cover
Contact Name
Asep Amam
Contact Email
aam@student.upi.edu
Phone
-
Journal Mail Official
teoremamathunigal17@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Teorema: Teori dan Riset Matematika
Published by Universitas Galuh
ISSN : 25410660     EISSN : 25977237     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika merupakan sarana publikasi ilmiah yang terbit setiap bulan Maret dan September, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dengan P-ISSN 2541-0660 dan E-ISSN 2597-7237.
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2022): September" : 21 Documents clear
PENERAPAN MODEL VECTOR AUTOREGRESSIVE ORDE TIGA PADA DATA SUHU UDARA RATA-RATA DI KABUPATEN MALANG DAN KABUPATEN SIDOARJO Salsabila Salsabila; Dianne Amor Kusuma; Budi Nurani Ruchjana
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 2 (2022): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i2.7200

Abstract

Perubahan iklim berdampak sangat luas pada kehidupan masyarakat. Salah satu unsur yang memengaruhi perubahan iklim yaitu suhu udara. Perubahan iklim di beberapa wilayah tidak hanya dipengaruhi oleh satu waktu. Perubahan iklim di suatu wilayah dapat dipengaruhi oleh dua atau tiga waktu sebelumnya. Perubahan iklim dari waktu ke waktu dapat diketahui melalui analisis deret waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menaksir parameter model Vector Autoregressive orde tiga (VAR (3)) menggunakan metode Ordinary Least Squares (OLS) serta menerapkan model VAR (3) pada data suhu udara rata-rata di Kabupaten Malang dan Kabupaten Sidoarjo. Nilai peramalan yang diperoleh selama 10 periode telah mendekati nilai aktual dengan nilai MAPE berturut-turut adalah  dan . Berdasarkan kriteria nilai MAPE, nilai MAPE  menunjukkan hasil peramalan sangat akurat sehingga penelitian ini dapat menjadi bahan referensi bagi lembaga peneliti, perguruan tinggi, maupun peneliti lain dalam menerapkan model VAR (3) pada data suhu udara rata-rata dengan menggunakan bantuan software R.
ALGORITMA MODULO BERPANGKAT MENGGUNAKAN TEOREMA BINOMIAL NEWTON DAN PHI EULER DENGAN JAVASCRIPT Rohmad Wahid Rhomdani
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 2 (2022): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i2.7707

Abstract

Tujuan dari penelitian ini mengembangkan aplikasi modulo berpangkat menggunakan javascript. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur yaitu mengkaji teorema Euler dan Binomial Newton untuk menguji dan menyelidiki modulo berpangkat ab mod n adakah solusi penyelesaian menggunakan Teorema Binomial Newton dengan bantuan nilai Phi Euler. Peneliti melakukan pengujian dengan javascript untuk menentukan nilai phi euler aφ(n) mod n = 1. Peneliti berhasil mengembangkan dan membuat aplikasi matematika modulo berpangkat dengan algoritma javascript dan dapat memberikan penyelesaian modulo berpangkat yang akurat menggunakan teorema binomial newton dengan bantuan nilai phi euler dan pola barisan.
PENERAPAN ALGORITMA TABU SEARCH PADA MODEL ACVRP UNTUK MENENTUKAN RUTE PENGANGKUTAN SAMPAH YANG OPTIMAL DI KECAMATAN KALIDONI Rani Elekta Togatorop; Fitri Maya Puspita; Sisca Octarina; Evi Yuliza; Novi Rustiana Dewi
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 2 (2022): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i2.6947

Abstract

Penulisan artikel ini membahas mengenai penerapan Algoritma Tabu Search pada model ACVRP untuk mencari rute pengangkutan sampah yang optimal di Kecamatan Kalidoni. ACVRP merupakan matriks jarak asimetris dimana perjalanan dari tempat i ke j tidak sama dengan perjalanan dari tempat j ke i. Proses algoritma berpindah dari satu solusi ke solusi berikutnya dengan memilih solusi terbaik yang ada pada Tabu List. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rute terpendek yang diperoleh dari perhitungan menggunakan Algoritma Tabu yaitu berjarak 17,7 km pada iterasi 1, dengan rute (6 – 4 – 5 – 3 – 2 – 1 – 0) yaitu TPS 6 (Jl. Mayor Zen Mata Merah (Depan SMA N 7)) – TPS 4 (Jl. Arozak (Depan Halte Sekojo)) – TPS 5 (Jl. Arozak (Depan SPBU Sekojo)) – TPS 3 (Jl. Arozak (Depan Perumahan Buana Hijau)) – TPS 2 (Jl. Arozak (Depan Perumahan Kedamaian)) – TPA Sukawinatan.
FRONT & BACK MATTER, 7(2), SEPTEMBER 2022 FRONT & BACK MATTER
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 2 (2022): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i2.8942

Abstract

FRONT & BACK MATTER, 7(2), SEPTEMBER 2022
STUDI ETNOMATEMATIKA: RUMAH LIMAS DI MUSEUM NEGERI SUMATERA SELATAN BALAPUTERA DEWA Lisnani Lisnani; Ratu Ilma Indra Putri; Zulkardi Zulkardi; Somakim Somakim
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 2 (2022): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i2.7585

Abstract

Palembang merupakan kota dengan beragam kebudayaan, salah satu ciri khas kota Palembang adalah Rumah Limas. Rumah Limas adalah rumah adat kota Palembang yang memiliki unsur budaya dan matematika yang dapat dieksplorasi lebih lanjut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan etnografi metode Spradley. Lokasi penelitian adalah Rumah Limas yang ada di Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Subjek penelitian ada 3 orang informan yaitu seorang pengurus Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa dan dua orang penjaga rumah limas di Museum Negeri Sumatera Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data/ sumber dan analisis deskriptif dari hasil observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini berupa kajian etnomatematika ditinjau dari aspek budaya adanya tradisi dari China yang mendominasi, adanya budaya berupa tradisi untuk kaum perempuan dan laki-laki. Kajian etnomatematika dari aspek matematika adalah adanya konten pengukuran panjang, geometri, dan sudut pada Rumah Limas. Lain halnya dengan aspek historis adanya nilai sejarah dari Rumah Limas yang sudah didirikan berabad lamanya. Aspek filosofis terletak pada ukiran pakis, teratai, dan melati yang ada pada Rumah Limas.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KELAS VIII SMP Aulia Intan Puspitasari; Karunia Eka Lestari
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 2 (2022): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i2.7170

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video pada materi Sistem Koordinat untuk siswa kelas VIII SMP. Kerangka teori penelitian ini didasarkan pada menurunnya minat siswa dalam pembelajaran matematika akibat dampak negatif dari pandemi Covid-19. Hasil wawancara mengenai respon siswa terhadap proses pembelajaran saat ini menunjukkan bahwa siswa membutuhkan model pembelajaran yang menyenangkan dan membuat siswa tidak jenuh saat belajar di kelas. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media pembelajaran yang membangkitkan kembali minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan tiga fase pertama model ADDIE (analisys, design, development, implementation, and evaluation). Dengan demikian, kajian yang diuraikan pada artikel ini sampai pada tahap pengembangan (development). Adapun tahap implementation dan evaluation menjadi penelitian lanjutan yang merupakan kajian terpisah dari artikel ini. Secara keseluruhan, artikel ini memberikan deskripsi singkat mengenai bagaimana mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan video, terutama di masa pandemi Covid-19 yang sedang terjadi pada saat ini.
DESAIN DIDAKTIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS Ika Meika; Risma Berliana; Nenden Suciyati Sartika
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 2 (2022): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i2.8332

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep siswa terhadap materi teorema pythagoras yang bertujuan untuk mengidentifikasi learning obstacle siswa pada materi teorema pythagoras dengan membuat desain didaktis (bahan ajar) berupa modul teorema pythagoras. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode Didactical Design Research (DDR). Metode ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu analisis situasi didaktis sebelum pembelajaran, analisis metapedadidaktik, dan analisis retrospektif. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan melalui tes identifikasi learning obstacle pada materi teorema pythagoras terhadap 25 siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Saketi, terdapat hambatan yang dialami siswa terkait pemahaman konsep diantaranya: 1) hambatan dalam memahami konsep segitiga siku-siku; 2) hambatan dalam menerapkan teorema pythagoras, 3) hambatan dalam menentukan jenis segitiga 4) hambatan dalam memahami tripel pythagoras; dan 5) hambatan dalam menerapkan teorema pythagoras dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi hambatan siswa pada materi teorema pythagoras diperlukan rancangan pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan analisis learning obstacle sehingga menghasilkan desain didaktis hipotesis yang memuat berbagai aktifitas siswa dan prediksi respon siswa beserta dengan antisipasinya serta menghasilkan modul pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain didaktis yang diberikan dapat mengantisipasi kesulitan siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi teorema pythagoras, hal tersebut dapat terlihat dari hasil kerja siswa pada modul.
EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MONUMEN DAN MUSEUM PETA DI KOTA BOGOR Novanti Mufidatunnisa; Nita Hidayati
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 2 (2022): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i2.7231

Abstract

Matematika adalah ilmu yang mempelajari bentuk, besaran, dan konsep yang saling berhubungan serta dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kebudayaan merupakan satu kesatuan yang utuh yang dapat diterapkan pada masyarakat sehingga budaya sangat dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika di sekolah. Pengaitan budaya dan matematika diharapkan dapat menjadikan pembelajaran lebih inovatif, menyenangkan sekaligus bisa lebih mengenal budaya yang ada di sekitarnya. Salah satu tempat bersejarah di Bogor adalah Monumen dan Museum PETA. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi etnomatematika pada Monumen dan Museum PETA. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan observasi secara langsung, penelitian literatur dan dokumentasi. Menurut hasil pengamatan peneliti menemukan beberapa konsep matematika yang membentuk bangun datar di sekitar Monumen dan Museum PETA. Berdasarkan hasil eksplorasi pada Monumen dan Museum PETA terlihat adanya konsep matematika yaitu bidang segi empat, sisi lengkung, dan segitiga. Konsep tersebut dapat dikaitkan terhadap pembelajaran matematika salah satunya dalam pengenalan bentuk-bentuk bangun datar.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DALAM MATERI MATEMATIKA PADA KELAS VIII BERBASIS THEORY OF DIDACTICAL SITUATION Rafiq Zulkarnaen; Budi Arif Darmawan; Redo Martila Ruli
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 2 (2022): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i2.7322

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa dalam matematika untuk kelas VIII berdasarkan theory of didactical situation. Penelitian dan pengembangan model Plomp digunakan dalam penelitian ini, yang terdiri dari tahap penelitian pendahuluan, pembuatan dan penilaian prototype. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk menghasilkan model epistemologi, sedangkan tahap prototyping dan assessment digunakan untuk menguji keefektifan dan kepraktisan LKS melalui penilaian diri sendiri, penilaian pakar, uji satu-satu, ujicoba terbatas, dan ujicoba lapangan. LKS yang dikembangkan berdasarkan teori situasi didaktis pada materi Teorema Pythagoras, Ruas Sisi Datar, Lingkaran, Statistika, dan Probabilitas dinyatakan valid, praktis, dan berpotensi efektif. Berdasarkan hasil tahap prototyping dan penilaian disimpulkan bahwa LKS valid dengan kompetensi matematika, tujuan pembelajaran, dan menyediakan situasi adidaktis, situasi didaktis, dan lingkungan. Kepraktisan untuk memudahkan guru dan siswa menggunakan LKS yang telah dikembangkan untuk diimplementasikan di kelas. Selanjutnya, keefektifan LKS mempengaruhi siswa untuk dapat merumuskan masalah dan menemukan solusi serta membangun pengetahuan matematika secara mandiri.
PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN PROSEDUR POLYA Lilis Muhlisoh; Alpha Galih Adirakasiwi
Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 7, No 2 (2022): September
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/teorema.v7i2.7227

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan di salah satu sekolah di Kabupaten Karawang. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam memecahkan masalah berbentuk cerita pada materi ajar aritmatika sosial berdasarkan metode Polya dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berkemampuan sangat rendah, rendah dan sedang. Pada proses pemecahan masalah Polya melibatkan memahami masalah, perencanaan pemecahan masalah, pelaksanaan rencana pemecahan masalah dan memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Metode penelitiannya menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 17 siswa kelas VIII di SMP Negeri di Kabupaten Karawang yang kemudian dipilih 3 siswa untuk dianalisis. Teknik pengambilan subjeknya menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitiannya yakni tes tertulis dan wawacara tidak terstruktur yang kemudian datanya dianalisis menggunakan metode interaktif; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat capaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kategori sangat rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis berkriteria kurang, sedangkan tingkat capaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kategori rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis berkriteria cukup dan pada tingkat capaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kategori sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis berkriteria cukup. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, Prosedur Polya

Page 1 of 3 | Total Record : 21