.822

Abstract

Abstact — This research is based on the rapid Information and Communication Technology in the world of education. This is contrary to the concept of 21st century competence, one of which is mastering Information and Communication Technology. This research is motivated by the weakness of high level thinking skills or High Level Thinking Skills in FKIP Universitas Pancasakti Tegal students, specifically students in mathematics education. The purpose of this research is to study the implementation of E-learning based learning in improving Higher Level Thinking Skills in FKIP UPS Tegal students. This type of research is research and development. Affirmed by Borg and Gall (2003), that "educational research and development is a process used to develop and validate educational products". Furthermore they also put forward 10 steps of research and development, which can be simplified into the following five main steps: (1) analyzing the products to be developed; (2) developing initial products; (3) expert validation and revision; (4) small-scale field trials and product revisions; (5) large-scale field trials and final products. The results of calculations using SPSS software show a significance level of 0.135 or 13.5% or can be interpreted that e-learning is effective in improving mathematics learning outcomes in mathematics education students of the Faculty of Mathematics and Natural Sciences University of Pancasakti Tegal University. The most important thing in this e-learning learning experimental experiment is the superior sense that is encouraged by students to be taken and explored lecture material provided by the lecturer.Keywords : Learning, E-Learning, HOTS Abstrak  — Penelitian ini didasari pada pesatnya Teknologi Informasi dan Komunikasi pada dunia pendidikan. Hal ini sejalan dengan konsep kompetensi abad 21, salah satunya adalah menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills pada mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal, khususnya mahasiswa pada pendidikan matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis E-Learning dalam peningkatan Higher Order Thinking Skills pada mahasiswa FKIP UPS Tegal.. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Ditegaskan oleh Borg dan Gall (2003), bahwa “educational research and development is a process used to develop and validate educational products”. Lebih lanjut mereka pun mengemukakan 10 langkah penelitian dan pengembangan, yang dapat disederhanakan  menjadi lima langkah utama berikut: (1)  melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) ujicoba lapangan skala kecil dan revisi produk; (5) ujicoba lapangan skala besar dan produk akhir. Hasil penghitungan menggunakan perangkat lunak SPSS menunjukkan bahwa taraf signifikansi sebesar 0.135 atau 13.5% atau dapat dintepretasikan bahwa e-learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada mahasiswa pendidikan matematika FKIP Universitas Pancasakti Tegal.  Hal yang pling menonjol dalam pelaksanaan eksperimen pembelajarn e-learning ini adalah tingginya rasa terdorong mahasiswa untuk mengikuti dan mendalami materi perkuliahan yang telah disajikan oleh dosen.Abstrak ditulis dalam bahasa inggris dan indonesia. Kata Kunci: Pembelajaran, E-Learning, HOTS
Analisis Peningkatan Keterampilan Problem-Solving Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika dengan IDEAL Problem-Solving berbasis Game-Based Learning Nadia Karima Maula
JURNAL PETIK Vol 6, No 2 (2020): Vol 6 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v6i2.764

Abstract

Abstract — This research is a research review of articles with the aim of proving a hypothesis. The articles that the researchers examined are articles in the last ten years, both nationally and internationally. The hypothesis that the researchers want to prove is that there is an increase in the problem solving ability of junior high school students in mathematics using the IDEAL Problem Solving model based on Game Based Learning, especially in Indonesia. IDEAL Problem Solving model has steps, namely Identify the problem (identifying problems), Define goals (defining goals), Explore possible strategies (explore possible strategies), Anticipate outcomes and actions (anticipating outputs and actions), and Look back and learn (reviewing and learning). The IDEAL Problem Solving model is suitable for solving well-structured type problems. The type of game in this study is Role Playing Game. The conclusion of this research is that the application of the IDEAL Problem Solving model based on Game Based Learning with game types of Role Playing Games can increase motivation, interest, and problem solving abilities of junior high school students, especially in mathematics.Keywords —Game Based Learning; IDEAL Problem Solving; Mathematics; Problem Solving Skills. Abstrak — Penelitian ini merupakan penelitian telaah artikel dengan tujuan membuktikan sebuah hipotesis. Artikel-artikel yang peneliti telaah merupakan artikel dalam sepuluh tahun terakhir, baik di lingkup nasional maupun internasional. Hipotesis yang ingin peneliti buktikan yaitu adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa Sekolah Menengah Pertama dalam mata pelajaran matematika menggunakan model IDEAL Problem Solving berbasis Game Based Learning, khususnya di Indonesia. Model IDEAL Problem Solving memiliki langkah-langkah yaitu Identify the problem (mengidentifikasi masalah), Define goal (mendefinisikan tujuan), Explore possible strategies (menelusuri strategi-strategi yang mungkin), Anticipate outcomes and act (mengantisipasi keluaran dan beraksi), dan Look back and learn (meninjau kembali dan belajar). Model IDEAL Problem Solving cocok untuk memecahkan masalah jenis well-structured. Jenis gim pada penelitian ini adalah Role Playing Game. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model IDEAL Problem Solving berbasis Game Based Learning dengan gim jenis Role Playing Game dapat meningkatkan motivasi, minat, dan kemampuan pemecahan masalah siswa Sekolah Menengah Pertama terutama dalam mata pelajaran matematika.Kata Kunci — Kemampuan Pemecahan Masalah; Matematika; Pemecahan Masalah IDEAL; Pembelajaran Berbasis Gim.
Rancang Bangun Sistem Pengarsipan Data Aturan Pedoman dan SOP Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Index Field (Studi Kasus : Universitas Catur Insan Cendekia) Melly Amalia; Lena Magdalena; Tiara Eka Putri
JURNAL PETIK Vol 6, No 2 (2020): Vol 6 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v6i2.840

Abstract

Archives have an important role in an agency or company to support administrative processes or activities carried out in the company. If the records are not well managed, it will be difficult to find the information that has been stored so that it can hinder further work processes. Therefore archives should be managed using a good and correct management system. The IT study program at the Catur Insan Cendekia Cirebon University does not yet have a filing system for data on rules, guidelines and SOP, so currently a system is needed that can help performance related to data archiving of rules, guidelines and SOP. In this study the authors implemented data archiving rules, guidelines and web-based SOP using the index field method to make it easier to search for data and maintain document security and was carried out using a codeigniter framework, using MYSQL as database management which is popularly used to build web applications that source. and data management using a database. The result of this data archiving system for rules, guidelines and SOP is that data retrieval does not need to take a lot of time and effort so that the required data can be accessed quickly and easily. So that data can be applied automatically based on the category so that data archiving is more effective and efficient.Keywords : Data Rules, Filing System, Guidelines, Index Field, Standar Operasional Prosedur, SOP.
Prototype Aplikasi Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Cloud Storage Siti Husnul Bariyah; Kuntum An Nisa Imania; Yuniar Purwanti
JURNAL PETIK Vol 6, No 2 (2020): Vol 6 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v6i2.867

Abstract

Abstract - The Covid-19 pandemic that has been running for several months from April 2020 to September 2020 has caused adjustments in various fields, one of which is the field of education. Based on Circular No. 4 of 2020 concerning the implementation of education in the Covid-19 emergency period, one of the points is that the learning process is carried out from home, thus requiring the school to make a new innovation for the learning process because it does not allow face-to-face classrooms. The school and teachers make an agreement on how the method they will use. This research takes the example of a case in a private school in Bandung regency that implements online learning media through group wa found some of the deficiencies are for teachers there is no neat learning history because of its nature that continues to accumulate when there is an incoming message, for parents there is limited storage memory. which causes many obstacles in accessing the WA group to download teaching materials from the teacher or sending reports on the results of daily learning. Therefore researchers intend to develop a cloud storage-based online learning application prototype by utilizing a variety of technologies including Laravel programming language, react native (mobile ), Firebase for the use of its database and the Google Drive API for file cloud storage. The result of developing this prototype is in the form of a system design consisting of activity diagrams, use case diagrams, class diagrams and mobile-based interface designKeywords — Application, learning, online, cloud, storage Abstrak — Pandemic covid-19 yang telah berjalan beberapa bulan terhitung dari April 2020 sampai sekarang September 2020 telah menyebabkan penyesuaian di berbagai macam bidang salah satu diantaranya adalah bidang Pendidikan. Berdasarkan Surat Edaran No 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Pendidikan dalam masa darurat covid-19, salah satu point nya adalah proses belajar dilaksanakan dari rumah, sehingga menuntut pihak sekolah untuk membuat sebuah inovasi baru untuk proses pembelajaran karena tidak memungkinkan untuk adanya tatap muka dikelas. Pihak sekolah dan guru membuat sebuah kesepakatan bersama bagaimana metode yang akan mereka gunakan. Penelitian ini mengambil contoh kasus di sebuah sekolah swasta di kab bandung yang menerapkan media pembelajaran daring memalui wa grup ditemukan beberapa kekurangan diantaranya adalah bagi guru tidak adanya histori pembelajaran yang rapih karena sifatnya yang terus menumpuk ketika ada pesan masuk, bagi orang tua adanya keterbatasan memori penyimpanan yang menyebabkan banyak kendala dalam mengakses WA grup untuk mengunduh bahan ajar dari guru atau mengirimkan laporan hasil pembelajaran harian.Oleh karena itu peneliti bermaksud untuk mengembangkan sebuah prototype aplikasi pembelajaran daring berbasis cloud storage dengan memanfaatkan berbagai macam teknologi diantaranya Bahasa pemrograman Laravel, react native (mobile), firebase untuk penggunaan database nya dan google drive API untuk file cloud storage. Hasil dari pengembangan prototype ini adalah berupa perancangan system yang terdiri dari activity diagram, use case diagram, class diagram dan desain antarmuka berbasis mobile.Kata Kunci— aplikasi,  pembelajaran, daring, cloud, strorage
Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Data Kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Alphabetical Filing System Mohamad Rully; Petrus Sokibi; Rinaldi Adam
JURNAL PETIK Vol 6, No 2 (2020): Vol 6 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v6i2.839

Abstract

Abstract — The design of the Tri Dharma Collaboration Data Archive Management Information System of the University of Catur Insan Cendekia Cirebon aims to make it easier for the Institute for Research and Community Service (LPPM) in archiving data on collaboration, research activities and community service carried out by lecturers. In designing this system, the author uses the alphabetical filing system method in the archiving method, this method is poured into the programming languages PHP and Javascript, then the collaboration data, research activities and community service will be stored in the MYSQL database, the software used is sublime text, XAMPP. , The browser and UML design making applications, and the hardware used is the Lenovo G41 notebook with a 2.2 GHz AMD A8 APU Radeon processor. Regarding the final results achieved, this application is expected to make it easier for LPPM to archive data on cooperation between the Tri Dharma University of Catur Insan Cendekia Cirebon University, the advantages of this system are its user-friendly appearance and easy to use, for deficiencies in the system data security is still not optimal, It is hoped that in developing this system data security can be improved again.Keywords — Alphabetical Filing System , Collaboration, Information System, Institute for Research and Community Service Abstrak— Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Data Kerjasama Tri Dharma  Perguruan Tinggi Universitas Catur Insan Cendekia Cirebon bertujuan agar mempermudah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) dalam mengarsipkan data kerjasama, kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen.Dalam perancangan sistem ini, penulis menggunakan metode Alphabetical filing system dalam metode pengarsipannya, metode ini dituangkan pada bahasa pemrograman PHP dan Javascript, kemudian data kerjasama, kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini akan disimpan pada database MYSQL, software yang digunakan yaitu sublime text, XAMPP, Browser dan aplikasi pembuatan perancangan UML, dan hardware yang digunakan adalah notebook Lenovo G41 dengan processor AMD A8 APU Radeon 2.2 GHz. Mengenai hasil akhir yang dicapai, aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah LPPM dalam mengarsipkan data kerjasama yang penyangkut tri dharma perguruan tinggi Universitas Catur Insan Cendekia Cirebon, kelebihan sistem ini tampilannya yang userfriendly dan mudah untuk digunakan, untuk kekurangan dalam sistem tersebut keamanan data masih belum maksimal, diharapkan dalam pengembangan sistem ini dapat ditingkatkan kembali keamanan datanya.Kata Kunci — Alphabetical Filing System, Kerjasama, Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, Sistem Informasi
Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat Mutaqinah, Rina; Hidayatullah, Taufik
JURNAL PETIK Vol 6, No 2 (2020): Vol 6 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v6i2.869

Abstract

Abstract - Facing the Covid-19 pandemic, teachers, parents, school principals, must change the learning pattern from face-to-face learning to online learning, all parties must prepare all the tools to facilitate this online learning in a very urgent time, besides the curriculum targets that have not yet reached because the pandemic occurred in the middle of the semester. Likewise with the media that schools and parents must prepare in online learning, such as computers / laptops and internet-based cell phones. The Ministry of Education and Culture issued circular letter No.2 of 2020 regulating the technical implementation of distance learning or home learning (BDR) in each region. This study aims to determine the implementation of distance learning at the SD, SMP, SMA and SMK levels in all districts / cities of West Java. Data were collected through surveys, data analysis using thematic analysis of qualitative data. The results of the analysis show: 1) Preparation and planning, carried out through a circular letter from the Minister of Education and Culture and Local Government are welcomed by schools and continued by socializing to school residents and parents through social media, teachers make BDR plans online with the application; 2). The process, media and learning resources are carried out online through social media, Facebook, WA, IG, Youtube and video; 3) Constraints, the obstacles faced by the teacher are in the form of limited quota / network, difficulty controlling students, while for parents access to the internet and limited gadget facilities as well as difficulties in managing the time and process of accompanying children to learn; and 4). The impact of BDR, curriculum targets are not optimally achieved, moral assessment is difficult to do. For parents, the impact of BDR feels that they have a better understanding of the learning difficulties experienced by children. In general, the success of online learning in West Java during the Covid-19 pandemic was determined by the readiness of infrastructure in the form of internet access and gadged facilities, support and collaboration from all stakeholders, including government, schools, teachers and parents as well as the readiness /skills of teachers in planning. and carry out the online learning process. Keywords: learning, distance;pandemic,covid-19 Abstrak -Menghadapi pandemi Covid-19, guru, orang tua, kepala sekolah, harus mengubah pola pembelajaran dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring, semua pihak harus menyiapkan semua perangkat dalam memfasilitasi pembelajaran daring ini dalam waktu yang sangat mendesak, selain itu target kurikulum yang belum tercapai karena pandemic terjadi di tengah-tengah semester. Begitupun dengan media yang harus disiapkan sekolah dan orang tua dalam pembelajaran daring ini, seperti komputer/laptop dan telepon seluler yang berbasis internet. Kemendikbud mengeluarkan surat edaran Nomor 2 Tahun 2020 mengatur pelaksanaan secara teknis pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah (BDR) di setiap daerah. Penelitian ini bertujuan mengetahui imeplementasi pembelajaran jarak jauh di jenjang SD, SMP, SMA dan SMK di semua Kab./Kota Jawa Barat. Data dikumpulkan melalui survey, analisis data menggunakan analisis tematik data kualitatif. Hasil analisis menunjukkan: 1) Persiapan dan perencanaan, dilakukan melalui surat edaran Mendikbud dan Pemda disambut sekolah dan diteruskan dengan melakukan sosialisasi kepada warga sekolah dan orang tua melalui media sosial, guru membuat perencanaan BDR melalui daring dengan aplikasi; 2). Proses, media dan sumber pembelajaran, dilakukan secara daring melalui media sosial, Fb, WA, IG, Youtube dan video; 3) Kendala, kendala yang dihadapi guru berupa keterbatasan kuota/jaringan, kesulitan mengontrol siswa sedangkan bagi orang tua akses internet dan terbatasnya fasilitas gadget serta kesulitan mengatur waktu dan proses mendampingi anak belajar; dan 4). Dampak BDR, target kurikulum tidak secara optimal tercapai, penilaian akhlaq sulit dilakukan. Bagi orang tua dampak BDR merasa menjadi lebih paham kesulitan belajar yang dialami anak. Secara umum, keberhasilan pembelajaran online di Jawa Barat selama pandemi Covid-19 ditentukan oleh kesiapan infrastruktur berupa akses internet dan fasilitas gadged, dukungan dan kolaborasi dari semua pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, sekolah, guru dan orang tua serta kesiapan/ keterampilan guru dalam membuat perencanaan dan melaksanakan proses pembelajaran daring Kata Kunci: belajar; jarak; jauh; pandemic; covid-19
Pengembangan Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Kuntum Annisa Imania; Siti Husnul Bariah
JURNAL PETIK Vol 6, No 2 (2020): Vol 6 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v6i2.859

Abstract

Abstrac - This study aims to create a mobile learning development using the Flipped Classroom model. This development research aims to facilitate learning activities so that they are more effective & efficient in accordance with learning principles and are goal-oriented to be achieved in the learning. Mobile Learning with the Flipped Classroom model is intended to be accessible by students in a more flexible manner without limited space and time, more effectively and is also expected to be more efficient in its implementation. The research method used is R & D, this development method uses the learning development model proposed by Borg and Gall, Dick & Carrey and J. Moonen. This is done because what will be developed in this study is a product of mobile learning media with a flipped classroom model. The stages in development for this product are: (1) needs analysis, (2) Production planning Development Design Learning test instruments, in this case using the development model of Borg and Gall, Dick & Carrey and J. Moonen (3) validation, evaluation and model revision, including: expert review and one to one evaluation (4) Model implementation, carried out using experimental designs.Keyword - Mobile Learning, Flipped Classroom, Learning Strategies Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah pengembangan mobile learning dengan model Flipped Classroom. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk memudahkan kegatan pembelajaran agar lebih efektiv & efesien yang sesuai dengan kaidah-kaidah pembelajaran dan berorientasi pada tujuan yang akan di capai dalam pembelajaran tersebut. Mobile Learning dengna model Flipped Classsrom ini bermaksud agar dapat di akses oleh peserta didik secara lebih fleksibel tanpa terbatas ruang dan waktu, lebih efektif dan diharapkan juga dapat lebih efesien dalam penyelenggaraannya. Metode Peneitian yang digunakan adalah R & D, metode pengembangan ini menggunakan model pengembangan pembelajaran yang dikemukakan oleh Borg and Gall, Dick & Carrey dan J. Moonen. Hal ini dilakukan karena yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah sebuah produk media pembelajaran mobile learning dengan model flipped classroom. Adapun tahapan dalam pengembangan untuk produk ini adalah : (1)analisis kebutuhan, (2) perencanaan Produksi Perancangan Pengembangan Instrumen tes Pembelajaran, dalam hal ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall, Dick & Carrey dan J. Moonen (3) validasi, evaluasi dan revisi model,  meliputi : telaah pakar dan evaluasi one to one (4) Implementasi Model, dilakukan dengan menggunakan desain eksperimental.Keyword – Mobile Learning, Flipped Classroom, Strategi Pembelajaran
Implementasi Kompetensi Profesional Guru Mata Pelajaran TIK Di Tingkat SMP Sekecamatan Paloh Kabupaten Sambas Nurbani Nurbani; Maspian Maspian
JURNAL PETIK Vol 6, No 2 (2020): Vol 6 No 2 Tahun 2020
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v6i2.836

Abstract

Abstract— This study has a general objective, namely to obtain information objectively about how to implement professional competence for ICT subject teachers at junior high school level in Paloh sub-district, Sambas district. This research is specifically to determine: (1) What is the Competence or Professional Ability of Teachers in ICT Subjects; (2) What is the teacher's ability to prepare learning; (3) How is the teacher's ability in implementing learning. The method in this research is survey research method. The population in this study were all teachers in Paloh sub-district, Sambas district, namely 27 teachers. In this study, data collection techniques are indirect communication techniques and documentary study techniques. The data collection tools in this study were questionnaires and observation sheets. The data analysis technique in the study used descriptive statistical data analysis. The results of the study concluded that: (1) The professional competence of teachers in this study was in the good category with an average of 72%; (2) The teacher's ability to prepare the teaching and learning process in this study was in the good category, namely 79%; (3) The teacher's ability in implementing and evaluating learning is in the very good category with an average of 86%..Keywords: Teacher Professional Competencies and ICT Subjects Abstrak — Penelitian ini memiliki tujuan secara umum yaitu untuk mendapatkan informasi secara objektif mengenai Bagaimana Implementasi Kompetensi Propesional Guru mata pelajaran TIK ditingkat smp seKecamatan Paloh Kabupaten Sambas. Penelitian ini secara khusus  untuk mengetahui: (1) Bagaimana Kompetensi atau Kemampuan Profesional Guru Pada Mata Pelajaran TIK; (2) Bagaimana kemampuan guru dalam menyiapkan pembelajaran; (3) Bagaimana kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Adapun metode dalam penelitian ini yaitu metode penelitian survey. Jumlah populasi pada penelitian ini yaitu seluruh guru  sekecamatan Paloh kabupaten Sambas yaitu 27 orang guru. Dalam penelitian ini, teknik pengumpul data yaitu teknik komunikasi tidak langsung dan teknik studi dokumenter. Adapun alat pengumpul data pada penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kompetensi profesional guru dalam penelitian ini dalam kategori baik dengan  rata-rata sebesar 72%; (2) Kemampuan guru dalam menyiapkan proses belajar mengajar dalam penelitian ini termasuk dalam kategori baik yaitu sebesar 79%; (3) Kemampuan guru dalam pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 86%.Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru dan Mata Pelajaran TIK 

Page 1 of 1 | Total Record : 10