cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
ISSN : 23555467     EISSN : 23555475     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan" : 15 Documents clear
Analisis Kualitas Layanan Pendidikan Matematika Siswa SMK Kristen Kanaan Jakarta Wisnu Mursabdo
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/fjik.v10i1.13249

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa pada kualitas layanan pendidikan.  Penelitian ini bersifat  kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survai.  Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan indeks kepuasan. Sampel diambil sebanyak 45 dari populasi target siswa SMK Kristen Kanaan Jakarta yang berjumlah 82.  Ada 5 aspek yang diukur dalam survai kepuasan layanan pendidikan Matematika, yaitu : tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy.  Secara umum, siswa SMK Kristen Kanaan Jakarta merasa cukup puas dengan layanan pendidikan Matematika dengan nilai indeks kepuasan sebesar 84,27.  Sedangkan dalam aspek tangibles dan assurance, siswa merasa kurang puas dengan nilai indeks kepuasan 83,56.  Siswa merasa cukup puas pada aspek reliability dan responsiveness yang memiliki nilai indeks kepuasan 84,00 dan 84,44. Siswa merasa sangat puas pada aspek empathy dengan nilai indeks kepuasan sebesar 85,78.  Gaya komunikasi adalah salah satu aspek yang harus diperbaiki guru untuk peningkatan kualitas layanan.  Sedangkan penguasaan materi dan kepedulian guru kepada siswa patut dipertahankan untuk kepuasan layanan pendidikan.  Mewujudkan kelengkapan bahan ajar patut ditingkatkan agar indeks kepuasan aspek tangibles bisa ditingkatkan.
Guru Penggerak Sebagai Bentuk Peningkatan Kualitas Pendidikan N Nurjannah; Ericha Tiara Hutamy; N Nirmala; Putri Nirmalasari; Ayu Lestari
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the role of driving teachers in improving the quality of education in Indonesia. Without the role of a teacher, education will not run well even though advanced technology has been used, because the teacher's role cannot be completely replaced by tools or technology. The research method used is a qualitative method with a literature review (library research). The results of the study reveal that education in Indonesia is currently implementing a pattern of education with teacher drivers in the independent learning curriculum. This driving teacher is an individual who can provide direction to his students to improve themselves thoroughly and have creative and innovative thinking. A driving teacher has a dual task as a leader, not only preparing a lesson plan (RPP) and explaining its contents, but a driving teacher must have the will and capacity to lead, innovate, and make improvements.
PENERAPAN COMPUTER BASED TESTING (CBT) SEBAGAI BENTUK EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA TINGKAT SMA Robby Prissly; Dylmoon Hidayat
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/fjik.v10i1.14761

Abstract

Menerapkan penilaian berbasis komputer (PBK) dalam menguji pengetahuan dan keterampilan siswa mungkin sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh guru terutama pada dunia pasca pandemi COVID-19. Namun demikian, tantangan sebenarnya adalah bagaimana menerapkan PBK ini dalam konteks pembelajaran secara benar dan tepat guna. Artikel ini mencoba memaparkan tiga jenis PBK yang paling umum digunakan yaitu tes linear, tes otomatis, dan tes adaptif terkomputerisasi serta bagaimana menerapkan ketiga jenis PBK ini dengan tepat dalam konteks pembelajaran.Implementing Computer Based Testing (CBT) in evaluating students’ knowledge and skills may have been something that all teachers do quite often especially in the post COVID-19 pandemic. However, the real challenge lies on the correct or proper way of implementing CBT in real teaching and learning process. This article aims to highlight three common types of CBT namely Linear Testing, Automatically Generated Testing and Computerized Adaptive Testing and furthermore discuss how each of these types of CBT can be implemented properly in real teaching and learning process.
MANAJEMEN PEMELIHARAAN SARANA APE INDOOR DI LEMBAGA PAUD Asyiful Munar; Erni Munastiwi
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/fjik.v10i1.11726

Abstract

Alat permainan edukatif diharapkan mampu menjadi sarana yang tepat guna menunjang segala klasifikasi perkembangan. Penggunaan APE sebagai alat penunjang kelancaran dan keberhasilan proses pembelajaran, maka perlu adanya manajemen pemeliharaan agar siap pakai saat dibutuhkan guna mendukung keberlangsungan pembelajaran secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis manajemen pemeliharaan sarana APE indoor di lembaga PAUD. Pada penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Jumlah responden  5 orang kepala sekolah, 5 orang guru di lembaga yang berbeda. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa mereduksi data. Teknik keapsahan data berupa triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dalam manajemen pemeliharan sarana APE indoor dilembaga PAUD meliputi tahapan berikut: perencanaan:  analisis kebutuhan, memilih skala prioritas, menentukan sarana yang akan diadakan dan cara pengadaan, menentukan sumber dana. Pelaksanaan: pengadaan, pendayagunaan, penyimpanan, pemeliharaan dan penghapusan. Pengawasan: menjadi acuan dalam manajemen pemeliharaan kedepannya
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Reading Alaoud di MTs Uswatun Hasanah Selogudig Wetan Pajarakan Probolinggo H Herwati; Ahmad Rifqi Zamzami
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/fjik.v10i1.14192

Abstract

The research was conducted to obtain whether variations of the learning method Reading Aloud could develop academic performance or student learning achievement on the entry material for Islam History Subjects in class IX MTs Uswatun Hasanah of the 2022/2023 Lesson Year. This class action research involved 20 students. Research is carried out in two cycles that each include planning, implementation, evaluation and reflection or reflection. Each cycle of getting a final test results after the implementation of the cycle. The results explained that with the average a preapp score of 55% of students completed 11 children (55%), had an average value of 68 after the act of the I cycle, and students completed 12 children (60%), then after being held by the cycle II, the average was 84.55. and the students 19 who completed (80%). From data that has been obtained, there is an increase in flat value — equally that reaches KKM in every cycle. The results of this study can be found that the use of reading aloud methods in Islamic cultural history subjects may improve student learning outcomes. 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIMENTAL LEARNING BERBASIS PHET SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA MATERI USAHA DAN ENERGI Nurul Aini Afida; I Ketut Maharduka; S Subiki; Aprilia Putri Yudiyanti; Muhammad Sahrul Rahmandani
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar fisika dengan pokok bahasan energi dan perubahannya. Desain penelitian ini dengan membandingkan hasil nilai postes dengan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Eksperimental learning berbasis PhET dan kelas kontrol dengan model pembelajaran biasa (konvensional). Populasi dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas X-MIPA SMA Argopuro Panti yang berjumlah 60 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (X-MIPA 1) dan kelas kontrol (X-MIPA 2). Hasil penelitian dan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol dan pada uji Independent T-Test didapatkan signifikansi sebesar 0,023 atau kurang dari 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai postes kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran eksperimen dengan PhET Simulation memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Argopuro Panti.
Hubungan Self Regulated Learning dengan Motivasi Belajar Siswa SMK Nusantara Wisata Respati Serta Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling Risma Hajijah
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/fjik.v10i1.13834

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self regulated learning dengan motivasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, desain statistik korelasional. tujuannya untuk mengetahui sejauh mana variabel-variabel pada satu atau lebih faktor saling berhubungan pada self regulated learning dengan motivasi belajar. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah 58 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala Likert, teknik analisis data menggunakan Uji Korelasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan positif antara self regulated learning dengan motivasi belajar. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ? 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan self regulated learning dengan motivasi belajar siswa.
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KOMPETENSI TUTOR PADA UPBJJ UT SURAKARTA Isman Suharto; Yulia Budiwati; Muhrom Ali Rozai
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/fjik.v10i1.13603

Abstract

The purpose of the study was to determine the competence of tutors consisting of pedagogic competence, professional competence, personality competence and social competence in the learning process based on the perceptions of Open University students at Pokjar Grobogan. The design/methodology of this research is UPBJJ UT Surakarta students who conduct face-to-face learning by evaluating the competence of tutors, exploring questionnaires as a method of data collection. The analysis used is qualitative analysis with descriptive analysis to prove the competence of the tutor is good. Data processing is done by using percentages. The findings in this evaluation were found that students' perceptions related to tutor competence which consisted of pedagogic competence, professional competence, personality competence and social competence, in general at Pokjar Grobogan it was good. results will risk biasing the results. This study uses a research instrument adopted from a regulatory questionnaire, so that it is possible to find some weaknesses. Research development using the direct interview method in order to reduce weaknesses related to internal validity and expand the research object so that the results can be generalized
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan Ispring Suite 9 Rangga Sakti R.E.; Mohammad Arief
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/fjik.v10i1.13913

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis mobile learning dengan menggunakan Ispring Suite 9 untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research and Development (R&D) Borg & Gall yang dimodifikasi. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa aplikasi berbasis mobile learning dengan menggunakan Ispring Suite 9 untuk mata pelajaran teknologi perkantoran yang diberi nama Learnoftech. Produk media dinyatakan sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran oleh ahli materi, ahli media, dan uji coba kelompok kecil serta terbukti terdapat perbedaan hasil belajar pada uji coba kelompok besar yang menunjukkan bahwa hasil tes kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Learnoftech layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran.
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dan Benda Tak Hidup Rizka Oktaviyanti; Wirawan Fadly
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/fjik.v10i1.14902

Abstract

Pada proses pembelajaran di Abad 21 saat ini, peserta didik diharapkan mempunyai kemampuan berpikir kritis. Sehingga tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPA, khususnya pada materi klasifikasi makhluk hidup dan benda tak hidup. Metode yang digunakan adalah kuantitatif melalui survey dengan desain penelitian cross sectional survey. Sampel penelitian dipilih secara cluster random sampling dan diperoleh kelas VII di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo, yang terdiri dari 27 peserta didik. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, pengamatan, dan wawancara. Pengamatan dilakukan ketika pembelajaran berlangsung dan wawancara dilakukan bersama guru IPA. Adapun tes yang diberikan kepada peserta didik kelas VII berupa soal pilihan ganda. Dimana dalam setiap soalnya, peneliti menggunakan 4 indikator berpikir kritis menurut Facione, antara lain interpretasi, menganalisis, evaluasi, dan inferensi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan., menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII berkategori sangat rendah. Hal ini dibuktikan dari perolehan hasil rata-rata nilai tes kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah 32,5. Adapun kemampuan berpikir kritis yang paling tinggi terdapat pada indikator analisis, yaitu sebesar 46 dan berkategori rendah. Sedangkan indikator yang paling kecil adalah inferensi dengan nilai 16 dan berkategori sangat rendah.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 2 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 10, No 1 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 3 (2022): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 2 (2022): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 9, No 1 (2022): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 3 (2021): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 2 (2021): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 8, No 1 (2021): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 3 (2020): Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 2 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 1 (2020): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 3 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 2 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 6, No 1 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 3 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 2 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 5, No 1 (2018): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 3 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 2 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 4, No 1 (2017): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 3, No 3 (2016): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 3, No 2 (2016): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 3, No 1 (2016): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2, No 3 (2015): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2, No 2 (2015): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2, No 1 (2015): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1, No 3 (2014): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1, No 2 (2014): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 1, No 1 (2014): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan More Issue