cover
Contact Name
Ari Irawan
Contact Email
sapinformatika@gmail.com
Phone
+6285691331979
Journal Mail Official
sapinformatika@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Tanjung Barat, Jagakarsa, RT.5/RW.5, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
SAP (Susunan Artikel Pendidikan)
ISSN : 2527967X     EISSN : 25492845     DOI : -
Core Subject : Education,
SAP (Susunan Artike Pendidikan) Jurnal ilmiah bidang ilmu pendidikan (ISSN 2549-2845 for electronic version and ISSN 2527-967X for print version) First published in Agustus 2016 is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, or program applications related to education. The journal is published by Program Studi Informatika, Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal SAP published three times a year (April, Agustus, and Desember).
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2020)" : 13 Documents clear
Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Number Sense Siswa Nourma Pramestie Wulandari; Anis Suraida Safitri; Ratih Ayu Apsari; Junaidi Junaidi; Ulfa Lu’luilmaknun
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.599 KB) | DOI: 10.30998/sap.v4i3.6284

Abstract

Number sense merupakan suatu rasa intuitif seseorang untuk dapat menaksir bilangan, mampu mendeteksi kesalahan dalam suatu perhitungan, dan teliti dalam menghitung. Number sense yang baik diperlukan sebagai faktor penunjang aktivitas sehari-hari. Number sense tidak hanya dalam mengenal tetapi juga terampil dalam berhitung. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa siswa belum peka terhadap keteraturan bilangan beserta operasinya, sehingga komponen number sense  tentang pemahaman dan keterampilan mengenai bilangan juga kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan kontekstual pada materi bilangan untuk meningkatkan kemampuan number sense yang valid. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) ini ditujukan kepada siswa SMP Kelas VII. Pengembangan LKS ini dilakukan berdasarkan pada model Plomp (preliminary research, prototyping phase, and assessment phase). Kualitas produk yang dikembangkan mengacu pada bukti validitas isi. Validator terdiri dari 2 dosen Pendidikan Matematika. Bukti validitas LKS menunjukkan skor sebesar 3,395 dengan kategori valid dan tidak perlu direvisi. Namun untuk lebih menyempurnakan produk, revisi tetap dilakukan berdasarkan saran dan komentar validator. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa LKS layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi bilangan.
Perancangan Simulasi Metode Caesar Cipher Menggunakan Microsoft Excel – Alternatif Media Pembelajaran Kriptografi Endaryono Endaryono
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.097 KB) | DOI: 10.30998/sap.v4i3.6289

Abstract

Dalam perkuliahan kriptografi, mahasiswa perlu mendapat ilustrasi dalam bentuk simulasi. Diperlukan media pembelajaran yang dapat menjelaskan secara visual proses kerja enkripsi dan dekripsi termasuk pada metode caesar cipher. Metode caesar cipher adalah satu dari beberapa algoritma dalam proses kriptografi. Meski algoritma ini dinilai banyak kelemahan karena mudah ditebak tetapi algoritma ini merupakan dasar dari proses kriptografi. Penelitian ini merupakan penelitian terapan, yaitu membuat perancangan aplikasi microsoft excel (MS. Excel) untuk simulasi proses enkripsi dan dekripsi menggunakan metode caesar cipher. Aplikasi microsoft excel ini dipilih karena mudah dalam pengoperasiannya dan luas penggunaannya. Hasil dari penelitian ini adalah program aplikasi microsoft excel untuk simulasi kerja metode caesar cipher. Penelitian menunjukkan bahwa perancangan simulasi yang dibuat dapat berfungsi dan berjalan dalam pelaksanaan enkripsi dekripsi. Dalam simulasi dapat ditunjukkan bagaimana proses kerja enkripsi dan dekripsi yang menyangkut pengubahan isi pesan. Hasil penelitian diharapkan menjadi alternatif media pembelajaran kriptografi yang secara langsung dapat dirasakan manfaatnya bagi para dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran kriptografi
Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak Dwi Oktaviana; Utin Desy Susiaty
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.39 KB) | DOI: 10.30998/sap.v4i3.6280

Abstract

Tujuan penelitian dalam penelitian adalah untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar mata kuliah matematika diskrit dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan Metode Research and Development (R&D). Berdasarkan hasil pengembangan, penelitian, dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa buku ajar matematika diskrit dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa IKIP PGRI Pontianak adalah layak, menarik dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa.
Hubungan pemahaman Konsep Ikatan Kimia dengan Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Larutan Elektrolit Nadila Islamika; Nurlaili Nurlaili; Pintaka Kusumaningtyas
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.541 KB) | DOI: 10.30998/sap.v4i3.6285

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan signifikan antara pemahaman konsep ikatan kimia dengan hasil belajar kimia siswa pada materi larutan elektrolit. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAS Nabil Husein Samarinda tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa, yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, yaitu tes pemahaman konsep siswa dan tes evaluasi hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji linier regresi, uji korelasi product moment pearson dan uji hipotesis berupa uji t. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa ada hubungan signifikan antara pemahaman konsep ikatan kimia siswa dengan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit, yang ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,410 dengan interpretasi koefisien korelasi sedang dan nilai signifikansi uji t (0,009 < 0,05).
Efektivitas Stategi Pembelajaran “Semantic Mapping” Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Mahasiswa Fitri Senny Hapsari; Natalia Tri Astuti; Nurul Frijuniarsi
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.27 KB) | DOI: 10.30998/sap.v4i3.6290

Abstract

Kosakata memainkan peran penting dalam mempelajari bahasa Inggris. Mahasiswa membutuhkan banyak kosakata untuk menyampaikan dan mengekspresikan ide mereka atau untuk memahami teks bacaan. Para siswa yang memiliki penguasaan kosakata yang rendah akan menemukan kesulitan untuk memahami bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. Teknik yang menarik dan yang dapat memotivasi diperlukan dalam mengajar kosa kata untuk merangsang mahasiswa agar menjadi lebih aktif. Semantic mapping adalah strategi pembelajaran visual untuk perluasan kosakata dan pengetahuan dengan menyajikan kategori kata-kata yang terkait satu sama lain. Stategi ini dapat membantu siswa menemukan hubungan antara kata-kata yang telah mereka ketahui, dan merekapun dapat belajar kata-kata baru juga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi semantic mapping dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan penguasaan kosakata  mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dilakukan dalam dua siklus yang mencakup tindakan prosedur penelitian seperti perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya secara eksplisit menunjukkan bahwa strategi semantic mapping mampu meningkatkan penguasaan kosakata mahasiswa karena hasilnya menunjukkan nilai rata-rata mahasiswa meningkat dari 60 menjadi 73 pada siklus pertama dan 78 pada siklus kedua.
Penggunaan Software Optimasi Pencahayaan Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Fisika Bangunan Erna Kusuma Wati
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.215 KB) | DOI: 10.30998/sap.v4i3.6281

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan media pembelajaran pada Mata Kuliah Fisika Bangunan dengan software DIALux guna membantu mahasiswa memahami konsep intensitas pencahayaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bentuk pembelajaran SCL dan based on problem. Mahasiswa melakukan pengukuran iluminasi cahaya dengan menggunakan luxmeter di Laboratorium Mikrobiologi dan Genetika Universitas Nasional, berdasarkan hasil pengukuran nilai iluminasi tidak sesuai dengan standard. Masing-masing kelompok mahasiswa bertugas untuk melakukan optimasi pencahayaan ruangan laboratorium tersebut dengan menggunakan software DIALux agar sesuai standard SNI yaitu 500lux. Optimasi terhadap pencahayaan dengan menggunakan software DIALux yang dilakukan oleh masing-masing kelompok mahasiswa mampu mencapai nilai standard. Pembelajaran dengan menggunakan media software DIALux pada mata kuliah Fisika Bangunan dapat membantu mahasiswa lebih aktif karena terlibat secara langsung dalam problem solving, sehingga mampu menambah pemahaman konsep terhadap pencahayaan.
Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Tenses) Mahasiswa DKV Unindra Fitria Iswari; Puri Kurniasih
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.041 KB) | DOI: 10.30998/sap.v4i3.6286

Abstract

Dalam keberhasilan proses belajar salah satunya dapat dilihat melalui hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Bahasa Inggris 1 menjadi mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa semester 1 prodi DKV Unindra . Sesuai kurikulum mahasiswa dituntut untuk mampu menguasai tense. Dalam keadaanya dosen menggunakan metode pembelajaran konvensional berupa ceramah, dan hasil belajar siswa sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran kooperatif Jigsaw. Penelitian ini berbentuk tindakan kelas dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Pemerolehan data melalui test yang dilakukan sebelum dan sesudah tindakan kelas, dan observasi. Dari data yang di dapat sebesar 52,6% hasil belajar siswa meningkat untuuk kelas 3 eksperimen, dan 47,6% peningkatan hasil belajar yang didapat oleh kelas 4 eksperimen. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Konversi Agama Ditinjau Dari Persfektif Kecerdasan Kognitif Dan Berfikir Kritis Eddy Saputra
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.855 KB) | DOI: 10.30998/sap.v4i3.6291

Abstract

Perubahan dalam dalam bentuk apapun adalah sebuah keniscayaan, baik disengaja ataupun tidak disengaja, baik dikaitkan dengan campur tangan tuhan ataupun karena usaha yang keras dari manusianya. Perubahan juga sering terjadi pada keyakinan atau sering disebut dengan konversi pada agama. Dalam penelitian ini yang akan dibahas adalah perubahan dari agama non muslim menjadi agama Islam, perubahan ini sering kali dimulai dari sikap kritis yang mengandalkan kecerdasan kognitif, berawal dari sebuah pencarian dimana pada agama lama banyak hal yang kadang dianggap tidak masuk akal serta mulai mengaitkan jika agama harus mampu diterima oleh logika manusia. Mulailah mencari sebanyak-banyak informasi agar dapat membuat perbandingan antar agama yang lama dengan agama yang akan dituju sehingga pada akhirnya diambillah sebuah keputusan. Tulisan ini menggunakan metodologi  kualitatif dan studi pustaka, ada beberapa nara sumber yang dijadikan data karena terlibat langsung dalam terjadinya konversi agama sebagai penguat data. Tujuan penelitian ini memberikan informasi bahwa perubahan harus dilakukan berdasarkan pengetahuan yang bersumber pada kecerdasan kognitif dan berfikir kritis, sehingga hasilnya dapat dipertanggung jawabkan.
Pengembangan Media Kartu Kata dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Sulistia Ellsa; Laili Etika Rahmawati
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.027 KB) | DOI: 10.30998/sap.v4i3.6282

Abstract

Pesatnya perkembangan pembelajaran BIPA belum ditunjang dengan media pembelajaran yang memadai. Minimnya media pembelajaran BIPA mempengaruhi motivasi belajar dan capaian tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsikan proses pengembangan Kartu Kata sebagai media pembelajaran yang akan diterapkan pada mahasiswa BIPA tingkat A1 di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model Sukmadinata, metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode pencatatan dokumen dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa BIPA Tingkat A1 di Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun ajaran 2019/2020. Objek penelitian adalah pengembangan media pembelajaran Kartu Kata. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain pengembangan media Kartu Kata sudah sesuai dengan prinsip penyusunan media visual dan sesuai dengan SKL (Standar Kompetensi Lulusan) atau bahan ajar BIPA Tingkat A1
Analisis Higher Order Thinking Skills (Hots) Calon Guru Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Maimunah Maimunah; Finata Rastic Andrari; Nurmala Dewi Qadarsih
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.121 KB) | DOI: 10.30998/sap.v4i3.6287

Abstract

Upaya peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi sejalan dengan tujuan Kemendikbud dalam penyempurnaan kurikulum yang tertuang dalam kurikulum 2013. Pada pelaksanaannya mengharuskan guru untuk mengetahui sejauh mana hasil pembelajaran yang telah dilakukan selama ini. Penilaian keberhasilan dalam pembelajaran tersebut dapat dilihat dari kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa. Evaluasi juga harus dilakukan pada gaya belajar siswa yang beragam. Dengan mengetahui gaya belajar siswa, guru dapat menyiapkan lingkungan belajar yang mendukung  dan memudahkan siswa menyerap informasi secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir tinggi mahasiswa calon guru matematika ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak  6 orang mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI semester V yang terdiri dari subjek bergaya belajar visual, auditori dan kinestetik yang masing-masing diwakili  oleh 2 orang. Teknik analiis data yang digunakan adalah reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, dan penyusunan hipotesis kerja.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek bergaya belajar visual mampu memenuhi kemampuanmenganalisis 100%, aspek mengevaluasi 87,5% dan aspek mengkreasi 37,5%. Subjek bergaya belajar auditori mampu memenuhi aspek menganalisis 87,5%, aspek mengevaluasi 87,5% dan aspek mengkreasi 25%. Subjek bergaya belajar kinestetik mampu memenuhi aspek menganalisis 100%, aspek mengevaluasi 12,5% dan pada aspek mengkreasi 25%

Page 1 of 2 | Total Record : 13