cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Published by Politeknik Negeri Bali
ISSN : 02169843     EISSN : 25805614     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan [e-ISSN 2580-5614 ] p-ISSN 0216-9843 | DOI 10.31940/jbk] issued by Politeknik Negeri Bali, published three times a year in March, July and November.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 16 No 2 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan" : 9 Documents clear
Strategi Marketing Mix Melalui Community Based pada Agro-tourism di Gianyar Bali Ni Made Sudarmini; Ni Made Rai Sukmawati; Ni Wayan Sukartini; Ni Putu Somawati; Nyoman Indah Kusuma Dewi
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 16 No 2 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v16i2.1994

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah merumuskan strategi marketing mix melalui community based pada agro-tourism (CBAT) di Gianyar, Bali, Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan studi pustaka. Data kuesioner yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan matriks IFE, EFE, IE dan SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa CBAT yang ada di Gianyar berada pada sel II dari matriks IE (growth strategy) dengan pengembangan produk melalui diferensiasi atau inovasi dengan strategi alternatif yang bisa dilakukan adalah memperluas pasar, menambah keragaman produk, meningkatkan pelayanan, penetapan harga, meningkatkan promosi dan memperbaiki kualitas SDM. Beberapa saran dapat diberikan untuk perbaikan usaha ke depannya yaitu menambahkan atraksi seperti cooking class, memanfaatkan e-commerce (media sosial, web) untuk promosi, menjalin kerjsama dengan biro perjalanan yang ada, mengikutsertakan karyawan pada pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh pemerintah/lembaga pendidikan, membuat paket-paket untuk liburan sekolah, dan memberikan service yang lebih memuaskan kepada tour guide seperti memberikan fee guide.
Knowledge Acquisition in Toraja’s Local Wisdom Context Toward Sustainable Tourism Development Ferdinandus Sampe
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 16 No 2 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v16i2.2000

Abstract

The tourism sector is spurred as a source of national income, a provider of employment and a means of equitable distribution of national income. As one of the tourist destinations, Tana Toraja Regency has also been managed to take advantage of existing tourism potential, such as natural beauty, distinctive culture and values ​​embraced by the Toraja people hospitality. To use the cultural heritage to boost the tourism business, all organizational members should acquire, elaborate and use all relevant information for decision making in tourism Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). Data were collected using a set questionnaire hand-delivered to MSMEs owner/manager. As many as 50 questionnaires were distributed and 35 questionnaires were completed and then analyzed. The results reveal that MSMEs knowledge acquisition concerning their local wisdom and environment was above the middle range. It is suggested that a model of continuous learning by combining local wisdom and external knowledge.
Kinerja Perusahaan: Teknologi Informasi dan Kewirausahaan pada Usaha Kecil Purnomo Purnomo; Lili Adi Wibowo; Ratih Hurriyati; Heny Hendrayati; Disman Disman
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 16 No 2 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v16i2.1995

Abstract

Keberhasilan usaha kecil tergantung pada kemampuan dinamis, karena memberikan peluang untuk tetap kompetitif dan berkinerja baik di lingkungan bisnis yang dinamis. Menerapkan pandangan kemampuan dinamis, penelitian ini menyelidiki peran kapasitas penyerapan dan kewirausahaan perusahaan. Sejumlah 121 data responden dapat dikumpulkan dari usaha sektor manufaktur skala kecil dengan metode convenience sampling. Hipotesis penelitian telah dianalisis melalui metode persamaan struktural dengan menggunakan perangkat lunak AMOS. Temuan penelitian menunjukkan bahwa infrastruktur teknologi informasi (TI) berpengaruh signifikan terhadap kapasitas penyerapan dan berpengaruh tidak signifikan terhadap kewirausahaan perusahaan. Sedangkan kapasitas penyerapan berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan dan tidak berpengaruh signifikan terhadap kewirausahaan perusahaan. Usaha kecil skala kecil tidak dapat selalu mengikuti perubahan infrastruktur TI yang cepat. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan finansial yang dimiliki. Kapasitas penyerapan pada studi ini tidak dapat menjembatani kesenjangan pengetahuan untuk kewirausahaan perusahaan, kurangnya inisiatif para pengusaha usaha kecil sektor kecil untuk menciptakan suatu inovasi yang mengakibatkan lemahnya pengetahuan eksternal sebagai input infrastruktur TI yang canggih.
Pengaruh Model Peran Kewirausahaan Terhadap Sikap, Norma Subyektif, dan Kontrol Perilaku Della Arny Novera; Purbayu Budi Santosa; Lili Marliyah
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 16 No 2 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v16i2.1999

Abstract

Human capital serta innovation process sangat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan serta kualitas institusi pendidikan yang baik. Pentingnya peranan perguruan tinggi dikarenakan kurangnya wirausahawan yang kompeten terhadap kualitas ilmu dan kuantitas memadai di bidang pertanian. Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan poin utama untuk membangun ekonomi yang berkelanjutan berperan dalam membantu mengelola sumber daya ekonomi. Berdasarkan hal tersebut perlu diperhatikan untuk para pengajar di universitas/pendidikan tinggi dalam mendorong mahasiswanya memiliki semangat/jiwa berwirausaha sehingga mahasiswa juga memiliki kemampuan dalam menciptakan lapangan kerja yang bermanfaat untuk masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model peran kewirausahaan terhadap sikap, norma subyektif, dan kontrol perilaku. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro melalui kuesioner online. Teknik pengambilan sampling menggunakan incidental sampling dan teknik analisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model peran kewirausahaan berpengaruh secara signifikan terhadap norma subyektif, sedangkan sikap dan kontrol perilaku tidak dipengaruhi secara signifikan.
Peningkatan Pengendalian Kualitas Produk Roti dengan Metode Six Sigma Menggunakan New & Old 7 Tools Poppy Rahayu; Merita Bernik
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 16 No 2 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v16i2.1996

Abstract

Pengendalian kualitas diterapkan dalam kegiatan operasional perusahaan agar menghasilkan produk yang sesuai dengan standar perusahaan. Menghasilkan produk berkualitas menjadi suatu keunggulan kompetitif perusahaan untuk tetap bertahan dalam persaingan bisnis. Dewi Fortuna adalah Usaha Kecil Menengah (UKM) yang memproduksi roti yang berada di wilayah Cikampek, Jawa Barat. UKM ini memiliki kekurangan dalam hal kualitas produk yaitu masih adanya produk yang cacat. Permasalahan yang dihadapi adalah belum adanya metode terstruktur mengenai pengendalian kualitas untuk mengurangi jumlah produk cacat yang dihasilkan. Six Sigma merupakan metode terstruktur dalam perbaikan kualitas dengan menggunakan alat statistik. Pada penelitian ini menggunakan tahapan Defain, Measure, Analyze, Improve and Control (DMAIC) yang dibantu dengan alat statistik new and old 7 tools. Berdasarkan perhitungan di peroleh nilai Defect per Million Opportunity (DPMO) sebesar 3603.64 dan nilai sigma sebesar 4.18. Pada tahap define digunakan diagram pareto untuk mengetahui jumlah dan jenis kecacatan, tahap measure menggunakan control P-chart untuk mengetahui kecacatan produk masih dalam batas yang diisyaratkan, tahap analyze menggunakan fishbone diagram untuk mengetahui faktor penyebab terjadi kecacatan, penggunaan process decision program chart untuk pemetaan usulan perbaikan pada tahap improve, tahap control menghitung nilai Sigma produk dan menyusun flowchart proses produksi.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan untuk Menginap di Green Hotel di Kabupaten Badung Bali I Gusti Agung Mas Krisna komala Sari; Ayu Dwi Yulianthi; I Gde Agus Jaya Sadguna
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 16 No 2 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v16i2.1852

Abstract

Perkembangan responsible tourism salah satunya yaitu kencenderungan wisatawan dalam memanfaatkan produk pariwisata yang bersifat ramah lingkungan. Menurut survey tahun 2012 oleh TripAdvisor, hampir 60% dari wisatawan lebih memilih untuk memilih hotel yang eco friendly dan green hotel. Trend ini menjadi dorongan bagi beberapa hotel untuk membuat green hotel dan hotel eco-friendly yang memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dalam mendukung isu tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan wisatawan untuk menginap di green hotel di kabupaten Badung Bali. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di hotel –hotel yang berkonsep green hotel di Kabupaten Badung Bali. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer di mana peneliti langsung mengumpulkan data dari objek yang bersangkutan dengan menggunakan questioner. Populasi pada penelitian ini adalah wisatawan yang menginap di green hotel di kabupaten Badung, Bali dan sampel yang diteliti sebanyak 100 wisatawan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu dengan memilih wisatawan yang menginap di green hotel. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor.Analisis faktor merupakan suatu teknik untuk menganalisis mengenai hubungan saling ketergantungan antara beberapa variabel secara simultan. Adapun tujuan dari analisis faktor adalah untuk menyederhanakan bentuk hubungan antara beberapa variabel yang diteliti menjadi sejumlah faktor yang lebih sedikit. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat empat faktor internal dan dua faktor eksternal yang mempengaruhi keputusan wisatawan menginap di Green hotel di Kabupaten Badung. Faktor internal tersebut adalah Green Opinion; Green Hotel Knowledge; Green Practice; serta Environmental Awareness. Sedangkan faktor eksternal yang dimaksud adalah Kelas Sosial serta keluarga dan orang terdekat.
Kajian Karakteristik Kewirausahaan terhadap Keberlanjutan Pengembangan Agropolitan di Desa Catur Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Komang Suarsana; Gede Santanu
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 16 No 2 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v16i2.2001

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan pajak, kepuasan pelayanan pajak secara parsial terhadap motivasi membayar pajak. Menganalisis pengaruh kualitas pelayanan pajak, kepuasan pelayanan pajak secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak. Menganalisis pengaruh motivasi membayar pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Menganalisis pengaruh kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dimediasi motivasi membayar pajak. Menganalisis pengaruh kepuasan pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dimediasi motivasi membayar pajak. Sampel diambil sebanyak 100 orang wajib pajak di Kota Denpasar dengan teknik random sampling. Teknik analisis data adalah teknik analisis jalur. Hasil analisis data dengan signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pajak, kepuasan pelayanan pajak secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi membayar pajak. Kualitas pelayanan pajak, kepuasan pelayanan pajak secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Motivasi membayar pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Kualitas pelayanan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dimediasi motivasi membayar pajak. Kepuasan pelayanan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dimediasi motivasi membayar pajak.
Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Penerapan E-Learning Perpajakan di Era Disruptif Covid–19 Made Ayu Jayanti Prita Utami
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 16 No 2 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v16i2.2003

Abstract

pemahaman mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran e-learning mata kuliah perpajakan. Instruksi kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dari rumah dalam rangka pencegahan penularan virus covid-19 membuat proses belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa dilakukan jarak jauh menggunakan pembelajaran e-learning. Dalam penerapannya untuk pengajaran materi kombinasi teori serta hitungan seperti perpajakan dirasa penting untuk mengetahui bagaimana motivasi dan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah yang diberikan secara e-learning secara penuh. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang masih terdaftar aktif di Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bali. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan kriteria yaitu mahasiswa jurusan administrasi niaga yang sedang mendapatkan mata kuliah perpajakan. Adapun jumlah sample dalam penelitian ini adalah 137 orang mahasiswa. Data diperoleh berupa jawaban dari responden dan diolah menggunakan SPSS. Adapun hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah dari 137 orang sampel yang mengisi kuisioner, didapatkan hasil bahwa variabel motivasi belajar mahasiswa serta pemahaman mahasiswa memiliki pengaruh pada penerapan e-learning Perpajakan Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bali.
Pengaruh Kualitas dan Kepuasan Pelayanan Pajak terhadap Motivasi Membayar Pajak Serta Dampaknya terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Anak Agung Gde Mantra Suarjana; I Dewa Made Partika; I Made Sura Ambara Jaya; Ni Gst Nym Suci Murni
Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol 16 No 2 (2020): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : P3M Politeknik Negeri Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31940/jbk.v16i2.1997

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan pajak, kepuasan pelayanan pajak secara parsial terhadap motivasi membayar pajak. Menganalisis pengaruh kualitas pelayanan pajak, kepuasan pelayanan pajak secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak. Menganalisis pengaruh motivasi membayar pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Menganalisis pengaruh kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dimediasi motivasi membayar pajak. Menganalisis pengaruh kepuasan pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dimediasi motivasi membayar pajak. Sampel diambil sebanyak 100 orang wajib pajak di Kota Denpasar dengan teknik random sampling. Teknik analisis data adalah teknik analisis jalur. Hasil analisis data dengan signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pajak, kepuasan pelayanan pajak secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi membayar pajak. Kualitas pelayanan pajak, kepuasan pelayanan pajak secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Motivasi membayar pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Kualitas pelayanan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dimediasi motivasi membayar pajak. Kepuasan pelayanan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dimediasi motivasi membayar pajak.

Page 1 of 1 | Total Record : 9