cover
Contact Name
Suharto Linuwih
Contact Email
suhartolinuwih@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
suhartolinuwih@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
UPEJ Unnes Physics Education Journal
ISSN : 22526935     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Unnes Physics Education Journal aims to publish results of empirical studies, theoretical studies, and conceptual analysis in the fields of education phylosophy and theory, physics education, development of physics learning instruments, physics learning media, experiments activity development in the physics learning, and physics learning evaluation.
Arjuna Subject : -
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2016)" : 24 Documents clear
“KONSER FISIKA”: PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGINTEGRASIKAN SENI MUSIK MENGGUNAKAN GITAR AKUSTIK, ZELSCOPE, DAN LAGU FISIKA PADA MATERI BUNYI Waluyo, Kukuh A; Noviandini, D; Sudjito, Debora N
UPEJ Unnes Physics Education Journal Vol 5 No 1 (2016)
Publisher : UPEJ Unnes Physics Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (987.19 KB) | DOI: 10.15294/upej.v5i1.12694

Abstract

Membawa unsur seni di dalam pembelajaran sains akan menciptakan suasana baru di dalam kelas. Ini artinya guru harus mempertemukan dua hal yang tampak berbeda, seperti sains (fisika) dan seni (musik), agar menjadi saling terkait. Dalam makalah ini dibahas bagaimana pengaruh integrasi seni musik dalam pembelajaran fisika tentang bunyi terhadap antusiasme dan pemahaman (maha)siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif model one group pretest posttest design. Media pembelajaran yang digunakan adalah gitar akustik, software Zelscope 1.5, dan lagu fisika. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung, seni musik diaplikasikan dalam setiap sesi motivasi atau konsolidasi melalui lagu atau permainan gitar akustik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah RPP, lembar observasi KBM dan sikap, soal evaluasi kognitif, serta kuesioner. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan telah berhasil meningkatkan antusiasme dan pemahaman (maha)siswa pada materi bunyi.Bringing elements of art in science learning will create a new atmosphere in the classroom. It means that teachers must combine two different things, such as science (physics) and art (music). This paper discusses about how music integration in learning physics about sound influences students’ enthusiasm and understanding. This research is a qualitative model of one group pretest posttest design. The media used are acoustic guitar, Zelscope 1.5 software, and songs about physics. During the learning activities, music is applied in every motivational or consolidation session using song or acoustic guitar playing. The research instruments used are lesson plan, observation sheets of learning activities and attitudes, cognitive evaluation questions, and questionnaires. Based on the data obtained, it can be concluded that the teaching methods used have increased students’ enthusiasm and understanding on the physics material about sounds.
METODE DISKUSI BUZZ GROUP DENGAN ANALISIS GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA Sulistyani, Anis; Sugianto, Sugianto; Mosik, Mosik
UPEJ Unnes Physics Education Journal Vol 5 No 1 (2016)
Publisher : UPEJ Unnes Physics Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.937 KB) | DOI: 10.15294/upej.v5i1.12696

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan minat dan hasil belajar siswa menggunakan metode diskusi buzz group dengan analisis gambar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas kelas VII SMP N 24 Semarang. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan metode diskusi buzz group dengan analisis gambar dan VII C sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan dengan metode ceramah tanya jawab. Dengan uji gain minat belajar siswa pada kelas eksperimen meningkat 0,35 kategori sedang dan pada kelas kontrol meningkat sebesar 0,29 kategori rendah. Sedangkan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen meningkat sebesar 0,41 kategori sedang dan pada kelas kontrol meningkat sebesar 0,39 kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan minat dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode diskusi buzz group dengan analisis gambar lebih besar daripada siswa yang diajar dengan metode ceramah tanya jawab.This research aims to determine interest and student learning outcomes using buzz group discussion method with image analysis. The population in this study were all students off class VII SMP N 24 Semarang. Samplig was de by purposive sampling that is class VII A as a class experiment treated with buzz grup discussion method with image analysis and VII C as the control class who receive treament with the lecture method debriefing. With the gain test students interest in the experimental class medium category increased 0,35 and the control class increased 0,29 lower category. While improving learning outcome at 0,41 experimental class increases medium category and the control class increased by 0,39 medium category. It can be concluded that and increase in interest and learning outcome of student who are taught using buzz discussion grup with higher image analysis rather than student taught by lecture method debriefing.
PENGEMBANGAN E-DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS Salma, Vidya Matarani; Nugroho, Sunyoto Eko; Akhlis, Isa
UPEJ Unnes Physics Education Journal Vol 5 No 1 (2016)
Publisher : UPEJ Unnes Physics Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (852.268 KB) | DOI: 10.15294/upej.v5i1.12701

Abstract

Diagnosis terhadap kesulitan belajar siswa perlu diketahui sedini mungkin agar siswa tidak mengalami kesalahan dalam memahami pengetahuan selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Developement) yang menghasilkan produk berupa e-diagnostic test. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan dan keefektifan produk, serta mengetahui profil pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis berdasarkan implementasi produk. Penelitian ini diawali dengan pengembangan instrumen dan media, kemudian dilanjutkan dengan uji kelayakan dan keefektifan produk, serta analisis profil pemahaman konsep siswa. Uji kelayakan produk menggunakan judgement expert. Uji keefektifan produk menggunakan korelasi nilai ulangan harian dan nilai ­e-diagnostic test siswa. Analisis profil pemahaman konsep siswa menggunakan kombinasi jawaban siswa pada e-diagnostic test. Hasil studi menunjukkan bahwa e-diagnostic test yang dikembangkan memiliki persentase kelayakan yang tinggi ( >80%) dan korelasi nilai yang tinggi (0,86). Hasil analisis profil pemahaman konsep siswa menunjukkan pemahaman konsep siswa beragam, terdiri dari pemahaman utuh, pemahaman sebagian, dan tidak paham. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disimpulkan bahwa e-diagnostic test yang dikembangkan layak, efektif, dan dapat menggambarkan profil pemahaman konsep siswa. Diagnosis of students’ learning difficulties needs to be known as soon as possible so that students do not experience an error in understanding the subsequent knowledge. This research was Research and Development that produced e-diagnostic test product. The purpose of this research was to know the properness and effectiveness of the product, and to know the profile of students’ concept understanding in static fluid based on the product implementation. This research was started by the development of instruments and media, continued with the properness and effectiveness test of the product, and analyze the profile of students’ concept understanding. The product properness test used judgement experts. The product effectiveness test used the correlation between daily test scores and students’ e-diagnostic test scores. The profile of students’ concept understanding used analysis students’ answer combination of the e-diagnostic test. Study result showed that the e-diagnostic test that was developed had high proper percentage ( >80%) and high scores correlation (0,86). Analyze result of students’ concept understanding profile showed that students’ understanding was varied consisted of whole relational understanding, instrumental understanding, and misunderstanding. Based on the research result above, it was concluded that the developed e-diagnostic test was proper, effective, and can describe the profile of students’ concept understanding.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN TEKNOLOGI PADA MATA PELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK SMA DI DIY Dahlan, A.
UPEJ Unnes Physics Education Journal Vol 5 No 1 (2016)
Publisher : UPEJ Unnes Physics Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (8752.795 KB) | DOI: 10.15294/upej.v5i1.12702

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan instrument test Keterampilan Teknologi pada Mata pelajaran Fisika peserta didik SMA di DIY. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan isntrumen tes oleh Oriondo dan analisis kualitas butir soal instrumen dengan menggunakan teori respon butir model Rasch. Pengembangan Instrumen dibantu oleh 2 orang pakar pengukuran pendidikan, 1 orang pakar pendidikan fisika dan 2 orang praktisi pendidikan. Uji coba kualitas instrumen dilakukan dengan menggunakan 402 responden yang tersebar di 6 sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Keterampilan teknologi adalah keterampilan yang digunakan dalam membantu proses pembelajaran Fisika, seperti penggunaan software analisis data dan pembuat grafik. Terdapat enam aspek keterampilan teknologi yang dikembangkan indikator sebanyak 24 indikator. 24 Indikotor ini diturunkan menjadi 42 butir instrumen soal yang dibagi ke dalam dua paket soal. Dari uji kualitas soal menunjukkan 42 butir soal fit dengan model dengan kriteria INFITMNSQ 0.77 sampai 1.30 serta reliabilitas instrumen secara klasik sebesar 0.97. Isntrumen yang dikembangkan memiliki tingkat kesulitan item 0.00 ± 0.86 dan INFITMNSQ sebesar 0.99 ± 0.10. Hasil ini menunjukkan 42 butir instrumen fit dengan kriteria model instrumen yang dikembangkan. This research was Technological Skills Instrument Test Development on Physics Learning for senior high school student in Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). The research method used Instrument test model developing by Oriondo and Item Instruments quality was analyzed by Rasch Model. Instrument development was helped by 2 experts of measurement, 1 expert of physics education and 2 physics teacher. Empirical test was helped by 402 respondents which were in 6 senior high school of distribution in DIY. Technological skills are skill which use to help student in learning physics such as data analyzing software and graphics developer. There were six aspect of technological skills which developed into 24 indicators and based on this indicators, 42 items were developed which were divided into two package. Item quality analyzing shown that there 42 instrument item fit with criteria of INFITMNSQQ between 0.77 and 1.30 and the instrument classics reliability was on 0,97. Degree of instrument difficulty was on 0.00 ± 0.86 and INFITMNSQ was on 0.99 ± 0.10, This result shown that instrument which was developed had a good criteria empirically.
IMPLEMENTASI STRATEGI WHOLE BRAIN TEACHING (WBT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS FISIKA DI MTs MUHAMMADIYAH PEJAWARAN KABUPATEN BANJARNEGARA Achmad, Fitroh Imam; Susanto, Hadi; Sopyan, Achmad
UPEJ Unnes Physics Education Journal Vol 5 No 1 (2016)
Publisher : UPEJ Unnes Physics Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.834 KB) | DOI: 10.15294/upej.v5i1.12704

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah minat dan hasil belajar siswa MTs Muhammadiyah Pejawaran Banjarnegara dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan menggunakan model Whole Brain Teaching (WBT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Pejawaran Banjarnegara pada pokok bahasan Cahaya. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil analisis uji-t data hasil belajar dan angket minat belajar, diperoleh bahwa thitung lebih besar daripada ttabel maka kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Gain peningkatan minat siswa yang diberi pembelajaran dengan WBT mencapai 0,410 sedangkan peningkatan minat siswa yang diberi pembelajaran dengan diskusi mencapai 0,223. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model WBT dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Pejawaran Banjarnegara pada pokok bahasan Cahaya. Problems in this study is whether the interest and student learning outcomes MTs Muhammadiyah Pejawaran Banjarnegara can be improved through learning by using a model of Whole Brain Teaching (WBT). This study aims to determine the increase in interest and the results of class VIII student of MTs Muhammadiyah Pejawaran Banjarnegara on the subject of light. The research design used in this study was Quasi Experimental Design using design Nonequivalent Control Group Design. Results of t-test analysis result study and questioonnaire, found that t count greater than t table the experimental group was better than the control group. Gain increased interest by students learning with WBT reached 0.410, while the increase in interest in students were given a lesson with a discussion reaches 0.223. Based on the results of this study concluded that the WBT learning model can improve the learning outcomes of interest and eighth grade students in MTs Muhammadiyah Pejawaran Banjarnegara on the subject of light.
PEMANFAATAN KAMERA SMARTPHONE DAN EYETRACKING ANALYSIS PADA PERCOBAAN KINEMATIKA DI ATAS LANDASAN UDARA DUA DIMENSI Wantoro, Kris; Sudjito, Debora N.; Rondonuwu, Ferdy S.
UPEJ Unnes Physics Education Journal Vol 5 No 1 (2016)
Publisher : UPEJ Unnes Physics Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (970.828 KB) | DOI: 10.15294/upej.v5i1.12705

Abstract

Smartphone semakin menjadi piranti umum yang dimiliki oleh hampir semua guru dan siswa di sekolah menengah. Smartphone memiliki fitur standar berupa video yang sangat membantu perolehan data yang kemudian diolah menggunakan program Tracker sebagai software analisis. Penelitian ini melaporkan desain percobaan gerak satu dan dua dimensi di atas bidang landasan udara 2D dengan gaya gesek yang kecil. Percobaan gerak linier, tumbukan dua dimensi, dan gerak getaran teredam yang dilakukan di atas landasan udara tersebut direkam menggunakan kamera smartphone dan dianalisis dengan Tracker. Melalui percobaan tersebut dapat dihitung kecepatan rata-rata maupun kecepatan sesaat benda yang bergerak. Pada percobaan gerak linier, penentuan point mass pada Tracker menghasilkan data posisi x, posisi y, dan grafik gerak linier. Pada percobaan tumbukan dua dimensi, hukum kekekalan momentum dapat diperiksa dengan ketelitian yang cukup baik. Pada percobaan getaran teredam, dinamika gerak benda yang direkam dengan kamera dan dianalisis dengan Tracker mampu menampilkan grafik getaran teredam dengan baik. Simulasi persamaan getaran teredam cocok dengan analisis pada video. Dengan demikian penggunaan smartphone dan program Tracker pada analisis gerak mampu memberikan hasil yang akurat sehingga memungkinkan untuk digunakan dalam merancang berbagai percobaan kinematika di sekolah menengah. Smartphone has been a common device that is mostly owned by teachers and high school students. Smartphone has standard fitures such as video that is very helpful on obtained data, and then they are processed using Tracker programme as software analysis. This research reports the experiment design of one and two dimension motions on air bench with minimum friction. Linear motion experiment, two dimension collision and damped oscilation on air bench were recorded using smartphone camera and were analyzed with Tracker. Through those experiments, average velocity and instantaneous velocity of an object in motion could be calculated. In linear motion experiment, the placement of the point mass results the data of x-position, y-position, and linear motion graphs. In two dimension collision experiment, law of perpetual momentum was able to be investigated in a good precision. In damped oscilation experiment, dynamic motion of the object that was recorded by camera and analized with Tracker showed a good damped oscilation graph. Simulation of damped oscilator’s equation similar to the video analysis. Thus, using smartphone and Tracker in motion analysis were able to give accurate result so it is enabled to use it in designing various kinematic experiments in high school.
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POHON MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP Lestari, Nartini; Edi, Sukiswo Supeni; Hartono, Hartono
UPEJ Unnes Physics Education Journal Vol 5 No 1 (2016)
Publisher : UPEJ Unnes Physics Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (762.33 KB) | DOI: 10.15294/upej.v5i1.12706

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah pembelajaran PBL berbantuan pohon masalah efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dengan PBL berbantuan pohon masalah dan ekspositori. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Boja tahun ajaran 2014/2015. Dengan teknik purposive sampling terpilih kelas VIII B-C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji gain dan uji kesamaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukan PBL berbantuan pohon masalah efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan PBL berbantuan pohon masalah lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis siswa dengan pembelajaran ekspositori. Disarankan pembelajaran PBL berbantuan pohon masalah dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. This research aim to analyze whether tree diagram-assisted PBL learning was effective in improving students’ critical thinking skill; and to analyze critical thinking skill of students with expository learning and with tree diagram-assisted PBL learning. The population of this research was eight graders of SMP N 2 Boja in the academic year 2014/2015. Class VIII-B was chosen as experimental group and VIII-F was chosen as control group through purposive sampling technique. Documentation and tests were used as method of collecting data. To analyze the data, the researcher used gain test and means similarity test. The result of the research showed that PBL learning by using tree diagram was effective in improving students’ critical thinking skill. Based on the result of two means difference test; it is shown that critical thinking skill of students with tree diagram-assisted PBL was higher than critical thinking skill of students with expository learning. It was suggested to use tree diagram-assisted PBL as an alternative learning model to grow students’ critical thinking skill.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES BELAJAR FISIKA SISWA SMP KELAS VIII Istiana, Nurul; Sarwi, Sarwi; Masturi, Masturi
UPEJ Unnes Physics Education Journal Vol 5 No 1 (2016)
Publisher : UPEJ Unnes Physics Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (928.998 KB) | DOI: 10.15294/upej.v5i1.12707

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif STAD terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses belajar fisika siswa pada sub pokok bahasan getaran dan gelombang. Subjek penelitian adalah kelas VIII B SMP Negeri 2 Ambarawa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji deskriptif presentase, uji gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 86,11% dengan kriteria tinggi. Data pre-test dan post-test dianalisis menggunakan Chi Kuadrat dan dinyatakan berdistribusi normal. Peningkatan penguasaan konsep ditunjukkan dengan <g>= 0,6 dan kriteria sedang. Hasil analisis uji t menyebutkan thitung = 7,477; ttabel= 1,697; thitung > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kelima aspek keterampilan proses belajar fisika siswa dianalisis menggunakan uji deskriptif dan dinyatakan meningkat secara signifikan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatan penguasaan konsep dan mengembangkan keterampilan proses belajar fisika siswa SMP kelas VIII pada sub pokok bahasan getaran dan gelombang. This study aims to determine the influence of application cooperative learning type STAD to mastery concept and skills process of physics in sub material vibrations and waves. The subject of research is all students in VIII B SMP Negeri 2 Ambarawa. Collection of data using a technique tests, observations and documentation. Data analysis using a percentage descriptive test, gain test, and t-test. The result of research shows that exhaustiveness studying classical student at 86,11% with high criteria. Pre-test and post-test data were analysis using Chi Kuadrat and conclude as normal distribution. Enhancement of mastery concept shows with <g>= 0,6 and middle criteria. T-test analysis result shows tcount = 7,477; ttable = 1,697; tcount > ttable   so Ho rejected and Ha received. Five aspects of skills learning process of physics students are analyzed using descriptive test and shows increase as significant. The conclusion is cooperative learning model of STAD can increase the mastery concept and develop the skills learning process of physics students class VIII SMP in sub material vibrations and waves.
DESAIN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SIMULASI PHET (Physics Education and Technology) PADA MATERI MEDAN LISTRIK Pujiyono, Pujiyono; Sudjito, Debora N.; Sudarmi, Marmi
UPEJ Unnes Physics Education Journal Vol 5 No 1 (2016)
Publisher : UPEJ Unnes Physics Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1081.585 KB) | DOI: 10.15294/upej.v5i1.12708

Abstract

Dalam perkuliahan Kelistrikan dan Kemagnetan, banyak mahasiswa mengalami kesulitan memahami konsep-konsep yang melibatkan variabel-variabel mikroskopis, seperti muatan listrik dan medan listrik. Pada umumnya penjelasan di kelas tidak cukup membuat mahasiswa memahami konsep-konsep yang melibatkan variabel-variabel mikroskopis tersebut sehingga diperlukan media pembelajaran yang tepat dan juga pembelajaran mandiri untuk memahaminya. Peran media dalam pembelajaran sangat penting, sebab media membantu guru menolong siswa memahami materi pembelajaran. Saat ini sudah dikembangkan simulasi PhET yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini mengangkat masalah tentang (i) bagaimana membuat desain pembelajaran mandiri tentang vektor medan listrik menggunakan simulasi PhET dan (ii) bagaimana efektivitas desain pembelajaran tersebut untuk membantu mahasiswa memahami materi tentang medan listrik. Tujuan penelitian ini adalah (i) membuat desain pembelajaran mandiri tentang vektor medan listrik menggunakan simulasi PhET dan (ii) mengetahui efektivitas desain pembelajaran tersebut untuk membantu mahasiswa memahami materi tentang vektor medan listrik. Penelitian ini bermanfaat untuk memberi contoh bentuk pembelajaran mandiri yang bisa digunakan mahasiswa untuk belajar vektor medan listrik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan responden 15 mahasiswa Fisika dan Pendidikan Fisika Angkatan 2014. RPP dan modul tentang vektor medan listrik diimplementasikan dan diobservasi oleh observer lain, kemudian mahasiswa ditugaskan untuk mengerjakan soal post test dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisa data menyatakan bahwa (i) 100% mahasiswa mendapatkan nilai tes di atas 80 dengan rata-rata nilai 100, (ii) 98,66% mahasiswa terlibat aktif dan antusias dalam pembelajaran, (iii) 73,33% mahasiswa memberikan sikap positif yaitu antusias dan bekerja sama selama pembelajaran berlangsung, dan (iv) 88,89% mahasiswa memberikan respon positif pada kuesioner. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media simulasi PhET sebagai media pembelajaran Fisika efektif digunakan untuk membantu mahasiswa memahami vektor medan listrik dan memotivasi mahasiswa untuk belajar Fisika. Dengan demikian semua kriteria keberhasilan tercapai dan penelitian dinyatakan berhasil. On Electromagnetic class, mostly students are difficult to understand concepts that involved microscopic variables, such as charges and electric field. Generally explanations in class are not enough to make them understand it, so suitable media and independent learning are needed. The role of media in learning is very important, because media helps teachers to help students understand the learning material. Nowadays PhET simulation that can be used as learning media has been developed. This research is investigate (i) how to make independent learning design about electric field vectors using PhET simulation and (ii) how effective that learning design to help students understand concept of electric field. This study aims to design independent learning design about electric field vectors using PhET simulation and (ii) to determine the effectivity of that learning design to help students understand concept of electric field. Its advantages for giving example of independent learning that might be used by students to learn about electric field vector. This is a qualitatively descriptive research with 15 students of Physics and Physics Education Batch 2014 be as respondents. Lesson plan and modul of electric fields vector were implemented and were observed by other observer, then students were assigned to do post test and fill the questionnaire. Data were analyzed qualitatively and descriptively. The results state that (i) 100% students obtained evaluation score more than 80 with the mean of 100, (ii) 98,66% students actively involved and enthusiastic in learning process, (iii) 73,33% students showed positive attitude of enthusiastic and cooperative during learning process, and (iv) 88,89% students stated positive response in the questionnaire. Thus it could be concluded that the utilization of PhET simulation as physics learning media is effective to help students understand electric field vector and motivate students to learn physics.
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DILENGKAPI PENILAIAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA Astuti, H. D.; Linuwih, S.; Marwoto, P.
UPEJ Unnes Physics Education Journal Vol 5 No 1 (2016)
Publisher : UPEJ Unnes Physics Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.835 KB) | DOI: 10.15294/upej.v5i1.12709

Abstract

Berbagai model pembelajaran dikembangkan untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa sehingga mampu bersaing manghadapi tantangan dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran inkuiri terbimbing dilengkapi penilaian portofolio untuk meningkatkan berpikir kritis siswa SMA. Metode penelitian ini adalah penelitian quasi experiment, dengan desain control group pre test post tes design. Kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata berpikir kritis siswa kelas eksperimen adalah 85,67 dan kelas kontrol adalah 75,84. Berdasarkan hasil analisis uji gain, peningkatan berpikir kritis siswa kelas eksperimen menunjukkan kriteria peningkatan yang tinggi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilengkapi penilaian portofolio efektif untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. Many types of learning are developed for practising critical thinking knowledge of students to make them can face world challenge. This study was conducted to know the effectiveness of guided inkuiri  learning which was completed with portfolio assessment to increase critical thinking of Senior High School students. The research method that is used in this study is quasy-experimental research, which has control group pre test and post test design.  There are two classess in this study, that are X4 class as experiment class and X5 class as control class. This study result shows the average of students’ critical thinking in experiment class is 85,67 and control class is 75,84. Based gain analise, it shows there is an increasing of students’ critical thinking in experiment class high criteria. From this result, it is concluded that inkuiri terbimbing learning that is completed with portfolio assessment is effective to increase students’ critical thinking.

Page 1 of 3 | Total Record : 24