cover
Contact Name
M. Fadhly Farhy Abbas
Contact Email
fadhly@unilak.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
fadhly@unilak.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Lectura : Jurnal Pendidikan
ISSN : 20864876     EISSN : 2549063X     DOI : -
Lectura: Jurnal Pendidikan is a scientific journal containing research articles in education scope. Lectura is published twice a year (February and August) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 1 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan" : 11 Documents clear
Pengaruh Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan Mahasiswa Hugo Aries Suprapto
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i1.913

Abstract

Dengan komunikasi yang efektif, maka fungsi manajerial yang berawal dari fungsi,implementasi dan pengawasan dapat dicapai. Penelitian ini memakai metode eksperimen.Subyek penelitian adalah mahasiswa Teknik Industri semester tujuh sebanyak 25. Terdapatpengaruh yang signifikan komunikasi efektif terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa.Data diolah dengan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan pada, Uji Normalitas,Homogenitas dan T Sampel Berpasangan dengan tingkat signifikan α=5%, Hasil ujinormalitas sebelum kmunikasi efektif didapat nilai Kolmogorof-Smirnov Sig. 0.190, danShapiro-Wilk 0.215 sehingga pada α= 5%= 0.05 < Sig.= 0, sampel data berasal dari distribusinormal. Sedangkan Hasil uji normalitas sesudah komunikasi efektif didapat nilaiKolmogorof-Smirnov Sig. 0.134, dan Shapiro-Wilk 0.346 sehingga pada α= 5%= 0.05 <Sig.= 0, sampel data berasal dari distribusi normal. Pada Uji Homogenitas Varians LeveneNilai Sig. 0.096, pada tingkat signifikansi α = 5 % =0.05 < Sig.0.096 sehingga dapatdikatakan sampel data berasal dari varians yang Homogen, dapat disimpulkan pada tingkatkepercayaan 95%, rata-rata sesudah komunikasi efektif untuk meningkatkan hasil belajarmahasiswa mata kuliah kewirausahaan mean sebesar 80.9600 ) dibanding sebelum memakaikomunikasi efektif ( mean sebesar 64.7200 ), naik sebesar 16.24. Dengan kata lain,penggunaan memakai komunikasi efektif berpengaruh signifikan pada peningkatan hasilbelajar 95%. Penelitian ini memberikan saran untuk mengatasi masalah yang ditemukandalam penelitian.
Pengaruh Efikasi Diri dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha di SMK Nurul Iman Jakarta Dellia Mila Vernia
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i1.914

Abstract

Agar terciptanya masyarakat yang adil dan makmur, maka diperlukan perwujudanperekonomian dan keadilan sosial yang merata. Hal ini bisa dimulai dengan berkurangnyaakan pengangguran didalam masyarakat. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu denganmembuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Salah satunya dengan melalui jalurpendidikan kewirausahaan, khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui minat berwirausaha pada siswa kelas XII SMK Nurul Iman,Jakarta. Minat berwirausaha akan mempersiapkan siswa menjadi seseorang untuk lebih giatmencari dan memanfaatkan peluang usaha yang ada. Metode penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kausal menggunakan skalaLikert. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji prasyarat data terdistribusinormal dan homogen. Dari hasil penelitian bahwa tidak terdapat pengaruh efikasi diri danpendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Hal ini juga tidak terdapat pengaruhsecara bersama-sama (simultan) efikasi diri dan pendidikan kewirausahaan terhadap minatberwirausaha.
Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Pendidikan di Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lancang Kuning Rini Nizar; Amalia Amalia; Niken Nurwati
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i1.916

Abstract

Prodi Agribisnis memiliki visi “Menjadi Program Studi yang MenghasilkanLulusan yang Unggul dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi(IPTEK) dan jiwa kewirausahaan Bidang Agribisnis dengan Berlandaskan BudayaMelayu di tahun 2030”. Untuk mencapai visi tersebut diperlukan langkah-langkahkongkret, salah satunya adalah dengan mengenali mahasiswa yang merupakankonsumen dari jasa pelayanan pendidikan. Paradigma lama yang fokus terhadapproduk saja akan menyebabkan kita akan mengalami ketertinggalan dan bahkanmungkin saja akan ditinggalkan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk:(1)Mengetahui kesenjangan antara kenyataan dan harapan mahasiswa terhadappelayanan pendidikan dan (2) Menentukan prioritas perbaikan pelayananpendidikan di prodi Agribisnis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif denganmenggunakan Metode Rasch dimana metode ini menjadi pembeda dari penelitiansejenis sebelumnya. Tidak dilakukan pengujian instrumen penelitian dengan ujivaliditas dan uji reabilitas pada penelitian ini karena kuisioner yang digunakanadalah kuisioner standart yang sudah digunakan untuk perguruan tinggi bermutulihat pada lampiran kuisioner (Tampubolon, 2001). Dari hasil analisis kepuasanmahasiswa terhadap pelayanan pendidikan di Prodi Agribisnis Fakultas PertanianUniversitas Lancang Kuning didapat kesimpulan sebagai berikut: (1) Kesenjanganantara kenyataan dan harapan terhadap pelayanan pendidikan di Prodi Agribisnisdiperoleh hasil gap positif dimana responden telah menerima layanan pendidikanyang melebihi harapan untuk dimensi reability, tangible dan dimensi responsive.Sedangkan hasil gap negatif dimana responden telah menerima pelayananpendidikan kurang dari harapan untuk dimensi sumber belajar, jasaekstrakurikuler, sarana dan prasarana dan assurance. (2) Yang harus menjadiprioritas perbaikan pelayanan pendidikan di prodi agribisnis berdasarkan urutanprioritas adalah sebagai berikut: (a) Dimensi Sarana dan Prasarana (b) DimensiAssurance, (c) Dimensi Sumber Belajar dan (d) Dimensi Jasa Ekstrakurikuler
Analisis Kemampuan Menulis Esai Argumentatif Mahasiswa Semester 5 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNILAK Tahun Akademik 2017/2018 M. Fadhly Farhy Abbas; Herdi Herdi
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i1.918

Abstract

Penelitian ini didasari dengan adanya kebutuhan untuk mengukur dan menganalisis sejauhmanakemampuan mahasiswa dalam menulis esai argumentatif. Hasil pengukuran tersebut bertujuanuntuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menulis esai argumentatif yang digunakansebagai bahan evaluasi mata kuliah Academic Writing. Metode yang digunakan dalam penelitianini adalah metode kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Yang menjadipartisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 prodi Pendidikan Bahasa InggrisFKIP-UNILAK Tahun Akademik 2017/2018 yang berjumlah sebanyak 52 orang. Instrumenpenelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan wawancara. Berdasarkanhasil tes, diperoleh nilai rata-rata mahasiswa adalah 78.1 dan dikategorikan ke dalamkemampuan yang baik (good). Selanjutnya, dari hasil wawancara diperoleh informasi bahwamahasiswa mampu menulis esai dengan baik karena mahasiswa tersebut cukup mampu danmemahami cara menulis esai tersebut. Sehingga, hal ini dapat memudahkan mahasiswa dalammenulis esai argumentatif. Berdasarkan hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwakemampuan mahasiswa semester 5 prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UNILAK TahunAkademik 2017/2018 dalam menulis esai argumentatif dikategorikan ke dalam kemampuan yangbaik.
Menggunakan Komik Sains dalam Mengajarkan Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia Insar Damopolii
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i1.920

Abstract

Komik sains merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guruuntuk mengajar konsep sains di dalam kelas. Penelitian bertujuan untuk mengetahuipengaruh komik sains terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMPYapis Manokwari dan SMP Negeri 15 Manokwari. Jenis penelitan adalah kuasieskperimen menggunakan nonequivalent controp group design. Sampel penelitianberjumlah 106 siswa. Kelas eksperimen sebanyak 53 siswa dan kelas kontrol sebanyak53 siswa. Analsis data menggunakan Mann-Whitney Test pada taraf signifikan 0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig 0,000 (p < 0,05) yang menandakanterdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol. Kesimpulan dalampenelitian ini adalah siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajan komik lebihtinggi hasil belajarnya dibandingkan dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakanmedia pembelajaran komik.
Hubungan Self Efficacy terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Irma Lusi Nugraheni
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i1.923

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy terhadap motivasiberprestasi pada mahasiswa pendidikan geografi Unila angkatan 2015. Metode yangdigunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 93 mahasiswa denganteknik pengambilan sampel berupa quota sampling sehingga didapat jumlah sampel sebesar48 mahasiswa. Data primer diperoleh dari hasil angket menggunakan skala likert dengan 5indikator jawaban (setuju,sangat setuju,ragu-ragu,tidak setuju,sangat tidak setuju). Masingmasingindikator memiliki bobot skor yang berbeda-beda,sangat setuju dengan skor 5,setujudengan skor 4, ragu-ragu dengan skor 3,tidak setuju dengan skor 2 dan sangat tidak setujudengan skor 1. Angketnya sendiri terdiri dari 21 butir pertanyaan untuk variabel X ( selfefficacy) dan 20 butir pertanyaan untuk variabel Y (motivasi berprestasi). Skor maksimumuntuk variabel X adalah 105 dan skor maksimum untuk variabel Y adalah 100. Skorminimum untuk variabel X adalah 21 dan skor minimum untuk variabel Y adalah 20.Hasilpenelitian menunjukkanbahwa adahubungan yang signifikan (berarti) antara variabel selfefficacy dengan motifasi berprestasi. Tingkat kekuatan hubungan (korelasi) antara variableself efficacy dengan motifasi berprestasi adalah sebesar 0,675 atau kuat. Angka koefisienkorelasi pada hasil di atas bernilai positif, yaitu 0,675 sehingga hubungan kedua variabletersebut bersifat searah (jenis hubungan searah), dengan demikian dapat diartikan bahwa selfefficacy meningkat maka motifasi berprestasi juga meningkat.
Improving Students’ Reading in Narrative Text by using Extensive Reading at the Tenth Grade Students of Madrasah Aliyah Al-Fajar in Pekanbaru Yeni Afriyeni
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i1.924

Abstract

Extensive reading was defined such as an approach to the teaching and learninglanguage in which learners read large amount of books and lots of other materials thatare appropriate to learners’ linguistic competence (Day & Bamford, 1998). Thepurposes of this paper were to investigate how the extensive reading can develop thereading ability, especially vocabulary acquisition and reading comprehension at Tenthgrade students of Madrasah Aliyah Al-Fajar in Pekanbaru. The second purpose of thisstudy delved into the extensive reading can enhance their reading motivation as well asthe learners’ attitudes toward the extensive reading. The study addressed a mainresearch question and two sub-research questions which relate to the extensive reading:To what extent can Extensive reading technique improve the students’ reading narrativetext at second semester at Tenth grade students of Madrasah Aliyah Al-Fajar inPekanbaru. What are the factors that influence the changes of the students’ readingnarrative text at second semester at Tenth grade students of Madrasah Aliyah Al-Fajarin Pekanbaru. The participants of this study were 12 students at Tenth grade students ofMadrasah Aliyah Al-Fajar in Pekanbaru. The research instruments used in this study tocollect data were three main instruments namely Reading Tests (including Pre-ReadingTest and Post-Reading Test), Questionnaire, and Interview. The result of data analysisrevealed the significant difference. The findings suggested that teacher should helpstudents to improve their reading ability, particularly reading comprehension andvocabulary learning by engaging them in a systematic extensive reading program.
Implementing Reciprocal Teaching Strategy to Improve Students’ Reading Comprehension of Narrative Text at Grade XI Science One of SMA Handayani Pekanbaru Ardiya Ardiya
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i1.925

Abstract

The purposes of this research are to find out whether Reciprocal teaching strategy can improvestudents’ comprehension of narrative text and to find out what factors that influence theimprovement of students’ reading comprehension of narrative text by implementing Reciprocalteaching strategy. The research was a classroom action research which was conducted in twocycles consisting of eight meetings. The research was done from March 17th to April 11th, 2012.There were thirty eight students of Grade XI Science One of SMA Handayani Pekanbaru, andone collaborator treated as participants of this research. The data of the research were takenfrom reading tests, observation, field notes and interviews. The data were analyzed byquantitative and qualitative technique. The study revealed that the implementing of four stepsof Reciprocal teaching (predicting, questioning, clarifying and summarizing) can help thestudents in comprehending the narrative text. Students’ score increased after they applied fourways and they were able to master all indicators of reading comprehension of narrative textconsisting of theme, orientation, complication, and resolution as well as draw conclusion. Thefactors that influenced the change of students’ reading comprehension of narrative text were theparticipation of students, classroom setting and reading materials used in the process of thisresearch. The researcher concludes that Reciprocal teaching can better improve students’reading comprehension of narrative text at the Grade XI Science one of SMA HandayaniPekanbaru.
Efektivitas Media Pasir dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah Bengkalis Reswita Reswita; Sri Wahyuni
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i1.927

Abstract

Kemampuan mengenal konsep bilangan merupakan salah satu pengembangan aspekkognitif pada anak usia 5–6 tahun. Beberapa TK telah menerapkan berbagai mediadalam meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak, salah satunya dengan mediapasir. Beberapa fenomena yang menjadi acuan penggunaan media ini di antaranya: 1)Anak belum sempurna dalam membilang/mengenal urutan bilangan 1-10, 2) sebagiananak belum mampu dalam membilang/mengenal konsep bilangan dengan bendabenda,3) masih ada anak yang tidak bisa mengurutkan urutan bilangan 1-10, dan 4)masih ada sebagian anak ada yang belum dapat mencocokkan bilangan denganlambang bilangan. Supaya pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan, makaditerapkan pembelajaran yang inovatif yakni bermain pasir. Kemampuan konsepbilangan anak usia 5-6 di TK Aisyiyah Bengkalis dengan menggunakan media pasirmengalami peningkatan setiap tahapnya. Pada data awal diperoleh nilai 39,5%dengan kriteria belum berkembang. Setelah dilakukan perbaikan pada tahap Idiperoleh nilai sebesar 54,1% dengan kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) danpada tahap II diperoleh nilai sebesar 77,7% dengan kriteria BSB (Berkembang SangatBaik). Peningkatan yang terjadi dari data awal ke tahap I sebesar 14,6%, nilaipeningkatan dari tahap I ke tahap II sebesar 23,7%, dan peningkatan secara keseluruhandari data awal ke tahap II sebesar 38,3%.
Analisis Figure of Speech dalam Terjemahan Puisi “My Mistress’ Eyes Are Nothing Like The Sun” oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lancang Kuning Syaifullah Syaifullah; Refika Andriani; Destina Kasriyati
Lectura : Jurnal Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2018): Lectura: Jurnal Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/lectura.v9i1.954

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hasil analisis gaya bahasa dalam terjemahan puisi“My Mistress’ Eyes are Nothing Like the Sun” Oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan BahasaInggris Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lancang Kuning dan kesulitankesulitanyang ditemui mahasiswa selama proses menerjemahkan berlangsung. Penelitian inimenggunakan metode deskriptif yang tidak memberikan perlakuan, manipulasi atau mengubahpada variabel-variabel bebas, tetapi menggambarkan hasil analisis pada terjemahan puisi “MyMistress’ Eyes are Nothing Like the Sun”. Teknik pengumpulan data dilakukan denganmemberikan tes menerjemahkan sebuah puisi yang berjudul “My Mistress’ Eyes are NothingLike the Sun” ke dalam Bahasa Indonesia. Hasil analisis data dapat mengidentifikasi jenis gayabahasa yang digunkan mahasiswa dalam terjemahan puisi tersebut. Adapun gaya bahasa yangterdapat dalam hasil terjemahan mahasiswa antara lain adalah litotes, hiperbola, dan ironi. Selainitu, kesulitan yang ditemui mahasiswa dalam menerjemahkan adalah unsur budaya danpemilihan padanan kata. Hasil penelitian yang ditemukan diharapkan dapat menjadi bahan kajianuntuk menerapkan metode dan sumber belajar yang tepat dalam proses pembelajaranTranslation.

Page 1 of 2 | Total Record : 11