cover
Contact Name
Rochmat Aldy Purnomo
Contact Email
purnomo@umpo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
edupedia@umpo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
EDUPEDIA
ISSN : 26141434     EISSN : 26144409     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mahasiswa dengan ruang lingkup pendidikan dan pengajaran ISSN Cetak 2614-1434 ISSN Online 2614-4409
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2021): Oktober" : 10 Documents clear
Penyusunan Instrumen Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Teori Kastolan Rizal Nur Rochman; Arta Ekayanti
EDUPEDIA Vol 5, No 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v5i2.782

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai penyusunan instrumen analisis kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika, khususnya pada materi Persamaan Kuadrat dengan teori Kastolan. Kesalahan adalah kondisi dimana siswa mengerjakan soal mengalami kesalahan dalam memahami dan menyelesaikan dan gagal dalam mengerjakan soal yang diberikan. Berdasarkan teori kastolan ada 3 jenis kesalahan yaitu konseptual, prosedural dan teknik. Dalam penyelesaian soal persmaaan kuadrat dimungkinkan terjadi 3 kesalahan tersebut. Kesalahan konseptual terjadi ketika siswa mengalami ketidakmampuan dalam dalam menyatakan bentuk variabel serta menulis rumus dan langkah yang digunakan. Kesalahan prosedural terjadiketika siswa tidak mampu menyelesaikan dengan metode yang digunkan dalam menyelesaikan soal dan tidak bisa menyederhanakan ke bentuk paling sederhana. Kesalahan teknik terjadi ketika siswa tidak mampu memberikan atau menuliskan  hasil yang diperoleh serta siswa tidak mampu mengitung dari awal pengerjaan hingga akhir. Sehingga dapat dibuat instrumen dengan jenis tes yang dapat menguji dan mengetahui jenis kesalahan-kesalahan siswa dalam mengerjakan soal persamaan kuadrat. 
Hakikat Lingkungan dan Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Aspek Sosial Emosional Yuyun Indah Sari
EDUPEDIA Vol 5, No 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v5i2.761

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menjabarkan tentang pengenalan lingkungan yang didasarkan pada epistimologi, aksiologi, dan ontologi yang implikasinya pada sosial emosional anak usia dini, sehingga diperoleh hasil yang sesuai dengan harapan penelitian yaitu memberikan penggambararan mengenai hakikat lingkungan. Metode yang digunakan oleh peneliti ini ialah metode deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sosial emosional yang berdampak pada diri anak yaitu adalah rasa percaya diri. Dan kesimpulan dari hasil penelitian ini ialah lingkungan memiliki banyak pengaruh pada anak, dengan adanya lingkungan maka akan mempengaruhi sosial emosional anak, sehingga lingkungan pulalah yang mampu membentuk karakter anak untuk mnciptakan rasa percaya diri di lingkungan masyarakat
Pengembangan Media Manipulatif “Koordinat Riemann” Pada Materi Integral Tentu Untuk Kelas XII Rendi Lusbiantoro; Vuvut Selviana
EDUPEDIA Vol 5, No 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v5i2.867

Abstract

Media pembelajaran manipulatif adalah perangkat pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar dengan tujuan untuk membantu siswa mengeksplorasi ide secara aktif oleh siswa serta membantu memperjelas konsep atau pengertian contoh benda. Integral tentu merupakan materi dalam matematika wajib kelas XII dalam kurikulum 2013 (K13). Materi ini merupakan salah satu materi yang seringkali dianggap menyulitkan oleh sebagian siswa. Oleh karena itu, penggunaan media dalam membelajarakan materi integral tentu diharapkan bisa membantu dan mempermudah siswa dalam memahami materi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media manipulatif “Koordinat Riemann” pada materi integral tentu untuk kelas XII SMA / SMK yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media manipulatif pada materi integral tentu kelas XII ini adalah model pengembangan 4D yang telah dimodifiksi dengan menghilangkan tahap keempat. Model pengembangan 4D meliputi, yaitu (1) tahap define, (2) tahap design,  dan (3) tahap development.  Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh hasil, yaitu (1) persentase kevalidan 80,85% dengan kriteria kevalidan valid, dan (2) persentase kepraktisan 78,45% dengan kriteria kepraktisan praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa yang telah dikembangkan adalah media yang valid dan praktis serta layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada materi Integral tentu baik di dalam kelas.
Peran Self Confidence Bagi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Rio Wahyu Adi Purnomo; Wahyudi Wahyudi
EDUPEDIA Vol 5, No 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v5i2.1109

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran self confidence siswa bagi kemampuan komunikasimatematis siswa.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SMP N 1 Bungkal denganjumlah subjek penelitian sebanyak 8 siswa kelas VII A. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan yaitu,instrumen tes tentang kemampuan komunikasi matematis siswa berupa 4 butir soal berbentuk essay denganmateri bangun datar segiempat dan segitiga. Dan instrumen non tes tentang self confidence siswa berupa angketself confidence sebanyak 16 pernyataan dengan pernyataan negatif dan positif.  Dari hasil penelitian ini dapatdisimpulkan bahwa siswa yang memiliki sikap kepercayaan diri yang kurang akan cenderung sulit untukmenyampaikan dan mengekspresikan informasi, juga ide/gagasan yang dimilikinya.  Sedangkan untuk siswadengan sikap kepercayaan diri tinggi mampu memahami, mengevaluasi dan mengekspresikan ide - ide yangditemui, dalam bahasa maupun simbol matematikanya sendiri. Hal ini disebabkan karena adanya pandanganpositif siswa terhadap dirinya dan kemampuannya, sehingga siswa tidak merasa cemas ataupun takut salah ketikamenyelesaikan masalah mengenai komunikasi matematis. Disaat siswa memiliki kepercayaan diri yang baik,siswa akan berani menyampaikan pendapatnya serta ide/gagasan matematikanya sendiri, hal itu akan mendorongmeningkatkan prestasinya. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa self confidence sangat berperan pentingbagi kemampuan komunikasi matematis siswa.
Menilai Kecenderungan Nilai Antar Mata Pelajaran Menggunakan Association Rule Pada Rapidminer Adi Nurrachman; Muhammad Faisal; Fachrul Kurniawan
EDUPEDIA Vol 5, No 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v5i2.868

Abstract

The focus of this research is trying to assess the tendency of scores between subjects using the association rule method using Rapidminer. The Association Rule method itself is often called Market Basket Analysis. The results showed that there was a tendency that students with good grades in English had good Mathematics scores with a 100% confidence level with a support value of 0.333
Problem-Based Learning: Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Emida Fidyareni; Mukti Sintawati
EDUPEDIA Vol 5, No 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v5i2.708

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model problem-based learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Design penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart.  Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Salam I Magelang. Objek penelitian adalah hasil belajar matematika siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan di masa pandemi pada bulan Oktober-November 2020. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara online menggunakan bantuan aplikasi Whatsapp. Guru memberikan instruksi dan berdiskusi dengan siswa melalui whatsapp group. Rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja siswa (LKS) dikembangkan dengan tahapan model PBL.  Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika, dan lembar observasi pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika dari siklus I ke siklus II sebanyak 15,79%.  Pada siklus I, hasil belajar siswa yang tuntas mencapai KKM ada sebanyak 68,42%. Pada siklus II meningkat menjadi 84,21%. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD pada materi KPK dan FPB. Masalah yang diberikan dalam  LKS membuat siswa untuk lebih berpikir dan memahami soal daripada menghafal rumus sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan berdampak pada hasil belajar siswa.
Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring pada Anak Usia Dini di Ra ‘Aisyiyah Karangan Balong Listiani Puspitasari; Dian Kristiana; Betty Yulia Wulansari
EDUPEDIA Vol 5, No 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v5i2.784

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk menggambarkan atau mendeskripsikan peran guru dalam kegiatan belajar mengajar secara daring pada anak usia dini di RA ‘Aisyiyah Karangan. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian guru dan orang tua di RA Aisyiyah Karangan Balong yang berjumlah 2 guru dan 2 orang tua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian berupa kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara teknik observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran guru di RA Aisyiyah Karangan Balong terlaksana dengan baik. Guru menjalankan perannya sebagai pemimpin, fasilitator, moderator, evaluator, dan motivator belajar.
Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Prestasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Al-Anwari Hilmatul Ulfa; Eko Listiwikono; Barep Yohanes
EDUPEDIA Vol 5, No 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v5i2.819

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi matematika siswa Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel independent berupa hafalan Al-Qur’an dan variabel dependen berupa prestasi matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al-Anwari dengan jumlah sampel sebanyak 48 orang yang ditentukan berdasarkan  tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk memeliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik. Penentuan daerah penelitian dilakukan dengan metode purposive area. Purposive area adalah penentuan daerah berdasarkan tujuan tertentu. Penentuan responden penelitian dilakukan dengan teknik probability sampling menggunakan metode simple random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes kinerja (praktik) dan tes tulis prestasi belajar matematika siswa. Tes kinerja Al-Qur’an yaitu siswa membaca ayat Al-Qur’an yang telah dihafalnya dan tes tulisprestasi matematika  berupa tes uraian untuk mengetahui prestasi matematika siswa. Instrumen tes terlebih dahulu di validasi oleh validator untuk mengetahui kevalidan instrumen tes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan antara menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi matematika siswa dengan diperoleh model regresi Y = 36,789 + 0,332X. 
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Teorema Pythagoras Berdasarkan Teori Kastolan di Masa Pademi Covid –19 Eko Aris Setiawan; Dwi Avita Nurhidayah
EDUPEDIA Vol 5, No 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v5i2.776

Abstract

AbstrakPenulisan artikel ini diperoleh dari penelitian yang dibuat dan disusun oleh penulis dengan tujuan untuk mendeskripsikan jenis jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal tes teorema Pythagoras yang terjadi saat dilaksanakan nya pembelajaran daring akibat efek dari pademi covid 19. Dengan objek penelitian siswa Sekolah Menengah Pertama ( SMP ), kelas 12 SMP N 4 Sawoo, kabupaten Ponorogo dengan jumlah 5 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes dengan jumlah tiga soal materi teorema Pythagoras, kemudian dilakukan wawancara kepada siswa untuk mengetahui faktor faktor penyebab kesalahan saat mengerjakan tes tersebut. Kemudian setelah peneliti memperoleh data dari tes dan wawancara kemudian dianalisis untuk mengetahui jenis kesalahannya. Peneliti berfokus pada kesalahan menurut teori kastolan yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural dan kesalahan teknik. Hasil nya diperoleh bahwa masih banyak melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal tersebut. Meskipun banyak dari mereka yang mengerjakan dengan hasil akhir dalam bentuk yang sederhana tetapi mereka melakukan kesalahan konseptual pada lembar jawabnya dan ini terjadi pada mayoritas siswa diikuti dengan kesalahan prosedural dan teknik. Hal ini merupakan dampak dari pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka berubah menjadi pembelajaran online ( pembelajaran daring ) sebagai akibat dari pademi covid 19. Kata kunci : Analisis kesalahan, teorema Pythagoras, teori kastolan.
Hubungan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Motivasi Belajar & Kemampuan Pemecahan Masalah Fika Karunia Rufaidah; Arta Ekayanti
EDUPEDIA Vol 5, No 2 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v5i2.1005

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalahn. Penelitian ini termasuk penelitian kajian pustaka. Pada penelitian ini terdapat beberapa literatur dari berbagai sumber. Dalam hal ini motivasi belajar merupakan dorongan yang muncul baik dari dalam ataupun dari luar diri peserta didik yang mampu menimbulkan semangat belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga mencapai tujuan pembelajaran itu. Selain itu kemampuan pemecahan masalah merupakan kompetensi yang dimiliki peserta didik dalam memahami permasalahan kemudian dapat menemukan solusi untuk menyelesaikan permasalahan matematis tersebut. Diantara model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran CIRC. Model pembelajaran CIRC ini merupakan model pembelajaran cooperative berbasis kelompok. Model pembelajaran CIRC suatu proses pembelajaran cooperative  berbasis kelompok yang memberikan kesempatan peserta didik untuk aktif dalam menyelesaikan suatu permasalahan soal. Hal ini berdasarkan langkah langkah model pembelajaran CIRC yaitu membentuk kelompok, guru memberikan bacaan kepada peserta didik sesuai dengan materi bahan ajar, peserta didik bekerja sama kemudian menuliskan hasil kolaboratifnya, mempersentasikan hasil kelompok, refleksi. Dalam langkah-langkah yang diterapkan pada model pembelajaran CIRC tersebut membiasakan peserta didik untuk lebih aktif sehingga dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didikdan kemampuan pemecahan masalah. Selain itu ditunjukkan dalam kelebihan model pembelajaran CIRC bahwa model pembelajaran ini dapat membangkitkan motivasi belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10