cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Harmony : Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN
ISSN : 25484621     EISSN : 25484648     DOI : -
Core Subject : Social,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 Mei 2022" : 10 Documents clear
PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19 Hanifa, Ulya Tala; Nugraha, Dadi Muyadi; ., Supriyono
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 7 No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 Mei 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v7i1.46542

Abstract

Cinta tanah air merupakan salah satu bentuk karakter yang harus dimiliki oleh setiap warga negara, yaitu mengenai hak, kewajiban dan keikut sertaan dalam upaya bela negara. Akan tetapi dalam penerapannya tidak seideal yang di harapkan. Hal ini yang mengharuskan adanya pembentukan karakter cinta tanah air untuk setiap warga negara baik itu kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat pada umumnya. Apalagi masa pandemi Covid-19 ini, pembentukan karakter cinta tanah air ini tentunya harus lebih di tingkatkan lagi. Terutama dalam mematuhi segala aturan pemerintah seperti mematuhi protokol kesehatan, dengan menjaga jarak, memakai masker dan sebagainya. Dengan demikian di masa pandemi seperti ini, sangat mudah bagi kita untuk menunjukan sikap cinta kita terhadap tanah air. Cinta tanah air atau nasionalisme pada saat ini sudah menjadi kewajiban dalam berbangsa dan bernegara, akan tetapi di kalangan generasi muda Indonesia masih kurang rasa cinta terhadap tanah air.
IMPLEMENTASI PENGUATAN KARAKTER MANDIRI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS V SD NEGERI 3 BATURAGUNG Khoirinnida, Yuli; Rohmah, Izzatin Naili; Rondli, Wawan Shokib
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 7 No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 Mei 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v7i1.51312

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi karakter mandiri dalam pembelajaran tematik masa pandemi Covid-19 di kelas V SD Negeri 3 Baturagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran tematik masa pandemi Covid-19 untuk mengembangkan karakter mandiri di kelas V SD Negeri 3 Baturagung diwujudkan dalam RPP yang disusun secara sistematis dan berbasis karakter dengan memasukkan karakter mandiri pada setiap komponen dalam RPP; 2) Pengembangan karakter mandiri pada pembelajaran tematik masa pandemi Covid-19 dilakukan melalui kegiatan pembelajaran mulai dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup; dan 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan karakter mandiri yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI PRODI PENDIDIKAN IPS PADA SEMESTER GASAL 2020/2021 Ginanjar, Asep; Putri, Noviani Achmad; Setiawan, Heri
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 7 No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 Mei 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v7i1.51406

Abstract

Pandemi Covid-19 di Indonesia pada tahun 2020 dampaknya merambah ke berbagai sektor salah satunya sektor pendidikan. Pembelajaran daring dipilih sebagai solusi untuk melaksanakan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring selama masa pandemic Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan pada penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan IPS. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring mahasiswa masih merasa kurang nyaman dengan pembelajaran virtual saat ini. Dari hasil tanggapan mahasiswa IPS menyatakan bahwa pemanfaatan pembelajaran virtual tetap harus disertai dengan pembelajaran tatap muka secara langsung (blended learning). Mahasiswa banyak mengalami kendala mulai dari sulit memahami materi, tidak dapat berinteraksi langsung dengan dosen, tenggat waktu pengumpulan tugas yang terlalu singkat, dan terhambat karena masalah jaringan yang tidak mendukung serta sarana dan prasarana yang kurang memadai.
PENANAMAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL PADA SISWA SD MELALUI UPACARA ADAT “NGERTAKEUN BUMI LAMBA” Fadhilah, Elsa Aulia; Saputri, Shalaisa; Rustini, Tin; Arifin, Muh. Husen
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 7 No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 Mei 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v7i1.55868

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai Penanaman nilai-nilai kearifan local pada siswa SD. Penanaman nilai-nilai local merupakan suatu upaya untuk menanamkan rasa kepedulian terhadap sesama, meluaskan pengetahuan perihal budaya bangsa, serta upaya untuk mengurangi dampak negative dari arus globalisasi. Globalisasi menimbulkan berbagai masalah dalam bidang kebudayaan, misalnya: hilangnya budaya asli suatu daerah atau suatu negara, lunturnya nilai-nilai budaya, menurunnya rasa nasionalisme dan patriotisme. Dengan kata lain tujuan dari Pendidikan kearifan local adalah untuk mempersiapkan generasi yang tanggap akan keunggulan local daerah di mana dia tinggal. Adapun metode yang digunakan dalam artikel ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan library search (studi kepustakaan).
MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI MELALUI PEMBELAJARAN SUBTEMA HARI RAYA AGAMA Putri, Annisa Laela; Nurohmah, Widianti; Rustini, Tin; Arifin, Muh. Husen
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 7 No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 Mei 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v7i1.55874

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap toleransi melalui pembelajaran hari raya agama, sebagaimana yang telah kita ketahui Indonesia merupakan salah satu negara yang penduduknya menganut berbagai macam agama dan Indonesia juga merupakan negara yang pluralisme. Untuk menjaga pluralisme tersebut maka sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga sikap toleransi agar tidak timbulnya perpecahan. Sekait dengan hal diatas, agar sikap toleransi tetap terjaga maka harus ditanamkan sejak usia dini mengingat perkembangan anak erat kaitannya dengan proses mengenal dan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriftif dan menggunakan metode studi literatur. Sumber data yang diperoleh merupakan studi keperpustakaan yakni jurnal dan artikel ilmiah.
PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DIKALANGAN ANAK SEKOLAH DASAR Andara, Sefhiana; Aisy, Zulfa Ishmah Rahadatul; Sutini, Tin; Arifin, Muh. Husen
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 7 No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 Mei 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v7i1.55893

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penggunaan media sosial oleh siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa menggunakan media sosial untuk aktualisasi diri dan visualisasi, (2) frekuensi mengakses media sosial tergantung pada kepemilikan gadget dan fasilitas yang tersedia, (3) dampak positif penggunaan media sosial adalah mempermudah komunikasi antara murid dan guru, sebagai sarana belajar dan mencari sumber referensi belajar. Di sisi lain, dampak negatif dari penggunaan media sosial adalah kecanduan siswa terhadap konten negatif. (5) Peran sekolah dan kebijakan kepala sekolah yang mengikuti perkembangan pendidikan saat ini memungkinkan pemanfaatan tersebut dengan menekankan peran guru sebagai pengawasan dan pengendali di dalam dan di luar kelas selama waktu sekolah.
ANALISIS NILAI-NILAI BUDAYA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS 2 SD Wahyuni, Dianisa; Ani, Neng; Rustini, Tin; Arifin, Muh. Husen
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 7 No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 Mei 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v7i1.55990

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai budaya pada pembelajaran IPS di kelas 2 sekolah dasar semester 1. Penelitin ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini hanya akan berfokus pada analisis nilai-nilai budaya pada pembelajaran IPS kelas 2 sekolah dasar semester 1 dengan menggunakan empat jenis buku tema pada kurikulum 2013. Keempat buku tema tersebut dianalisis dan dipilah mana saja yang termasuk pembelajaran IPS, serta apa saja nilai-nilai budaya yang mencoba untuk ditanamkan kepada peserta didik melalui kegiatan pembelajarannya. Data yang berhasil terkumpul, kemudian dikelompokkan dan dideskripsikan secara terperinci mengenai nilai-nilai budaya pada pembelajaran IPS di kelas 2 SD semester 1.
IMPLEMENTASI BELA NEGARA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DI TENGAH KASUS COVID-19 Putri, Nurhanan Rachmi; Prasssanti, Pricha Mutiara Zahra; Margaretta, Lidya; Darmawi, Dela Rahmah; Putra, Ikhsan Maulana; ., Satino
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 7 No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 Mei 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v7i1.56406

Abstract

Perilaku bela negara dalam bermasyarakat diperlukan untuk mencegah adanya ancaman yang bisa mengganggu kesatuan dan persatuan bangsa terutama dalam masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode literature-review yaitu dengan menganalisis kembali sumber-sumber literatur yang sudah ada sebelumnya dengan tema permasalahan yang serupa dan dengan bentuk penelitian adalah deskriptif yang bertujuan untuk memberikan dan memberikan gambaran mengenai kondisi masyarakat Indonesia di era Covid-19 dan bagaimana sikap masyarakat Indonesia dalam menghadapi situasi ini berdasarkan nilai-nilai bela negara. Hasil Penelitian ini adalah perwujudan bela negara sangat penting ditengah maraknya kasus Covid-19. Upaya yang dilakukan dalam menegakkan sikap bela negara masyarakat didasarkan pada kesadaran setiap warga negara dalam hak dan kewajibannya.. Indonesia memiliki Pancasila dan Undang-Undang sebagai pedoman bagi rakyatnya dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Pedoman ini dapat diterapkan untuk segala situasi dan kondisi yang ada di Indonesia, tanpa terkecuali pada saat Pandemi Covid-19.
MEMAHAMI NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Sari, Ratna; Najicha, Fatma Ulfatun
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 7 No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 Mei 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v7i1.56445

Abstract

Pemahaman nilai-nilai Pancasila yang masih kurang di masyarakat, membuat masyarakat kurang patuh dan cenderung bertentangan dengan aturan hukum dan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan. Dalam penulisan jurnal ini, penulis menggunakan metode studi kepustakaan yaitu dengan membaca dan mencari dari buku-buku, jurnal, undang-undang dan sumber-sumber studi kepustakaan lainnya yang relevan dengan pokok bahasan dan permasalahan yang akan dibahas dalam jurnal ini. Kegiatan penulisan jurnal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih jauh tentang apa itu Pancasila, apa fungsi dan kedudukannya serta nilai-nilai apa yang terkandung dalam sila-silanya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
DAYA DUKUNG MAHASISWA FIS UNNES DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA ERA PANDEMI COVID Nisa, Aisyah Nur Sayidatun; Hermanto, Fredy; Nurhayati, Septya
Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN Vol 7 No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 Mei 2022
Publisher : Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/harmony.v7i1.56581

Abstract

Kebijakan pendidikan pada masa pandemi Covid-19 membuat proses pembelajaran tatap muka bertransformasi menjadi pembelajaran jarak jauh dengan metode daring. Pemenuhan hak belajar mahasiswa untuk mendapatkan hasil yang optimal tidak hanya menjadi tanggung jawab dosen dan mahasiswa saja, tetapi juga orang tua dan lingkungan. Keberhasilan pembelajaran daring tidak terlepas dari berbagai faktor seperti daya dukung terhadap mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran daring, oleh sebab itu peneliti tertarik mengkaji mengenai daya dukung pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan responden adalah mahasiswa FIS UNNES. Teknik pengumpulan data disebarkan melalui angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus statistik dengan persentase. Kegiatan yang telah dilakukan hingga bulan agustus telah melakukan penyebaran kuesioner kepada responden yakni mahasiswa FIS UNNES. Data yang didapatkan kemudian akan dilakukan analisis sesuai dengan metode penelitian yang digunakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10