cover
Contact Name
supriadi.S.Pd., M.Pd.
Contact Email
supriadi.dty@uim-makassar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
aijer@uim-makassar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research
ISSN : 26230259     EISSN : 2655240X     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2019): Oktober" : 10 Documents clear
Efektivitas Metode Bercerita dalam Meningkatkan Karakter Anak di TK Mawar Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa Nasaruddin R; Sadaruddin Sadaruddin
ALGAZALI INTERNATIONAL JOURNAL EDUCATIONAL RESEARCH Vol 2, No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Penidikan UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.427 KB) | DOI: 10.24567/aijer.v2i1.326

Abstract

Abstrak. Efektivitas Metode Bercerita dalam Meningkatkan Karakter Anak di TK Mawar Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan mengetahui karakter anak usia dini serta mengetahui efektivitas metode bercerita dalam meningkatkan karakter anak usia dini di TK Mawar Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Hipotesis penelitian ini adalah metode bercerita efektif dalam meningkatkan karakter anak di TK Mawar Kabupaten Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah weak experimental dengan desain one-sho-tcase-study. Sasaran penelitian adalah anak umur 5-6 tahun atau kelompok B.1 di TK Mawar Kabupaten Gowa berjumlah 13 orang anak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk memaparkan peningkatan karakter anak umur 5-6 tahun. Hasil analisis data membuktikan bahwa metode bercerita efektif dalam meningkatkan karakter anak, diperoleh nilai Sig. (2-tailed)<  0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya metode bercerita efektif dalam meningkatkan karakter anak di TK Mawar Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa Kota Makassar.Kata Kunci: pendidikan karakter, metode bercerita
Perbandingan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Tipe TGT Pada Siswa Kelas V SDN No 138 Basokeng Kabupaten Bulukumba Erwin Nurdiansyah; Nur Syam
ALGAZALI INTERNATIONAL JOURNAL EDUCATIONAL RESEARCH Vol 2, No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Penidikan UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.132 KB) | DOI: 10.24567/aijer.v2i1.327

Abstract

Abstrak: Perbandingan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Tipe TGT Pada Siswa Kelas V SDN No 138 Basokeng Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas V yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TGT, dan mengetahui perbedaan antara hasil belajar matematika siswa kelas V SDN No 138 Basokeng Kabupaten Bulukumba dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan tipe TGT. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experiment design. Sampelnya diambil dengan teknik cluster random sampling. Rancangan penelitian ini adalah pretest-posst test control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar. Data diolah dan dianalisis dengan statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VB SDN No 138 Basokeng Kabupaten Bulukumba yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT termasuk dalam kategori sedang, yaitu dengan skor rata-rata 73,37 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi sebesar 8,214, sedangkan hasil belajar siswa kelas VA yang diajar dengan menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe TGT termasuk dalam kategori tinggi, yaitu dengan skor rata-rata 80,62 dari skor ideal 100, dengan standar deviasi sebesar 9,232. Dari hasil analisis inferensial diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Kata Kunci: NHT; TGT; Hasil Belajar Matematika 
KEEFEKTIFAN METODE STRUKTUR ANALISIS SINTESIS (SAS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SD NEGERI BALLEWE KABUPATEN BARRU Jumriati Jumriati; Abu Bakar Tumpu
ALGAZALI INTERNATIONAL JOURNAL EDUCATIONAL RESEARCH Vol 2, No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Penidikan UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.703 KB) | DOI: 10.24567/aijer.v2i1.321

Abstract

Abstract: The Effectiveness of the Synthesis Analysis Structure (SAS) Method in Improving the Initial Reading Ability of Students Grade 1 at Ballewe Elementary School Barru Regency. This research aimed to determine the effectiveness of the synthesis analysis structure (SAS) method in improving the initial reading ability of students’ grade 1 at Ballewe elementary school Barru regency. The approach used in this research was quantitative approach with experimental methods. The population in this study was all students in grade 1 elementary school in Barru, consisted of 27 students. The instrument used to obtain data in this study was test instrument. Test technique was preliminary reading test. The results of this research indicated the paired sample test table sig (2.tailed), obtained a value of 0,000. The obtained value was smaller than the significance level of 0.05 which indicated that there was a significant difference in the 0.05 probability of students’ grade 1 learning outcomes. This showed that the application of the SAS method had an influence in improving initial reading skill.Keywords: synthesis analysis structure, Initial Reading. 
Peningkatan Kreatifitas Melalui Permainan Kartu Gambar Anak Usia 3-4 Tahun pada Kelompok Bermain Upinipin Kota Makassar. Andi Besse Marda
ALGAZALI INTERNATIONAL JOURNAL EDUCATIONAL RESEARCH Vol 2, No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Penidikan UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.092 KB) | DOI: 10.24567/aijer.v2i1.328

Abstract

Abstrak: Peningkatan Kreatifitas Melalui Permainan Kartu Gambar Anak Usia 3-4 Tahun pada Kelompok Bermain Upinipin Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas melalui media kartu gambar pada anak usia dini Kelompok Bermain (KB) UpinIpin Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian ini dilakukan di Kelompok Bermain (KB) UpinIpin Kota Makassar Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan pada bulan Januari - Februari 2019 Tahun Ajaran 2018/2019. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah anak didik usia 3-4 tahun dengan jumlah anak 12 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan dokumentasi Hasil analisis data diperoleh temuan penggunaaan media kartu gambar yang diterapkan di PAUD Upinipin dapat meningkatkan kemampuan mengenal gambar serta memberikan hasil yang sangat baik bagi perkembangan kemampuan anak. Permainan kartu gambar sebelum dilaksanakan penelitian mampu mengenal gambar hanya 45,3%, setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan permainan kartu gambar pada proses permainan anak diperoleh hasil pada siklus I mencapai 53% dan siklus II peningkatan mencapai 77%. Kreatifitas anak dapat ditingkatkan melalui penerapan permainan kartu gambar anak usia 3-4 tahun pada kelompok bermain Upinipin Kota Makassar.Kata Kunci: kreatifitas, kartu gambar
Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses dalam Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Puisi Siswa Kelas VIII di SMP 11 Kota Makassar Herawati Arief S; Jayanti Sampara
ALGAZALI INTERNATIONAL JOURNAL EDUCATIONAL RESEARCH Vol 2, No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Penidikan UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.545 KB) | DOI: 10.24567/aijer.v2i1.323

Abstract

Abstrak: Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses dalam Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Puisi Siswa Kelas VIII di SMP 11 Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan keterampilan proses serta mengetahuai efektivitas keterampilan proses dalam meningkatkan kemampuan mengapresiasi puisi siswa kelas VIII SMP Negeri XI Kota Makassar. Metode yang digurnakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang terdiri dari dua kelompok yang terdiri dua yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian menggunakan dua variabel  yakni variabel bebas yaitu pendekatan ketempilan proses dan model pengajaran konvensional yang diterapkan disekolah tersebut. Teknik pengumpulan data dalam ini dilaksanakan teknik tes data yang terkumpul dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunaan program SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan pendekatan proses efektif digunakan dalam meningkatkan pembelajaran Apresiasi Puisi  hal tersebut  berdasarkan dengan uji uji hipotesis yang dilakukan. Hipotesis alternatif (HI) diterima apabila nilai t hitung > nilai t tabel. Sebaliknya, HI ditolak apabila nilai t hitung < nilai t tabel. Dengan kata lain, hipotesis diterima apabila nilai t hitung lebih besar atau sama dengan t tabel pada taraf signifikan 5%. Atau nilai t hitung sebanyak 5,186> nilai t tabel 2,04. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan proses efektif diterapkan dalam meningkatkan kemampuan mengapresiasi puisi.Kata Kunci: keterampilan proses, apresiasi puisi.
Kontribusi Kesadaran Diri (Self-Awareness) dan Harapan (Hope) Terhadap Career Adaptability Mahasiswa. Triani Arfah; Ince Prabu Setiawan Bakar
ALGAZALI INTERNATIONAL JOURNAL EDUCATIONAL RESEARCH Vol 2, No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Penidikan UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.5 KB) | DOI: 10.24567/aijer.v2i1.329

Abstract

Abstrak: Kontribusi Kesadaran Diri (Self-Awareness) dan Harapan (Hope)  Terhadap Career Adaptability Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan melihat kontribusi kesadaran diri (self-awareness) dan Harapan (hope) terhadap kematangan karir mahasiswa. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun variabel bebas penelitian yakni, hope dan self-awareness. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kematangan karir. Analisis data yang menggunakan regresi sederhana, untuk melihat kontribusi variabel bebas (self-awareness dan Hope) terhadap kematangan karir mahasiswa. Skala dalam penelitian ini menggunakan skala adaptasi dari SAQ (Golman, 1995) dan Hope (Snayder, 1997). Hasil uji CFA menunjukkan bahwa skala kematangan karir memiliki Croanbach’s Alpha .880. Sedangnya untuk SAQ .817, dan Skala Hope .550. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Islam Makassar sebanyak 138 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah random sampling dimana sampel diacak secara sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran diri dan harapan secara bersama sama berkontribusi pada kematangan karir mahasiswa,  dengan taraf signifikan .000.  Variabel ini mempengaruhi sebesar 42,2% pada variabel kematangan karir dan sisanya sebesar 57,2% disebabkan faktor lain yang tidak diukur pada penelitian ini. Sementara itu, F= 49,043 dan taraf signifikan 0,000 menunjukkan bahwa kontribusi Self awareness dan Hope mempengaruhi kematangan karir mahasiswa.Kata kunci: kesadaran diri, harapan, karir
Meningkatkan Karakter Anak Melalui Pendekatan Saintifik di RA Al Ikhlas Kabupaten Barru. Andi Rezky Nurhidayah; Riskal Fitri
ALGAZALI INTERNATIONAL JOURNAL EDUCATIONAL RESEARCH Vol 2, No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Penidikan UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.782 KB) | DOI: 10.24567/aijer.v2i1.325

Abstract

Abstrak: Meningkatkan Karakter Anak Melalui Pendekatan Saintifik di RA Al Ikhlas Kabupaten Barru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta meningkatkan karakter anak melalui pendekatan saintifik di RA Al Ikhlas Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik RA Al Ikhlas Kabupaten Barru dengan peserta didik sebanyak 22 orang yang terdiri atas 8 orang laki-laki dan 14 orang perempuan pada tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data data kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan tindakan pada penelitian ini dilihat dari aktivitas anak secara keseluruhan pada setiap siklus telah meningkat dan menunjukkan tingkat karakter anak RA Al Ikhlas Kabupaten Barru secara keseluruhan mencapai penguasaan 85% dengan nilai setiap subjek penelitian memperoleh nilai paling rendah 61. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan setelah menerapkan pendekatan saintifik, maka diperoleh informasi bahwa pada siklus I peserta didik yang tuntas karakternya hanya 13 orang peserta didik atau 59,1% dan pada siklus II meningkat menjadi 20 orang peserta didik atau 85%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan karakter peserta didik RA Al Ikhlas Kabupaten Barru.Kata kunci: karakter anak, pendekatan saintifik
Pengaruh Kompetensi Guru PAI terhadap Karakter Siswa MI Al Hijrah Kota Makassar Musbaing Musbaing; Erniati Erniati
ALGAZALI INTERNATIONAL JOURNAL EDUCATIONAL RESEARCH Vol 2, No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Penidikan UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.071 KB) | DOI: 10.24567/aijer.v2i1.330

Abstract

Abstrak: Pengaruh Kompetensi Guru PAI terhadap Karakter Siswa MI Al Hijrah Kota Makassar.  Penelitian ini bertujaun mengetahui kompetensi guru  PAI dan mengetahui pengaruh positif terhadap karakter siswa MI Al Hijrah Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bersifat ex- post facto. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel; yakni kompetensi guru PAI dengan simbol X, dan karakter siswa dengan simbol Y sebagai variabel bebas, yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Al Hijrah Kota Makassar. Pengambilan sampel menggunakan Cluster random sampling. Semua siswa yang berada pada kelas yang terpilih dijadikan responden penelitian yang berjumlah 32 orang siswa. Instrumen penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini diolah dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan menggunakan rumus regresi atau korelasi sederhana. Hasil penelitian diperoleh kompetensi guru PAI, berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 186,09 dari skor ideal 297 dengan standar deviasi 47,062 dan variansi 2214,797. Adapun variabel karakter siswa MI Al Hijrah Kota Makassar, berada pada kategori rendah dengan skor rata-rata 37,91 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 19,451 dan variansi 378,346. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif kompetensi guru PAI terhadap Karakter Siswa MI Al Hijrah Kota Makassar, pada taraf signifikansi 0,05, dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 25,5%.Kata Kunci: kompetensi guru, karakter      
Pendidikan Kerakter Berbasis Kearifan Lokal Melalui Media Poster Tiga Bahasa pada SD Rama Sejahtera Kota Makassar. Abd. Hakim Naba; Endang Ruswiyani
ALGAZALI INTERNATIONAL JOURNAL EDUCATIONAL RESEARCH Vol 2, No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Penidikan UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.879 KB) | DOI: 10.24567/aijer.v2i1.324

Abstract

Abstrak: Pendidikan Kerakter Berbasis Kearifan Lokal Melalui Media Poster Tiga Bahasa pada SD Rama Sejahtera Kota Makassar.  Peneltitan ini bertujuan mengetahui pelaksanaan kegiatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal melalui media poster di sekolah dengan tiga bahasa untuk menstimulasi anak, mengetahui peranan media poster dalam pendidikan karakter berbasis kearifan lokal, dan  mengetahui dampak pesan moral yang disampaikan melalui media poster. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Rama Sejahtera Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah proporsive sampling. Pengumpulan data melalui penelitian lapangan dilakukan dengan cara triangulasi metode, yaitu:wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan SD Rama Sejahtera Kota Makassar telah mencapai indikator keberhasilan sekolah dalam mengemplementasikan lima nilai karakter utama. Keberhasilan tersebut merupakan wujud kerjasama yang baik dari setiap warga di sekolah dan orang tua siswa dalam penciptaan kondisi budaya sekolah dan konsistensi penerapan nilai karakter berbasis kearifan lokal melalui media poster tiga bahasa. Pelaksanaan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal melalui media poster tiga bahasa terealisasi melalui penanaman nilai-nilai karakter pada lapisan artifak dalam kultur sekolah yaitu melalui penyediaan fasilitas  sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung berbagai aktivitas pada program sekolah maupun yang dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.Kata Kunci: pendidikan karakter, media poster
EFEKTIVITAS EXPERIENTIAL LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN Ince Prabu Setiawan Bakar; Triani Arfah
ALGAZALI INTERNATIONAL JOURNAL EDUCATIONAL RESEARCH Vol 2, No 1 (2019): Oktober
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Penidikan UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.707 KB) | DOI: 10.24567/aijer.v2i1.331

Abstract

Abstrak: Efektivitas Experiential Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Psikologi Perkembangan. Tujuan penelitian bertujuan mengetahui peningkatan active learning mahasiswa pada mata kuliah psikologi perkembangan dengan metode experiential learning theory dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah psikologi perkembangan dengan metode experiential learning theory. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen. Metode pembelajaran yang dilakukan dalam eksperimen ini  menggunakan model pembelajaran experiential learning. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pemahaman materi psikologi perkembangan mahasiswa PG-PAUD yang diajar dengan metode experiential learning lebih tinggi dibandingkan kelompok yang tidak menggunakan metode experiential learning. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa PG-PAUD yang sedang mengambil mata kuliah psikologi perkembangan. Untuk menguji hasilnya digunakan hasil uji-t. Hasil penelitian menunjukkan Penggunaan model pembelajaran eksperiential learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di PG-PAUD berdasarkan  nilai Sig. (2-tailed)<0,05, diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol.kata kunci: experiential learning, psikologi perkembangan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10