cover
Contact Name
Kiftian Hady Prasetya
Contact Email
kiftian@uniba-bpn.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
pbsi@uniba-bpn.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota balikpapan,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Basataka (JBT)
Published by Universitas Balikpapan
ISSN : 26213826     EISSN : 26215977     DOI : -
Core Subject : Education,
Fokus dan cakupan Jurnal BASATAKA adalah penelitian dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia. The focus and scope of BASATAKA Journal is research in the fields of Education, Language, and Indonesian Literature.
Arjuna Subject : -
Articles 36 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2022): Desember 2022" : 36 Documents clear
ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL “KISAH YANG PILU UNTUK KITA YANG RAGU” KARYA BOY CANDRA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH Mei Sari Br. Silaban; Nanda Dwi Astri; Verawati Sitorus; Arie Azhari Nasution
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 5 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.182 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v5i2.172

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis nilai-nilai pendidikan dalam novel Kisah Yang Pilu Untuk Kita Yang Ragu Hubungannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu baca dan catat. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara: 1. Membaca novel Kisah Yang Pilu Untuk Kita Yang Ragu karya Boy Candra, 2. Menandai kalmiat atau paragraf yang mengulas tentang nilai moral, sosial, budaya, dan agama, 3. Menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam novel Kisah Yang Pilu Untuk Kita Ragu, 4. Mendeskripsikan hubungannya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai moral yaitu kejujuran, pantang menyerah, kesetiaan, dan pengorbanan. Penelitian ini juga menunjukkan nilai sosial yaitu kerjasama dan kepedulian.
EKSPLORASI LEGENDA “AIR TERJUN SIMBILULU” KABUPATEN PAKPAK BHARAT SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA Nomica Tumangger; Fita Putriyani Harefa; Enjel Yanti Sitorus; Wahyu Ningsih; Hijrah Purnama Sari Ariga
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 5 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.013 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v5i2.173

Abstract

Legenda adalah cerita yang menjelaskan sejarah dan asal usul peristiwa yang terjadi di suatu tempat atau kawasan yang memiliki nilai sejarah yang melekat. Oleh karena itu, kisah asal usul Air Terjun Simbilulu menjadi penting untuk diteliti. Judul penelitian kami adalah Eksplorasi Legenda Air Terjun Simbilulu Pakpak Bharat Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia'. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan siswa tentang asal usul Air Terjun Simbilulu Pakpak Bharat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penggunaan metode ini dimaksudkan untuk menciptakan suatu dekskriptif atau lukisan yang sistematis, realistik, teliti, akurat dan tepat. Metode pengumpulan data ini dilakukan melalui wawancara, survei langsung, atau observasi terhadap proses terdokumentasi di masyarakat sekitar. Responden yang diamati adalah masyarakat Parongil Julu. Observasi dalam penelitian ini berupa hasil lisan dari bentuk legenda Air Terjun Simbilulu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah asal mula Air Terjun Simbilulu yang tidak hanya membuat wisata ini diperkenalkan dan dikenal banyak orang, tetapi juga dapat menambah pengetahuan bagi semua.
GRAMMATICAL ERRORS IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT MADE BY TENTH GRADERS OF SMA SWASTA FREE METHODIST MEDAN Fachri Yunanda; Pesta Anjani Sinaga; Magdalena Pebriola Siahaan; Regina Putri Ginting; Bambang Nur Alamsyah Lubis
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 5 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.286 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v5i2.175

Abstract

This research was conducted to identify the various types of errors made in English descriptive texts written by tenth graders at Free Methodist Private High School Medan during the 2022-2023 academic year. This research was conducted on 36 students who became the focus of the research. This research method is descriptive qualitative. Research is conducted offline. Written test-based data collection method. The researcher checked the writing errors of the descriptive texts made by the students. This study concentrates on the categorization of writing errors made by students. The Surface Strategy Taxonomy analysis of the findings revealed 30 inaccuracies in student-submitted descriptive texts. There were 9 addition errors with a total of 30%, 16 errors of omission with a total of 54%, 5 misformation errors with a total of 16%, and 0 ordering errors with a total of 0%. The majority of errors, or 15 out of 30, are spelling (Spelling) errors, which are classed as errors within omission errors. In conclusion, the researchers found 30 errors in the descriptive text written by class X IPS 1 SMA Medan Free Methodis.
PENINGKATAN MENGUBAH CERPEN MENJADI NASKAH DRAMA DENGAN METODE RESITASI PADA SISWA KELAS VIII SMP PENCAWAN MEDAN Okta Marasi Sitanggang; Maria Marianda Sianturi; Annisa Annisa; Meriah Kita Deliani
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 5 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.103 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v5i2.176

Abstract

Mengubah cerpen menjadi naskah drama merupakan salah satu pembelajaran sastra yang ada dalam kurikulum dan harus diajarkan di sekolah menengah pertama. Guru dituntut agar mampu mengembangkan kreatifitas siswa dengan memberikan cerpen dan mengubah menjadi naskah drama. Tujuan penelitian adalah mengetahui hasil serta penerapan media cerpen dengan metode resitasi dalam peningkatan penulisan naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Pencawan Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik analisis data sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang digunakan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu nilai 75 dengan ketuntasan klasikal 85%. Hasil penelitian berupa hasil tes kemampuan menulis naskah drama siswa dengan skor rata-rata siswa pada siklus I sebesar 65.38% pada kategori sedang dari 26 siswa subjek penelitian, 2 siswa (7,69%) skor kategori rendah, 17 siswa (65,38%) skor kategori sedang sedangkan 7 siswa (26,92%) skor kategori tinggi. Ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 7 siswa kategori meningkat dan 19 siswa kategori tidak meningkat, sehingga hasil pada siklus I masih rendah. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 80,96% pada kategori aktif. Dari 26 siswa subjek penelitian, 3 siswa (11,53%) skor kategori rendah, 15 siswa (57,69%) skor kategori sedang sedangkan 8 siswa (30,78%) skor kategori tinggi. Tingkat kemampuan siswa pada siklus II nilai ≥75-100 sebanyak 23 siswa (88,46%), siswa yang memperoleh nilai < 75 sebayak 3 siswa (11,53%). Hal ini menunjukkan tingkat kemampuan mengubah cerpen menjadi naskah drama mengalami peningkatan dari 7 orang (26,92%) pada Siklus I menjadi 23 orang (88,46%) pada Siklus II. Saran penelitian adalah siswa hendaknya diberikan banyak pelatihan menulis cerpen maupun menulis naskah drama, serta mengubah cerpen menjadi naskah drama ataupun sebaliknya. Kemampuan siswa dalam mengubah cerpen menjadi naskah drama hendaknya lebih ditingkatkan atau dilakukan secara berulang.
USING DUET TECHNIQUE OF ENGLISH SONG ON THE TIKTOK APPLICATION TO STUDENTS' SPEAKING SKILLS Monaris Pasaribu; Sri Inca Gultom; Stephania Denika Br Sagala; Sri Ninta Tarigan; Tiarnita Maria Sarjana Siregar
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 5 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.687 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v5i2.178

Abstract

This study focuses on the topic of teaching students to talk more fluently in English by using duet approaches. The researchers employed qualitative techniques to meet their goals. The researcher may choose to gather information through questionnaires. There were 20 students in the class X MIA at SMA Swasta GKPI Padang Bulan who made up the study's population. For the research to go without a hitch, three songs have been prepared: Perfect by Ed Sheeran, Talking to The Moon by Bruno Mars, and I'm Yours by Jason Mraz. Pre speaking activities, speaking activities, and post speaking activities were the three sections into which research was separated throughout two meetings. Assessment is broken down into three components: pronunciation, fluency, and comprehension. Students’ present a duet using their own knowledge during the first meeting. The researchers then provided an explanation before to testing the students at the second meeting. The study's finding is that using the duet technique helps students develop their speaking abilities.
NILAI BUDAYA DAN SOSIAL DALAM KUMPULAN CERPEN DARI TIMUR KARYA ERNI ALADJAI EDISI MAKASSAR INTERNATIONAL WRITERS FESTIVAL 2017 Maya Sari; Lucy Christine Samosir; Dani Sukma Agus Setiawan; Ernie Bertha Nababan
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 5 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.37 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v5i2.179

Abstract

Penelitian ini membahas tentang menganalisis nilai budaya dan sosial pada cerpen Dari Timur karya Erni Aladjai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu baca dan catat. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara:1. Menbaca cerpen Dari Timur karya Erni Aladjai, 2. Menandai kalimat atau paragraf yang mengulas tentang nilai budaya dan sosial dalam cerpen Dari Timur karya Erni Aladjai, 3. Menganalisis tentang nilai budaya dan sosial karya Erni Aladjai, 4. Mendeskripsikan hasil temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai budaya memiliki lima hubungan dalam masyarakat yang berkaitan dengan Tuhan, Alam, diri sendiri, masyarakat dan tradisi. Penelitian ini juga menunjukkan nilai sosial yaitu sopan santun, bertegur sapa, tolong menolong, dan musyawarah yang dipengaruhi di lingkungan masyarakat.
ANALISIS NILAI-NILAI MORAL DALAM NOVEL PEMETIK BINTANG KARYA VENERDI HANDOYO Jesika Br Purba; Petra Elke Rajagukguk; Nova Tamba; Amelia Simanungkalit; Khairun Nisa
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 5 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.088 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v5i2.181

Abstract

Karya sastra adalah suatu tuangan keativitas manusia dari pemikirannya yang kemudian di tuangkan menjadi sebuah karya yang indah dan mengandung nilai moral.  Tujuan peneltian adalah untuk membantu pembaca menemukan nilai-nilai moral dalam novel Pemetik Bintang Karya Venerdi Handoyo. Metode penelitian ini kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian yaitu teknik baca, simak, catat dan pustaka. Adapun wujud penyampaian moral yang akan dianalisis yaitu ditinjau dari 3 kategori yaitu hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia lain, dan hubungan manusia dengan diri sendiri.
REKONSTRUKSI CERITA RAKYAT GEOSITE GEOPARK TOBA HUMBANG HASUNDUTAN TAPANULI UTARA: KAJIAN TRADISI LISAN Al Trio Boy Beyto Lumban Gaol; Robert Sibarani; Jekmen Sinulingga
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 5 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.405 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v5i2.183

Abstract

Penelitian ini membahas tentang rekontruksi cerita rakyat di Geosite Geopark Toba Humbang Hasundutan Tapanuli Utara. Masalah dalam penelitian ini adalah rekontruksi cerita rakyat geosite dan nilai kearifan lokal cerita rakyat di geosite. Penelitian ini bertujuan untuk mengrekontruksi dan menentukan nilai kearifan lokal dalam cerita rakyat di geosite geopark Toba, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara. Adapun geosite yang penulis rekontruksi antara lain yaitu: 1. Geosite Taman Eden 100, 2. Geosite Meat, 3. Geosite Batu Basiha, 4. Geosite Liang Sipege, 5. Geosite Air Terjun Situmurun, 6. Geosite Sipinsur, 7. Geosite Bakara, 8. Geosite Tipang, 9. Geosite Huta Ginjang, 10. Geosite Muara, 11. Geosite Sibandang. Metode yang penulis gunakan dalam menganalisis masalah penelitian ini adalah metode kualitatif dan penelitian model naratif.  Penelitian ini menggunakan teori tradisi lisan. Kearifan lokal yang terdapat di cerita rakyat di Geosite Geopark Toba masih melekat di benak masyarakat setempat dan masih dilestarikan. Nilai-nilai budaya dalam cerita rakyat di Geosite Geopark Toba yaitu: kerja keras, kesopansantunan, pikiran positif, dan kejujuran.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INDEKS CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SMA N 1 SIBOLANGIT Nanda Dwi Astri; Marissa Yolanda; Cecilya Lumbangaol; Desna Maria Br Bangun; Dina Mariana Tarigan
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 5 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.368 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v5i2.184

Abstract

Hasil observasi awal, guru menerapkan metode ceramah maka dari itu banyak siswa/i yang kurang aktif dan kurang semangat saat menerima pelajaran yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan praktik pendidikan. Metode yang dipakai ialah metode belajaran aktif yaitu metode indeks card match (mencari pasangan). Metode ini sangat menyertakan siswa dan metode ini juga dituntut agar siswa/i lebih aktif dibandingkan gurunya.  Saat menggunakan metode indeks card match ini guru akan merasa proses belajar mengajar lebih efektif, jadi tujuan pembelajaran yang akan dicapai dapat terlaksana dengan tuntas, hingga mencapai KKM 6,5. Dengan memakai pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian ini ialah guru dan siswa/i kelas X IIS SMA N 1 Sibolangit. Penelitian dilakukan dari siklus I dengan nilai rata-rata kelas 65,8 dan kelulusan belajar siswa/i menggapai 65%, namun pada siklus kedua rata-rata kelas 77,5 dengan kelulusan belajar siswa menggapai 90% jika dilihat dari sebelum penelitian nilai rata-rata siswa/i 62,1 dengan nilai ketuntasan 52,5%. Agar siswa/i lebih aktif bekerjasama dan presentasi kelompok, guru memotivasi dan mendukung siswa dengan memberi nilai tambahan kepada siswa/i yang aktif bertanya.
MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PASCA PANDEMI COVID-19 Pebrianti Manurung; Dama Yanti Natalia Harefa; Christin Agustina Purba; Ati Rosmiati
Jurnal Basataka (JBT) Vol. 5 No. 2 (2022): Desember 2022
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Balikpapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.221 KB) | DOI: 10.36277/basataka.v5i2.185

Abstract

Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif. Observasi, wawancara, pendokumentasian, dan pembentukan kesimpulan adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan siswa adalah subjek studi. Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan/pengendalian adalah empat fungsi manajemen yang digunakan untuk menganalisis pengel-olaan proses pembelajaran pasca Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Budi Setia di Medan dapat menjalankan empat fungsi mana-jemen proses pembelajaran meskipun terdapat beberapa tantangan. Penerapan sistem kurikulum darurat Covid-19, di mana jam pelajaran dipercepat, merupakan salah satu pembeda antara proses pembelajaran di masa pandemi dan pascapandemi Covid-19. di SMP Budi Setia Medan menerapkan praktik kesehatan merupakan komponen penting dari pengajaran.

Page 1 of 4 | Total Record : 36