cover
Contact Name
Zulfah
Contact Email
zulfahasni670@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
zulfahasni670@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 26143038     EISSN : 25799258     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2579-9258 and P-ISSN: 2614-3038. JC is published twice a year in May and November. JC receives 40 articles per year The journal publishes articles in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research and development, experimental research, classroom action research, etc.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA Astuti Astuti; Nurhidayah Sari
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.139 KB) | DOI: 10.31004/cendekia.v1i2.16

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS) kleas X SMA. LKS yang dihasilkan dapat digunakan oleh siswa sebagai alat bantu untuk memahami materi yang dipelajari. LKS juga sebagai sumber materi yang dapat membantu siswa belajar mandiri, sehingga siswa tidak tergantung dengan kehadiran guru di kelas. Subjek penelitian yang diambil yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Salo tahun pelajaran 2016/2017 pada semester genap dengan materi trigonomtri. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang perangkat dan bahan ajar pembelajaran, kebutuhan akan bahan ajar pembelajaran, dan analisis kekurangan bahan ajar yang digunakan serta nantinya menjadi bahan kajian dalam pengembangan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat dikemukakan simpulan penelitian yaitu LKS yang dikembangkan dengan materi trigonometri dikembangkan sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Materi yang disajikan pada LKS sangat menuntun siswa untuk melakukan kegiatan. LKS yang dikembangkan dengan materi trigonometri sangat layak sebagai media pembelajaran. LKS yang dikembangkan dengan materi trigonomeri efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa jadi meningkat dari pelajaran sebelumnya, tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal siswa juga meningkat dari materi sebelumnya. LKS yang dikembangkan dibuat untuk siswa agar belajar lebih aktif dan bekerja sama dengan teman sekelompoknya. Di dalam LKS disajikan beberapa kegiatan dan juga disajikan materi agar bisa belajar secara berdiskusi. Jika siswa terdapat kesulitan guru siap memabantu siswa. Hal ini yang membuat siswa lebih mengerti dan pembelajaran lebih bertahan lama dalam ingatan siswa
PENINGKATAN SELF EFFICACY TERHADAP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODUL MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANGKINANG Irma Fitri
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (566.936 KB) | DOI: 10.31004/cendekia.v1i2.17

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui perbedaan self efficacy matematika antara siswa yang belajar menggunakan modul matematika dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan self efficacy matematika siswa antara siswa yang belajar menggunakan modul matematikadengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dimana guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan peneliti sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangkinang yang berjumlah 261 orang dan sebagai sampel kelas VIII G yang berjumlah 32 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah self efficacy terhadap matematika.Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, tes dan angket. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan uji t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan self efficacy terhadap matematika. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan skor self efficacy antara siswa yang belajar menggunakan modul matematika dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional
MEDIA ULAR TANGGA SEGITIGA PADA MATERI LUAS DAN KELILING SEGITIGA Malalina Malalina
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.354 KB) | DOI: 10.31004/cendekia.v1i2.18

Abstract

Salah satu cara agar siswa dalam memahami matematika adalah pada cara penyajian materi pembelajaran, media pembelajaran dan metode mengajar yang digunakan oleh guru pada proses pembelajaran. Media pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas materi yang disampaikan guru kepada peserta didik. Selain itu, dengan penggunaan media pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat baru untuk belajar serta membangkitkan motivasi siswa. Sehingga dengan Pembelajaran dengan media ular tangga segitiga materi keliling dan luas segitiga dapat meningkatkan motivasi belajar, yang tadinya belajar matematika membosankan sehingga dengan media ular tangga segitiga dapat menghidupkan suasana sehingga tidak mengantuk, lelah dan bosan
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MEDIA KOMPUTER MODEL TUTORIAL INTERAKTIF PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X-6 Hendra Hendra
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.238 KB) | DOI: 10.31004/cendekia.v1i2.19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui penggunaan media pembelajaran berbasis komputer model tutorial interaktif pada pokok bahasan trigonometri siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Bangkinang tahun pelajaran 2016/2017. Pelaksanaan proses pembelajaran pada penelitian ini menggunakan dua siklus terdiri dari tujuh kali pertemuan dengan enam rencana pembelajaran. Selama satu siklus dilakukan pengamatan terhadap pelaksanaan proses pembelajaran dan dilakukan refleksi. Hasil refleksi digunakan sebagai acuan untuk menyempurnakan tindakan pada pertemuan berikutnya. Berdasarkan analisis peneliti dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran berbasis komputer model tutorial interaktif pada materi trigonometri dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Bangkinang Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar Semester Genap tahun pembelajaran 2016 / 2017.
PENGEMBANGAN LKS BERBASIS RME DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA Adityawarmah Hidayat; Indra Irawan
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (689.25 KB) | DOI: 10.31004/cendekia.v1i2.20

Abstract

Penelitian ini merupakan model penelitian pengembangan (R & D) yang bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan pemecahan masalah yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematissiswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 012 KP. Panjang Airtiris. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa bahan ajar LKS dengan materi Operasi Hitung Bilangan, Pengukuran dan Hubungan Antarsatuanberbasis RME dengan pendekatan pemecahan masalah untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. Model pengembangan yang dilakukan sesuai dengan Model ADDIE, yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalahlembar uji validitas, lembar uji praktikalitas, dan soal postes. Berdasarkan hasil uji validitas, LKS berbasis RME dengan pendekatan pemecahan masalah termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase 81%. Sedangkan hasil uji praktikalitas saat uji coba kelompok besar, LKS berbasis RME dengan pendekatan pemecahan masalah termasuk kategori sangat praktis dengan persentase 94,07%. Berdasarkan hasil postes, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sudah tergolong baik dengan persentase 79,14%
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 009 BANGKINANG Putri Hana Pebriana
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.84 KB) | DOI: 10.31004/cendekia.v1i2.21

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang memahami materi yang diberikan guru. Ini disebabkan pembelajaran matematika di dalam kelas dilakukan dengan metode ceramah dengan keterlibatan siswa yang kurang. Motivasi belajar matematika siswa masih tergolong rendah sehingga mengakibatkan hasil belajar yang rendah pula. Siswa kurang bersemangat, kurang aktif dalam mengungkapkan pendapatnya, suasana pembelajaran yang kurang bervariasi. Untuk itu perlu dilakukan perbaikan pembelajaran dengan model pembelajaran Quantum Teaching. Model ini tidak hanya menawarkan materi pembelajaran tetapi bagaimana menciptakan hubungan emosional yang baik dalam dan ketika belajar tetapi juga membuat siswa menjadi tertarik dan berminat pada pelajaran matematika. Bentuk penelitianini adalah Penelitian Tindaka kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 009 Bangkinangpada materi luas bangun datar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada ulangan siklus I nilai rerata siswa meningkat sebesar 9,8 poin dari skor dasar menjadi 73,8. Pada siklus II meningkat sebesar 8,4 poin dari siklus I menjadi 76,95. Data kualitatif berupa tes motivasi pada siklus I meningkat sebesar 18,04 poin dari skor dasar menjadi 54,68 Pada siklus II meningkat 21,08 poin dari siklus I menjadi 75,76 dapat diartikan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi matematika siswa kelas V SD Negeri 009 Bangkinang
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTs NEGERI NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR Zulfah Zulfah
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (656.396 KB) | DOI: 10.31004/cendekia.v1i2.23

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Heuristik dengan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Negeri Naumbai tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VIII C yang pengambilannya menggunakan random sampling. Berdasarkan hasil dari perhitungan tes-t diperoleh = , dengan = 0,05 dan df = 38 dari daftar distribusi t diperoleh = 2,02. Dari perhitungan didapat = jelas berada pada daerah penerimaan Ha. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan pendekatan Heuristik dengan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Keywords: Think Pair Share, Pendekatan Heuristik, Kemampuan Pemecahan Masalah
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI SEKOLAH DASAR Rusdial Marta
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.807 KB) | DOI: 10.31004/cendekia.v1i2.24

Abstract

Penelitian ini dimotivasi oleh rendahnya hasil belajar siswa matematika di kelas IV SDN 007 Bangkinang Kota. Salah satu solusinya dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika membangun ruang sederhana dengan menggunakan model kooperatif tipe pembelajaran TPS pada siswa kelas IV SDN 007 Bangkinang Kota. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan waktu penelitian yang dilaksanakan mulai bulan April hingga Mei 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 007 Bangkinang yang berjumlah 20 orang , dengan jumlah pria 10 orang, dan siswa perempuan berjumlah 10 orang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada siklus I masih tergolong rendah dengan mean 73,75. Selanjutnya dari 20 orang siswa hanya 13 orang siswa yang tuntas sambil menyelesaikan belajar klasik 65%. Dan hasil belajar pada siklus II tergolong sangat baik dengan rata-rata 84,25, dan 20 orang siswa ada 17 orang siswa yang tuntas sambil menyelesaikan belajar klasikal 85%. Dengan demikian dengan menggunakan model tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi materi bahan bangunan kelas sederhana IV SDN 009 Sialang Kubang.
Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD Berbasis PBL untuk Materi Matematika Semester 1 Kelas VIII SMP Zulfah Zulfah
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.994 KB) | DOI: 10.31004/cendekia.v1i2.59

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah sebagai salah satu kemampuan matematis yang harus dimiliki peserta didik. Ada beberapa factor penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah. Salah satunya adalah tidak tersedianya bahan ajar yang memudahkan siswa untuk tumbuh dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (TMSW) berdasarkan Problem Based Learning (PBL) untuk semester pertama materi matematika yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain. Penelitian ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, Untuk tahap pertama yaitu tahap awal penelitian dilakukan analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, analisis konsep, serta analisis bahan ajar yang ada. Pada tahap prototipe, ia mulai merancang materi matematika berbasis TMSW berbasis PBL untuk semester pertama, kemudian melakukan evaluasi formatif untuk mengetahui validitas dan kepraktisan produk dalam bentuk TMSW berdasarkan PBL. Yang terakhir adalah tahap penilaian, tahap ini adalah untuk menguji kepraktisan dan efektivitas penilaian. Efektivitasnya bisa dilihat melalui eksperimen kuasi.
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS 2 SDN 133 PEKANBARU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT LEARNING) Muslina Muslina
Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Mathematics Education Study Program

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (851.373 KB) | DOI: 10.31004/cendekia.v1i2.60

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan dasar yang mesti dimiliki oleh siswa. Masalah yang ditemukan oleh peneliti dari gejala-gejalah yang diamati peneliti adalah masih kurangnya kemampuan pemahaman matematis siswa dalam materi pembagian. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa melalui model Pembelajaran Langsung (Direct Learning). Jenis Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini siswa SD kelas 2 SDN 133 Pekanbaru Hasil dari penelitian ini bahwa terjadi peningkatan hasil belajar mulai dari tahap pra tindakan sampai ke siklus 2 dengan peningkatan secara klasikal pada siklus kedua adalah 83.33% yang tuntas dalam tes pemahaman kosep matematika.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2017 2017