cover
Contact Name
Rudi Ritonga
Contact Email
rudi_ritonga@trilogi.ac.id
Phone
+6285265868613
Journal Mail Official
-
Editorial Address
JL. TMP. Kalibata No. 1 Jakarta Selatan
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP)
Published by Universitas Trilogi
ISSN : -     EISSN : 26147491     DOI : https://doi.org/10.31326/jmp-ikp
Core Subject : Education,
JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT ILMU KEGURUAN DAN PENDIDIKAN terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan September berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian danpengabdian kepada masyarakat.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)" : 8 Documents clear
DAMPAK PELATIHAN KETERAMPILAN MANAJEMEN PROYEK PADA LEMBAGA SOSIAL MASYARAKAT (LSM) Diah Andika Sari; Tjahjo Suprajogo; Agus Yuniawan Isyanto; Adiyati Fathu Roshonah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 3, No 1 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran masyarakat didalam membantu pemerintah didalam pembangunan dan Pendidikan sudah tak bisa dipungkiri lagi. Keterbatasan SDM yang ada dalam hal kompetensi dan keterampilan manajerial menjadi hal yang perlu mendapat perhatian. NAMA Foundation melalui NICE Foundation menjawab keterbatasan ini dengan memberikan pelatihan tentang manajemen proyek, yang diberikan kepada 10 lembaga Sosial Masyarakat (LSM) yang berlokasi di sekitar Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Subang Jawa Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi apakah program pelatihan untuk  peningkatan kapasitas Lembaga didalam mengelola kegiatan/manajemen proyek yang diberikan kepada LSM tersebut berdampak positif kepada LSM. Hasil penelitian ini merupakan hasil evaluasi pelatihan pada level 1, dari  empat level metode penelitian evaluasi Kirkpatrick, yang terdiri dari level 1: reaksi, level 2 belajar, level 3 perilaku, dan level 4 hasil. Dari  hasil penelitian ini didapatkan bahwa reaksi peserta pelatihan terhadap pelatihan manajemen proyek yang diselenggarakan oleh NAMA Foundation melalui NICE Foundation Indonesia ini sangat positif dan bermanfaat untuk mereka, sehingga mereka berharap akan kelangsungan program tersebut.
SOSIALISASI PENILAIAN KINERJA GURU DI SD/TK MUTIARA HATI KOTA TANGGERANG Robiatul Munajah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 3, No 1 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v3i1.609

Abstract

Kegiatan Pengabdian masyarakat ini bertujuan dalam memberikan penjelasan tentang sosialisai penilaian kinerja guru di SD/TK mutiara hati kota tanggerang. Penilaian Kinerja Guru atau biasa disingkat PKG atau PK Guru adalah penilaian yang dilakukan terhadap setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Pelaksanaan tugas utama guru tidak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang guru dalam penguasaan dan penerapan kompetensinya. Kegiatan Pengabdian masyarakat yang berbentuk pelatihan sosialisasi tentang penilaian kinerja guru di SD/TK mutiara hati kota tanggerang bertujuan: Menentukan tingkat kompetensi seorang guru; Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja guru dan sekolah; Menyajikan suatu landasan untuk pengambilan keputusan dalam mekanisme penetapan efektif atau kurang efektifnya kinerja guru; Menyediakan landasan untuk program pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru; Menjamin bahwa guru melaksanakan tugas dan tanggung-jawabnya serta mempertahankan sikap-sikap yang positif dalam mendukung pembelajaran peserta didik untuk mencapai prestasinya; Menyediakan dasar dalam sistem peningkatan promosi dan karir guru serta bentuk penghargaan lainnya.
PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAUD DI KECAMATAN CABANG BUNGIN KABUPATEN BEKASI Henny C Mamahit; Caroline Lisa Setia Wati; Sri Hapsari Wijayanti
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 3, No 1 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v3i1.605

Abstract

Di Kecamatan Cabang Bungin Kabupaten Bekasi terdapat lima belas Lembaga pendidikan PAUD nonformal. Setiap PAUD rata-rata mempunyai empat guru, dengan rata-rata siswa tiga puluh orang. Latar belakang pendidikan guru adalah tidak semua berlatar pendidikan PAUD. Masih banyak di antara mereka berpendidikan SMA. Dari bincang-bincang dengan Ketua HIMPAUDI di kecamatan tersebut beberapa guru tidak memiliki bekal pedagogik dan professional karena bagi mereka asalkan sudah menikah dan suka dengan anak-anak, mereka bisa memahami jiwa anak dan mendidik layaknya mendidik anak di rumah.  Berdasarkan kondisi minimnya kompetensi para guru PAUD tersebut, dibutuhkan pembekalan pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan kompetensi pedagogik sebagai seorang pendidik PAUD yang berkualitas. Para guru diharapkan dapat memahami peserta didik yang diajarnya dengan mengenali tugas perkembangan anak usia dini. Kegiatan ini dilakukan dengan metode cooperative learning yang bertujuan mengaktifkan peserta yang terdiri dari kegiatan ice breaking, games, role play, simulasi, refleksi, dan tugas rumah. Kegiatan pengayaan metode pembelajaran yang edukatif bagi para guru PAUD khususnya pada optimalisasi kompetensi pedagogik dirasakan sangat bermanfaat oleh para guru PAUD, khususnya bagi para pengajar yang tidak berlatar belakang pendidikan PAUD. Selain itu, penambahan materi RPPH dan pengembangan kompetensi dasar dan inti memberikan tambahan gambaran bagi para guru. Hal ini yang masih terasa kurang oleh para guru karena waktu yang singkat.  Kata
PROGRAM PELATIHAN 3R UNTUK GURU DAN SISWA DI SEKOLAH MADRASAH IBTIDAYIAH AL KHOIRIYAH RENGASDENGKLOK, KARAWANG JAWA BARAT Sulistyani Puteri Ramadhani
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 3, No 1 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v3i1.610

Abstract

Artikel ini adalah artikel mengenai pemaparan hasil dari pengabdian kepada masyarakat. Adapun tujuan dari pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, warga sekolah dan sekaligus peluang bagi mereka untuk bekerja pada pengolahan sampah yang dapat menghasilkan nilai bisnis. Lebih diutamakan, program ini juga memiliki tujuan untuk mengurangi jumlah sampah yang ada di wilayah tersebut. Karena sampah-sampah inilah yang kemudian nanti mencemari sungai Citarum karena wilayah Rengasdengklok merupakan DAS dari sungai Citarum. Fakta membuktikan rata-rata satu orang akan menghasilkan sampah 0,76 Kg per hari. Oleh sebab itu program ini akan memberikan jalan keluar bagi permasalahan sampah di masa yang akan datang. Pelaksanaan kegiatan berupa pemberian materi 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dan berupa pendampingan dimana para siswa mendemonstrasikan sikap memilah sampah organic, nonorganik, dan B3 (beracun, bergas dan berbahaya) dalam mewujudkan sikap peduli terhadap sampah dan pendampingan sekolah sehat. Metode yang digunakan yaitu : (1) observasi awal untuk mengetahui kondisi mitra (2) mengadakan pre-test tentang 3R dan peduli sampah untuk guru dan siswa, (3) memberikan sosialisasi pelatihan untuk guru dalam membuat RPP berbasis Lingkungan, (4) dan mengadakan post test terkait 3R dan peduli sampah. Hasil dari pengabdian ini adalah (1) Guru dapat membuat RPP berbasis lingkungan bersih. (2) siswa di sekolah Madrasah Ibtidayiah AlKhoiriyah, Rengasdengklok, Karawang telah memahami materi 3R dan peduli sampah yang telah disampaikan, (3) siswa dapat memahami pelatihan mendaur ulang sampah dengan bahan plastik, (4) pelaksanaan action plan dapat berjalan dengan baik dan lancar.
KONSERVASI HULU SUNGAI CILIWUNG DENGAN KEGIATAN RESTOCKING IKAN ASLI (INDIGENOUS SPECIES) Nestiyanto Hadi; Noer Sarifah Ainy; Muh Rais
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 3, No 1 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v3i1.606

Abstract

Kerusakan dapat terjadi pada ekosistem darat maupun air. Begitu pula pada perairan Sungai Ciliwung yang telah mengalami kerusakan. Salah satu indikator kerusakan ialah dengan berkurangnya jumlah keanekaragaman hayati baik tumbuhan yang ada di sepanjang Daerah Aliran Sungai maupun jumlah spesies ikan asli (indigenous spesies). Perlu adanya kesadaran bersama untuk melakukan kegiatan konservasi untuk menjaga dan melestarikan ekosistem Sungai Ciliwung. Oleh karena itu, pada kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk mengetahui jenis-jenis ikan (identifikasi) yang berada di Sungai Ciliwung dan melakukan penambahan jumlah ikan lokal (restocking ikan). Metode yang dilakukan ialah sampling ikan secara acak (random sampling), dokumentasi dan identifikasi sampel ikan serta pelepasan (release) benih ikan. Keanekaragaman spesies ikan di hulu Sungai Ciliwung segmen I diperoleh kelimpahan sebanyak sembilan spesies ikan, dengan rincian enam spesies ikan termasuk ke dalam kategori ikan asli (indigenous spesies) dan tiga spesies termasuk ikan invasif. Aktivitas konservasi dilakukan dengan cara melakukan restocking ikan asli Sungai Ciliwung, yaitu spesies ikan Soro (Tor putitora) sebanyak 250 individu dan spesies ikan nilem (Osteochilus vittatus) sebanyak 5.000 individu.
PELATIHAN KERAJINAN TANGAN DAN PEMBUKUAN KEUANGAN SEDERHANA PADA PARA IBU KOMUNITAS PEMULUNG TAMAN INDIRA Reneta Kristiani; Penny Handayani; Vella Adrivioneta; Dyah Ayu Permatasari; Meyrin Meyrin; Maria Imaculata Merviani; Dara Aprilia Christianty
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 3, No 1 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v3i1.607

Abstract

Sebagian besar warga di Komunitas Taman Indira Pondok Ranji bekerja sebagai pemulung. Kurangnya sumber pemasukan keuangan menjadi keluhan para ibu di komunitas tersebut. Intervensi ini dilakukan dengan memberikan pelatihan kerajinan tangan, yaitu membuat barang-barang yang layak jual dari barang-barang bekas. Selain itu, diberikan juga pelatihan pencatatan pembukuan keuangan sederhana agar para ibu dapat mengelola keuangan mereka dengan baik. Kegiatan intervensi ini dilakukan dengan melibatkan metode partisipasi anggota komunitas (citizen participation) yang didasari pada metode pembelajaran Kolb, yaitu concrete experience, reflective observation, abstract conceptualization, serta active experimentation. Hasil pelatihan menunjukkan para ibu mampu membuat kerajinan tangan dari barang bekas serta mampu membuat pencatatan keuangan sederhana. Hasil tambahan, para ibu menjadi lebih peduli terhadap sesamanya.
PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PADA LIFESKILL STORYTELLING Risa Mufliharsi; Eva Nurul Candra
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 3, No 1 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v3i1.608

Abstract

Tehnik bercerita (storytelling) merupakan suatu tehnik yang berasal dari pengembangan keterampilan berbicara dan membaca. Dalam tehnik ini diperlukan penguasaan pengetahuan membaca yang mencangkup kosakata, ekspesi, intonasi dan genre. Proses imajinasi pembaca pun berperan penting dalam storytelling. Untuk meningkatkan keterampilan siswa pada program life skill storytelling, maka perlu adanya media yang tepat. Storytelling merupakan sebuah teknik atau kemampuan untuk menceritakan sebuah kisah, pengaturan adegan, event, dan juga dialog. Kalau di film, para film maker bersenjatakan kamera; dikomik, para komikus bersenjatakan gambar dan angle cerita; dicerpen atau novel, para penulis bersenjatakan pena, diksi dan permainan kata serta deskripsi, dengan menyampaikan sebuah cerita dengan cara mendongeng.Dikarenakan kompleksitas dari storytelling dimana para siswa harus memahami konteks bercerita terlebih dahulu baru baru mengaktifkan aspek komunikasi dalam menyampaikannya kepada orang lain, maka tim mensosialisasikan website sebagai sarana pembelajaran yang dapat digunakan. Hasil dari pemanfaatan website ini terhadap lifeskill story telling adalah para siswa menjadi aktif semcari elemen – elemen cerita dari pertanyaan – pertanyaan yang siberikan sebelumnya, sehingga para siswa dapat mengeksplorasi cerita dengan interpretasi sendiri sebelum mereka membaca cerita tersebut. Kata
PENGARUH UPAH MINIMUM, INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DAN PENGANGGURAN TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI DKI JAKARTA TAHUN 2011-2020 ¹Mangasi Panjaitan Mangasi Panjaitan
Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP) Vol 3, No 1 (2020): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP)
Publisher : FKIP Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jmp-ikp.v3i1.1357

Abstract

Masalah kemiskinan merupakan salah satu masalah yang menyangkut banyak aspek seperti pendapatan rendah, buta huruf, kesehatan dan lain-lain. Mengatasi masalah kemiskinan tidak dapat dilakukan secara terpisah dari masalah lainnya seperti upah minimum, indeks pembangunan manusia dan pengangguran juga masalah-masalah lain yang secara langsung berkaitan erat dengan masalah kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh upah minimum, indeks pembangunan manusia dan pengangguran terhadap kemiskinan di Provinsi DKI Jakarta tahun 2011-2020. Metode analisis yang digunakan yaitu regresi data panel menggunakan model yang terpilih yaitu fixed effect. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Upah minimum berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kemiskinan kabupaten/kota di Provinsi DKI Jakarta tahun 2011-2020, (2) Indeks pembangunan manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan kabupaten/kota di Provinsi DKI Jakarta tahun 2011-2020, (3) Pengangguran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan kabupaten/kota di Provinsi DKI Jakarta tahun 2011-2020. Kata kunci: kemisk

Page 1 of 1 | Total Record : 8