cover
Contact Name
Mela Aziza
Contact Email
mela.aziza@iainbengkulu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
equation@iainbengkulu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika
ISSN : 25993291     EISSN : 26143933     DOI : -
Core Subject : Education,
Equation Journal is an open-access journal published by State Islamic University of Bengkulu (IAIN Bengkulu) twice in a year (March and September). This journal publishes original articles from literature studies or research results in the field of mathematics education.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2023)" : 10 Documents clear
Description of the Effectiveness of the Implementation Moodle Learning Management System-Based Online Learning Zainuddin Sani; Muhammad Irham; Rizky Fadillah
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : UIN FAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v6i1.9611

Abstract

This study aims to describe how effective the implementation of online learning based on Moodle LMS in the mathematics education study program is with the type of mixed (method research). Quantitative data collection methods using questionnaires and qualitative methods using interviews. The subjects given the questionnaire consisted of all students and lecturers in the mathematics education study program. The subjects interviewed were selected using a purposive sampling consisting of 2 lecturers and 3 students with consideration of the types of courses taught for lecturers and semesters taken for students. Quantitative analysis technique uses descriptive percentage analysis and qualitative data analysis technique uses data reduction, data presentation, and conclusion stages. The results showed that, (1) the implementation of moodle LMS-based online learning in the student's perspective was in the quite effective category with a percentage of 79.78%, (2) the implementation of moodle LMS-based online learning in the lecturer's perspective was also in the quite effective category with a percentage of 66 ,66%.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Hasil Belajar Kalkulus Dasar Lin Suciani Astuti; Munasiah Munasiah Munasiah; Heriyati Heriyati Heriyati
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : UIN FAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v6i1.9910

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran hybrid learning terhadap hasil belajar mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI khususnya pada mata kuliah kalkulus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuisioner penerapan model pembelajaran hybriddan di hitung menggunakan nilai persen, sedangkan pengukuran penguasaan konsep berdasarkan soa-soal kalkulus akhir yang di ujikan pada ujian semester ganjil 2022-2023 dan pertunjukan telah dianalisis terlebih dahulu.Analisis data penayangan yang digunakan adalah Regresi sederhana. Hasil analisis data penelitian membuktikan bahwa (1)Proporsi rata-rata hasil dalam setiap indikator penerapan pembelajaran hybrid, proporsi tertingginya ada pada indikator kemampuan menerapkan model pembelajaran hybrid sebesar 92,77%, kemudian di susul sumber pembelajaran 73,86%, dan yang paling kecil adalah penerapan proses pembelajaran hybrid sebesar 73 ,67%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran hybrid terhadap hasil belajar matakuliah kalkulus, hal ini ditandai dengan besarnya nilai sig kurang dari 0,005 (0,000 < 0,005) dan t hitung sebesar 4,291 .Oleh karena itu semakin sering menerapkan model pembelajaran hybrid dalam pembelajaran kalkulus maka akan berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar mata kuliah kalkulus tersebut secara signifikan. Pengaruh penerapan pembelajaran hybrid (X) terhadap hasil belajar mata kuliah kalkulus (Y) adalah sebesar 81,4% sedangkan 18,6% hasil belajar kalkulus dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dapat diteliti. Sehingga terlihat data yang ada.
Model Problem based learning (PBL) dan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Ahmad Lutfi
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : UIN FAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v6i1.9759

Abstract

ABSTRAKPentingnya matematika disatu pihak belum didukung oleh fakta tentang keberhasilan proses dan hasil belajar matematika siswa, khususnya di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) belum memperoleh hasil yang menggembirakan. Terlebih lagi melalui pembelajaran matematika terdapat banyak kemampuan afektif siswa yang dapat di kembangkan. Salah satunya kemampuan berfikir kreatif. Apabila digunakan model pembelajaran yang tepat di kelas maka kemampuan berpikir kreatif matematika siswa berdasarkan aspek fluency (lancar), flexibility (luwes),  dan elaborasi (memperinci) akan semakin meningkat. Hal ini terbukti dari hasil penelitian dalam artikel ini bahwa Dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMAN 1 Kasihan Bantul pada kompetensi  menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variable, dengan kegiatan pembelajarannya adalah memecahkan masalah sehari-hari dengan menggunakan metode grafik, subtitusi, eliminasi dan gabungan subtitusi dan eliminasi. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang menunjukkan adanya peningkatan nilai dari setiap siklus. Dimana pada siklus I diperoleh rata-rata 59,84 dan peningkatan terjadi pada siklus II dengan rata-rata  mencapai 80,06. Artinya peningkatan antara siklus I dengan siklus II adalah sebesar 20,22.
Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flip Pdf Professional Pada Materi Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar Apriliana Ayu Putri; Rahmi Rahmi Rahmi; Melisa Melisa Melisa
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : UIN FAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v6i1.9506

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul berbasis aplikasi flip pdf professional yang valid dan praktis pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X TPM 3 SMKN 5 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Tahap Pendefenisian (Define), Tahap Perancangan (Design), Tahap Pengembangan (Develop), Tahap Peyebarluasan (Disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar angket uji praktikalitas. Berdasarkan hasil penilaian validator oleh ahli media dan ahli materi diperoleh persentase penilaian akhir kevalidaan e-modul berbasis aplikasi flip pdf professional 90,19% dengan kategori sangat valid. Hasil akhir uji coba kepraktisan dengan guru matematika dan peserta didik diperoleh persentase 87,48% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis aplikasi flip pdf professional pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan oleh guru dan peserta didik.Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul, Flip PDF Professional, bilangan berpangkat dan bentuk akar
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII DITINJAU DARI MINAT BELAJAR Nurul Sya&#039;diyah; Mulia Suryani; Hamdunah Hamdunah
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : UIN FAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v6i1.8256

Abstract

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Aftriyati, dkk (2020) faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah peserta didik salah satunya adalah minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini dipilih secara purposive sampling yang berasal dari kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Kecamatan Payakumbuh. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes, angket, dan wawancara. Hasil tes dianalisis berdasarkan indikator pemecahan masalah menurut Polya yang ditinjau dari hasil angket minat belajar. Berdasarkan hasil penelitian  peserta didik dengan kategori minat belajar tinggi pada indikator memahami masalah diperoleh persentase sebesar 25%, merencanakan penyelesaian 0%, melaksanakan rencana 62,5% dan memeriksa kembali 0%. Peserta didik dengan kategori minat belajar sedang pada indikator memahami masalah diperoleh persentase sebesar 25%, merencanakan penyelesaian 0%, melaksanakan rencana 50% dan memeriksa kembali 0%. Peserta didik dengan kategori minat belajar rendah pada indikator memahami masalah diperoleh persentase sebesar 14%, merencanakan penyelesaian 0%, melaksanakan rencana 54% dan memeriksa kembali 0%.Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Minat Belajar, Matematika
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Namira Salsabila; Radhya Yusri; Hamdunah Hamdunah
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : UIN FAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v6i1.10079

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Hubungan interaksi aktif antara guru dengan siswa kurang terwujud dengan baik mengakibatkan pembelajaran kurang berjalan dengan lancer sehingga berimplikasi pada hasil belajar matematika siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe group investigationmerupakan model pembelajaran yang memprioritaskan siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 5 Padang. Metode penelitian ini adalah pre-eksperimen, dengan desain penelitian adalah one shot case study. Teknik pengambilan subjek penelitian adalah purposive sampling, sehingga dipilih kelas XI TKJ 1 dengan jumlah 33 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif data hasil belajar siswa dan analisis statistika inferensial berupa analisis tes prasyarat. Tes prasyarat dibagi dua bagian yaitu uji normalitas dan uji regresi linier sederhana, dilanjutkan dengan uji determinasi dan uji hipotesis untuk memvalidasi hipotesis dengan uji-t. berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh thitung=3,76 dan ttabel=2,04 dengan thitung>ttabel maka tolak H0 pada taraf nyata ( ) 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 5 Padang.
ANALISIS KONSEP MATEMATIKA DALAM AL-QURAN Noperta Noperta
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : UIN FAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v6i1.8433

Abstract

Matematika yang diajarkan di sekolah tidak mengaitkan dengan masalah yang berkaitan dengan kehidupan siswa. Padahal matematika merupakan ilmu yang dapat di implementasikan dalam kehidupan. Konsep matematika juga terdapat dalam Al-Quran yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konsep-konsep matematika yang terdapat dalam Al-Quran agar dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Studi Pustaka. Sumber data dalam penelitian ini yaitu AL-Quran dan Artikel. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara dokumentasi dengan cara mengumpulkan artikel-artikel yang mengaitkan matematika dengan ayat-ayat Al-Quran. Hasil penelitian menunjukkan banyak konsep matematika yang terkandung dalam AL-Quran diantranya, Bilangan, FPB dan KPK, Himpunan, Geometri, Barisan, Logika, Statistika, Persamaan Garis Lurus.  Sehingga pembelajaran matematika dapat diintegrasikan dengan nilai-nilai atau ayat-ayat Al-Quran. Pembelajaran matematika yang diintegrasikan dengan Ayat-Ayat Al-Quran juga dapat meningkatkan kemampuan matematis dan karakter siswa.
Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbantuan Cabri 3D Materi Kubus dan Balok Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Padang Rosanti Cempaka Dewi; Khairudin Khairudin; Yusri Wahyuni; Fauziah Fauziah
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : UIN FAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v6i1.9046

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika berbantuan cabri 3D pada materi kubusdan balok yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yangterdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini meliputiuji validitas ahli materi dan ahli media oleh dosen pendidikan matematika Universitas Bung Hatta dan uji praktis di SMP Negeri 10 Padang. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru matematika kelas VIII dan 3 orang siswa kelas VIII.1. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan tiga tingkat pemahaman siswa yaitu tingkat tertinggi, tingkat sedang, dan tingkat terendah yang dipilih oleh guru matematika kelas VIII.1. Hasil akhir yang diperolehdari ahli materi dengan persentase sebesar 94,64% dengan keterangan bahwa modul pembelajaran sangat validsetelah direvisi. Hasil akhir yang diperoleh dari ahli media dengan persentase sebesar 77,78% dengan keteranganbahwa modul pembelajaran valid setelah direvisi. Hasil akhir yang diperoleh dari uji coba produk oleh 1 orang gurumatematika kelas VIII dengan persentase sebesar 87,50% dengan keterangan bahwa modul pembelajaran sangatpraktis dan uji coba produk oleh 3 orang siswa kelas VIII.1 dengan persentase sebesar 87,50% dengan kriteriasangat praktis. Hasil ini menyimpulkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan sudah layak digunakanpada pembelajaran matematika materi Kubus dan Balok.
IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS II Nina Indriani; Siti Rodliyah Eka Agustina; Achmad Haqqul Yaqin; Puput Restyanggi S
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : UIN FAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v6i1.9513

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa madrasah ibtidaiyah kelas II melalui implementasi media pembelajaran flashcard. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas selama dua siklus. Data yang dihimpun yaitu data hasil belajar materi bangun datar dan data observasi guru serta siswa melalui instrumen tes, observasi siswa dan guru, serta dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas II A MINU Wedoro berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar melalui implementasi media flashcard. Nilai ratarata siswa saat pra siklus sebesar 65 dengan persentase ketuntasan 41%. Siklus I rata-rata nilai siswa menjadi 72 dengan persentase ketuntasan mencapai 65%. Pada siklus II, rata-rata nilai siswa menjadi 85 dan persentase ketuntasan mencapai 93%.
Penerapan Model PembelajaranCollaborative Creativity (CC) Untuk MengoptimalkanKeterampilanKomunikasi(Communication) Pada Pembelajaran Matematika SiswaKelas IX SMPN 1 KecamatanLuakKabupaten Lima Puluh Kota Siti Syarifah Rahmadhani; Rahmi Rahmi; Hafizah Delyana; Melisa Melisa
Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : UIN FAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29300/equation.v6i1.7885

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenerapan model pembelajaranCollaborative Creativity (CC)terhadapketerampilankomunikasidalampembelajaranmatematikasiswakelas IX SMPN 1 KecamatanLuakKabupaten Lima Puluh Kota.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimenmurni (True Experimental) denganrancangancontrol-group post-test only designdengansubyekpenelitianrandom sampling. Temuandalampenelitianinimenunjukkanbahwakelas yang diajardengan model pembelajaranCollaborative Creativity (CC)memilikiskor rata-rata 80,21dankelas yang diajardengan model pembelajarankonvensionalmemilikiskor rata-rata 67,82. Hasilujihipotesisdiperolehhasil dan  pada dan , karena  maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan komunikasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Collaborative Creativity (CC)lebihbaikdaripadamenggunakan model pembelajarankonvensional.

Page 1 of 1 | Total Record : 10