cover
Contact Name
Mustofa
Contact Email
mustofa@unusa.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
mustofa@unusa.ac.id
Editorial Address
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Education and Human Development Journal
ISSN : 25410156     EISSN : 25990292     DOI : https://doi.org/10.33086/
Educatioan and Human Development Journal (EHDJ) Published by the Teaching and Education Faculty (FKIP). Published since April 7, 2017 with two versions, namely the printed version of ISSN: 2541-0156 and online e-SSN: 2559-0292. Rear-published twice every April and September. Committed to improving the quality of education. EHDJ focuses on human development through basic education in basic education.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2018): Education and Human Development Journal" : 10 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI DALAM MENULIS PUISI BEBAS DENGAN METODE “CONFERENCE WRITING” DI SDN KESAMBEN I KECAMATAN PLUMPANG TUBAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Lilik Nuka Anik
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 1 (2018): Education and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.967 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v3i1.83

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) penerapan metodeconference writing dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI dalam menulis puisi bebas diSDN Kesamben I Plumpang Tuban pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. (2) Meningkatkankemampuan siswa kelas VI dalam menulis puisi bebas dengan menerapkan metode conferencewriting di SDN Kesamben I Plumpang Tuban pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Desainpenelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Dalam pelaksanaan penelitian ini dibagi menjadidua siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswakelas VI di SDN Kesamben I Plumpang Tuban tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 14 siswa,terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Analisis data secara deskriptif kualitatif denganmenggunakan persentase dan rata-rata. Kesimpulan hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1)Pembelajaran dengan menerapkan metode conference writing dapat meningkatkan kemampuan siswakelas VI dalam menulis puisi bebas di SDN Kesamben I Kecamatan Plumpang Tuban semester IItahun pelajaran 2014/2015. (2) Kemampuan siswa kelas VI dalam menulis puisi bebas sebelumditerapkan metode conference writing mencapai nilai rata-rata 56,75 (kategori kurang) denganketuntasan belajar klasikal yaitu 29%. Pada siklus I mencapai nilai rata-rata 70,36 (kategori baik)dengan ketuntasan belajar klasikal 65% (tidak tuntas), dan pada siklus II meningkat nilai rata-ratayaitu 80,86 dengan ketuntasan belajar klasikal 86%. Peningkatan kemampuan siswa dalam menulispuisi bebas dari siklus I ke siklus II sebesar 10,50.
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMBUAT RPPH MELALUI SUPERVISI KLINIS DI PAUD AS-SAJIDAH DRIYOREJO GRESIK Nafiah Nafiah; Sri Hartatik
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 1 (2018): Education and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.52 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v3i1.84

Abstract

Tujuan penelitian adalah meningkatkan kompetensi guru membuat RPPH di Paud AsSajidah Driyorejo Gresik melalui supervisi klinis. Penelitian menggunakan penelitian tindakan sekolah (PTS). Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi disertai dengan evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah checklist dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif dan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan sekolah disimpulkan bahwa supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi guru membuat RPPH. Hal itu dilihat dari peningkatan guru dari siklus ke siklus. Pada pra-siklus kemampuan guru membuat RPPH dari tujuh komponen yang harus ada dalam RPPH menunjukkan nilai rata-rata pe komponen dari guru pada pra siklus adalah 27,6%. Setelah diadakan supervisi klinis, meningkat menjadi 67,6% pada siklus pertama, dan pada siklus kedua juga mengalami peningkatan pula menjadi 89,49%. Peningkatan tersebut melebihi kriteria keberhasilan penelitian tindakan yang ditargetkan yaitu 81%
PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN SAINS ANAK TK A DI KECAMATAN MAGETAN KABUPATEN MAGETAN Devy Intan Pujiawati
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 1 (2018): Education and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.585 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v3i1.85

Abstract

Pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan bentuk rancangan nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok A TK Handayani dan kelompok A TK Dharma Wanita dengan jumlah sampel penelitian 80 anak. Data penelitian dikumpulkan denganteknik observasi dan dokumentasi menggunakan pedoman observasi perkembangan kognitif dan sains dan sains. Pada penelitian ini, analisis data dilakukan menggunakan SPSS 22 For Windows dengan menggunakan uji ANOVA dan MANOVA. Berkaitan dengan tujuan: (1) ada pengaruh perkembangan kognitif terhadap penguasaan konsep bilangan anak TK A di Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan, hal ini terbukti dari uji ANOVA yang menunjukkan hasil Fhitung sebesar 256.183 lebih besar daripada Ftabel 3,11 dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 (sig < 0,005) (2) metodeeksperimen berpengaruh terhadap perkembangan sains anak TK A di Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan, hal ini terbukti dari uji ANOVA yang menunjukkan hasil Fhitung sebesar 273.140 lebih besar daripada Ftabel 3,11 dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 (sig < 0,005) (3) metode eksperimenberpengaruh terhadap perkembangan kognitif dan sains anak TK A di Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan, hal ini terbukti dari uji MANOVA yang menunjukkan hasil Fhitung sebesar 164.637 dengan signifikansi sebesar 0,00. Nilai Fhitung lebih besar dari pada Ftabel 3,11 dengan taraf 5% atau 0,05.
A CLASSROOM ACTION RESEARCH (CAR) OF ENGLISH TEACHING IN S1 NUTRITION DEPARTMENT AT NAHDLATUL ULAMA UNIVERSITY OF SURABAYA Tiyas Saputri
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 1 (2018): Education and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.269 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v3i1.86

Abstract

PTK ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja belajar bahasa siswa dan praktik mengajar para peneliti dengan menerapkan Pengajaran Bahasa Komunikator yang berpusat pada siswa (CLT).Sasarannya adalah 39 orang mahasiswa S1 Gizi UNUSA. Penelitian dilakukan dalam empat siklus: siklus pertama mengandung banyak topik komunikatif dasar dan kandungan tata bahasa setiap minggunya. Siklus kedua disesuaikan mengikuti refleksi dari siklus pertama. Siklus ketiga diadaptasi sesuai dengan pemeriksaan, lalu beralih ke praktik penelitian yang biasa. Topik penelitian siklus penelitian empat ditetapkan untuk menanggapi persyaratan siswa. Data setiap siklus dianalisis dan digunakan untuk memperbaiki siklus berikutnya selama proyek berlangsung. Data dikumpulkanoleh jurnal guru, wawancara, observasi dan portofolio siswa dan dianalisis dengan teknik pengodean metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan komunikatif dapat menciptakan atmosfer pembelajaran yang baru dan sikap positif siswa terhadap pembelajaran dan kepercayaandiri untuk berbicara bahasa Inggris dan membuat kepercayaan kepada dosen, untuk menerapkan dan menerapkan pendekatan pengajaran praktis lebih jauh untuk mengembangkan bahasa siswa sasaran kompetensi di masa depan.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL AND TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS 3 DI SMA NEGERI 1 SOKO Lilik Endrawati
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 1 (2018): Education and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.113 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v3i1.87

Abstract

Studi ini menerapkan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Studi ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa XI IPS 3 SMA Negeri 1 Soko. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui dan dipahami dengan menggunakan metode Contextual and Teaching Learning (CTL) motivasi belajar meningkat dengan dibuktikan siswa aktif dalam pembelajaran. Selain itu, dalam melakukan eksplorasi, inkuiri, evaluasi, dan generalisasi terhadap masalah dalam materi pembelajaran siswa cenderung tekun. Lebih lanjut siswa juga menunjukkan minatnya terhadap pemecahan masalah. Sesuai dengan pendapat A.M. Sardiman (2003:83) motivasi memiliki beberapa ciri, salah satunya tekun menghadapi tugas (dapat bekerja terus menerus dalam waktu yang lama, tidak pernah berhenti sebelum selesai). Ciri yang lain yakni, mewujudkan minat terhadap pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan motivasi belajar mulai dari pra-siklus, siklus I sampai pada siklus II. Data yang diperoleh dari hasil observasi awal (pra-siklus) menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Soko motivasi tinggi sebanyak 19,36%. Sedangkan tingkat skala motivasi situasional pada siklus I yakni kategori motivasi belajar siswa tinggi sebanyak 45,16%. Peningkatan motivasi terlihat signifikan pada proses pembelajaran siklus II. Kategori motivasi belajar siswa tinggi pada siklus II sebanyak 87,10%. Berdasarkan hasil penelitian, selain ada peningkatan motivasi belajar siswa, juga ada peningkatan hasil belajar siswa dari pra-siklus, siklus I dan siklus II. Data perolehan hasil belajar pra-siklus dapat diidentifikasi peserta didik yang memperoleh nilai tuntas 3 orang atau setara dengan 11,11%. Sedangkan pada siklus I data dapat diidentifikasi peserta didik yang memperoleh nilai tuntas 12 orang atau setara dengan 38,70%. Peningkatan hasil belajar secara signifikan hasil belajar siswa yakni pada siklus II. Berdasarkan data dapat diidentifikasi siswa yang memperoleh nilai tuntas 29 orang atau setara dengan 93,55%.
LITERACY ACTIVITIES OF SPECIAL NEED STUDENT: A CASE STUDY IN SOLVING READING COMPREHENSION FOR ADHD STUDENT Novi Rahmania Aquariza
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 1 (2018): Education and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.882 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v3i1.88

Abstract

Language teachers have many ways to make the teaching and learning process become more interesting, especially in teaching the students with the special need. One of this types known as ADHD (Attention Deficits Hyperactive Disorder) will be discussed in this paper. The student with this type of special need has a special ways too in their teaching and learning process. In this case, reading comprehension. Reading is well known as one of the literacy activities. Make thestudents literate is very important no matter who the student is. Thus the special need student also has a right to be literate too through the literacy activities. This paper focuses on describing the teaching and learning process of reading using comic strip. The discussion is about the way itconducts in a class, the steps and also the materials used. The data were collected by documentation, observation, and interview; and, analyzed using qualitative description. The results show that comic strip is able to build an enthusiasm of the student. It is because comic strip is interesting for him. It automatically helps him to predict the content of the text given. Thus, through the use of comic strip, the problems related to the reading comprehension of special need students are solved gradually
THE INFLUENCE OF FIRST LANGUAGE ON THE PRONUNCIATION OF SECOND LANGUAGE (A CASE STUDY OF THE MEMBERS OF ENGLISH CLUB AT MTS SALAFIYAH SYAFIIYAH MUMBULSARI JEMBER) Nailul Authar
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 1 (2018): Education and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.102 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v3i1.89

Abstract

The first language will always influence the second language acquisition. The influences involve all parts of language learning such language skills (speaking, reading, listening, and writing) and language components (vocabulary, grammar, and pronunciation). In particular, this current study focuses on investigating the influence of first language on the pronunciation of second language. It is found that there is a negative transfer got by most of the members of English club at MTS Salafiyah Syafiiyah Mumbulsari Jember. The respondents make more mistakes or errors because of the interference of their L1 to the L2 as a result of negative transfer. This paper is divided into seven parts. Those are introduction, the definition of LI and L2, the definition and features of pronunciation, research design, and pronunciation test given to the respondent, result, discussion, and conclusion.
MENGEMBANGKAN LITERASI INFORMASI MELALUI BELAJAR BERBASIS KEHIDUPAN TERINTEGRASI STEM UNTUK MENYIAPKAN CALON GURU SAINS DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0: REVIEU LITERATUR Hasan Subekt; Mohammad Taufiq; Herawati Susilo; Ibrohim Ibrohim; Hadi Suwono
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 1 (2018): Education and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.894 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v3i1.90

Abstract

Perubahan dunia kini tengah memasuki era revolusi industri 4.0, di mana pola kehidupan manusia basis berbasis informasi. Dengan demikian, menyiapkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing secara global, dan menguasai perkembangan teknologi merupakan hal yang penting untuk semua orang dan penting bagi masa depan suatu negara. Makalah ini mengupas tentang strategi mengembangkan literasi informasi melalui belajar berbasis kehidupan terintegrasi STEM untuk menyiapkan calon guru sains dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Secara rinci mengungkap Kajian itu meliputi (a) literasi informasi, (b) (b) keterampilan riset, (c) belajar berbasis kehidupan, (d) pembelajaran terintegrasi STEM, dan, (e) kapabilitas calon guru sains, dan (f) era Revolusi Industri 4.0. Kajian lebih mendalam tersaji dalam artikel ini.
PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI TK TAAM ADINDA KEPATIHAN MENGANTI GRESIK Muhammad Syaikhon
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 1 (2018): Education and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.515 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v3i1.91

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan judul Penanaman Nilai-nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini di TK TAAM Adinda Menganti Gresik yang bertujuan untuk 1) mengetahui apa saja nilai-nilai agama Islam yang ditanamkan pada anak usia dini di TK TAAM Adinda Kepatihan Menganti Gresik, 2) mengetahui bagaimana metode penanaman nilai-nilai agama Islam pada anak usia dini di TK TAAM Adinda Kepatihan MengantiGresik, 3) mengetahui apa saja faktor pendukung serta penghambat penanaman nilai-nilai agama Islam pada anak usia dini di TK TAAM Adinda Kepatihan Menganti Gresik. Penelitian ini berusaha melihat secara mendalam dan memaparkan pelaksanaan penanaman nilai-nilai agama Islam kepada anak usia dini di TK TAAM Adinda Menganti Gresik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Nilai-nilai agama Islam yang ditanamkan di TK TAAM Adinda Menganti Gresik adalah nilai aqidah, syari’ah (ibadah), dan akhlak. Ketiga nilai tersebut tercover dalam beberapa materi, yaituaqidah, fiqh, akhlak, asmaul husna, do’a harian, hadis pilihan, sejarah Islam, membaca al-Qur’an dan bahasa Arab. 2) Metode yang diterapkan adalah metode bermain, metode cerita, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode demonstrasi, dan metode tanya jawab. 3) Faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai Islam ini di antaranya adalah pendidik memiliki kemampuan dalam menyampaikan ajaran agama Islam, peserta didik dapat meniru gerakan dalamberibadah walaupun belum teratur, dan memiliki buku-buku Islami sebagaipenunjang. Sedangkan faktor penghambatnya adalah peserta didik mudah tidak fokus, terbatasnya jumlah pendidik yang menyebabkan kelas kurang kondusif, kurangnya persediaan sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran, terbatasnya media pembelajaran sehingga metode yang digunakan dalam pembelajaran pun kurang bervariasi, dan perbedaan latar belakang keluarga dalam pemahaman agama.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG CARA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DENGAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS VI SDN SUMBERAGUNG 03 KECAMATAN PLUMPANG TUBAN PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Siti Juma’iyah
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA Vol 3 No 1 (2018): Education and Human Development Journal
Publisher : Universitas Nahdatul Ulama Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.193 KB) | DOI: 10.33086/ehdj.v3i1.92

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pendekatan pembelajaran keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Cara Perkembangbiakan Tumbuhan bagi siswa kelas VI SDN Sumberagung 03 Kecamatan Plumpang Tuban pada semester I tahun pelajaran 2015/2016. (2) peningkatan hasil belajar IPA tentang Cara Perkembangbiakan Tumbuhan melalui pembelajaran keterampilan proses bagi siswa kelas VI SDN Sumberagung 03Kecamatan Plumpang Tuban pada semester I tahun pelajaran 2015/2016. Rancangan penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Pelaksanaannya dalam penelitian ini terbagi menjadi dua siklus perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Sumberagung 03 Kecamatan Plumpang Tuban tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 12 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan perempuan sebanyak 5 siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualaitatif dengan menggunakan persentase dan rata-rata. Kesimpulan Hasil penelitian ini adalah: (1) dengan penerapan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang perkembangbiakan tumbuhan pada siswa kelas VI SDN Sumberagung 03 Kecamatan Plumpang Tuban pada semester I tahun pelajaran 2015/2016. (2) peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SDN Sumberagung 03 Kecamatan Plumpang Tuban pada pelaksanaan pembelajaran siklus I mencapai nilai rata-rata yaitu 68,33 dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 76,67. Terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 8,34 poin. Sedangkan mengenai ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 25%, dan pada siklus II mencapai 92%. Sehingga terjadi peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 67%

Page 1 of 1 | Total Record : 10