cover
Contact Name
Lativa Qurrotaini
Contact Email
qurrota29@umj.ac.id
Phone
+6285646497123
Journal Mail Official
holostika@umj.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Ilmu Pendidikann UMJ Jl. KH Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
ISSN : 25796151     EISSN : 26148242     DOI : https://doi.org/10.24853
Core Subject : Education,
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta sejak 2017 (versi cetak), dan mulai dionlinekan pada tahun 2018.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2021)" : 9 Documents clear
EVALUASI HASIL AKREDITASI SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH DKI JAKARTA Dinihari, Yulian; Suseno, Muchlas; Setiadi, Samsi
Jurnal Holistika Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKAkreditasi sekolah adalah proses penilaian secara komperhensif terhadap kelayakan dan kinerja suatu program Pendidikan, tetapi jarang ditemukan penelitian tentang akrdeitasi. Maka dari itu, peneliti mengambil peneltian ini dengan tujuan untuk memperoleh informasi tentang hasil akreditasi BAN Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidayah DKI Jakarta dari mulai sasaran sampai dengan permasalahan implementasi akreditasi. Dalam melaksanakan akreditasi sekolah/madrasah BAN-S/M dibantu oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Provinsi (BAN-S/M Provinsi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan model evaluasi CSE-UCLA (Center for the Study of Evaluation- University of California in Los Angeles). Subjek penelitian meliputi Sekretaris terpilih BAN S/M 2019, asesor, dan sekretariat BAN S/M yang merupakan bagian dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata ketercapaian akreditasi berhasil dari sisi kinerja mencapai sebanyak 99,59%. Sehingga termasuk dalam kategori tinggi. Dari hasil tersebut sebanyak dari total 650 SD yang diakreditasi menunjukkan 572 SD atau setara 88.00 % mendapatkan peringkat A, sebanyak 71 SD atau setara 10.92 % mendapatkan peringkat B, sebanyak 6 SD atau setara 0.92 % mendapatkan peringkat C, serta masih ada 1 SD atau setara 0.16 % yang masih mendapatkan peringkat Tidak Terakreditasi (TT). Maka dari perhitungan tersebut akreditasi Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah masuk dalam kategori memuaskan.Kata kunci: Evaluasi Program, Hasil Akreditasi, Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah
EFEKTIVITAS KARTU KUARTET TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV Samsiyah, Siti; Hermansyah, Hermansyah; Kuswidyanarko, Arief
Jurnal Holistika Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKKemampuan pemahaman merupakan suatu informasi yang diberikan kepada siswa berupa materi pembelajaran. Salah satu alternatif untuk memahami materi pembelajaran dengan media pembelajaran yang menarik yaitu media kartu kuartet. Kartu kuartet adalah media dalam bentuk permainan meliputi: beberapa jumlah kartu bergambar yang memiliki keterangan mengenai gambar tersebut dengan cara mengelompokkan 4 kartu dengan sub judul berbeda-beda. Tujuan penelitian untuk mengetahui mengetahui keefektifan penggunaan kartu kuartet terhadap kemampuan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV. Subjek penelitian adalah kelas IV.B dan IV.C di SDN 09 Tanjung Batu. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode eksperimen dengan jenis penelitiannya yaitu True eksperimental design serta bentuk desain Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian terlihat setelah dilakukan pretest, treatment, posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga didapat hasil perhitungan Independent sampel t-test diperoleh nilai signifikan = 0,00 maka nilai signifikan 0,00 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima.Kata kunci: Kemampuan Pemahaman, Kartu Kuartet
TREN PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DALAM PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SEKOLAH DASAR Santosa, Imam; Nurkhamidah, Neni; Arianti, Theresia
Jurnal Holistika Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPerkembangan teknologi telah mempengaruhi setiap aspek, terutama dalam bidang pendidikan. Hal ini juga merangsang guru untuk menggunakan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meninjau penggunaan teknologi, khususnya teknologi pembelajaran dalam kegiatan pengajaran. Keterbatasan dari tinjauan ini adalah penggunaan teknologi pembelajaran yang digabungkan dengan pengajaran kosa kata untuk sekolah dasar. Metode Tinjauan Literatur sistematis digunakan dalam penelitian ini dengan menerapkan pendekatan empat fase yang serupa yaitu pencarian, filter, dan kelayakan, dan kueri/pencarian, filter, kelayakan, dan inklusi. Berdasarkan pendekatan empat tahap, 31 artikel dari 996 telah disaring yang memenuhi persyaratan penggunaan teknologi pembelajaran dalam pembelajaran Kosakata dari sekolah dasar. hasil tinjauan penelitian sebelumnya menyatakan bahwa bentuk teknologi yang diterapkan dalam pembelajaran kosakata adalah perangkat pembelajaran yang meliputi video game, AR, tablet, dan aplikasi aplikasi yang dibentuk oleh peneliti dengan tujuan untuk meningkatkan pembelajaran kosakata. Selanjutnya dalam bentuk sumber belajar, YouTube merupakan sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran kosakata bahasa asing di sekolah dasar. Hal menarik lainnya, tipe lingkungan belajar yang menerapkan teknologi sangat jarang diterapkan. Satu studi membahas bagaimana kahoot dan duolinggo diterapkan sebagai lingkungan belajar dalam pembelajaran kosa kata. Dan tipe yang terakhir yaitu teknologi dalam metode pembelajaran tidak ada dalam proses pembelajaran kosakata bahasa asing. Hasil penelitian ini dapat memberikan pandangan baru dalam penggunaan audiovisual pada pembelajaran kosakata Bahasa asing disekolah dasar.Kata kunci: SLR, Teknologi, Kosakata, Teknologi pendidikan
PEMBELAJARAN ONLINE MEMAKAI ZOOM MEETING DI FIP UMJ Zulfitria, Zulfitria; Dewi, Happy Indira; Susanto, Ahmad
Jurnal Holistika Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatar belakangi adanya wabah virus Covid-19 sehingga setiap sekolah maupun universitas melakukan sistem pembelajaran online. Aplikasi yang digunakan ialah zoom meeting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) respon mahasiswa tentang mudah tidaknya mengakses zoom meeting, 2) respon mahasiswa tentang paham tidaknya materi yang disampaikan dalam pembelajaran dengan zoom meeting, 3) respon mahasiswa efektif tidaknya pembelajaran dengan zoom meeting, dan 4) respon mahasiswa setuju tidak dalam penggunaan zoom meeting selama pembelajaran. Penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik survey berupa wawancara dan pengisian pertanyaan secara online yang diberikan kepada mahasiswa semester 3 ESD sebanyak 34 orang pada semester genap 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 85,2% mahasiswa menyatakan kemudahan mengakses zoom meeting, 73,5% mahasiswa menyatakan paham ketika materi pembelajaran dengan zoom meeting, 70,5% mahasiswa menyatakan perkuliahan lebih efektif dengan zoom meeting, dan 64,95% mahasiswa setuju dalam penggunaan zoom meeting selama perkuliahan.Kata kunci: pembelajaran online, zoom meeting
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Saputra, Yuda Ardi; Susilowati, Ayu Rizki
Jurnal Holistika Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang melibatkan beberapa disiplin ilmu dan dikemas dalam satu tema. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik melalui model problem based learning pada siswa kelas IV SD Negeri Srirahayu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dan uraian dengan analisis statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar tematik di beberapa muatan pelajaran, kecuali IPA. Pada siklus II, terjadi peningkatan hasil belajar tematik di semua muatan pelajaran. Pada siklus III peningkatan hasil belajar di beberapa muatan pelajaran seperti Bahasa Indonesia, PKN dan IPS yang memperoleh peningkatan sebesar 100%. Untuk muatan IPA pada siklus III ini memperoleh peningkatan sebesar 90%, sedangkan untuk SBdP adalah 95%. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri Srirahayu.Kata kunci: Problem Based Learning Model (PBL); Tematik; Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI APLIKASI EDUKASI QUIZIZZ PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN SD UMJ Nurmalia, Laily; Lutfi, Lutfi; Rosmi, Fitria; Emorad, Anisa Ihza
Jurnal Holistika Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan aplikasi quizizz di mata kuliah Perkembangan Pendidikan SD. Penelitian ini memiliki populasi 80 mahasiswa PGSD yang mengikuti mata kuliah Perkembangan Pendidikan SD. Metode penelitian menggunakan adalah action research yang terdiri dari dua siklus. Instrument pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan motivasi belajar mahasiswa..Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapatkan hasil yang diperoleh melalui prasiklus, siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yang signifikan. Dari prasiklus mahasiswa belum ada motivasi belajar pada mata kuliah Perkembangan Pendidikan SD dan mahasiswa banyak yang belum mengetahui aplikasi quizizz Pada siklus I mahasiswa sudah sedikit termotivasi pada perkuliahan Perkembangan Pendidikan SD dan mahasiswa masih ada 50 mahasiswa belum bias menggunakan aplikasi quizizz. Pada siklus II motivasi belajar mahasiswa sangat meningkat dan semua mahasiswa sudah bias menggunakan aplikasi quizizz.Kata kunci:Motivasi belajar, Quizizz, Perkembangan Pendidikan SD
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR Adiputra, Dede Kurnia; Heryadi, Yadi
Jurnal Holistika Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPada kegiatan pembelajaran IPA, banyak sekali kegiatan yang mengharuskan siswa berpikir secara kritis, aktif serta kreatif. Pembelajaran yang menarik bagi siswa merupakan suatu yang harus dilakukan agar pembelajaran tersebut lebih bermakna. Dalam menyajikan pembelajaran di kelas guru tidak hanya sekedar menyampaikan materi dengan menggunakan metode atau dengan strategi saja, tetapi juga guru dituntut untuk menguasai beberapa model pembelajaran. Pada kenyataannya, model yang sering digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran adalah model klasikal. Model pembelajaran ini sebaiknya harus diubah oleh guru agar proses pembelajaran lebih baik dan bermakna. Peningkatan hasil belajar serta efektivitas pada proses pembelajaran IPA telah dilakukan melalui berbagai upaya, salah satu dari upaya tersebut adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif TGT. Model pembelajaran kooperatif dirancang untuk mendidik kerja sama kelompok dan interaksi antar siswa. Sehingga perlu adanya analisis kembali secara keseluruhan dalam sebuah penelitian untuk melihat seberapa besar peningkatan pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar serta bagaimana proses pembelajaran tersebut dilakukan di SD. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis Systematic Literatur Review (SLR). Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT pada mata pelajaran IPA di SD sangat besar. Sehingga model kooperatif TGT sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT, Hasil Belajar, IPA
PENGARUH PENILAIAN KONTINU TEHADAP SIKAP DAN KEMAMPUAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MI PEMBANGUNAN UIN JAKARTA Muttaqillah, Muttaqillah
Jurnal Holistika Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKSebenarnya penelitian ini dimaksudkan untuk mencari rumusan baru tentang penilaian, dan bertujuan untuk mendapatkan apresiasi pembaca lalu memberikan masukan kepada penulis. Kupasan ini pada akhirnya akan menampilkan sikap-sikap siswa terhadap pembelajaran yang meliputi keinginan guru dan siswa serta implementasinya di lapangan. Maka akan tergambar hal-hal yang sebenarnya bagaimana keinginan siswa dan guru dalam penilaian dan kenyataannya di lapangan sebagai pembuktian, serta menginformasikan apresiasi siswa atas penilaian yang dilakukan guru bahasa Indonesia pada sebuah sekolah di Jakarta, yaitu Madrah Ibtidaiyah Pembangunan UIN Jakarta.Kata kunci: Pengaruh Penilaian Kontinu
PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR IPS Rahmani, Anggi; Ratnasari, Dine Trio; Afrida, Tjut
Jurnal Holistika Vol 5, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKTujuan peneliti ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kegiatan pembelajaran menggunakan media audio visual dalam menumbuhkan minat belajar IPS. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa siswa ketika belajar IPS lebih asik dengan dirinya sendiri, tidak memperhatikan guru dan acuh terhadap teman yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar IPS siswa masih rendah. Dengan media audio visual diharapkan dapat menumbuhkan minat belajar IPS, karena dengan penerapan media audio visual dapat menyisipkan karakter agar siswa bisa merubah kebiasaannya dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Penelitian ini dilakukan di Kp. Daleum Pasir Ds. Kadu Agung Timur Kec. Cibadak. Metode penelitian menggunakan metode deskriftif kualitatif yaitu metode penelitian yang menggambarkan karakteristik fenomena yang sedang diteliti. Fokus utamanya adalah menjelaskan objek penelitiannya, sehingga menjawab apa peristiwa atau apa fenomena yang terjadi. Subjek penelitian ini adalah 5 orang siswa, yaitu 4 orang siswa laki-laki dan 1 orang siswa perempuan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menumbuhkan minat belajar IPS melalui media audio visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan media audio visual dapat menumbuhkan minat belajar IPS.Kata kunci: Minat Belajar, Media Audio Visual, IPS

Page 1 of 1 | Total Record : 9