cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Reformasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
ISSN : 20887469     EISSN : 24076864     DOI : -
Core Subject : Social,
Reformasi adalah jurnal peer-review yang menerbitkan artikel tentang praktik, teori, dan penelitian di semua bidang komunikasi politik, komunikasi massa, media & gender, komunikasi pemasaran, pelayanan publik, manajemen publik, pelayanan publik, kebijakan publik, dan otonomi daerah. Scope jurnal terdiri dari sosial, politik, komunikasi. Setiap naskah yang diserahkan akan ditinjau oleh satu peer-reviewer menggunakan metode double blind review. Reformasi : Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Politik diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Jurnal ini diterbitkan setiap enambulan sekali (Januari-Juni dan Juli-Desember).
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2021)" : 14 Documents clear
INOVASI PELAYANAN PUBLIK MENUJU SMART CITY MADANI DI KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU Niken Putri Salsabila; Mayarni Mayarni
REFORMASI Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33366/rfr.v11i2.2596

Abstract

Pada dewasa ini, zaman digitalisasi sangat diperlukan bagi pemerintah terutama dalam hal pelayanan publik. Kota Pekanbaru untuk mewujudkan smart city madani mengharuskan pemerintah untuk menciptakan inovasi pada bidang pelayanan publik agar dapat memberikan pelayanan yang transparan, akuntabel dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Kecamatan Bukit Raya merupakan salah satu kecamatan yang telah menciptakan inovasi pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi di zaman digitalisasi ini. Program pelayanan tersebut berupa Sistem Pelayanan Terpadu (SIPADU), Elektronik menyapa (E-SAPA), Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMBRW), Pelayanan antar-jemput, dan Orang tua Asuh. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui bagaimana inovasi pelayanan publik yang ada di Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan teori inovasi Rogers berrdasarkan pada lima indikator yaitu keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan coba, dan kemudahan diamati. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini adalah inovasi pelayanan publik belum berjalan secara maksimal tetapi sudah menjadikan pelayanan menjadi efektif dan efisien Abstract: Today, the age of digitalization is indispensable for the government, especially in terms of public services. Pekanbaru city to realize smart city madani requires the government to create innovations in the field of public services in order to provide services that are transparent, accountable and accessible to the entire community. Bukit Raya subdistrict is one of the sub-districts that has created public service innovations by utilizing technology in this digitalization era. The service program is in the form of Integrated Service System (SIPADU), Electronic greeting (E-SAPA), Community Empowerment Development Based on Rukun Warga (PMBRW), Shuttle Service, and Foster Parents. This research aims to find out how public service innovations exist in Bukit Raya Subdistrict pekanbaru city.This study uses Rogers' theory of innovation through five indicators namely relative advantage, compability, complexity, triability, and observability. The research method used in this study is descriptive qualitative with data collection techniques in the form of observation, interview, and documentation. The results of the research show that public service innovation has not been running to the maximum but has made the service effective and efficient
PERANAN KYAI SEBAGAI PEMIMPIN LOKAL DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA LARANGAN LUAR KABUPATEN PAMEKASAN Mohammad Bustanol Husein; Abdul Roziq
REFORMASI Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33366/rfr.v11i2.2347

Abstract

Secara kultural masyarakat desa di Madura merupakan bagian utuh dari kesa-tuan komunitas sosial masyarakat Madura yang memiliki ciri-ciri kultural dan ka-rakteristik yang spesifik. Bagi masyarakat Madura proses pemilihan kepala desa bukan sekedar proses pemenuhan syarat legalitas pemilihan pimpinan formal desa melalui prosedur demokratis sesuai dengan aturan yang berlaku, melainkan memiliki makna yang lebih luas. Kyai merupakan salah satu pemimpin lokal informal yang paling berpengaruh bagi masyarakatnya, disamping pemimpin lokal informal yang lain seperti tokoh adat, tokoh masyarakat, dan elit-elit lokal yang lain. Kegiatan penelitian ini dilakukan di Desa Larangan Luar, Kabupaten Pamekasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan pengukurannya menggunakan skala likert. Hasil pengukuran peran Kyai sebagai pemimpin lokal dalam pelaksanaan pembangunan Desa Larangan Luar menunjukkan bahwa peran Kyai termasuk kategori cukup.Abstract : Culturally, the village community in Madura is an integral part of the unity of the Madurese social community which has specific cultural and characteristic. For the Madurese community, the village head election process is not just a process of fulfilling the legality requirements of the formal village leadership election through democratic procedures in accordance with applicable regulations, but has a broader meaning. Kyai is considered as one of the most influential informal local leader for the community that can be a role in process of forming awareness, attitudes and behavior. This research was conducted at Larangan Luar Village, Pamekasan. In collecting the data, quantitative method and likert scale were used in this research. The result of this study showed that the role of Kyai in the implementation of Development at Larangan Luar village was considered moderately important
KELUARGA, AGAMA DAN PEMAKNAAN SUBJEKTIF PEMUDA DALAM TRANSISI MENUJU PERNIKAHAN Oki Rahadianto Sutopo; Rani Dwi Putri
REFORMASI Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33366/rfr.v11i2.2089

Abstract

Abstrak : Artikel ini menjelaskan mengenai peran agama dan keluarga dalam transisi pemuda menuju pernikahan di era modernitas lanjut. Studi ini merepresentasikan sintesa antara tiga jenis kajian, yaitu perubahan sosial, kajian kepemudaan, dan sosiologi agama. Dengan mengkombinasikan temuan, kesimpulan, dan narasi dari studi-studi terdahulu, artikel ini menunjukkan bahwa agama sebagai sacred canopy dan pengaruh keluarga masih relevan dalam membentuk imajinasi pemuda tentang pasangan dan pernikahan masa depan. Namun, alih-alih memainkan peran konservatif di era modernitas lanjut, pemuda justru secara subjektif menginterpretasikan ulang nilai-nilai agama untuk mendukung penciptaan Do It Yourself (DIY) Biography dan mengantisipasi risiko ketidakbermaknaan di masa depan.Abstract :This article explainsthe role of religion and family for young people’s transition to marriage in the context of late modernity era.This study represents a synthesis between three kinds of studies, namely social changes, youth studies and sociology of religion. By combining findings, results, and narratives of previous studies as a basis of critical reflection, this article shows that religion as sacred canopy and family influence are still relevant in shaping young people’s imagination about the future partner and marriage. However, instead of playing a conservative role in the late modernity era, young people are subjectively reinterpret the religious values in order to support the making of Do It Yourself (DIY) Biography and to anticipate the condition of anomie as a manifestation of future risk.
RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ANALISIS KOMPETENSI DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI Masruroh Masruroh; Martaleni Martaleni; G. Budi Wahyono
REFORMASI Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33366/rfr.v11i2.2654

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) mempunyai peran yang sangat penting dalam suatu organisasi dan merupakan  satu satunya sumber daya yang memiliki akal, perasaan, keinginan, keterampilan, pengetahuan, dorongan, daya dan karya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh religiusitas yang disebabkan oleh kompetensi dan kompensasi terhadap kinerja pegawai.Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori yang bertujuan untuk mendapatkan penjelasan mengenai hubungan antar variabel melalui pengujian hipotesis.Populasi dari penelitian ini adalah 62 PNS Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Malang.Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh.Analisis statistik yang digunakan adalah Analisis Jalur (path analysis).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi religiusitas PNS yang disebabkan oleh semakin tingginya kompetensi dan kompensasi yang diterima PNS maka semakin tinggi pula kinerja pegawainya. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Malang untuk meningkatkan kinerja pegawai sebaiknya memberikan ijin tugas belajar atau mengikutsertakan pegawai  dalam pelatihan baik bidang spesialisasi maupun keagamaan serta memberikan tugas/tantangan yang sesuai tugas dan fungsinya secara bertanggungjawab dan amanah, penempatan dalam jabatan fungsional umum maupun jabatan struktural sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, memberikan kompensasi berdasarkan pencapaian kinerja, memberikan reward dan punishment secara bertanggungjawab dan amanah, dan  menerapkan aturan aturan agama dalam pelaksanaan tugas di kantor.Abstract : Human Resources (HR) has a very important role in an organization and is the only resource that has reason, feelings, desires, skills, knowledge, encouragement, power and work. The purpose of this study was to examine and analyze the influence of religiosity caused by competence and compensation on the employee performance. This research is an explanatory study which aims to obtain an explanation of the relationship between variables through hypothesis testing. The population of this study were 62 civil servants of Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian of Malang City. The sample used in this study using saturated sampling. The statistical analysis used is path analysis. The results of this study indicate that the higher the religiosity of civil servants due to the higher competence and compensation received by civil servants, the higher the employee's performance. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanianof Malang city to improve employee performance should give permission for study assignments or involve employees in training both in the fields of specialization and religion as well as assign tasks/challenges that are in accordance with their duties and functions responsibly and with trust, placement in general functional positions or structural positions according to competence owned, provide compensation based on performance achievement, provide rewards and punishments in a responsible and trustworthy manner, and apply religious rules in carrying out duties in the office. Keywords: Competence, compensation, religiosity and employee performance 
HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PENERIMAAN DIRI NARAPIDANA PASCA PUTUSAN DI RUTAN KELAS I SURAKARTA Yuliana Novitasari; Kusmiyanti Kusmiyanti
REFORMASI Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33366/rfr.v11i2.2412

Abstract

Banyak narapidana yang mengalami beban mental karena beberapa hal seperti hasil putusan pengadilan yang diberikan tidak sesuai harapan. Selain itu seseorang yang telah dinyatakan bersalah maka orang tersebut akan memiliki beban mental yang harus mereka hadapi seperti stigmatisasi di lingkungan masyarakat, merasa dibedakan karena status mereka sebagai narapidana, dan terkekang karena kebebasan bergerak telah dibatasi. Beberapa permasalahan tersebut dapat timbul apabila narapidana khususnya narapidana di Rutan Kelas I Surakarta tidak mampu mengonseptualisasi diri dalam menerima keadaan diri mereka saat ini. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk melihat hubungan dalam konsep diri dengan penerimaan diri narapidana sehingga apabila memiliki hubungan yang positif maka sebagai petugas pemasyarakatan dapat memberikan perhatian khusus tentang bagaimana cara mengonseptualisasi diri narapidana agar dapat menerima keadaan mereka dan dapat menyiapkan kembali untuk menghadapi kehidupan selanjutnya di Rutan Kelas I Surakarta. Metode analisis data menggunakan korelasi linier sederhana. Penelitian ini dilakukan di Rutan Kelas I Surakarta pada Bulan April 2021. Sampel dalam penelitian ini yaitu 148 responden dari 234 narapidana yang ada di Rutan Kelas I Surakarta. Teknik sampling yang digunakan yaitu menggunakan teknik random sampling. Pengukuran konsep diri menggunakan The Five-Factor Self-Concept Questionnaire dan penerimaan diri menggunakan Blueprint Berger Self-Acceptance Scale yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Dari hasil perhitungan maka nilai r sebesar 0.398 sehingga ditemukan hasil bahwa adanya hubungan antara konsep diri dan penerimaan diri terdapat hubungan positif lemah dimana seorang narapidana memiliki konsep diri yang positif dengan diikuti penerimaan diri yang positif pula, begitu juga sebaliknya. Sebagai upaya yang dapat dilakukan oleh petugas dalam meningkatkan penerimaan diri narapidana yaitu dengan meningkatkan konsep diri narapidana dengan cara memberikan motivasi, kepercayaan diri, keyakinan, harga diri, dukungan, dan kepedulian.Abstract: Many prisoners that have an experience mental burdens due to several things such as the outcome of the court decision that was not given as expected. In addition, someone who has been found guilty will have mental burdens that they have to face, such as stigmatization in the community, they feel differentiated because of their status as prisoners, and are constrained because their freedom of movement has been restricted. Some of these problems can arise if prisoners, especially prisoners in Rutan Class I Surakarta are unable to conceptualize themselves in accepting their current state. This experience are having a goal, namely to see the relationship in self-concept with the inmates' self-acceptance so that if they have a positive relationship, as correctional officers can pay special attention to how to conceptualize prisoners in order to accept their situation and be able to prepare again to face the next life in Class I Detention Center. Surakarta. The data analysis method uses simple linear correlation. This research was conducted at the Class I Rutan Surakarta in April 2021. The sample in this study was 129 respondents from 239 prisoners in the Class I Rutan Surakarta. The sampling technique used is using random sampling technique. The measurement of self-concept used The Five-Factor Self-Concept Questionnaire and self-acceptance using the modified Blueprint Berger Self-Acceptance Scale by the researcher. From the calculation results, the value of r is 0.398so that it is found that there is a relationship between self-concept and self-acceptance, there is a low positive relationship where a prisoner has a positive self-concept followed by positive self-acceptance, and vice versa. As an effort that can be made by officers in increasing self-acceptance of prisoners, namely by increasing the self-concept of prisoners by providing motivation, self-confidence, confidence, self-esteem, support, and care.
STRATEGI KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DALAM RETENSI PERSONEL GUNA MENANGGULANGI KASUS PEMBERHENTIAN TIDAK DENGAN HORMAT Muhammad Aprisakundi; Retno Kusumastuti
REFORMASI Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33366/rfr.v11i2.2505

Abstract

Sejak tahun 2017 di POLRI terdapat peningkatan kasus PTDH secara signifikan yang disebabkan adanya keterlibatan anggota polisi pada kasus penggunaan narkoba, desersi pelanggaran disiplin, korupsi  perzinahan maupun kekerasan dalam rumah tangga. Penelitian dilakukan dengan tujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi employee retention pada POLRI.  Penelitian ini dilakukan pada tahun 2021. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan data menggunaan teknik survei dengan jumlah sampel 80 personel Polri yang mengalami kasus PTDH  dan personal yang sedang menjalani sidang Komisi Kote Etik Polri, dengan lokasi penelitian di Mabes Polri. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan uji hipotesis menggunakan uji signifikansi t (uji parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen organisasi, peluang karir, penghargaan, rancangan tugas dan pekerjaan, dan hubungan anggota terbukti berpengaruh signifikan terhadap employee retention. Pemahaman tentang faktor yang mempengaruhi ritensi personel akan berimplikasi pada strategi pengelolaan personil sehingga diharapkan menurunkan Kasus Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) di tubuh Polri.Abstract : Since 2017 in the POLRI there has been an increase in PTDH cases caused by the involvement of members in narcotics cases, desertion, disciplinary violations, adultery corruption and domestic violence. The research was conducted with the aim of analyzing the factors that influence employee retention in the Indonesian National Police. This research was conducted in 2021. The research method used quantitative methods. The data collection technique used a survey technique with a sample of 80 Polri personnel who experienced PTDH cases and personal who were undergoing a trial of the National Police Code of Ethics, at Polri Headquarters. Data analysis was performed using multiple linear regression analysis, with hypothesis testing using the t significance test (partial test). The results showed that organizational components, career opportunities, rewards, task and job design, and member relationships proved to have a significant effect on employee retention. An understanding of the factors that affect personnel retention will have implications for personnel management strategies so that it is expected to reduce Cases of Disrespectful Dismissal (PTDH).
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SISTEM PAYMENT POINT ONLINE BANK (PPOB) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA PT. PLN PERSERO AREA PELAYANAN PELANGGAN DAN JARINGAN DI PROBOLINGGO) Annisa Purwatiningsih; Asih Widi Lestari; Kamaluddin Kamaluddin
REFORMASI Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33366/rfr.v11i2.2653

Abstract

Kebutuhan listrik semakin meningkat. Pengelolaan energi listrik ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang ketenagalistrikan yaitu Perseroan Terbatas- Perusahaan Listrik Negara (PT. PLN,Persero). Salah satu jenis layanan yang diberikan kepada masyarakat adalah Payment Point Online Bank (PPOB). Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil regresi bahwa jaminan (assurance  merupakan faktor terbesar yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, bukti fisik (tangible , (responsiveness , (reliability , dan (empati  merupakan faktor terendah dari faktor kualitas pelayanan yang mempengaruhi pelanggan. Faktor kualitas pelayanan yaitu bukti fisik (tangible), keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara parsial dan simultan. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel nyata, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati dalam menjelaskan kepuasan pelanggan adalah 93,4% dan sisanya 6,6% kepuasan pelanggan oleh dimensi lain atau faktor lain selain faktor kualitas layanan pelanggan. Pengujian hipotesis sesuai untuk sistem pelayanan Sistem Payment Point Online Bank (PPOB).Abstract : The need for electricity has increased. The management of this electrical energy is managed by a government-owned company in the electricity sector, namely Limited Company- State Electricity Company (PT. PLN,Persero). One type of service provided to the public is the Online Bank Payment Point (PPOB). The results of the analysis show that service quality has a positive effect on customer satisfaction. Based on the regression results that guarantee(assurance  is the biggest factor affecting customer satisfaction, physical evidence (tangible, (responsiveness, (reliability, and(empathy are the lowest factors of service quality factors that affect customers. Service quality factors are physical evidence (tangible), reliability, responsiveness, assurance, and empathy  have a significant effect on customer satisfaction partially and simultaneously. The coefficient of determination shows that the tangible variables, reliability, responsiveness, assurance and empathy in explaining customer satisfaction are 93.4% and the remaining 6.6% of customer satisfaction is by other dimensions or other factors other than customer service quality factors.Hypothesis testing is appropriate for the service system of the Online Bank Payment Point System (PPOB).  
PEMETAAN AGENDA KEBIJAKAN PEMBANGUNAN BANDAR ANTARIKSA DI PULAU BIAK Nurul Fatmawati
REFORMASI Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33366/rfr.v11i2.2701

Abstract

Sampai dengan saat ini Indonesia belum memiliki bandar antariksa yang memadai untuk peluncuran berbagai satelit sehingga kegiatan peluncuran wahana antariksa yang dilakukan saat ini masih mengandalkan jasa peluncuran dari negara lain. Ditinjau dari posisi geografis Indonesia di sepanjang garis katulistiwa, secara teknis Pulau Biak menjadi lokasi ideal untuk pembangunan kawasaan bandar antariksa. Perumusan agenda setting yang tepat pada perencanaan pembangunan bandar antariksa sangat penting untuk memperoleh dukungan publik (pemerintah dan masyarakat) khususnya untuk pemetaan stakeholder dan berbagai proses yang perlu segera ditindaklanjuti. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memberikan gambaran awal atas relasi antara para aktor dan proses yang dilakukannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dapat diidentifikasi aktor-aktor kuncinya namun secara umum keterlibatan mereka masih terbatas. Oleh karena itu perlu dirumuskan pendekatan yang tepat untuk mengoptimalkan peran stakeholders tersebut sehingga rencana pembangunan yang telah disusun dapat tercapat tepat waktu.Abstract: Up to now, Indonesia does not yet have an adequate spaceport for the launch of various satellites, so that the activities of launching spacecraft that are currently being carried out still rely on launch services from other countries. Judging from Indonesia's geographical position along the equator, technically Biak Island is an ideal location for the development of the spaceport area. The formulation of the right agenda setting in the spaceport development planning is very important to obtain public support (government and society), especially for stakeholder mapping and various processes that need to be followed up immediately. This study uses a qualitative descriptive method to provide an initial description of the relationship between the actors and the processes they perform. The results of the study indicate that the key actors have been identified but in general their involvement is still limited. Therefore, it is necessary to formulate the right approach to optimize the role of these stakeholders so that the development plans that have been prepared can be achieved on time 
STRATEGI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN WAJIB PAJAK REKLAME DI MASA PANDEMI COVID-19 Dewi Citra Larasati; Dominika Dewiyanti
REFORMASI Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33366/rfr.v11i2.2456

Abstract

Penelitian ini berangkat dari masalah yaitu ditemukan 237 titik reklame penunggak pajak padahal harusnya disaat pandemi covid-19 ini pajak reklame Kota Malang menjadi sektor pajak yang bisa diandalkan untuk mendongkrak target PAD. Sehingga BAPENDA Kota Malang perlu menjalankan strategi dalam meningkatkan kesadaran wajib pajak reklame.  Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi BAPENDA Kota Malang dalam meningkatkan kesadaran wajib pajak reklame di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Badan Pendapatan Daerah Kota Malang menjalankan 7 strategi yaitu 1) Mengadakan sosialisasi perpajakan daerah, 2) Adanya petugas lapangan yang keliling disetiap kecamatan, 3) Membentuk  satgas reklame dan mengadakan operasi rutin, 4) Kerjasama dengan tim pemeriksa pajak, 5) Pemanggilan wajib pajak yang menunggak melalui surat undangan, 6) Memberikan kemudahan pelayanan, 7) adanya program sunset policy V dan VI, BAPENDA Kota Malang dihadapi permasalahan internal yakni keterbatasan sumber daya manusianya dari segi kuantitas pada petugas lapangan dan terjadinya rangkap kerja beberapa pegawai. Sedangkan masalah eksternalnya meliputi masih adanya wajib pajak yang asal-asalan pasang reklame, menurunnya perekonomian wajib pajak dan rendahnya kesadaran wajib pajak dalam mematuhi protokol kesehatan dalam menerima pelayanan. Abstract : This research base on a problem that showed 237 free riders of advertisement tax but actually, advertisement tax of Malang City is a beneficial sector that hopefully capable to increase Region Incomes of Malang City in this Covid 19 pandemic situation. As the result, Region Income Institution of Malang City have to operate the strategy to increase awareness of advertisement taxpayer. The purpose of this study is to describe the strategy of Region Income Institution of Malang City to increase awareness of advertisement taxpayer in Covid 19 Pandemic Situation. This research is a qualitative research with data collection technique that used interview, observation and documentation. The validity technique of this research used triangulation resources a technique. The result of this research describe that Region Income Institution of Malang City operate 10 strategic, those are, 1) implement the socialization of Region Tax, 2) ) provide the field official that control each district in Malang City, 3) Make an advertisement assignment squad and run the routine operation, 4) make collaboration with Tax Investigator Team, 5) summons the arrears taxpayer through an invitation letter, 6) give a excellent service 7) existence the program of sunset policy V and VI.
PEMBERDAYAAN UMKM UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI PASCA PANDEMI COVID-19 DI TUBAN Anggraeny Puspaningtyas; Ahmad Adhi Suprayitno
REFORMASI Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33366/rfr.v11i2.2732

Abstract

The COVID-19 pandemic has had negative implications for the domestic economy such as decline in public consumption and purchasing power, decline in company performance, threats to the banking and financial sector, and the existence of MSMEs. On the corporate aspect, this pandemic has disrupted the performance of companies, especially those engaged in the trading sector. By looking at the current situation and not sure when the pandemic will end, local governments can help MSME actors by providing assistance according to the needs of each MSME actor. As is the case in Tuban Regency where MSME actors are required to be more sensitive and able to innovate quickly. This empowerment of MSME actors needs to be done, for the following three reasons. First, because the UMKM actors in Tuban Regency are suspected to still have not mastered the product marketing mechanism that is in accordance with market demands in the postmodern era as it is today. Second, because of the development of changes in consumer behavior that MSME actors need to understand so that they can produce products that are truly in accordance with the needs and desires of the market. Third, because the competitive climate for products produced by MSME actors tends to be more stringent, thus requiring breakthrough steps from MSME actors themselves to be able to take advantage of technology. Micro-enterprises and village governments need a survival strategy to maintain production and marketing stability. Therefore, an analysis related to community empowerment through MSMEs is needed to maintain economic stability after the Covid-19 pandemic in Tuban Regency.

Page 1 of 2 | Total Record : 14