cover
Contact Name
Tryantini Sundi Putri
Contact Email
tryantinisputri@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
tryantinisputri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Stabilita : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Kendari
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23380241     EISSN : 26572273     DOI : -
Core Subject : Engineering,
STABILITA hadir karena tuntutan intelektual dalam merespon isu-isu aktual terkait berbagai problematika dan menjadi wadah informasi bidang Teknik Sipil dalam konteks kekinian. Jurnal STABILITA ini mengangkat tulisan/karya ilmiah bidang Teknik Sipil (kajian transportasi, kajian struktur, kajian keairan, kajian lingkungan, kajian kelautan dan kajian manajemen proyek dan konstruksi).
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil" : 5 Documents clear
PERBANDINGAN BIAYA STRUKTUR DINDING PENAHAN TANAH TIPE KANTILEVER DAN SHEET PILE BETON (Studi Kasus : Perencanaan Pembangunan Kawasan Landmark Dermaga Muara Bulian Di Kabupaten Batanghari) KMS. M. Rama Perwira; Akhmad Aminullah; Arif Setiawan Budi Nugroho
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 1 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v9i1.16953

Abstract

ABSTRAKKonstruksi dinding penahan tanah jenis kantilever digunakan dalam perencanaan kawasan landmark Dermaga Muara Bulian di Kabupaten Batanghari. Jenis lain dari konstruksi dinding penahan tanah yang dapat dijadikan pilihan adalah jenis sheet pile beton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis konstruksi dinding penahan tanah yang paling efisien, khususnya dalam hal rencana angggaran biaya. Objek yang ditinjau pada penelitian ini adalah konstruksi dinding penahan tanah dengan panjang 75 meter. Dinding kantilever dengan tinggi 6 meter yang dikombinasikan dengan tiang pancang 12 meter dibandingkan dengan dinding sheet pile beton 18 meter. Selain itu, juga dilakukan optimasi pada ketebalan dinding kantilever. Metode perhitungan yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan Analisa Harga Satuan Pekerjaan dari Spesifikasi Umum Bina Marga 2010 Revisi 3 (2014) dan Spesifikasi Teknis Jalan Bebas Hambatan dan Jalan Tol (2017). Dalam mengoptimalkan dimensi kantilever, digunakan analisis balok terlentur bertulangan rangkap untuk menghitung momen maksimum yang mampu ditahan oleh konstruksi kantilever. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa Rencana Anggaran Biaya (RAB) pekerjaan konstruksi dinding penahan tanah jenis kantilever adalah Rp. 3.744.771.892,83, sheet pile beton adalah Rp.2.945.315.870,44, dan kantilever yang dioptimalkan adalah Rp. 2.568.004.756,85. Perbandingan biaya dinding kantilever terhadap sheet pile beton dan dinding kantilever yang dioptimalkan adalah 21,34% dan 31,42%. Sehingga disimpulkan bahwa konstruksi dinding kantilever yang dioptimalkan memiliki Rencana Anggaran Biaya terendah. Kata Kunci : Anggaran biaya, Dinding kantilever, Perbandingan, Sheet pile betonABSTRACTA cantilever retaining wall construction is used to plan Dermaga Muara Bulian as a landmark area in Batanghari regency. Another common type of retaining wall that can be considered as an option is a concrete sheet pile.. This study amis to determine the most efficient type of retaining wall, especially in terms of the budget plan. The object of the research is the 75 meters length retaining wall construction. The 6 meters high cantilever wall combined with 12 meters piles are compared to 18 meters concrete sheet pile. Furthermore, the cantilever wall thickness was also optimized. The calculation method in this study used the Work Unit Price Analysis from the General Specifications of Bina Marga 2010 3rd Version (2014) and the Technical Specifications for Freeways and Toll Roads (2017). To optimize the cantilever wall thickness, flexible reinforced beam analysis is used to calculate the maximum moment that the cantilever wall can withstand. From the results, it is known that the budget plan of the cantilever retaining wall construction is Rp.3,744,771,892.83, the concrete sheet pile is Rp.2,945,315,870.44, and the optimized cantilever wall is Rp. 2,568,004,756.85. The difference cost between the cantilever wall to concrete sheet pile and optimized cantilever wall is 21.34% and 31.42%. So it can conclude that the lowest budget plan is the optimized cantilever wall construction. Keywords  : Budget plan, Cantilever wall, Comparasion, Concrete sheet pile
PENGUJIAN PEMANFAATAN LIMBAH GELAS PLASTIK POLYPROPYLENE (PP) DALAM KOMPOSISI CAMPURAN BETON Alamsyah, Muh. Irham; Sriyani, Rini; Rachman, Ranno Marlany
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 1 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKGelas plastik polypropylene (PP) merupakan salah satu jenis plastik yang tidak dapat didaur ulang dengan mudah. Pemanfaatan limbah gelas plastik polypropylene (PP) dalam campuran beton salah satunya untuk meningkatkan mutu beton, mengurangi limbah plastik, serta mempelajari potensi akan penggunaan cacahan limbah gelas plastik polypropylene (PP) sebagai bahan tambah dalam campuran beton terhadap kuat tekan. Mutu beton K-175 dengan persentasi penambahan cacahan limbah gelas plastik polypropylene (PP) sebesar 0%, 5%, 10%, dan 15% dari berat agregat kasar. Pengujian kuat tekan beton dilakukan pada umur 7, 14, dan 28 hari. Hasil pengujian kuat tekan pada umur perendaman 28 hari menunjukkan bahwa pada penambahan persentase cacahan limbah gelas plastik Polypropylene terhadap campuran beton normal, beton mengalami penurunan yang sangat signifikan pada kuat tekan beton. Kata Kunci : Beton, polypropylene, berat agregat kasar, kuat tekanABSTRACTPolypropylene (PP) plastic cups are one type of plastic that cannot be recycled easily. One of the uses of polypropylene glass waste (PP) in concrete mixes is to improve concrete quality, reduce plastic waste, and study the potential use of polypropylene glass waste (PP) chopped waste as added material in concrete mixes to compressive strength. This research guideline refers to SNI (Indonesian National Standard). The quality of K-175 concrete with the percentage addition of polypropylene (PP) plastic glass waste counts is 0%, 5%, 10%, and 15% of the weight of coarse aggregate. Concrete compressive strength testing is carried out at the age of 7, 14 and 28 days. The results of compressive strength testing at 28 days immersion show that the percentage of shredded Polypropylene plastic glass waste to a normal concrete mixture, concrete has a very significant decrease in compressive strength of concrete. Keywords  : Concrete, polypropylene, coarse aggregate weight, compressive strength
EVALUASI KEBUTUHAN AIR BERSIH DESA SANGGONA KABUPATEN KOLAKA TIMUR Romy Talanipa; Tryantini Sundi Putri; Ahmad Syarif Sukri; Ritno AR.
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 1 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v9i1.16956

Abstract

ABSTRAKSeiring dengan pertumbuhan masyarakat yang semakin meningkat maka kebutuhan air bersih semakin meningkat dan terkadang tidak di imbangi kemampuan pelayanan. Di desa Sanggona air bersih yang digunakan berasal dari mata air Mokowu, Mata air Mokowu adalah sumber mata air yang harus di jaga kelestariannya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui debit air (Q) mata air dan kebutuhan air  didesa Sanggona kecamatan Uluiwoi pada tahun 2021 sampai dengan tahun 2030. Metode pengumpulan data dalam penelitian melalui Kuesioner, Wawancara, dan pengukuran debit sungai dilapangan.Hasil penelitian berdasarkan metode pelampung diperoleh debit air (Q) sungai Motonuno tahun 2019 yaitu: Titik1 = 0,3136 m3/liter, Titik 2 = 0,408 m3/liter, Titik3 =  0,3534 m3/liter, Titik4 =  0,423 m3/liter, Titik 5 =  0,374 m3/liter. Adapun rata-rata debit air (Q) exsisting mata air mokowu adalah 0,37448 m3/liter atau 374,48 liter/detik Berdasarkan Real Demand Survey (RDS) standar pelayanan di bidang air minum kebutuhan air bersih domestik dan non domestik untuk (2021) di dapatkan sebesar 0,0844 liter/detik. Dan sepuluh tahun kedepan (2030) di dapatkan sebesar 0,6879 liter/detik. Kebutuhan air bersih domestik dan non domestik. Kata Kunci : Debit air, mata air Mokowu, real demand surveyABSTRACTAlong with the increasing community growth, the need for clean water is increasing and sometimes the service capability is not balanced. In the village of Sanggona the clean water used comes from the Mokowu spring, the Mokowu Spring is a spring that must be preserved.This study aims to determine the water discharge (Q) of springs and water needs in the village of Uluiwoi sub-district in 2021 to 2030. Data collection methods in this study are through questionnaires, interviews, and field river flow measurements.The results of the research based on the buoy method obtained the water discharge (Q) of the Motonuno river in 2019, namely, Point 1 = 0.3136 m3 /Liter, Point 2 = 0.408 m3 / Liter, Point 3 = 0.3534 m3 / Liter, Point 4 = 0.423 m3 /Liter , Point 5 = 0.374 m3 / Liter. The average water discharge (Q) of existing mokowu springs is 0.37448 m3 / liter or 374.48 Liters / second based on the Real Demand Survey (RDS) service standards in the field of drinking water, domestic and non-domestic clean water needs for (2021) ) is obtained at 0.0844 Liter / Second. And in the next ten years (2030) it will be 0.6879 Liters / Second. Domestic and non-domestic clean water needs. Keywords  : Water discharge, Mokowu springs, real demand survey
MODEL ON-STREET PARKING PADA KAWASAN PASAR ANDOUNOHU DI KOTA KENDARI La Welendo; Ridwansyah Nuhun; Muh. Abdul Rajab
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 1 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v9i1.16954

Abstract

ABSTRAKPerkembangan Kota pada kawasan terbagun di Kota Kendari salah satunya adalah kawasan Andounohu yang memiliki pontesi permasalahan transportasi, yaitu munculnya pusat pusat kegitan sehingga pergerakan mobilitas penduduk yang tinggi. Kawasan pasar Andounohu sangat rentan dengan permasalahan parkir dalam hal ini belum tersedianya peruntukan lahan dan penataan parkir sehingga sangat memprihatinkan pengguna transportasi baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternaif penanganan parkir dengan model parkir disisi jalan Kedondong kawasan pasar Andounohu di Kota Kendari. Hasil penelitian ruas jalan Kedondong dengan tanpa hambatan samping mengalami penuruanan koefisien serta mengalami perubahan tingkat pelayanan dengan koefisien sebesar 0,40. Untuk perencanaan penataan parkir di ruas jalan Kedondong dengan kondisi geometrik lebar lajur 3.00 meter dan ditambah dengan lebar penataan parkir di badan jalan sebesar 1,20 meter dan bahu sebesar 1,0 meter, sehingga untuk lebar badan jalan efektif 2 lajur 2 arah yaitu 6,0 meter. Hasil analisis model regresi linier dapat diketahui bahwa hambatan samping yang berpengaruh terhadap kinerja lalulintas yaitu terjadi pada hambatan samping waktu sibuk sore dengan koefisien determinasi (R2) tertinggi sebesar 0,852. Dengan menggunakan persamaan Y = 0,259 + 0,001 X. Kata Kunci : Model, On-street parking, Hambatan sampingABSTRACTUrban of one the developments in the built area in Kendari is the Andounohu area which has the potential for transportation problems, namely the emergence of a center of activity so that the movement of population mobility is high. Andounohu market area is very the vulnerable to parking problems, in this case the unavailability of land allotment and parking arrangement so that it is very concerning for short, medium and long term transportation users. This study aims to provide an alternative parking handling with a parking model on the side of Jalan Kedondong, Andounohu market area in Kendari city. Kedondong road the section without side obstacles experienced a decrease in coefficient and experienced changes in service levels with a coefficient of 0.40. For the parking arrangement planning on Kedondong road with geometric conditions, the lane width is 3.00 meters and the width of the parking arrangement on the road is 1.20 meters and the shoulders are 1.0 meters, so that the effective width of the road is 2 lanes 2 directions, namely 6, 0 meters. From the results of the analysis of the linear regression model, it can be seen that the side friction that affects traffic performance is the side friction during the evening rush with the highest coefficient of determination (R2) of 0.852. By using the equation Y = 0.259 + 0.001 X. Keywords  : Model, On-street parking, Side friction
APLIKASI METODE PIECES DALAM MENGANALISIS KUALITAS LAYANAN PENGGUNA TRANSPORTASI ONLINE MAXIM Kiky Rizky Amaliah; Siti Nurjanah Ahmad; Fathur Rahman Rustan
STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 1 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55679/jts.v9i1.16957

Abstract

ABSTRAKPermasalahan yang timbul dari para Pengguna mengenai kualitas layanan  transportasi online berbasis aplikasi Maxim dan mendapatkan beberapa komplain terkait dengan kinerja maupun harapan oleh pengguna Maxim, mulai dari komunikasi yang kurang tanggap dari pihak Maxim, maupun pelayanan yang kurang memuaskan dari pihak Maxim kepada pengguna. Untuk itu maka penelitian di lakukan dengan tujuan untuk menganalisis kualitas layanan dan mengetahui apakah ada perbedaan kepuasan pengguna Transportasi online Maxim menggunakan metode PIECES framework dan uji chi square dalam menganalisis data. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner  kepada  pengguna dengan teknik random sampling dengan jumlah sampel 97 responden dan tambahan data pelengkap berupa tingkat pendidikan, jenis kelamin ,dan umur pengguna.Hasil penelitian dengan menggunakan metode PIECES dan seluruh variabelnya yang terdiri dari Performance, Information, Economics, Control and Security, Efficiency dan Service semua berada pada kategori Puas, artinya Aplikasi Maxim berperan baik dalam meningkatkan kualitas pelayanan sehingga memberikan rasa puas dan respon positif ke pelanggan. Dan berdasarkan hasil analisa chi square diperoleh tidak adanya perbedaan kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan transportasi online Maxim berdasarkan jenis kelamin dan ada perbedaan kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan transportasi online Maxim pada variabel economycs 1, dan control 5, efficiency 1, service 1 dan service 2 berdasarkan Usia. Kata Kunci : Metode Pieces, Kualitas layanan, Kepuasan penggunaABSTRACTProblems that arise from users regarding the quality of online transportation services based on the Maxim application and getting several complaints related to the performance and expectations of Maxim users, ranging from less responsive communication from Maxim, to unsatisfactory service from Maxim to users. For this reason, research was carried out with the aim of analyzing service quality and knowing whether there were differences in user satisfaction. Maxim online transportation used the PIECES framework method and the chi square test in analyzing data. This research method is carried out by distributing questionnaires to users with a random sampling technique with a sample size of 97 respondents and additional supplementary data in the form of education level, gender, and age of the user.The results of research using the PIECES method and all of its variables consisting of Performance, Information, Economics, Control and Security, Efficiency and Service are all in the Satisfied category, meaning that Maxim application plays a good role in improving service quality so as to provide a sense of satisfaction and positive response to customers. And based on the results of the chi square analysis, it is found that there is no difference in user satisfaction with the quality of Maxim online transportation services based on gender and there are differences in user satisfaction with the quality of Maxim online transportation services on the variables economycs 1, and control 5, efficiency 1, service 1 and service 2 based on Age. Keywords  : Pieces method, Service quality, User satisfaction

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2023): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 11, No 1 (2023): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 3 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 2 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 10, No 1 (2022): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 3 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 2 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 9, No 1 (2021): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 3 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 2 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 8, No 1 (2020): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 3 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 2 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 7, No 1 (2019): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 3 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 3 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 6, No 2 (2018): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 5, No 3 (2017): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 1 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 2, No 1 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 3 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 2 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 1, No 1 (2013): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil More Issue