cover
Contact Name
Tryantini Sundi Putri
Contact Email
tryantinisputri@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
tryantinisputri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Stabilita : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Kendari
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23380241     EISSN : 26572273     DOI : -
Core Subject : Engineering,
STABILITA hadir karena tuntutan intelektual dalam merespon isu-isu aktual terkait berbagai problematika dan menjadi wadah informasi bidang Teknik Sipil dalam konteks kekinian. Jurnal STABILITA ini mengangkat tulisan/karya ilmiah bidang Teknik Sipil (kajian transportasi, kajian struktur, kajian keairan, kajian lingkungan, kajian kelautan dan kajian manajemen proyek dan konstruksi).
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil" : 5 Documents clear
ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS PEMBANGUNAN GEDUNG PLN (PERSERO) TANAH WAHIDIN (STUDI KASUS : KANTOR PLN JL. DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO, KEL. MACANNANG, KEC. TANETE RIATTANG, KAB. BONE) Andriyani, Andriyani; Azikin, M. Thahir
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 1 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPembangunan suatu kawasan dan/atau lokasi tertentu mempunyai pengaruh terhadap lalu lintas disekitarnya. Analisis dampak lalu lintas dipergunakan untuk memprediksi apakah infrastruktur transportasi dalam daerah pengaruh pembangunan tersebut dapat melayani lalu lintas yang ada (eksisting) ditambah dengan lalu lintas yang dibangkitkan atau ditarik oleh pembangunan tersebut. Jika prasarana yang ada tidak dapat mendukung lalu lintas tersebut maka harus dilakukan kajian penanganan prasarana tersebut atau pengaturan manajemen terhadap lalu lintasnya.Analisis Dampak Lalu lintas (Andalalin) pada dasarnya merupakan analisis pengaruh pengembangan tata guna lahan terhadap sistem pergerakan arus lalu lintas disekitarnya, yang diakibatkan oleh bangkitan lalu lintas yang baru, lalu lintas yang beralih dan oleh kendaraan keluar masuk dari/ke lahan tersebut. Andalalin sangat beragam, bergantung pada kondisi setempat dan kebijakan yang ada. Andalalin dapat bersifat makroskopik pada tahap pra-kajian kelayakan suatu pengembangan lahan, yang perhatian utamanya lebih diarahkan pada sistem transportasi makronya, selain itu dapat juga bersifat rinci (mikroskopik). Kebijakan pengendalian dampak lalu lintas dapat berupa usaha meminimalkan dampak lalu lintas, misalnya peningkatan kapasitas jalan.Secara umum telah diterima suatu konsep analisis ?menginternalkan eksternalitis? dengan konsekuensi ?poluter pays? dengan pengertian bahwa pihak pengembang harus memberikan kontribusi yang nyata dalam penanganan dampak lalu lintas sebagai akibat pengembangan suatu kawasan atau lokasi tertentu. Bangunan PT. PLN (Persero) Tanah Wahidin akan merubah pergerakan perjalanan yang ada dan membawa dampak permasalahan lalu lintas di daerah sekitarnya. Oleh karena itu, diperlukan kajian manajemen dan rekayasa lalu lintas untuk meminimumkan dampak tersebut. Kata Kunci :   Andalalin, Penanganan Dampak Lalu Lintas, Kajian Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas
POTENSI SLAG NIKEL HALUS (FeNi 4) PT. ANTAM POMALAA SEBAGAI AGREGAT HALUS PADA CAMPURAN ASPAL Dimas Manggala Putra; Nasrul Nasrul; Edward Ngii
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 1 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v8i1.12669

Abstract

ABSTRAKSlag nikel (FeNi4) adalah jenis terbaru dengan ukuran butiran mendekati pasir (lolos No. 8). Jumlah buangan slag nikel telah mencapai 1 juta ton pada tahun 2018, sehingga berbahaya bagi lingkungan jika tidak dimanfaatkan secara luas. Disisi lain kebutuhan agregat halus campuran aspal jenis Hot Rolled Sheet (HRS-WC) sangat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pemanfaatan slag nikel FeNi4 sebagai agregat pada campuran aspal jenis HRS.Slag nikel (FeNi4) diperoleh dari PT. Antam Pomalaa. Penelitian dirancang dengan tiga variasi penggunaan slag terhadap agregat halus standar yaitu Variasi 1 (0/100%); Variasi 2 (50/50%); dan Variasi 3 (100/0%). Penyetaraan berat jenis dilakukan untuk menghitung jumlah slag yang digunakan. Jumlah sampel sebanyak 45 sampel dan diuji menggunakan alat Marshall Test. Spesifikasi yang digunakan dalam penelitian mengacu pada Bina Marga 2010.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada benda uji Variasi 2 (50/50%) masih diperoleh kadar aspal optimum sebesar 6,319%, hampir sama dengan kadar aspal optimum benda uji kontrol sebesar 6,331%, namun dengan range kadar aspal yang lebih sempit. Temuan ini menunjukkan bahwa slag nikel FeNi4 sangat berpotensi digunakan dalam campuran HRS-WC namun dibatasi sampai 50%. Penelitian lanjutan dapat lakukan untuk mengetahui karakteristik campuran HRS-WC pada penggunaan slag nikel FeNi4 dibawah 50%. Kata Kunci :   Slag, Antam, Nikel, Aspal, AgregatABSTRACTNickel slag (FeNi4) is the latest type that was close to sand material (pass No.8). The amount of nickel slag discharges reached 1 million tons in 2018, making it dangerous for the environment if not widely used. On the other hand, the need for fine aggregate asphalt mix type Hot Rolled Sheet (HRS) is very high. This study aims to determine the potential use of FeNi4 nickel slag as fine aggregate in the HRS mixture.Nickel slag (FeNi4) obtained from PT. Antam Pomalaa. The study was designed with three variations of the use of slag against standard fine aggregates, namely Variation 1 (0/100%); Variation 2 (50/50%); and Variation 3 (100/0%). Equal density is done to calculate the number of slags used. The total sample is 45 samples and tested using Marshall Test. The specifications used in the study refer to the 2010 Bina Marga.The results showed that Variation 2 (50/50%) of the specimens were still obtained optimum asphalt content of 6.319%, almost the same as the optimum asphalt content of control specimens of 6.331%, but with a narrower range of asphalt content. These findings indicate that FeNi4 nickel slag is very potentially used in HRS-WC mixtures but is limited to 50%. Further research can be done to determine the characteristics of the HRS-WC mixture on the use of FeNi4 nickel slag below 50%. Keywords  : Slag, Antam, Nickel, Asphalt, Aggregate
PEMANFAATAN MATERIAL SUNGAI ANESE UNTUK DIGUNAKAN SEBAGAI CAMPURAN BETON STRUKTURAL DI DESA ANDOOLO UTAMA KECAMATAN BUKE KABUPATEN KONAWE SELATAN Wayan Mustika; Rini Sriyani; Ridwansyah Nuhun; Sulha Sulha; Fitriah Fitriah
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 1 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v8i1.12671

Abstract

ABSTRAKPenggunaan material pasir dan kerikil sungai Anese sebagai bahan campuran beton struktural harus direncanakan dan dihitung secara tepat terhadap pemilihan material, penentuan komposisi campuran, metode dan cara pencampuran yang benar, jumlah semen yang sesuai, jumlah takaran air yang tepat dan kekenyalan (nilai slump) yang benar. Oleh karena itu, salah satu solusi penyelesaian masalah tersebut adalah penyuluhan kepada masyarakat dan para tukang bangunan sehingga dapat menambah pemahaman para tukang bangunan dan masyarakat di Desa Andoolo Utama Kecamatan Buke Kabupaten Konawe Selatan yang selama ini melakukan pencampuran material yang berasal dari sungai Anese sebagai campuran beton tanpa perencanaan dan perhitungan yang benar.Dari hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat oleh Team Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Kendari diperoleh beberapa kesimpulan bahwa masyarakat khususnya para tukang bangunan telah memahami bagaimana memanfaatkan material kerikil dan pasir Anese untuk digunakan sebagai bahan campuran beton struktural dengan mutu di atas K.225., masyarakat khususnya para tukang bangunan telah memahami bahwa material lokal berupa kerikil dan pasir konawe dapat digunakan sebagai beton struktural dengan mutu K.225, sehingga untuk bangunan dengan struktur yang tidak terlalu berat seperti rumah tinggal dan ruko, penggunaan material tersebut kiranya sudah dapat memenuhi dengan memperhatikan komposisi campuran yang telah dijelaskan oleh tim penyuluh sehingga pada akhirnya dapat memberikan dampak ekonomi yang lebih baik bagi masyarakat desa Andoolo Utama Kecamatan Buke Kabupaten Konawe Selatan.   Kata Kunci : Beton struktural, Kerikil, Pasir, Campuran betonABSTRACTThe use of Anese river sand and gravel material as structural concrete mix material must be planned and calculated appropriately for material selection, determining the composition of the mixture, the correct method and method of mixing, the appropriate amount of cement, the right amount of water and the thickness (slump value) required. correct. Therefore, one of the solutions to solve the problem is counseling to the community and the builders to increase the understanding of the builders and the community in Andoolo Utama Village, Buke Subdistrict, Konawe Selatan Regency who have been mixing materials from the Anese river as a concrete mixture without proper planning and calculation.From the results of the implementation of community service activities by the Team of the Faculty of Engineering of the University of Halu Oleo Kendari obtained several conclusions that the community especially the builders have understood how to utilize the Anese gravel and sand material to be used as a mixture of structural concrete with a quality above K.225., The community especially the builders have understood that local material in the form of gravel and konawe sand can be used as structural concrete with K.225 quality, so that for buildings with structures that are not too heavy such as houses and shophouses, the use of these materials can already be met by paying attention to the composition the mixture has been explained by the extension team so that in the end it can have a better economic impact for the people of Andoolo Utama village, Buke sub-district, Konawe Selatan district. Keywords  : Structural concrete, Gravel, Sand, Concrete mix
ANALISIS PEMAKAIAN DERMAGA TERHADAP LAYANAN KAPAL PADA PELABUHAN PAJALA KABUPATEN MUNA BARAT Tryantini Sundi Putri; La Welendo; Fathur Rahman Rustan; Yusran Latimba
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 1 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v8i1.12672

Abstract

ABSTRAKPelabuhan Pajala adalah salah satu pelabuhan yang berada di wilayah Kabupaten Muna Barat Provinsi Sulawesi Tenggara, sebagai urat nadi perekonomian Kabupaten Muna Barat khususnya arus keluar masuk barang dan penumpang melalui angkutan laut. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis nilai BOR dan menganalisis panjang dermaga (Lp) pada Deramaga Pelabuhan Pajala Kabupaten Muna Barat. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan metode pengamatan langsung dengan wawancara kepada pihak pengelola pelabuhan. Hasil analisis tingkat pemakaian dermaga terhadap waktu kunjungan kapal, untuk naik/turun penumpang dan bongkar/muat barang pada Pelabuhan Pajala mencapai 96,5% > 50%  nilai  BOR yang di standarkan oleh UNCTAD untuk dermaga dengan 2 tambatan. Jadi, pelabuhan Pajala saat ini belum mampu melayani arus kapal dengan baik atau pemakaian dermaga belum efektif dan hasil analisis kebutuhan layanan kapal terhadap ukuran dermaga pada Pelabuhan Pajala untuk menghitung gabungan ukuran kapal terbesar untuk melakukan sandar 2 kapal sekaligus tidak bisa dilayani karena ukuran dermaga yang dibutukan  46 m > 5 m ukuran dermaga yang ada saat ini dan untuk ukuran kapal terkecil untuk melakukan sandar 2 kapal sekaligus tidak bisa dilayani karena ukuran dermaga yang dibutukan  45,2 m > 47 m ukuran dermaga yang ada di Pelabuhan Pajala.   Kata Kunci : BOR, Kinerja, DermagaABSTRACTPajala port is a port that is located in the district of West Muna Sulawesi Tenggara as the economic lifeblood West Muna. Especially the flow of goods and passengers by sea freight. The purpose of this study is to analyze the value of BOR and analyze the value of Lp in Pajala port West Muna. This research is a case study using the method of direct observation by interviewing the manager of the port. Results of the analysis of the consumption levels of the dock to the time the ship visits for up / down passengers and loading / unloading of goods at the port of Pajala 96,5%> 50% in value BOR standardize by UNCTAD to dock with 2 moorings. So port Pajala is not currently able to serve the flow of ships with either or usage dock has not been effective, and the results of a needs analysis service of the vessel to the size of the dock at the port of Pajala for sampling the combined size of the largest ships to berth two ships at the same time can not be served because of the size of the dock needed 46 m> 5 m size of the existing quay at the moment and for the size of the vessel smallest to berth two ships at the same time can not be served because the size dock needed 45,2 m> 5 m size of the existing quay in the port of Pajala. Keywords  : BOR, Performance, Pier
FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN SANUA KOTA KENDARI TAHUN 2018 Rachman, Ranno Marlany; Sya?ban, Abdul Rahim; Setiawan, Tri Agus
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 1 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKData Dinas Kebersihan Kota Kendari Tahun 2016 Kecamatan Kendari Barat memproduksi sampah 32,85 ton/hari, sedangkan di tahun 2017 mengalami peningkatan 12 m3/hari, dan jumlah sampah yang ditangani/diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sebanyak 7 m3/hari, sampah yang dihasilkan adalah sampah rumah tangga dan sampah dari Pasar Sentral Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah observational dengan desain cross sectional study. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, tindakan dan sarana prasarana dengan pengelolaan sampah rumah tangga pada masyarakat Kelurahan Sanua Kota Kendari Tahun 2018. Jumlah populasi adalah 983 orang responden, dengan teknik penarikan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dengan jumlah sampel 91 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dengan pengelolaan sampah dengan nilai x2 hitung = 10.812 > x2 tabel =2.784 dan hasil ?= 0,345 yang berada pada level lemah. Ada hubungan antara tindakan dengan pengelolaan sampah dengan nilai x2 hitung = 11.065 > x2 tabel = 2.784 dan hasil ?= 0,349 yang berada pada level lemah. Ada hubungan antara sarana prasarana dengan pengelolaan sampah dengan nilai x2 hitung = 36.107 > x2 tabel = 2.784 dan hasil ?= 0,630 yang berada pada level kuat.   Kata Kunci : Pengelolaan Sampah, Pengetahuan, Tindakan, Sarana PrasaranaABSTRACTData from the Kendari City Sanitation Office in 2016 in West Kendari sub-district produced 32.85 tons/day of waste, while in 2017 it increased by 12 m3 / day, and the amount of waste handled/transported to the Final Disposal Site (TPA) was 7 m3 / day, The garbage produced is household waste and rubbish from the Kendari City Central Market. This type of research is an observational cross-sectional study design. This study aims to determine the relationship between knowledge, actions and infrastructure and household waste management in the community of Sanua Kelurahan, Kendari City in 2018. The population is 983 respondents, with a sampling technique using cluster random sampling techniques, with a total sample of 91 respondents. The results showed that there was a relationship between knowledge and waste management with the calculated x2 value = 10,812> x2 table = 2,784 and the result ? = 0.345 at the weak level. There is a relationship between actions with waste management with the calculated x2 value = 11,065> x2 table = 2,784 and the result ? = 0.349 which is at a weak level. There is a relationship between infrastructure and waste management with the calculated x2 value = 36,107> x2 table = 2,784 and the result ? = 0.630 which is at a strong level. Keywords  : Waste Management, Knowledge, Actions, Infrastructure Facilities

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2023): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 11, No 1 (2023): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 3 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 1 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 3 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 2 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 1 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 3 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 1 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 3 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 3 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 3 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 1 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 1 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil More Issue