cover
Contact Name
Ni Luh Made Mahendrawati
Contact Email
made.mahendrawati@gmail.com
Phone
+628123961868
Journal Mail Official
made.mahendrawati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
International Journal of Community Service Learning
ISSN : 25797166     EISSN : 25496417     DOI : https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.37047
Core Subject : Economy, Social,
International Journal of Community Service Learning is a scientific journal Community Service published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal is published 4 times a year, ie in February, May, August, and November. The article was published on the results of community service related to education, science, technology, socio-economics, and entrepreneurship.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2021): Agustus" : 10 Documents clear
PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT PADA KELOMPOK PERAJIN PERAK DHARMA BATUBULAN, KABUPATEN GIANYAR Mandasari, IA Cynthia Saisaria
International Journal of Community Service Learning Vol 5, No 3 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v5i3.36128

Abstract

Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya. Tiap daerah atau masyarakat mempunyai corak dan budaya masing-masing yang memperlihatkan ciri khasnya. Pulau Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia dengan berbagai macam budaya dan keseniannya. Kesenian di Provinsi Bali merupakan salah satu yang diminati oleh wisatawan khususnya kesenian dalam bidang kerajinan yaitu kerajinan perak. Kekhasan itu tak hanya pada keunikan desain dan motif tradisionalnya yang kental nuansa seni budaya Bali, perak Bali juga tak kalah populer dibandingkan perhiasan emas sebagai koleksi sekaligus sarana investasi. Salah satu kelompok perajin perak yang ada di Bali adalah kelompok perajin perak Dharma Batubulan, Kabupaten Gianyar. Kelompok ini membuat kerajinan perak bekerjasama dengan mitra yakni UC Silver. UC Silver merupakan manufaktur penjual perak, target pasarnya adalah wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun menurunnya pariwisata di Bali memiliki dampak menurunnya pengunjung dan pembeli ke UC Silver, hal ini juga berdampak pada kelompok perajin perak Dharma Batubulan karena pemesanannya juga menurun. Untuk mengatasi hal ini, maka dengan melaksanakan PKM ini diharapkan perajin perak Dharma Batubulan bisa memasarkan sendiri produk perak melalui digital marketing, sehingga tidak hanya bergantung dari pemesanan UC Silver. Permasalahan yang dihadapi kelompok nelayan ini adalah: 1) Penurunan pemesanan saat low season. 2) Bergantung pada mitra, 3) Teknik pemasaran yang masih manual. 4) Adanya perselisihan dengan konsumen. 
PKM PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM SHANTI PRAPTA SEDANA , KELURAHAN BENG, KECAMATAN GIANYAR, KABUPATEN GIANYAR Mahendrawati, Ni Luh Made
International Journal of Community Service Learning Vol 5, No 3 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v5i3.37047

Abstract

Pengabdian Kemitraan Masyarakat Universitas Warmadewa  dimasa Pandemi Covid -19 ini bertujuan untuk mengembangkan koperasi di Bali di mana sekarang ini sangat  penuh dengan tangtangan.   Mengupayakan agar koperasi di Bali terus tumbuh sehingga dapat memberi kesejahteraan dan kebermanfaatan bagi anggotanya. Koperasi ini timbul dari adanya keinginan untuk mengembangkan dan membantu perekonomian para anggota bahkan masyarakat di Kabupaten Gianyar   Lokasi Pengabdian adalah Koperasi Simpan Pinjam Shanti Prapta  Sedana,      Kelurahan Beng, Kecamatan  Gianyar, Kabupaten Gianyar . menunjukkan beberapa isu permasalahan yang perlu mendapatkan perhatian yaitu: (1) administrasi manajemen koperasi yang masih manual ;(2) ada permasalahan kredit yang disebabkan adanya kondisi covid – 19 ,dan format  perjanjian koperasi simpan pinjam yang disesuaikan,  serta keinginan dari pihak anggota untuk melaksanakan hak dan kewajibannya. Dari data yang diperoleh maka diperlukan suatu penataan administrasi berbasis online  bagi Koperasi Shanti Prapta  Sedana melalui pendekatan pembinaan , pendampingan ,dan sosialisasi, Dengan hasil akhir berupa sistem manajemen administrasi berbasis TI dari KSP yang baru, serta adanya Format perjanjian simpan pinjam dan pola penyelesaian masalah kredit  yang lebih tepat agar tidak ada lagi permasalahan kredit bermasalah.
Handicraft Berbasis Logic Exploxer di Desa Kolbano Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Kurniawan, Budi; Fernandes, Elisabeth Ernawaty; Palla, Karima Tunisa
International Journal of Community Service Learning Vol 5, No 3 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v5i3.37731

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan hard skill peserta didik Sekolah Dasar (SD) dengan pengadaan pelatihan edukasi hard skill melalui handicraft berbasis logic exploxer di Desa Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), sebagai berikut: (1) pengolaan limbah sampah plastik menjadi kerajianan tangan dan (2) pengolaan batu pantai  yang beragam bentuk dan warna  menjadi  kerajinan tangan. Pelaksanaan kegiatan dimulai tanggal  01-02 Juni 2021 di area Pantai Kolbano. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dibagi menjadi 4 (empat) tahap diantaranya: (1) observasi awal wilayah kegiatan, (2) pemetaan masalah, (3) sosialisasi kegiatan, dan (4) pelaksanaan pelatihan dengan melibatkan masyarakat, mahasiswa, dan dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Kupang. Luaran dari kegiatan ini adalah pemahaman masyarakat dan peserta didik tentang pengolahan sampah plastik dan batu berwarna serta kemampuan mengembangkan hard skill peserta didik.  
Pendampingan dan Analisis Kelayakan Usaha Kerupuk Ikan “Abizar” di Desa Pangkahkulon, Ujung Pangkah -Gresik Fuad, Mochamad Arif Zainul
International Journal of Community Service Learning Vol 5, No 3 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v5i3.36024

Abstract

This community service activity aims to provide assistance in the development and analysis of the feasibility of the fish cracker business in the Abizar home industry in Pangkahkulon Village, Ujung Pangkah-Gresik from various aspects. Assistance is carried out with several activities including the introduction and provision of production equipment assistance, marketing training, and financial management training. While the analysis of business feasibility is reviewed from several aspects, namely technical aspects of production, management, marketing, legality and financial aspects. The results of the analysis show that SMEs are generally feasible to run from the various aspects above. From the financial aspect which is the main indicator of business feasibility, there is a very large profit ratio, Net B/C ratio which reaches 5.05, Profitability of 40%, and R/C Ratio of 1.5 and a payback period of less than half a year, then this business well worth the effort and can be continued. Based on the business feasibility study, it can also be concluded that business assistance by providing production equipment assistance does not provide a new financial burden for entrepreneurs but instead increases business efficiency and profits. However, it still needs improvement, especially from the aspect of business legality because partner SMEs do not yet have legality at all.
Pemberdayaan Masyarakat Kampung Cijantur Untuk Mendapatkan Air Bersih Melalui Penerapan Saluran Air Tanpa Listrik Dengan Pembagunan Bendungan Sari, Santika; Fajriah, Nur; Saputra, Noverdo; Maulana, Wahyu; Saputro, Annisa; Sari, Santika; Hendradi, Alif
International Journal of Community Service Learning Vol 5, No 3 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v5i3.38460

Abstract

Kampung Cijantur adalah salah satu kampung yang berada di daerah dataran tinggi Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Kampung ini merupakan salah satu daerah yang mengalami banyak permasalahan, mulai dari akses jalan menuju kampung ini dalam kondisi yang tidak baik, pekerjaan utama penduduk yang tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari dan sulitnya mendapatkan air bersih karena jarak sumber air yang sangat jauh. Dari sekian banyaknya permasalahan yang dihadapi Kampung Cijantur, masalah yang paling dirasa menyulitkan masyarakat kampung ini adalah mengenai sulitnya mendapatkan air bersih karena jarak sumber air yang teramat jauh, terutama di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini kebersihan telah menjadi hal yang sangat diutamakan agar terhindar dari paparan virus. Oleh karena itu, kami berniat membantu masyarakat kampung Cijantur Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor untuk mendapatkan air besih dengan membuat saluran air tanpa listrik dengan membuat bendungan air. Air bersih disalurkan dengna membuat bendungan air dilokasi sumber air dan disalurkan dengan pipa ke lokasi penampungan air bersih yang dapat diakses oleh warga. Penyaluran air dari sumber air ke lokasi penampungan air warga menggunakan teknik tekanan air dan perbedaan ketinggian air. Teknologi penyaluran air ini dapat diterapkan untuk daerah-daerah yang penduduknya mempunyai keterampilan teknis yang terbatas, karena pemeliharaan yang dibutuhkan sederhana dan tanpa harus membayar biaya listrik. Langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan dalam program ini adalah : (1) Sosialisasi program, (2) Persiapan peralatan dan bahan, (3) Membuat bendungan air di dekat sumber air, (4) Pelaksanaan kegiatan penyambungan pipa-pipa output dari bendungan air menuju toren penampungan akhir (5) Pendampingan, dan (6) Monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilakukan air dapat tersalurkan dengan baik sampai ke toren penampungan akhir yang dekat dengan lokasi pemukiman warga. Hal ini dapat membantu warga kampung cijantur untuk mendapatkan air bersih sehingga dapat berdampak pada Kesehatan warga yang lebih terjamin dengan adanya air bersih
Implementasi Manajemen Kurikulum pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Rasmani, Upik Elok Endang; Rahmawati, Anayanti; Palupi, Warananingtyas; Jumiatmoko, Jumiatmoko; Zuhro, Nurul Shofiatin; Fitrianingtyas, Anjar
International Journal of Community Service Learning Vol 5, No 3 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v5i3.38216

Abstract

Kualitas layanan program pendidikan anak usia dini (PAUD) menunjang keberhasilan peserta didik.  Kurangnya pemahaman pendidik mengenai pengelolaan manajemen PAUD terutama manajemen kurikulum menjadi hambatan dalam peningkatan kualitas layanan PAUD. Manajemen kurikulum sangatlah penting karena manajemen ini menentukan bahan ajar yang disesuaikan dengan aspek perkembangan anak dalam rangka mencapai tumbuh kembang yang optimal dengan pembelajaran yang efektif dan efisien. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi terkait pelaksanaan dan penataan manajemen kurikulum PAUD agar lebih terarah dan berkembang lebih optimal di lembaga PAUD. Sampel pengabdian adalah TK Aulia Surakarta. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan berjalan dengan baik meskipun terkendala oleh pandemi, dan peningkatan pemahaman dan pelaksanaan manajemen kurikulum PAUD lebih terarah dan berkembang optimal.
Sosialisasi Website Portal Bank Sampah Universitas Lancang Kuning Guntoro, Guntoro
International Journal of Community Service Learning Vol 5, No 3 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v5i3.40616

Abstract

Teknologi informasi yang berkembang begitu cepat membuat aktivitas kehidupan selalu bergantung pada teknologi. Bank Sampah merupakan salah satu komunitas yang peduli terhadap permasalahan sampah. Salah satunya adalah Bank Sampah Universitas Lancang Kuning. Banyak kegiatan maupun informasi yang adalah di Bank Sampah tersebut, baik kegiatan pelatihan, informasi terkait bank sampah dan lain sebagainya. Adapun Bank Sampah Universitas Lancang Kuning saat ini masih belum adanya media informasi secara online, maka dibutuhkan sebuah teknologi informasi untuk memberikan informasi terkait kegiatan bank sampah. Salah satunya adalah Website. Adapun tahapan dalam perancangan website ini adalah analisa, perancangan, implementasi dan pengujian. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan bahwa website yang dibangun dapat memberikan informasi bagi masyarakat, dan dapat diakses secara online
MENUMBUHKAN MOTIVASI WARGA BELAJAR MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL DI SKB SAMARINDA KOTA SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR Lukman, Andi Ismail
International Journal of Community Service Learning Vol 5, No 3 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v5i3.39439

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi warga belajar melalui media audio-visual. Pengabdian memaparkan mengenai peran media audio-visual dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, tidak kaku, dan tidak membosankan. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu 1) persiapan, berupa pengurusan izin dan penentuan waktu pelaksanaan kegiatan; 2) pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat atau penyuluhan. Dengan susunan kegiatan. a) Sambutan sekaligus pembukaan oleh anggota penguluhan yang bertindak sebagai moderator. b) Pemaparan materi. Materi mengenai media audio-visual dipaparkan oleh narasumber, tanya jawab dengan peserta, dan simulasi kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual berupa pembelajaran keaksaraan menggunakan lagu aksara. c) Penutup. narasumber kemudian memberikan arahan, pesan-pesan, motivasi, dan harapan kepada peserta penyuluhan untuk terus belajar, dan tidak cepat merasa puas dengan apa yang telah dipelajari selama ini. 3) Evaluasi. Evaluasi dilihat dari ketercapaian kegiatan penyuluhan. Indikatornya, warga belajar menjadi termotivasi untuk ikut dalam program pendidikan. Selain itu, peserta terlihat nyaman, senang, dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran.
Berkelanjutan Bagi Guru-Guru SD Anggota PGRI Cisurupan Kabupaten Garut Melalui Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran CAI-Kontekstual Matematika Nanang, Nanang
International Journal of Community Service Learning Vol 5, No 3 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v5i3.39481

Abstract

Secara umum, pengabdian Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru secara berkelanjutan melalui pelatihan cara menyusun perangkat pembelajaran bagi guru-guru Sekolah Dasar. Sedangkan secara khusus, tujuan pelaksanaan PKMS ini adalah untuk: (a) Membentuk kelompok-kelompok guru yang melek pembelajaran matematika berbasis komputer, (b) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru menyusun perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan CAI-Kontekstual, (c) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru menyusun program pembelajaran, (d) melatih pembuatan media pembelajaran matematika dengan pendekatan CAI-Kontekstual, (e) melatih dan mendampingi cara penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran matematika berbasis CAI-Kontekstual di kelas.  Kegiatan PKMS ini diikuti oleh guru-guru SD anggota PGRI Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut sebanyak 45 guru yang dibagi ke dalam tiga kelompok. Metode pelaksanaan kegiatan mengadopsi pola pelaksanaan penelitian tindakan meliputi tiga tahapan kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persiapan dilakukan dengan melakukan survey pendahuluan untuk melihat kondisi di lapangan mengenai pengembangan profesi guru. Pelaksanaan dilakukan dengan pelatihan, menggunakan metode ceramah yaitu dengan teknik presentasi, dilanjutkan dengan diskusi, tanya jawab, dan latihan. Evaluasi kegiatan dilakukan untuk masing-masing tahap dengan mengumpulkan dan menyimpulkan data dari masing-masing tahapan kegiatan. Hasil kegiatan PKMS ini diantaranya: (a) terbentuknya tiga kelompok kerja guru (KKG) berdasarkan letak lokasi SD; (b) adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan para guru tentang penyusunan perangkat pembelajaran dan pembuatan media pembelajaran matematika dengan pendekatan CAI-Kontekstual; (c) dihasilkan media (alat peraga) matematika untuk Siswa SD; (d) kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran dalam pembelajaran matematika di kelas meningkat. 
ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN NONFORMAL BAGI ANAK JALANAN DI KLINIK JALANAN SAMARINDA Mustangin, Mustangin; Akbar, Muhammad Fauzan; Sari, Wahyu Novita
International Journal of Community Service Learning Vol 5, No 3 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v5i3.38821

Abstract

Pendidikan nonformal merupakan pendidikan berbasis kebutuhan dan disesuaikan dengan karakteristik anak jalanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan nonformal bagi anak jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk mendapatkan data lebih spesifik dan lebih mendalam mengenai pendidikan nonformal Bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda serta mendeskripsikan secara lebih detail dan rinci hasil analisis pendidikan nonformal Bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Teknik Penelitian pada penelitian ini adalah menggunakan Teknik Wawancara, Observasi dan Studi Dokumen dengan teknik analisis datanya adalah Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Proses pendidikan untuk anak jalanan yang dilaksanakan oleh Klinik Jalanan bertempat di sekitar anak jalanan karena pendidikan nonformal bersifat fleksibel sesuai dengan kondisi dari anak jalanan itu sendiri dan disesuaikan dengan kontrak belajar yang telah disepakati karena anak jalanan sendiri memiliki kesibukan sehingga fasilitator dari Klinik Jalanan Samarinda untuk bisa menyesuaikan dengan kondisi anak jalanan. Evaluasi oleh fasilitator sebagai tenaga pengajar anak jalanan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan pendidikan nonformal dan bahan masukan untuk pengembangan program.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 7 No. 2 (2023): May 2023 Vol. 7 No. 1 (2023): February 2023 Vol. 7 No. 4 (2023): November Vol. 7 No. 3 (2023): Agustus Vol. 6 No. 4 (2022): November 2022 Vol. 6 No. 3 (2022): August 2022 Vol. 6 No. 2 (2022): May 2022 Vol. 6 No. 1 (2022): February 2022 Vol 6, No 1 (2022): February 2022 Vol 5, No 4 (2021): November 2021 Vol. 5 No. 4 (2021): November 2021 Vol. 5 No. 3 (2021): August 2021 Vol. 5 No. 2 (2021): May 2021 Vol 5, No 1 (2021): February 2021 Vol. 5 No. 1 (2021): February 2021 Vol 5, No 3 (2021): Agustus Vol 5, No 2 (2021): May Vol. 4 No. 4 (2020): November 2020 Vol 4, No 4 (2020): November 2020 Vol 4, No 3 (2020): August 2020 Vol. 4 No. 3 (2020): August 2020 Vol 4, No 2 (2020): May 2020 Vol. 4 No. 2 (2020): May 2020 Vol. 4 No. 1 (2020): February 2020 Vol 4, No 1 (2020): February 2020 Vol. 3 No. 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 3 (2019): August 2019 Vol. 3 No. 3 (2019): August 2019 Vol. 3 No. 2 (2019): May 2019 Vol 3, No 1 (2019): February 2019 Vol. 3 No. 1 (2019): February 2019 Vol 3, No 2 (2019) Vol. 2 No. 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol. 2 No. 3 (2018): August 2018 Vol 2, No 3 (2018): August 2018 Vol. 2 No. 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 2 (2018): May 2018 Vol. 2 No. 1 (2018): February 2018 Vol 2, No 1 (2018): February 2018 Vol 1, No 3 (2017): November 2017 Vol. 1 No. 3 (2017): November 2017 Vol. 1 No. 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 1 (2017): May 2017 Vol. 1 No. 1 (2017): May 2017 More Issue