cover
Contact Name
Ni Luh Made Mahendrawati
Contact Email
made.mahendrawati@gmail.com
Phone
+628123961868
Journal Mail Official
made.mahendrawati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
International Journal of Community Service Learning
ISSN : 25797166     EISSN : 25496417     DOI : https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.37047
Core Subject : Economy, Social,
International Journal of Community Service Learning is a scientific journal Community Service published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal is published 4 times a year, ie in February, May, August, and November. The article was published on the results of community service related to education, science, technology, socio-economics, and entrepreneurship.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2020): May 2020" : 7 Documents clear
Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru SD Ningsih, Siska Candra; aviory, koryna
International Journal of Community Service Learning Vol 4, No 2 (2020): May 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.603 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v4i2.19439

Abstract

Artikel merupakan salah satu karya ilmiah. Artikel ilmiah adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh para akademisi. Artikel ilmiah diterbitkan dalam sebuah jurnal ilmiah. Menurut peraturan pemerintah, guru-guru diwajibkan untuk membuat sebuah artikel ilmiah kemudian menerbitkannya di jurnal ilmiah. Untuk menunjang hal tersebut, maka pelatihan penulisan artikel ilmiah perlu diadakan. Tujuannya adalah untuk menindaklanjuti artikel yang sudah ditulis oleh guru sehingga dapat disesuaikan dengan format penulisan artikel yang ada. Subyek kegiatan adalah guru SDN Tamansari II, dengan target kegiatan meningkatnya pemahaman guru dalam membuat artikel ilmiah. Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang guru yang berasal dari SDN Tamansari II. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan klasikal maupun individual. Pendekatan klasikal dilakukan dengan melakukan pelatihan penyusunan artikel ilmiah, dimulai dengan pengenalan tentang jurnal, pengenalan tentang artikel, pemahaman konsep dasar dalam pembuatan artikel, penyusunan artikel ilmiah. Sedangkan pendekatan individual dilakukan saat pendampingan penyusunan artikel ilmiah. Kesimpulan dari kegiatan pendampingan ini adalah meningkatnya pemahaman guru dalam membuat artikel ilmiah serta keinginan dalam membuat artikel cukup tinggi. Kendala umum yang dihadapi guru dalam pembuatan artikel ilmiah adalah kurangnya referensi dalam pembuatan artikel ilmiah, terbatasnya waktu serta kurangnya kreativitas guru dalam menulis artikel ilmiah (hanya terfokus pada penelitian tindakan kelas).
PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT STIMULUS JAJANAN SEHAT PADA TK/PAUD KOSAYU MALANG Triwijayati, Anna; Melany, Melany; Broto, Felik Sad Windu Wisnu; Wilujeng, Lilis Lestari; Nugroho, Didit Prasetyo; Prasetya, Bintang Pramudya Putra
International Journal of Community Service Learning Vol 4, No 2 (2020): May 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.898 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v4i2.20923

Abstract

Konsumen anak mulai aktif membeli jajanan ketika memasuki usia sekolah sehingga bagi Taman Kanak-kanak, penting untuk menanamkan pembelajaran tentang jajanan sehat sebagai bekal ketika masuk sekolah dasar. Permasalahannya adalah sekolah belum memiliki materi jajanan sehat dalam materi ajar dan program edukasi jajanan sehat yang menarik bagi anak. Mitra program adalah sekolah Taman Kanak-kanak Yayasan Kolese St. Yusuf (Kosayu) Malang. Tujuan dari program pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pelatihan tentang jajanan, kantin dan lingkungan sekolah yang sehat, konten dan metode pengajaran dalam jajanan sehat, serta alat bantu pengajaran jajanan sekolah yang interaktif dan menarik bagi siswa yakni dengan food model. Hasil pelatihan yang diperoleh adalah bahwa sekolah dan para guru telah memahami pentingnya pembelajaran jajanan sehat dalam kurikulum, mampu membuat materi, metode dan model contoh belajar interaktif untuk siswa. Tindak lanjut dari pembelajaran ini adalah bahwa materi tentang jajanan sehat diadopsi dalam konten belajar/kurikulum sekolah.Kata-kata kunci: Jajanan sehat, Taman Kanak-Kanak, Media belajar interaktif, konsumen anak, sekolah Child consumers start actively buying snacks when entering school age so for kindergartens it is important to instill learning about healthy snacks as provisions when entering elementary school. The problem is that schools do not have healthy snacks in teaching materials and healthy snacks education programs that are attractive to children. The program partners are the Kindergarten College Foundation St. Yusuf (Kosayu) Malang. The purpose of this community service program is to provide training on snacks, canteens and a healthy school environment, content and teaching methods in healthy snacks, as well as interactive and interesting teaching tools for school snacks for students using food model. The training results obtained are that schools and teachers have understood the importance of learning healthy snacks in the curriculum, able to create interactive learning materials, methods and models for students. The follow up of this lesson is that material about healthy snacks is adopted in the learning content / school curriculum. Keywords: Healthy snacks, kindergarten, interactive learning media, child consumers, school
Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif Untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran Susanto, Ratnawati; Sofyan, Harlinda; Rozali, Yuli Azmi; Nisa, Mahwar Alfan; Umri, Cut Alfina; Nurlinda, Bellina Dwi; Oktafiani, Oktafiani; Lestari, Tantri Hartika
International Journal of Community Service Learning Vol 4, No 2 (2020): May 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1229.202 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v4i2.25657

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat di Sekolah SDN Duri Kepa 03 Pagi berfokus pada Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif untuk Peningkatan Kualitas Interaksi Pembelajaran sebagai diseminasi hasil Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) mengenai Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik (Ratnawati Susanto, 2019). Solusi dilakukan dengan 5 tahap,  yaitu: (1)  Tahap Sosialisasi untuk Peningkatan pemahaman dan pengetahuan menngenai Literasi Pedagogik, (2) Tahap Peningkatan Pengetahuan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran, (3) Tahap Peningkatan Keterampilan Pemberdayaan Kompetensi Pedagogik Berbasis Kemampuan Reflektif untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran, (4) Pemetaan Kompetensi Pedagogik, Kemampuan Reflektif dan Kualitas Interaksi pembelajaran, dan (5) Pengukuran dan Evaluasi.  Pencapaian hasil pengabdian kepada masyarakat mencapai tingkat efektifitas yang baik sebagai solusi permasalahan mitra, dengan hasil: (1) peningkatan pengetahuan literasi pedagogik sebesar 80%, (2) 100 % guru memiliki kompetensi pedagogik pada klasifikasi baik (27 %) dan cukup (73 %); (3). 100 % guru memiliki kemampuan reflektif pada klasifikasi baik 20 % dan pada klasifikasi cukup 80 % ;  dan (4) 100 % guru Kemampuan pengelolaan kualitas interaksi pembelajaran  dengan klasifikasi baik 39 % dan klasifikasi cukup 61 %.
Street Furniture Design Consultation Signage for Place’s Name for Puri Kembangan Fly Over Area Ramadhan, Ali; Anggita, Dena; Muladi, Edy
International Journal of Community Service Learning Vol 4, No 2 (2020): May 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (831.746 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v4i2.25128

Abstract

A flyover is known as a facility on the road as an option to drive to reach the destination. On the streets, signage is known as a medium to explain the direction or purpose of someone to be able to know the direction and purpose. As street furniture, signage is one of the facilities that are not infrequently present somewhere. So someone can find out where he is. By using the consultation method and including interviews with partners, solving the problem through community service programs will be carried out in the form of signage design that will be made on any part that requires information about the place or crossroads in the basement area of the flyover in the area of West Jakarta. The signage design of the consultation results as a guide can be continued to the stage of making the object by taking into account the elements of the environment and the people in the area. So that in its application, signage design can help the general public to know the direction and the area to be addressed.
ASEAN Class Program di MTs. Muhammadiyah 1 Malang Rijal, Najamuddin Khairur; Prasodjo, Haryo; Prinanda, Devita
International Journal of Community Service Learning Vol 4, No 2 (2020): May 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (846.056 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v4i2.17518

Abstract

This program is aimed to providing knowledge to students of MTs. Muhammadiyah 1 Malang about ASEAN and ASEAN Community. This is based on the lack of information for students about ASEAN because of the limitations of learning materials and information about ASEAN is only as a sub-subject. In addition, the school sees the importance of international insight to realize the vision of Elegant Morally, Excellent Intelectually. Therefore, through the ASEAN Class Program, there are activities such as the introduction of ASEAN and ASEAN community, sharing culture with Thai students, and sharing experiences and motivation with students who have international experience. The methods of activities include lectures, sharing, and discussion as well as pre-test and post-test. The result shows that there is an increased knowledge and understanding of participants about ASEAN and ASEAN Community and misinformation about ASEAN member countries and the ASEAN Community pillar can be corrected.
Penerapan Media Bimbingan Konseling untuk Meningkatkan Keterampilan Guru BK dalam Memberikan Layanan Pendidikan Seks terhadap Peserta Didik Yuliastini, Ni Komang Sri; Dharma Tari, I Dewa Ayu Eka Purba; Putra Giri, Putu Agus Semara; Dartiningsih, Made Wery
International Journal of Community Service Learning Vol 4, No 2 (2020): May 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (820.746 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v4i2.25055

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah peningkatan keterampilan Guru Bimbingan dan Konseling dalam membuat materi dan media Bimbingan dan Konseling pada SMP Swastika Kapal, Kab. Badung. Media bimbingan dan konseling ialah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaiakan pesan bimbingan dan konselinya yang merangsang pikiran, perasaan, perhatian, keinginan konseli untuk memahami diri dan mengambil keputusan atau masalah yang sedang dihadapi. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat adalah Guru Bimbingan Konseling SMP Swastika Kapal. Kegiatan diharapkan memberikan kontribusi kepada Sekolah, guru BK serta peserta didik, dimana dari pihak sekolah menambah perangkat pembelajaran berupa media BK, guru BK memiliki pengetahuan dan kreativitas untuk menuangkan materi BK salah satunya pendidikan seks  dan bagi peserta didik memberikan wawasan mengenai pendidikan seks serta mencegah perilaku yang menyimpang bagi remaja. Menghasilkan produk media BK yang interaktif sesuai tema yaitu “Pendidikan Seks pada Peserta Didik” serta hasil post test peserta didik yang tinggi mengenai pemahaman paparan materi yang disampaikan oleh guru BK merupakan keberhasilan dalam pelatihan ini. Penerapan Media BK diharapkan memiliki ragam tema dan ide yang kreatif sehingga program BK di Sekolah berjalan secara efektif.
The Effect of Quality of Human Resources on The Performance of Bandiklat Central Kalimantan Province Alexandro, Rinto
International Journal of Community Service Learning Vol 4, No 2 (2020): May 2020
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v4i2.24788

Abstract

Government reforms occurring in Indonesia have resulted in a paradigm shift in governance from a centralized paradigm towards decentralization which is characterized by granting broad and real autonomy to the regions. The objective of management of the Civil Servants (PNS) is to ensure the implementation of government tasks and development in an effective and effective with the support of professional, responsible, honest and fair civil servants through coaching that is carried out based on work performance systems and career systems. Civil servants as apparatus resources should be encouraged to have high professionalism and responsiveness to the growing demands and needs of the community. With professional human resource management arrangements are expected to produce high-quality and high-performance apparatus so that the expected organizational goals can be achieved.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 7 No. 2 (2023): May 2023 Vol. 7 No. 1 (2023): February 2023 Vol. 7 No. 4 (2023): November Vol. 7 No. 3 (2023): Agustus Vol. 6 No. 4 (2022): November 2022 Vol. 6 No. 3 (2022): August 2022 Vol. 6 No. 2 (2022): May 2022 Vol. 6 No. 1 (2022): February 2022 Vol 6, No 1 (2022): February 2022 Vol 5, No 4 (2021): November 2021 Vol. 5 No. 4 (2021): November 2021 Vol. 5 No. 3 (2021): August 2021 Vol. 5 No. 2 (2021): May 2021 Vol 5, No 1 (2021): February 2021 Vol. 5 No. 1 (2021): February 2021 Vol 5, No 3 (2021): Agustus Vol 5, No 2 (2021): May Vol. 4 No. 4 (2020): November 2020 Vol 4, No 4 (2020): November 2020 Vol 4, No 3 (2020): August 2020 Vol. 4 No. 3 (2020): August 2020 Vol 4, No 2 (2020): May 2020 Vol. 4 No. 2 (2020): May 2020 Vol. 4 No. 1 (2020): February 2020 Vol 4, No 1 (2020): February 2020 Vol. 3 No. 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 3 (2019): August 2019 Vol. 3 No. 3 (2019): August 2019 Vol. 3 No. 2 (2019): May 2019 Vol 3, No 1 (2019): February 2019 Vol. 3 No. 1 (2019): February 2019 Vol 3, No 2 (2019) Vol. 2 No. 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol. 2 No. 3 (2018): August 2018 Vol 2, No 3 (2018): August 2018 Vol. 2 No. 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 2 (2018): May 2018 Vol. 2 No. 1 (2018): February 2018 Vol 2, No 1 (2018): February 2018 Vol 1, No 3 (2017): November 2017 Vol. 1 No. 3 (2017): November 2017 Vol. 1 No. 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 1 (2017): May 2017 Vol. 1 No. 1 (2017): May 2017 More Issue