cover
Contact Name
Stefani Chandra
Contact Email
stefanichandra_28@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
kurs@pelitaindonesia.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
ISSN : 25278223     EISSN : 25278215     DOI : -
Core Subject : Economy,
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis (p-issn: 2527-8223; e-issn: 2527-8215) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, Sekolah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Indonesia Pekanbaru. Jurnal ini mempublikasikan artikel - artikel di bidang Akuntansi, Kewirausahaan, Manajemen dan Bisnis serta penelitian – penelitian lain yang terkait.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2021): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis" : 10 Documents clear
PENGGUNAAN STRATEGIC COSTING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UKM DI KOTA PEKANBARU SELAMA MASA PANDEMI Sukma Sopiyan Ardiansyah; Nadila Rahayu Putri; Nidya Fitriana; Wahyudi Engla Maizal; Rian Delviandi; Linda Hetri Suriyanti
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 6 No 2 (2021): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35145/kurs.v6i2.1744

Abstract

This study aims to determine the effect of Strategic Costing on organizational performance. It is hoped that the results of this study can help SMEs in improving their organizational performance. Samples were taken using the solving formula. The data collection method in this study is a survey method by distributing questionnaires using instruments that are delivered directly to the owners of MSME coffee cafes in Pekanbaru City. The total number of respondents used in this analysis is 100 respondents. The data analysis technique used in this research is Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) analysis with the help of the WarpPls 5.0 program. Hypothesis testing in this study uses the values ​​contained in the output path coefficients and it can be concluded that strategic costing has an effect on organizational performance. This shows that the information generated from strategic costing is very much needed by coffee cafe entrepreneurs to improve organizational performance during the COVID-19 pandemic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategic Costing terhadap kinerja organisasi. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat membantu UMKM dalam meningkatkan kinerja organisasinya. Sampel diambil menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menyebarkan kuesioner menggunakan instrumen yang disampaikan langsung kepada pemilik UMKM café kopi di Kota Pekanbaru. Total responden yang digunakan dalam analisis ini adalah 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Structural Equation Modelling-Partial Least Square(SEM-PLS) dengan bantuan program WarpPls 5.0. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan nilai yang terdapat pada output path coeficients dan dapat disimpulkan bahwa strategic costing berpengaruh terhadap kinerja organisasi. Hal ini menunjukkan bahwa informasi yang di hasilkan dari strategic costing sangat di butuhkan oleh pengusaha café kopi untuk meningkatkan kinerja organisasi selama pandemi covid 19.
PENGARUH PERCEIVED QUALITY, DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP LOYALTY MELALUI SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN RUMAH MAKAN PADANG DI KECAMATAN RENGAT Rezky Maulana; Alvi Furwanti Alwie; Sri Kartikowati
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 6 No 2 (2021): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35145/kurs.v6i2.1241

Abstract

This study aims to analyze the effect of perceived quality and perceived value on loyalty through satisfaction as an intervening variable for Padang Restaurant consumers in Rengat District. The sample used in this study was 105 people spread over five Padang restaurants, namely the Simple Restaurant, Simpang Raya Restaurant, Fauzan Restaurant, Nanda Restaurant, and Ambo Restaurant. Data collection techniques using a questionnaire. Meanwhile, to analyze the data, the WarpPls program was used. The results showed that: 1) Perceived quality had a positive and significant effect on Satisfaction. 2) Perceived value has a positive and significant effect on Satisfaction. 3) Perceived Quality has a positive and significant effect on Loyalty, 4) Perceived value has a positive and significant effect on Loyalty, 5) Perceived value has a positive and significant effect on Loyalty, 6) Perceived value has a positive and significant effect on Consumer Loyalty through Satisfaction, 7) Satisfaction positive and significant effect on Loyalty on Padang Restaurant Consumers. This study recommends for restaurants to provide food and beverage products that have different characteristics and tastes than Nasi Padang stalls or other restaurants. Always pay attention to eating utensils to keep them neat and clean, and the most important thing is to replace damaged utensils. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Perceived Quality, dan Perceived Value terhadap Loyalty melalui Satisfaction sebagai variabel intervening pada konsumen Rumah Makan Padang Di Kecamatan Rengat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 105 orang yang tersebar di lima rumh makan padang, yaitu Rumah Makan Sederhana, Rumah Makan Simpang Raya, Rumah Makan Fauzan, Rumah Makan Nanda, Rumah Makan Ambo. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Sementara itu, untuk menganalisis data, maka digunakan program WarpPls Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perceived quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Satisfaction. 2) Perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap Satisfaction. 3) Perceived Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalty, 4) Perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalty, 5) Perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalty, 6) Perceived value berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Loyalitas Konsumen melalui Satisfaction, 7) Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Loyalty pada Konsumen Rumah Makan Padang. Penelitian ini merekomendasikan bagi rumah makan untuk memberikan produk makanan dan minuman yang memiliki ciri khas dan cita rasa yang berbeda dari pada warung nasi padang atau rumah makan lainnya. Selalu memperhatikan peralatan makan agar tetap terjaga rapih bersih, dan yang paling penting adalah mengganti peralatan yang rusak.
KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN KINERJA RUMAH SAKIT BERDASARKAN BALANCED SCORECARD DI PEKANBARU Zul Azmi; Nuraima Nuraima; Fadrul Fadrul
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 6 No 2 (2021): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35145/kurs.v6i2.1817

Abstract

The purpose of this research is to examine the effect of knowledge management on organization performance based on the balanced scorecard in the hospital. Knowledge management consists of knowledge management enablers (collaboration, trust, learning, centralization, formalization, T-shaped skills and technological support) and knowledge management process (socialization, externalization, combination, and internalization). This research refers to knowledge-based view theory and resources-based view theory to test hypotheses and other explanations of empirical results. The method of data collection in this research is survey method. Data analysis technique used is structural equation modeling (SEM) approach. The results show that knowledge management enablers and knowledge management process affect the performance of the hospital. The higher the management of knowledge in the hospital, the higher the quality of performance produced. Knowledge management enablers affect the knowledge management process. KM enablers that function as movers will help create processes in knowledge management (KM process). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh knowledge management terhadap kinerja organisasi berdasarkan balanced scorecard pada seluruh rumah sakit di Pekanbaru. Knowledge management terdiri dari knowledge management enablers (kolaborasi, kepercayaan, pembelajaran, sentralisasi, formalisasi, t-shaped skill dan dukungan teknologi) dan Knowledge management process (sosialisasi, eksternalisasi, kombinasi dan internalisasi). Penelitian ini merujuk pada teori Knowledge Based View dan teori Resources Based View untuk menguji hipotesis dan penjelasan lain dari hasil empiris. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode survey. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan pendekatan structural equation modelling (SEM). Hasil menunjukkan bahwa knowledge management enablers dan knowledge management process berpengaruh terhadap kinerja rumah sakit. Semakin tinggi pengelolaan pengetahuan pada rumah sakit, semakin tinggi kualitas kinerja yang dihasilkan. knowledge management enablers berpengaruh terhadap knowledge management process. KM enablers yang berfungsi sebagai penggerak akan membantu terciptanya proses-proses pada pengelolaan pengetahuan (KM process).
PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DEBT TO TOTAL ASSETS, DAN TINGKAT KESULITAN KEUANGAN TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI Yusrizal Yusrizal; Oktariani Oktariani; Restu Hayati
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 6 No 2 (2021): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35145/kurs.v6i2.1818

Abstract

This study aims to determine the effect of Profitability, Company Size, Debt To Total Assets, Level of Financial Difficulty on Accounting Conservatism in Manufacturing Companies in the Consumer Goods Sector listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2015-2019 Period. The sampling technique used is purposive sampling and samples are obtained. as many as 39 companies. The research method used is multiple regression analysis techniques using SmartPLS3.0. The results of this study indicate that the variables of Profitability, Company Size, Debt to Total Assets, have no effect on accounting conservatism and the level of financial distress has a significant positive effect on accounting conservatism. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Debt To Total Assets, Tingkat Kesulitan Keuangan terhadap Konservatisme Akuntansi pada perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 39 perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda dengan menggunakan SmartPLS3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Debt to Total Assets tidak berpengaruh terhadap Konservatisme Akuntansi dan Tingkat Kesulitan Keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap Konservatisme Akuntansi.
ANALISIS KEWAJIBAN PAJAK DAN ASPEK PEMUNGUTAN PAJAK TERHADAP TRANSAKSI DI ONLINE MARKETPLACE Tri Wahyuni Sukiyaningsih; Ade Nahdiatul Hasanah
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 6 No 2 (2021): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35145/kurs.v6i2.1405

Abstract

This study aims to find out the tax obligations and aspects of tax collection on transactions on the online marketplace according to Government Regulation No. 46 of 2013 and Government Regulation No. 23 of 2018. The research method used in this study is descriptive qualitative research. The object of this research is Businessman X as one of the sellers on the online marketplace. . Businessman X is an entrepreneur in the fashion field, the researcher’s consideration is choosing businessmen X, because businessman x meets the criteria set by the researcher. The data used is primary data. Data collection techniques from this study are observation, interview, document and triangulation. The result of this research analysis is that Businessman X already has an NPWP and reports the annual tax return of Private Person Taxpayers every year, but has not paid SPT Masa Ata his business income. The amount of Final PPh that should be paid by Business X since 2016 - 2020 is Rp. 34.856.105. the calculation is obtained from the amount of Final Income Tax payable according to the tarif provisions of Government Regulation No. 46 of 2013 and Government Regulation No. 23 of 2018 plus administrative sanctions in the form of interest of 2% for 34 months in accordance with the provisions of Law No. 28 of 2007 Article 9 Paragraph (2a). business X does not pay Final Income tax or his business income because he has no knowledge of taxes on online businesses and the appropriateness with the amount of tax to be paid. Not optimal tax receipts on the online marketplace have an impact on the maximum potential state tax receipts Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kewajiban perpajakan dan aspek pemungutan pajak atas transaksi pada online marketplace menurut Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013 dan Perturab Pemerintah No 23 tahun 2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah Pebisnis X sebagai salah satu penjual pada online marketplace. Pebisnis X adalah pengusaha di bidang fashion, pertimbangan peneliti memilih pebisnis X, karena Pebisnis X memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh peniliti. Data yang dipakai adalah data primer. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumen dan triangulasi. Hasil analisis penelitian ini adalah Pebisnis X telah memiliki NPWP dan melaporkan SPT tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi setiap tahunnya, namun belum membayar SPT Masa Ata penghasilan usahanya. Jumlah PPh Final yang seharusnya dibayar oleh Pebisnis X sejak tahun 2016 – 2020 adalah sebesar Rp. 34.856.105. perhitungan tersebut diperoleh dari jumlah PPh Final terrutang menurut ketentuan tarif Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013 dan Peraturan Pemerintah No 23 Tahun 2018 ditambah dengan sanksi adminitrasi berupa bunga sebesar 2% selama 34 bulan sesuai ketentuan Undang-Undangn Nomor 28 tahun 2007 Pasal 9 Ayat (2a). pebisnis X tidak membayarkan PPh Final ata penghasilan usahanya diakrenakan tidak memiliki pengetahuan mengenai pajak atas bisnis online dan kebertan dengan besarab pajak yang harus dibayarkan. Tidak optimalnya penerimaan pajak pada online marketplace berdampak pada tidak maksimalnya potensi penerimaan pajak Negara
PENERAPAN STRATEGI BISNIS DAN PENGUATAN KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UKM DI KABUPATEN BOALEMO SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 Alfin Akuba; Masni Masni; Hasmirati Hasmirati
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 6 No 2 (2021): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35145/kurs.v6i2.1720

Abstract

This study was conducted to determine the effect of implementing business strategies and strengthening entrepreneurial characteristics to improve the performance of SMEs during the Covid-19 period in Boalemo Regency. This study uses quantitative methods. The stages of this research method are divided into 3, namely the first data collection used in this study was carried out through online questionnaires, interviews, observations, documentation and literature studies, second data processing and third discussion of research results. The results of the study show that the implementation of business strategies and the strengthening of entrepreneurial characteristics together have a significant effect on the performance of SMEs. The partial implementation of the business strategy has a significant effect on the performance of SMEs in the Tilamuta sub-district, Boalemo district. Strengthening Entrepreneurial Characteristics partially has a significant effect on the performance of SMEs in Tilamuta District, Boalemo Regency. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi bisnis dan penguatan karakteristik kewirausahaan untuk meningkatkan kinerja UKM selama masa covid-19 di Kabupaten Boalemo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Tahapan metode penelitian ini dibagi 3 yaitu pertama pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui kuesioner online, wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan, kedua pengolahan data dan ketiga pembahasan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Strategi Bisnis, dan Penguatan Karakteristik Kewirausahaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kinerja UKM. Penerapan Strategi Bisnis secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja UKM di Kecamtan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Penguatan Karakteristik Kewirausahaan (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja UKM di Kecamtan Tilamuta Kabupaten Boalemo.
ANALISIS AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN BUMDES FAMOHOUNI DI DESA MADULA KECAMATAN GUNUNGSITOLI KOTA GUNUNGSITOLI SUMATERA UTARA Sahala Purba; Arison Nainggolan; Alfanita Gratia Telaumbanua
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 6 No 2 (2021): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35145/kurs.v6i2.1644

Abstract

This study aims to analyze the Financial Management Accountability of Village Owned Enterprises in Madula Village, Gunungsitoli District, Gunungsitoli City, North Sumatra, whether it is in accordance with the financial management of BUMDes according to www.layananbimtek.com. The research method used is a qualitative method. Data collection techniques used in this study were interviews and documentation. Respondents in this study amounted to 10 people, namely: 1 village head, 1 village treasurer, 1 representative of the BPD (Village Consultative Body), 3 BUMDes Famohouni administrators, and 4 community members who participate in the management of BUMDes and who are around the location. BUMDes. The object of this research is the accountability of BUMDes financial management in the form of budgeting flow, administration flow, reporting and internal control. The results of this study indicate that the financial management of BUMDes Famohouni still has many shortcomings and is not in accordance with the financial management of BUMDes, but internal controls, regulations in the budgeting cycle stage and implementation of the administration stage are appropriate, and reporting on BUMDes Famohouni is mostly appropriate according to www.layananbimtek.com. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Badan Usaha Milik Desa di Desa Madula Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli Sumatera Utara apakah sudah sesuai dengan pengelolaan keuangan BUMDes menurut www.layananbimtek.com. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kulitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yaitu: 1 orang Kepala Desa, 1 orang bendahara desa, 1 orang perwakilan BPD (Badan Permusyawaratan Desa), 3 orang pengurus BUMDes Famohouni, dan 4 orang Masyarakat yang ikut serta dalam pengelolaan BUMDes dan yang berada disekitar lokasi BUMDes. Objek penelitian ini adalah akuntabilitas pengelolaan keuangan BUMDes berupa Alur penganggaran, Alur penatausahaan, Pelaporan dan Pengendalian Internal. Hasil penelitian ini yang dilakukan menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan BUMDes Famohouni masih banyak kekurangan dan belum sesuai dengan pengelolaan keuangan BUMDes, tetapi pengendalian internal, peraturan dalam tahap siklus penganggaran dan pelaksanaan tahap penatausahaan sudah sesuai, serta pelaporan pada BUMDes Famohouni sebagian besar sudah sesuai menurut www.layananbimtek.com.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK LIPSTIK MEREK WARDAH DI KOTA PEKANBARU Yulianty Yulianty; Onny Setyawan; Sri Indrastuti
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 6 No 2 (2021): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35145/kurs.v6i2.1819

Abstract

Modern life tends to offer convenience and beneficial products for people’s appearance. Like cosmetics, for now, cosmetics have become people’s needs, especially for women. Because for most of women, cosmetics help them to bolster up their appearance because it helps them to feel confident and leave a good impression. Because of the current high demands of cosmetics which gave the opportunity to a lot of company to offer their own products. The purpose of this research is to knowledge and analyze the effect of quality product, price, promotion, and brand image of wardah lipstick cosmetics in Pekanbaru city. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis using the t-test and F test for hypothesis testing. The result of this research indicates that not all variables are influential, in the price variable there’s no significant influence on people’s buying decisions, while the variables of product quality, promotions, and brand image have a significant influence on people’s buying decisions of wardah lipstick cosmetics. Kehidupan modern menawarkan kemudahan dan kepraktisan untuk menunjang penampilan, salah satunya adalah penggunaan produk perawatan atau kosmetik. Kosmetik saat ini telah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian kaum wanita untuk mendukung popularitasnya karena bagi wanita kecantikan adalah aset yang harus dijaga agar tetap menarik dipandang. Oleh karena semakin tingginya permintaan konsumen akan produk kosmetik pada saat ini telah memberikan peluang bagi setiap perusahaan yang menawarkan produk alat kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Lipstik Merek Wardah dikota Pekanbaru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji t dan uji F untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua variabel berpengaruh, pada variabel harga tidak memiliki pengaruh signifikan, sedangkan variabel kualitas produk, promosi dan citra merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik lipstik merek Wardah.
PENGARUH RETURN ON ASSETS, DEBT TO EQUITY RATIO, CURRENT RATIO, PRICE EARNING RATIO TERHADAP HARGA SAHAM SUBSEKTOR RESTORAN, HOTEL DAN PARIWISATA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2019 Suharti Suharti; Selfina Selfina; Tandy Sevendy; Suyono Suyono; Febdwi Suryani
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 6 No 2 (2021): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35145/kurs.v6i2.1820

Abstract

This study aims to analyze the factors that influence stock prices in the restaurant, hotel and tourism sub-sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI). The variables used are stock prices as the dependent variable and the independent variables are ROA, DER, CR and PER. The sample was selected using purposive sampling. From a population of 31 companies registered in the restaurant, hotel and tourism sub-sector, there are 12 companies that do not have complete annual financial reports in 4 consecutive years (2016-2019) from the IDX. So that the sample used in this study were 19 companies. The analysis method used is multiple linear regression. The results of this study indicate that ROA, DER, CR and PER have no significant effect on stock prices. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham pada perusahaan subsektor restoran, hotel dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel yang digunakan adalah Harga Saham sebagai variabel dependen dan variabel independen adalah ROA, DER, CR dan PER. Sampel diseleksi dengan menggunakan purposive sampling. Dari populasi yang berjumlah 31 perusahaan yang terdaftar pada subsektor restoran, hotel dan pariwisata ternyata terdapat 12 perusahaan yang tidak memiliki laporan keuangan tahunan secara lengkap dalam 4 tahun berturut-turut (2016-2019) dari BEI. Sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 19 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ROA, DER, CR dan PER tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham.
VARIASI PRODUK, HARGA DAN LAYANAN PURNA JUAL PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SINAR SUKSES BERSAMA Evelyn Wijaya; Yusnita Octafilia; Achmad Tavip Junaedi; Santhomas Pinso
Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis Vol 6 No 2 (2021): Kurs : Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis
Publisher : Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35145/kurs.v6i2.1447

Abstract

Riau is an area that has largest oil palm plantations in Indonesia where to create good oil palm land requires existence of an excavator. This condition provides opportunities for entrepreneur engaged in excavator spare parts to increase sales. The aim of this research is to analyze the effect of product variation, price, and after-sales service on purchasing decision at Sinar Sukses Bersama. Population in this research is consumers who have shopped at Sinar Sukses Bersama. The research sample used was 100 respondents using accidental sampling technique. Data analysis technique used multiple linear regression analysis with assistance by SPSS program. The results showed that product variation, price and after-sales service had a positive and significant effect on purchasing decision at Sinar Sukses Bersama. Product variation were dominant variable in influencing purchasing decision. Wilayah Riau merupakan wilayah yang memiliki perkebunan kelapa sawit terluas di Indonesia dimana untuk menciptakan lahan kelapa sawit yang baik membutuhkan keberadaan alat escavator. Kondisi ini memberikan peluang bagi pelaku usaha yang bergerak di bidang sparepart escavator untuk meningkatkan penjualan. Adapun tujuan penelitian adalah untuk menganalisa pengaruh variasi produk, harga, dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian pada Sinar Sukses Bersama. Populasi penelitian adalah konsumen yang pernah berbelanja pada Sinar Sukses Bersama. Sampel penelitian digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisa data menggunakan analisa regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa variasi produk, harga dan layanan purna jual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Sinar Sukses Bersama.Variabel variasi produk menjadi variabel yang dominan dalam mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian.

Page 1 of 1 | Total Record : 10