cover
Contact Name
Asep Amam
Contact Email
aam@student.upi.edu
Phone
-
Journal Mail Official
teoremamathunigal17@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Teorema: Teori dan Riset Matematika
Published by Universitas Galuh
ISSN : 25410660     EISSN : 25977237     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika merupakan sarana publikasi ilmiah yang terbit setiap bulan Maret dan September, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dengan P-ISSN 2541-0660 dan E-ISSN 2597-7237.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2016): September" : 7 Documents clear
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PADA POKOK BAHASAN ANUITAS DAN ASURANSI Ai Tusi Fatimah
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 1, No 1 (2016): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.088 KB) | DOI: 10.25157/teorema.v1i1.538

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah berperan penting dalam penyelesaian masalah anuitas dan asuransi. Kemampuan mahasiswa terhadap pemecahan masalah dapat dilihat dari kemampuan menyelesaikan setiap fase pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemapuan pemecahan masalah mahasiswa pada pokok bahasan anuitas dan asuransi. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa program S-1 Pendidikan Matematika Universitas Galuh Ciamis yang mengikuti mata kuliah Aktuaria tahun akademik 2015/2016 sebanyak 102 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil tes berbentuk uraian yang terdiri dari empat soal. Hasil tes diukur secara parsial melalui empat fase, yaitu memahami masalah, merancang rencana, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Skor maksimal yang diperoleh mahasiswa untuk masing-masing fase adalah 46.6%, 51.2%, 22.6% dan 20.6% yang merupakan rerata dari empat soal yang diujikan.
PENGGUNAAN TEKNIK MURDER PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATAKULIAH GEOMETRI ANALITIK Sri Asnawati; Irmawati Liliana Kusuma Dewi
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 1, No 1 (2016): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.125 KB) | DOI: 10.25157/teorema.v1i1.535

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menelaah peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran teknik MURDER pendekatan metakognitif dan mahasiswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori pada materi garis dan lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa tingkat dua kelas A dan kelas B yang terdiri dari 35 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) tes kemampuan penalaran matematis, (2) observasi, (4) dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji-t atau uji mann whitney. Hasil temuan penelitianin adalah: (1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran teknik MURDER pendekatan metakognitif lebih baik daripada peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori; (2) kualifikasi peningkatan penalaran matematis yang menggunakan pembelajaran teknik MURDER pendekatan metakognitif dan pembelajaran ekspositori masih dalam kategori sedang.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PILIHAN JURUSAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DI STKIP SILIWANGI BANDUNG Luvy Sylviana Zanthy
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 1, No 1 (2016): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.707 KB) | DOI: 10.25157/teorema.v1i1.540

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar ditinjau dari latar belakang pilihanjurusan terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa di STKIP Siliwangi Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di STKIP Siliwangi. Sedangkan sampelnya adalah 2 kelas Program Studi Pendidikan Matematika yang sedang menempuh mata kuliah Struktur Aljabar II. Pengujian hipotesis ini menggunakan anova 1 jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1)Terdapat pengaruh motivasi belajar mahasiswa ditinjau dari latar belakang pilihan jurusan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa di STKIP Siliwangi Bandung pada Mata Kuliah Struktur Aljabar II; 2) Besarnya pengaruh motivasi belajar motivasi belajar mahasiswa ditinjau dari latar belakang pilihan jurusan terhadap Kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Struktur Aljabar II sebesar 48,297 sedangkan sisanya sebesar 51,703 dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
DAMPAK PENERAPAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA Supianti, In In
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 1, No 1 (2016): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (32.552 KB) | DOI: 10.25157/teorema.v1i1.119

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji dampak penggunaan E-learning terhadap kemandirian belajar mahasiswa dalam pembelajaran matematika. Metode penelitiannya berupa penelitian campuran (Mix Method) dengan desain penyisip (The Embedded Design). Populasinya mahasiswa S1 Pendidikan Matematika Universitas Pasundan, adapun sampelnya 40 orang mahasiswa semester II. Instrumen yang digunakan berupa angket skala kemandirian belajar, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Hasil penelitiannya adalah: terdapat peningkatan kemandirian belajar mahasiswa setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan E-learning, peningkatannya berada pada kategori rendah
PENERAPAN PEMBELAJARAN PEER INSTRUCTION WITH STRUCTURED INQUIRY (PISI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA Angra Meta Ruswana
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 1, No 1 (2016): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.145 KB) | DOI: 10.25157/teorema.v1i1.124

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa proses pembelajaran yang dilakukan sampai saat ini adalah pembelajaran konvensional yang membuat siswa menjadi subjek yang kurang aktif sehingga kemampuan pemahaman siswa masih berada pada kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman siswa yang memperoleh pembelajaran Peer Instruction with Structured Inquiry (PISI) dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional serta dikaji pula sikap siswa terhadap pembelajaran PISI. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen. Populasinya siswa kelas VIII pada salah satu SMP di Ciamis dan sampelnya adalah siswa kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen (kelas PISI) dan VIII-C sebagai kelas kontrol (kelas konvensional) yang dipilih dengan cara purposive sampling. Alat uji yang digunakan adalah instrumen tes berupa tes kemampuan pemahaman matematis dan instrumen non tes berupa skala sikap, wawancara dan lembar observasi. Berdasarkan pengolahan data menggunakan uji gain ternormalisasi dan uji statistik berupa uji t’ dan uji Mann-Whitney, diperoleh hasil: 1) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran PISI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, namun masih berada pada klasifikasi sedang. Berdasarkan indikator pemahaman matematis yang diukur, peningkatan kemampuan pemahaman induktif berada pada klasifikasi sedang. 2) Secara keseluruhan, sikap siswa yang mendapat pembelajaran PISI menunjukkan sikap yang positif.
KAJIAN PEMODELAN MATEMATIKA TERHADAP PENYEBARAN VIRUS AVIAN INFLUENZA TIPE-H5N1 PADA POPULASI UNGGAS Dian Permana Putri; Herri Sulaiman
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 1, No 1 (2016): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.92 KB) | DOI: 10.25157/teorema.v1i1.515

Abstract

Seperti yang dikutip dari Centers of Disease Control and Prevention, Avian Influenza (AI), atau sering disebut dengan flu burung adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus H5N1 tipe A pada unggas. Virus H5N1 diklasifikasikan ke dalam dua kategori yaitu patogenik rendah dan patogenik tinggi yang mengacu pada kemampuan virus untuk menyebabkan penyakit parah (berdasarkan karakteristik molekuler dari virus dan mortalitas pada unggas di bawah kondisi percobaan). Virus H5N1 hidup dalam saluran pencernaan unggas sehingga unggas yang terinfeksi dapat mengeluarkan virus ini melalui tinja yang kemudian mengering dan hancur menjadi semacam bubuk. Bubuk inilah yang kemudian dihirup oleh manusia atau binatang lainnya. Pada penelitian ini, untuk mempresentasikan pola penyebaran virus Avian Influenza pada populasi unggas dibuat ke dalam bentuk model matematika dengan menggunakan Sistem Persamaan Diferensial Nonlinear (PDNL). Dari fakta yang ada mengenai virus Avian Influenza, dibentuk asumsi yang nantinya digunakan untuk membuat model matematika. Setelah model matematika terbentuk lebih lanjut dicari titik ekuilibrium model dan dianalisis apakah titik ekuilibrum yang ditemukan stabil asimtotik atau tidak, kemudian diakhir penelitian ditentukan simulasi numeris dengan membuat plot/grafik dari sistem model matematika agar dapat diinterpretasikan pada keadaan yang sebenarnya.Kata kunci : Avian Influenza, Pemodelan Matematika, Titik Ekuilibrium, Kestabilan
MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED Nur Eva Zakiah
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 1, No 1 (2016): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.161 KB) | DOI: 10.25157/teorema.v1i1.125

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan metakognitif antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended dan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa ditinjau dari keseluruhan maupun berdasarkan kategori kemampuan awal matematis (tinggi, sedang, dan rendah). Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes non equivalent. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 2 Sukahaji Kabupaten Majalengka pada semester genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan metakognitif, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, serta pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t, uji Mann-Whitney, dan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian diperoleh: (1) peningkatan kemampuan metakognitif siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) ditinjau dari kemampuan awal matematis (KAM) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan metakognitif siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended dan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan kemampuan metakognitif siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 7