cover
Contact Name
Noni Antika Khairunnisah
Contact Email
lpp.mandala@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lpp.mandala@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
ISSN : 24429511     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every year.
Arjuna Subject : -
Articles 49 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)" : 49 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN BAHASA PADA SISWA KELAS 1 SDN MUMBUL SARI Sukarto Sukarto; Emiliana Emiliana; Raden Sumiadi
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jime.v6i2.1435

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 di SDN Mumbul Sari. Penelitian didesain dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Tahap perencanaan merupakan tahapan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat mendukung pembelajaran  di kelas seperti menyusun RPP, menentukan metode yang tepat, mengembangkan media dan menyusun instrumen penilaian. Tahap pelaksanaan adalah tahapan peneliti dan menerapakan RPP, media, dan instrumen penilaian yang telah dikembangkan. Tahap observasi merupakan tahap dimana peneliti melakukan proses pengamatan terhadap pelaksanaan pembelajaran, objek pengamatan adalah guru dan siswa. Tahap refleksi adalah tahapan peneliti dalam mengevaluasi kekurangan dalam proses pembelajaran sebelumnya sebagai bahan perbaikan dalam mengelola pembelajaran pada tahap berikutnya. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar, lembar observasi, dokumentasi dan wawancara, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan rumus ketuntasan individu dan klasikal. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil kemampuan membaca permulaan siswa sebagai berikut; siklus I prosentase kemampuan pengenalan bentuk huruf (60,16%), pengenalan unsur-unsur bahasa (61,72%), dan pengenalan pola ejaan (70,31%). Sedangkan pada siklus II prosentase kemampuan pengenalan bentuk huruf (90,63%), pengenalan unsur-unsur bahasa (87,50%), dan kemampuan pengenalan pola ejaan (87,50%). Dalam penelitian ini terdapat peningkatan kemampuan bahasa permulaan siswa kelas 1 SDN Mumbul Sari.
Integrasi Pembentukan Nilai Karakter Kemandirian Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Matematika di Era Industri 4.0 Deysti Trifena Tarusu; Zulela Zulela; Adi Apriadi Adiansha
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jime.v6i2.1165

Abstract

The importance of integrating the formation of the value of independence character in mathematics learning has a positive influence on the quality of education in Indonesia. The purpose of this qualitative study is to get input on how elementary school teachers are about integrating the value of independence characters in mathematics learning. This type of research uses a qualitative approach with interviews, observation, and documentation with the data validity test used is triangulation. The subjects of this study were classroom teachers and students at Buah Ati Elementary School in Bekasi Regency. The results of the study are 1) The value of the character of independence must be instilled in elementary schools, so students can appear aware of following the school rules and honesty with the students themselves; 2) The formation of the value of the character of independence must be given to children from childhood through education in schools, families, and communities; 3) Positive influence on the formation of the value of the character of independence in Mathematics Learning in the Industrial Age 4.0
TINGKAT MOTIVASI DAN MODEL AKTIVITAS JASMANI SISWA DAN GURU SMAN 2 SUMENEP DI MASA PANDEMI Ismail Marzuki Bhetharem; I Made Sri Undy Mahardika; Abdul Rachman Syam Tuasikal
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jime.v6i2.1455

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Instrumen dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket yang dibagikan secara on-line melalui google form dengan jumlah sampel sebanyak 288 siswa SMAN 2 Sumenep yang terdiri dari siswa kelas X, XI dan XII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK dan model aktivitas jasmani siswa dan guru SMAN 2 Sumenep di masa pandemi. Data hasil penelitian yang diperoleh bahwa tingkat motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK dimasa pandemi berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 143 (49,7%) siswa, sedangkan pada model aktivitas jasmani siswa dan guru SMAN 2 Sumenep dimasa pandemi dilakukan dengan melalui Applikasi gratis seperti google classroom, YouTube, Vidio Zoom, WhatsApp serta Telegram. Namun opsi jawaban paling banyak bahwa selama pandemi aktivitas jasmani sering dilakukan dengan mengerjakan latihan soal melalui google classroom yaitu dengan jumlah responden 150 (52,1%).
Analisa Gaya Kepemimpinan Kepala Dinas Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Profesionalitas Pegawai (Studi Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Bima) Taufikrahman Taufikrahman
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jime.v6i2.1389

Abstract

. The purpose of this study, namely: (1) evaluating leadership style in increasing employee work motivation in the City of Education and Culture Office of Bima; and (2) evaluating the leadership style in improving the professionalism of employees working in the City of Bima City Education and Culture Office. This research uses a qualitative approach through descriptive analysis. The type of research data in the form of primary data and secondary data. Sources of research data are the head of the department, the head of the ministry of education, the head of the education sector, the head of the PNFI division, the heads of sections, and employees / staff. To get the data source (informant), the researchers used snowball sampling techniques. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. While analyzing qualitative data analysis data, which includes: (a) data reduction; (b) data display; and (c) verification (drawing conclusions). Based on the results of the study, the leadership style of the head of the department in increasing the work motivation of Bima City Education and Culture Department employees uses a participative leadership style, which is demonstrated by: understanding the needs of employees at work, giving encouragement work, establish good working relationships, and provide incentives for work performance. Such a leadership style is believed to increase employee motivation in the Bima City Education and Culture Office. Meanwhile, the leadership style of the head of service in improving the professionalism of the employees of the City of Education and Culture (Dikbud) Office of the City of Bima uses a consultative and delegative leadership style, which is demonstrated by way of division of employee work in accordance with the area of expertise, setting measurable work standards, creating a work climate conducive, as well as providing reward and punishment. The applied leadership style can improve the professionalism of employees working at the Bima City Education and Culture Office.
KAJIAN PENANGGULANGAN GIZI BALITA PASCA BENCANA GEMPA BUMI DI DESA DASAN GERIA KABUPATEN LOMBOK BARAT Febrina Sulistiawati; Taufiqqurrahman Taufiqqurrahman
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jime.v6i2.1438

Abstract

Wilayah Pulau Lombok yang terletak di Provinsi Nusa Tengara Barat mengalami goncangan gempa 6,4 SR pada tanggal 29 Juli 2018. Dari 5 kabupaten/kota yang ada di Pulau Lombok, kerusakan terbesar dialami oleh masyarakat di Kabupaten Lombok Timur. Kerusakan tersebut ditambah dengan gempa susulan 7.0 SR pada tanggal 5 Agustus 2018. Gempa kembali menghantam masyarakat wilayah Lombok namun kerusakan terbesar dialami oleh masyarakat di Kabupaten Lombok Utara. Masyarakat di Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah dan Kota Mataram pun terkena dampaknya. Gempa 6,2 SR selanjutnya menghantam kembali pada tanggal 9 Agustus 2018. Serangkaian goncangan tersebut merupakan goncangan yang berat bagi warga terdampak karena tidak hanya korban jiwa, bencana gempa seringkali mengakibatkan banyak korban luka-luka, mengungsi, serta merusak bangunan rumah dan fasilitas umum termasuk fasilisitas ibadah, perkantoran, jalan dan pelayanan kesehatan. Masalah yang sering kali luput dari perhatian ialah kecukupan gizi bagi penyintas bencana. Penurunan status gizi pasca bencana dapat terjadi akibat layanan kesehatan terbatas, terputusnya jalur distribusi makanan serta sanitasi yang buruk (Kementrian Kesehatan RI, 2012). Kebutuhan layanan kesehatan dan pangan jelas akan meningkat pada daerah pasca bencana. Untuk itu manajemen penanggulangan untuk pemenuhan status gizi penyintas bencana perlu menjadi perhatian semua pihak terutama kebutuhan nutrisi bayi, balita, anak-anak, ibu hamil serta lansia yang rentan terserang penyakit pasca bencana (Tumenggung, 2017).Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektifitas penanggulangan gizi balita pasca bencana gempa bumi di Desa Dasan Geria Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana peneliti sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen pada 10 orang informan utama dan 10 orang informan pendukung. Análisis data bersifat induktif/kualitatif dan hasil penelitian lebih menekankan makna daripada generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan gizi pra bencana belum terlaksana dengan baik karena belum adanya data awal wilayah yang rawan terkena gempa serta belum terlaksananya sosialisasi dan pelatihan petugas untuk penanganan gizi balita. Demikian pula dengan ketersediaan makanan untuk balita baik dari segi jenis, kuantitas maupun kualitas belum memenuhi standar Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan. Sementara itu, kegiatan gizi pasca bencana berupa pemantauan dan evaluasi telah dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan status gizi dan kesehatan balita korban bencana
Strategi Pemasaran Hotel Pasca Bencana Gempa Bumi Di Hotel Kota Mataram Dan Daerah Istimewa Yogyakarta Muhammad Ihdal Karomi; Firman Koma Febdilan; Yoyok Antoni; AA. Ngurah Sedana Putra; Ayu Gardenia Lantang
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jime.v6i2.1277

Abstract

Tujuan penelitian ini antara lain adalah untuk mengetahui strategi pemasaran internal dan eksternal beberapa hotel di kota Mataram dan beberapa hotel di Yogyakarta pasca bencana gempa bumi.Penelitianini menggunakanmetodepenelitiankualitatifmelaluipendekatan deskriptif analisisPenelitian ini berlokasi dibeberapa Hotel di Kota Mataram dan beberapa Hotel di Yogyakarta karena di dasarkan pada beberapa pertimbangan: dua lokasi penelitian ini pernah mengalami bencana yang sama (gempa bumi) dan merupakan daerah wisata yang menjadi kunjungan favorit wisatawan domestik maupun mancanegara.Strategi pemasaran internal pasca bencana gempa bumi oleh hotel di Kota Mataram dan Yogyakarta yang berfokus pada karyawan dan strategi pemasaran eksternal dengan fokus tamu atau pelanggan menggunakan dan melibatkan semua sumber daya yang dimiliki.Strategi penentuan harga, hotel yang ada di Kota Mataram dan Yogyakarta. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan tingkat okupansi. Dari segistrategi promosi hotel, dilakukan promosi bisnis dan promosi tanggungjawab sosial. Melakukan promosi lewat OTA, media sosial, instansi pemerintah dan swasta melalui kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan okupansi hotel.
Kesadaran Hukum Masyarakat Dalam Pendaftaran Tanah-Tanah Adi Israfil Fahrurrahman
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jime.v6i2.1425

Abstract

The purpose of this study was to determine and analyze the legal awareness of the community in the registration of customary land rights, with location points in two villages, namely Desa Doridungga and Desa O'O in Donggo District, Bima-NTB Regency, in the perspective of Land law and and analyzing the obstacles faced by communities in registering customary land rights at the Bima District Land Office. The research method used is a Socio-legal research that is oriented to a value approach (value-oriented approach). Empirical / sociological research is used to find out what and how public awareness in registering customary land rights is related to the implementation of land registration in the Land Agency Office of Bima-NTB Regency. The results of the research conducted were the level of community legal awareness in the context of registering customary land rights in Bima Regency, generally and in particular, Donggo District. This is due to the lack of several aspects, namely, lack of legal knowledge, legal understanding, legal attitudes, and community behavior patterns. The obstacle faced by the people of O’O Villagers and Desa Doridungga in registering customary land rights is the lack of socialization from the local government regarding proper procedures for registering customary land rights. As well as the level of legal awareness of the villagers of O'O and Desa Doridungga to carry out sporadic land registration as a result of the wrong mindset about the importance of land registration
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA UNTUK KELAS IV SDN Ismailah Ismailah
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jime.v6i2.1463

Abstract

Learning must be carried out in an interactive, innovative and fun way so that students do not feel bored when following the subjects presented. This study aims to design a learning video for the fourth grade natural science subjects on the subject of the least common multiple and the greatest common factor. This research was conducted in Tanah Tinggi 06 Petang Elementary School, Central Jakarta.  The research methodology used research and development with the ADDIE model approach which contains five steps; a) Analysis, b) Design, c), Develop, d), Implement, e). Evaluate. Data collection using questionnaires and tests, the validator consists of two experts and one teacher. The results of the validation of learning videos are categorized as good and learning video products are suitable for use in larger groups.
Analisis Kemampuan Siswa SMA Kabupaten Sumba Barat Daya Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Matematika Edi Wahyudi; Samuel Rex Making Mulyadi
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jime.v6i2.1421

Abstract

This research aims to describe the competence of Senior High School students at South West Sumba in doing the high order thinking skills test on math lesson. This research is a survey research with 274 students of eleven SMA/MA in South West Sumba as the samples of research. The instrument used in this research was high order thinking skills test which are divided into 1 analysis test, 1 evaluation test and 1 creating test. The instrument has been tested in terms of construct validation and reliability by doing the instrument testing. The percentage of students who answer correctly on higher order thinking skills at analysis aspect with the ability of problem solving which are understanding the problems, making plans and finding solutions are 85.8%, 68.2% and 65.7%. The percentage of students who answer correctly on evaluation aspect with the ability of problem solving which include understanding the problem, making plans and finding solutions are 61.3%, 13.0% and 24.5%. While the percentage of students who answer correctly on creating aspect with the ability of problem solving that include understanding the problem, making plans and finding solutions are 15.3%, 13.5% and 12%. The average score gained by the students on analysis, evaluation and creating aspect which are converted on score 0-100 are 54, 37 and 34. 
PENGEMBANGAN PARIWISATA BUDAYA PACUAN KUDA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTRAAN MASYARAKAT DESA BRANG KOLONG KECAMATAN PLAMPANG KABUPATEN SUMBAWA -NTB Erwin Asidah
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/jime.v6i2.1450

Abstract

Brang Kolong Kec. Plampang Kabupaten Sumbawa dan  untuk mengetahui dampak budaya pacuan kuda dalam meningkatkan hubungan sosial masyarakat di Desa  Brang Kolong Kec. Plampang Kabupaten Sumbawa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi.  Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sumber data sekunder tentang budaya pacuan kuda dalam mempererat hubungan sosial masyarakat di Desa Brang Kolong Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, 1) Sejarah awal munculnya budaya pacuan kuda di Desa Brang Kolong Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa bermula pada saat zaman kolonial Belanda, sampai saat ini masih dipertahankan oleh masyarakat Sumbawa. Perbedaan main jaran pada zaman kolonial Belanda dengan sekarang terletak pada  aturan permainan pada saat itu tidak ada, bagi siapa yang mempunyai kuda yang besar dan siap untuk diadu kecepatannya itulah yang tampil, dan arenanya pun di tanah lapang yang tidak dibuatkan arena khusus, sedangkan sekarang atribut yang digunakan oleh kuda-kuda pacu dan para joki sudah memperhatikan keselamatan, ada aturan kelas berdasarkan umur dan ukuran kuda, usia joki dan kuda pacu diberikan hiasan-hiasan. 2) Dampak budaya pacuan kuda dalam mempererat hubungan sosial masyarakat di Desa  Brang Kolong Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa yaitu sebagai ajang silaturahmi, persaudaraan, mengandung makna filosofi yang tinggi bagi derajat /kedudukan sosial seseorang di tengah masyarakat Sumbawa, simbol kehormatan dan kewibawaan, serta upaya untuk melestarikan budaya Sumbawa, mengembangkan pariwisata sebagai event pariwisata unggulan, ekonomi bisnis dan peternakan, dan hiburan rakyat.

Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 4 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 9, No 3 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Edcation (JIME) Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 7, No 4 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 7, No 3 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Mandala Education Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) More Issue