cover
Contact Name
Sukma Yudistira
Contact Email
sukma.yudistira@fpp.unp.ac.id
Phone
+6281315465121
Journal Mail Official
jpk@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Kampus Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang Jalan Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang Sumatera Barat. 25131
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Keluarga
ISSN : 20854285     EISSN : 25499823     DOI : https://doi.org/10.24036/jpk
Jurnal Pendidikan Keluarga (JPK) is a scientific journal for publishing research results and critical reviews of knowledge that have not been published in other journals in the scope of vocational education and science in the fields of food, fashion, beauty and cosmetics by researchers and practitioners. The focus and scope of the journal consists of:(1) Culinary; (2) Design Fashion; (3) Beauty and Cosmetics (4) Vocational Education; (5) Tourism; and (6) Hospitality Management
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2016): Vol 8 No 2 (2016)" : 9 Documents clear
YL KONSUMSI MAKANAN ANAK BALITA DI DESA TANJUNG TANAH KECAMATAN DANAU KERINCI KABUPATEN KERINCI PROVINSI JAMBI Yuliana Yuliana
JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA Vol 8 No 2 (2016): Vol 8 No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpk/vol8-iss2/4

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsumsi makanan anak balita yang dilihat dari menu makanan, frekuensi, porsi dan cara pemberian makan. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan data kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak balita dan teknik penentuan informan secara snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menu makanan anak balita belum mengacu pada konsep menu standar AB3 (Aman, Beragam, Bergizi, Berimbang). Frekuensi pemberian makan pada anak balita di Desa ini umumnya tiga kali sehari dengan jadwal makan yang tidak teratur. Porsi makan yang diberikan pada anak balita, yaitu nasi berkisar 30-200 g, porsi lauk-pauk sebanyak 50 g, sayuran sebanyak 20-30 g. Porsi buah sebanyak 100 g dan porsi susu sebanyak 1-3 gelas ( 200 ml). Cara pemberian makan pada anak balita di Desa Tanjung Tanah belum sesuai dengan anjuran DepKes RI.
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE BELAJAR AKTIF TIPE BERBAGI PENGETAHUAN SECARA AKTIF PADA SISWA KELAS XI IPA3 SMA NEGERI 1 LUBUK BASUNG Egi Novetri
JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA Vol 8 No 2 (2016): Vol 8 No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertolak dari adanya masalah yang teridentifikasi pada pembelajaran matematika kelas XI IPA3 , yaitu: siswa kurang aktif dalam mengerjakan latihan, siswa kurang aktif berdiskusi dengan teman, hasil belajar matematika siswa masih rendah, dan belum optimalnya metode belajar aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui metode belajar aktif dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di XI IPA 3 SMA Negeri 1 Lubuk Basung dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan/observasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari dua macam yaitu analisis aktivitas dan tes hasil belajar dengan pendekatan kuantitatif. Pada siklus I rata-rata persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 7,8%. Pada pertemuan pertama rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 65,2% naik menjadi 73% dengan kategori tingkat keberhasikan aktivitas :Berhasil. rata-rata nilai yang diperoleh siswa masih di atas KKM yang telah ditetapkan di SMA N 1 Lubuk Basung yaitu 62 . Jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan dalam tes akhir pada siklus pertama ini hanya 23 orang (67,6%). Pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 4,7%. Pada pertemuan pertama rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 82,9% naik menjadi 87,6% dengan kategori tingkat keberhasikan aktivitas : Sangat Berhasil. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa sudah di atas KKM yang ditetapkan di sekolah yaitu 62. Ditemukan siswa yang sudah tuntas belajar ada sebanyak 27 orang (79,4%). Hal ini menunjukkan bahwa akibat tindakan yang diberikan pada siklus kedua telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
DI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) PADA SISWA KELAS XI.IA1 SMA NEGERI 1 TANJUNG RAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015/2016 DEDY IRWAN
JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA Vol 8 No 2 (2016): Vol 8 No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran matematika di kelas XI.IA1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya, dimana siswa tidak optimal menyerap materi pelajaran. Oleh karena itu untuk mengoptimalkan proses pembelajaran matematika perlu dilaksanakan penyajian materi matematika sebaik mungkin sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan. Salah satu strategi pembelajaran yang cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan strategi Missouri Mathematics Project (MMP). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanjung Raya dengan subjek penelitian adalah kelas XI.IA1 yang berjumlah 25 orang siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, pengamatan atau lembaran observasi serta instrumen-instrumen lain penunjang penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dalam pembelajaran matematika di kelas XI.IA1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa (aspek kognitif, afektif, dan psikomotor) di kelas XI.IA1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) menunjukkan peningkatan yang signifikan, dimana pada siklus I nilai yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 68% dengan nilai rata-rata siswa 66, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 82 dan ketuntasan 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas XI.IA1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya.
MOTIVASI MAHASISWA DENGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SMA MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI FAKULTAS PARIWISATA DAN PERHOTELAN Elida Elida
JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA Vol 8 No 2 (2016): Vol 8 No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini berawal dari pengamatan terhadap mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA/MA yang jumnlahnya makin lama makin berkurang Pada Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mendreskipsikan dan mengetahui faktor-faktor motivasi mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA/MA memilih program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA/MA memilih program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang berjumlah 154 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proposional Random Sampling berjumlah 61 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan mengunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskriptif dengan metode pengkategorian penilaian berdasarkan rerata skor dan persentase penilaian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa motivasi mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA/MA memilih Program Studi Pendidikan Kesejahteraan keluarga secara keseluruhan termasuk dalam kategori tinggi. Dengan faktor indikator ekstrinsik lebih tinggi dibandingkan faktor intrinsik dengan sub indikator tertinggi yaitu faktor keluarga lalu lingkungan sosial, kebutuhan, sarana dan prasarana, tujuan, dan yang terakhir adalah keinginan.
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIRED STORYTELLING PADA KELAS XII.A1 SMA NEGERI 1 TANJUNG RAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015/2016 Restiti Restiti
JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA Vol 8 No 2 (2016): Vol 8 No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini berawal dari permasalahan dalam keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Inggris di kelas XII.A1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya, dimana sebagian besar siswa siswa memiliki kemampuan yang rendah dalam berbicara Bahasa Inggris, baik dari pelafalan, tata bahasa (grammar) dan kosa kata (vocabulary). Siswa masih mengalami kebingungan, apa yang harus mereka katakan pada saat berbicara lisan. Sehingga proses belajar mengajar dirasakan berjalan kurang kondusif. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Inggris diterapkan Model Cooperative Learning Tipe Paired Strorytelling pada siswa kelas XII.A1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XII.A1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya yang berjumlah 23 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Inggris yang telah dilaksanakan di kelas XII.A1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Paired Strorytelling menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 61% dengan nilai rata-rata siswa 68, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan ketuntasan mencapai 86% dan nilai rata-rata siswa 82. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Paired Strorytelling dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa kelas XII.A1 SMA Negeri 1 Tanjung Raya.
PENGARUH DISIPLIN TERHADAP KINERJA KARYAWAN HOTEL GRAND INNA MUARA PADANG Feri Ferdian
JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA Vol 8 No 2 (2016): Vol 8 No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahya disiplin karyawan Hotel Grand Inna Muara Padang yang terlihat dari tidak dipatuhinya jam kerja kantor dengan dibuktikan karyawan yang datang terlambat dan karyawan sering tidak berada pada bagiannya masing-masing saat jam kerja terlebih pada saat pimpinan tidak ada ditempat. Peneliti juga menemukan masalah terkait kinerja karyawan dilihat dari sisi pencapaian tingkat hunian kamar yang belum sesuai harapan manajemen hotel. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh disiplin terhadap kinerja karyawan Hotel Grand Inna Muara Padang. Populasi adalah seluruh karyawan hotel dengan jumlah populasi sebanyak 130 orang, sampel diambil dengan teknik purposive or judgemental sampling dengan jumlah sampel 98 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk menganalisis pengaruh variabel Exogenous (penyebab), terhadap variabel Endogenous (akibat). Hasil penelitian menunjukan bahwa kontribusi variabel disiplin terhadap kinerja karyawan Hotel Grand Inna Muara Padang yaitu sebesar 6,2%. Hal ini berarti semakin baik disiplin karyawan dilihat dari absensi/kehadiran, taat pada kewajiban dan tugas, dan bekerja sesuai prosedur maka akan meningkatkan aktivitas kerja sehingga kinerja yang diharapkan tercapai.
UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY TERBIMBING PADA SISWA KELAS X.6 SMA NEGERI 1 TANJUNG RAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015/2016 Rifkaningsih Rifkaningsih
JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA Vol 8 No 2 (2016): Vol 8 No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini berawal dari permasalahan dalam pembelajaran kimia di kelas X.6 SMA Negeri 1 Tanjung Raya, dimana sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran kimia, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa pun rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia digunakan Metode Discovery Terbimbing pada siswa kelas X.6 SMA Negeri 1 Tanjung Raya.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X.6 SMA Negeri 1 Tanjung Raya yang berjumlah 32 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan.Hasil penelitian dari setiap siklus pembelajaran kimia yang telah dilaksanakan dengan menggunakan Metode Discovery Terbimbing menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 53% dengan nilai rata-rata siswa 68, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 80 dan ketuntasan 81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Discovery Terbimbing berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia di kelas X.6 SMA Negeri 1 Tanjung Raya.
PEMANFAATAN PANGAN LOKAL SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN BALITA PENDEK (STUNTING) DI SUMATERA BARAT Kasmita Kasmita
JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA Vol 8 No 2 (2016): Vol 8 No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Masalah kesehatan balita di Sumatera Barat, salah satunya stunting, perlu mendapat perhatian serius. Prevalensi balita stunting 27,7 %, merupakan masalah kesehatan masyarakat yang harus segera dicarikan jalan keluarnya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan pangan lokal di daerah masing-masing, sebagai sumber zat gizi yang murah dan mudah di peroleh masyarakat setempat. Hal ini merupakan salah satu cara agar kekurangan gizi kronis yang dialami balita dapat diatasi.
UPAYA PENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR GEOGRAFI MELALUI TEKA TEKI SILANG PADA SISWA KELAS X1 1 SMA NEGERI 1 LUBUK BASUNG Ervawati Ervawati
JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA Vol 8 No 2 (2016): Vol 8 No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertolak dari adanya masalah yang teridentifikasi pada pembelajaran geografi kelas XI SMA , yaitu: rendahnya prestasi belajar geografi siswa dalam penguasaan materi dipengaruhi oleh pendekatan pembelajaran yang mengabaikan keheterogenan siswa.Atas dasar pengalaman yang berbeda dari masing-masing siswa maka muncullah heterogenitas dalam hal bakat, kemampuan awal, kecerdasan, motivasi dan dalam hal lainnya. Maka guru perlu menciptakan suasana kelas yang ber nuansa kolaborasi. Salah satu kemasan pembelajaran yang memiliki aspek kolaborasi dan kreatif adalah kemasan pembelajaran yang berorientasi pada pelaksanaan tes diberikan oleh guru kepada peserta didik di akhir proses pembelajaran.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Lubuk Basung dengan subjek penelitian adalah kelas XI I yang berjumlah 36 orang siswa. Alat pengumpul data dilaksanakan lembar diskusi Siswa yaitu LDS yang berisi petunjuk bagi siswa dalam belajar dan bekerja dan lembar observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari dua macam yaitu analisis aktivitas dan rata- rata kelas setiap tes kecil serta rata- rata ulangan harian.. Hasil observasi yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas belajar siswa dari siklus ke siklus dengan indikator banyaknya siswa yang bertanya. Pada siklus I jumlahwa yang bertanya 5 orang (14 %), mengeluarkan pendapat 5 orang (14 %) sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan yang mengajukan pertanyaan 12 orang (30 %) dan yang mengeluarkan pendapat 10 orang (25 %).

Page 1 of 1 | Total Record : 9